pilodendron

Pilodendron adalah salah satu jenis tanaman hias yang berasal dari Suku Araceae. Bukan hanya satu, tapi tanaman ini memiliki banyak jenis yang tesebar di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Pilodendron merupakan tanaman hias yang biasa tumbuh di kawasan hutan tropis. Bagi masyarakat Indonesia, tanaman ini sering digunakan sebagai sarana mempercantik rumah dan halaman.

Bagi Sedulur yang sedang mencari rekomendasi tanaman hias untuk di pekarangan rumah Sedulur, beragam pilodendron bisa menjadi pilihan yang sangat menarik. Berikut ini beberapa jenis tanaman pilodendron yang bisa jadi rekomendasi untuk Sedulur gunakan sebagai tanaman hias.

BACA JUGA: 18 Jenis Tanaman Hias Daun Cantik, Populer & Mudah Dirawat

Apa itu philodendron?

pilodendron
Rumah

Sebagaimana yang telah disinggung di atas, bahwa philodendron adalah merupakan tanaman hias yang berasal dari Suku Araceae dan penyebarannya sangat luas ke seluruh penjuru dunia, termasuk di Indonesia. Jika mendengar nama tanaman ini, pasti Sedulur sangat asing.

-->

Karena philodendron merupakan nama latin dari tanamanan ini, sedangkan nama lokal philodendron adalah sirih gading. Sangat familiar dengan tanaman sirih gading? Tentu saja. Di Indonesia pilodendron dikenal dengan nama sirih gading dan merupakan salah satu tanaman yang populer bagi para pecinta tanaman hias.

Pilodendron atau philodendron sendiri berasal dari bahasa Yunani yang berasl dari kata philo yang artinya cinta dan dendron yang artinya pohon. Jadi secara sederhana, tanaman hias ini bisa diartikan sebagai tanaman/pohon cinta. Hal tersebut tidak heran, karena secara bentuk tanaman ini sangat indah.

Bentu dari tanaman ini, mulai dari batang hingga daun memiliki lekukan yang berbeda dan membentuk visual yang sangat indah. Ditambah, warna-warna tanamannya yang berbeda-beda ini juga akan membuat kita tertarik untuk menanamnya. Jadi tidak heran jika banyak yang tertarik untuk menanam sendiri tanaman philodendron di rumah sebagai tanaman hias yang bisa mempercantik tampilan dalam maupun luar ruangan.

Lantas, tanaman pilodendron apa saja yang bisa kita tanaman di rumah sebagai tanaman hias? Yuk, mari langsung kita simak daftarnya di bawah ini. Sedulur tinggal pilih tanaman yang sesuai dan cocok dengan Sedulur.

1. Philodendron lemon

pilodendron
Microeggy

Jenis pertama adalah pilodendron lemon, salah satu jenis tanaman hias yang banyak dikoleksi oleh setiap keluarga untuk mempercantik rumahnya. Bentuk dan warna daunnya menyerupai lemon, oleh kerena itu diberinama lemon di belakangnya. Ketika tanaman ini memasuki dewasa, warnanya akan berubah perlahan menjadi kuning menyala.

Sebutan lain untuk tanaman ini adalah philodendron moonlight, karena mengeluarkan warna yang bercahaya, seperti cahaya bulan di malam hari. Harga philodendron ini bisa Sedulu dapatkan di berbagai platform dan ecommerce dengan harga yang cukup terjangkau. Mulai dari Rp200 ribu hingga Rp500 ribu untuk setiap usia dan keindahan dari daunnya.

2. Pilodendron jari selloum

Flora Dirgantara

Ini merupakan jenis tanaman pilodendron yang unik, yaitu philodendron jari. Diberi nama tersebut karena daunnya memiliki bentuk seperti jari manusia. Biasanya, tanaman ini digunakan sebagai hiasan dan dekorasi untuk pernikahan. Cara merawat tanaman ini juga sangat mudah. Sedulur hanya perlu menyiramnya secara rutin setiap hari.

Selain sebagai philodendron termahal, tanaman ini juga merupakan tanaman hias yang beberapa waktu belakang sedang populer. Selain daunnya yang unik, cara merawatnya yang mudah menjadi pilihan setiap keluarga. Sedulur bisa mendapatkan tanaman ini mulai dari harga Rp400.000 ribu.

3. Philodendron birkin

pilodendron
CNN Indonesia

Jenis philodendron termal selain jenis jari selloum, yaitu philodendron birkin. Warna daun dari tanaman hias ini yaitu hijau mengkilap dengan garis-garis putih di permukaannya. Salah satu alasan kenapa tanaman hias ini sangat mahal yaitu karena urat-urat daunnya. Harga dari jenis tanaman ini bisa didapatkan mulai dari Rp400 ribu hingga ratusan juta rupiah. Sangat fantastis!

Tanaman hias ini harus ditempatkan di ruangan dengan kelembaban udara yang cukup, serta kualitas tanah yang terhidrasi dengan baik. Suhu normal yang dapat membuat tanaman ini tumbuh dengan baik yaitu sekitar 15-20 derajat celcius.  Oleh sebab itu, birkin dianjurkan untuk diletakkan jauh dari sinar matahari langsung.

 Selain itu, agar tumbuh birkin harus diberi pupuk setiap satu bulan sekali. Birkin dapat hidup di tanah yang lembap, namun tidak basah. Menjaga birkin tetap terhidrasi dengan baik dan memastikan drainase secara maksimal merupakan syarat merawat birkin. Jangan lupa, Sedulur harus memperhatikan merawat birkin adalah menjaga keseimbangan kelembapannya sangatlah penting. Jadi, siram birkin 1-2 kali dalam seminggu.

4. Philodendron epipremnum aureum

Pinterest

Terdapat juga pilodendron epipremnum aureum, nama lokal tanaman ini dikenal dengan sirih-sirihan atau sirih gading kuning gantung. Pasalnya tanaman ini terlihat seperti menggantung, dan memang dipasang secara menggantung sebagai hiasan rumah.

Jenis philodendron juga sering digunakan sebagai tanaman hias yang menggantung. Jadi, bisa kamu letakkan di area depan rumah, supaya halaman rumah terlihat lebih hijau. Jenis tanaman yang satu ini tergolong ke dalam jenis philodendron rambat. Jenis philodendron ini memang sangat cocok dijadikan tanaman gantung di depan teras rumah atau untuk menghias interior rumah.

Di Indonesia sendiri, banyak orang yang masih menyebutnya sebagai sirih gading kuning. Ciri khas atau karakteristik dari tanaman ini yaitu daun bagian ujung yang berwarna lebih cerah sedangkan daun yang mendekati akar berwarna hijau. Sedulur bisa mendapatkan tanaman ini dengan harga Rp 400 ribu saja.

5. Philodenron imperial red cardinal

pilodendron
Klik Hijau

Pilodendron imperial red cardinal merupakan tanaman hias lain yang bisa Sedulur pilih. Tanaman hias ini mencapai kejayaannya pada tahun 2007-an. Pada tahun tersebut, tanaman hias ini sangat populer dan mencapai posisi paling tinggi sebagai tanaman hias paling popler di Indonesia. Saat itu, setiap lembar daun tanaman hias ini dibanderol dengan harga Rp500 ribu. Saat ini tanaman hias ini sudah tidak begitu populer dan harganya pun sudah jauh merosot.

6. Philodendron red congo

Pikiran Rakyat

Jenis pilodendron gantung selanjutnya adalah red congo atau dikenal juga dengan congo rojo. Tanamn ini biasa dihias melalui pot dan seringkali dijadikan sebagai interior rumah di ruang tamu atau ruang keluarga. Di simpan di atas meja dan dekat dengan dinding. Hal tersebut bertujuan untuk memastikan pasokan sinar matahari yang dibutuhkan oleh tanaman hias ini terpenuhi setiap harinya.

7. Philodendron scandes medio pictum

pilodendron
Ibad Garden

Tanaman hias ini sering disebut dengan sirih Belanda variegata (flame leaved heart plan), karena memiliki bentuk seperti hati. Biasa digunakan sebagai tanaman hias gantung. Jenis ini dinilai mirip dengan epipremnum aureum. Namun, jika dilihat lebih seksama, jelas keduanya memiliki perbedaan baik perbedaan warna maupun corak garis.

Jenis pilodendron cocok untuk menghiasi ruang tamu, teras rumah atau pekarangan rumah. Bagi Sedulur yang membutuhkan tanaman hias merambat dengan warna yang menyegarkan, jenis ini bisa menjadi pilihan Sedulur.

8. Philodendron monstera deliciosa

Dekoruma

Monsera diliciosa meruapakn jenis dari pilodendron yang sudah dikenal luas di Indonesia. Terutama bagi Sedulur yang merupakan seorang pemain dalam dunia tanaman hias, tanaman ini merupakan salah satu yang sering dibicarakan.

Monsera juga dikenal dengan nama janda bolong, banyak masyarakat yang menggunakan tanaman ini sebagai hiasan rumah. Karena dipercaya dapat membawa keberuntungan untuk rumah yang dihuni. Kelebihan lain monstera ini yaitu harganya yang sangat terjakau dan bersahabat dengan isi dompet kita.

9. Philodendron monstera obliqua

pilodendron
Gramedia

Masih dengan pilodendron jenis monstera atau janda bolong. Berbeda dengan jenis monstera deliciosa, jenis obliqua memiliki lubang yang lebih banyak dan lebih lebar di setiap lembar daunnya. Selain di simpan di ruang tamu, tanaman ini lebih banyak di simpan di teras rumah atau pekarangan depan rumah.

Kelebihan dari tanaman ini yaitu perawatannya yang sangat mudah, Sedulur hanya perlu menyiram tanaman ini setiap hari dan rutin mengganti tanah dan memberikan pupuk.

BACA JUGA: Mengenal Monstera Adansonii, Tanaman Hias Hits Paling Dicari

10. Philodendron crocodile

Lazada

Salah satu jenis pilodendron yang unik adalah jenis crocodile. Diberi nama tersebut karena bentuk daunnya yang membuat kita teringat dengan ekor buaya. Seperti jenis lainnya, perawatan untuk jenis ini pun juga mudah dan sederhana, yaitu cukup melakukan penyiraman serta mengganti tanah secara teratur. Harga dari tenaman hias ini juga sangat terjangkau dan pas dengan keuangan kita.

11. Philodendron prince of orange

pilodendron
Jordan’s Jungle

Pilodendron prince of orange merupakan jenis selanjutnya. Merupakan salah satu jenis philodendron dengan kasta tertinggi. Keuninak dari tanaman hias ini yaitu dapat mengubar dan memanipulasi warna daunnya. Saat tanaman itu masih muda, memiliki daun yang berwarna yellow-brown. Setelah umurnya cukup tua, daunnya akan menjadi hijau.

12. Philodendron baumfreund

Pikiran Rakyat

Jenis selanjutnya adalah tanaman pilodendron baumfreund, yang dibanderol dengan harga mulai dari Rp80 ribu hingga Rp250 ribu. Tanaman ini dibilang mirip dengan daun sirih yaitu dominan warna hijau. Tanaman ini dapat diletakkan pada sudut ruangan atau bisa digantung di taman rumah anda. Perawatan yang diperlukan cukup mudah, sehingga anda yang baru terjun ke dunia tanaman hias tak perlu khawatir tanaman cepat layu atau mati.

13. Philodendron minima variegata

pilodendron
Fokus Jabar

Pilodendron minima variegata sejauh ini mungkin merupakan tanaman hias jenis philodendron yang paling mahal. Pasalnya, untuk satu tanaman ini harganya bisa sangat fantastis. Tercatat, tanaman ini dijual dengan harga Rp114 juta. Jika dipikir dengan nalar, tentu tidak masuk akal sebuah tanaman dibanderol dengan harga tersebut.

Namun, tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini. Minina variegata memenuhi setiap syarat untuk memiliki harga yang sangat fantastis tersebut. Alasannya satu, perpaduan warna yang cantik, bentuk daun yang unik dan efek yang diberikan dengan memelihara tanaman ini sangat luar biasa. Jika harga tanaman tersebut mencapai ratusan juta, tentu merupakan sebuah kebanggan tersendiri bagi setiap yang memilikinya.

14. Philodendron florida beauty

Greg

Jenis pilodendron selanjutnya yaitu florida beauty, merupakan salah satu jenis tanaman hias elit yang sangat langka. Selain itu, ini merupakan salah satu philodendro yang mahal. Harga dari tanaman hias ini ditentukan dari jumlah daunnya. Karena harga satu daunnya saja dapat mencapai Rp 2 juta.

Maka dari itu, jika dalam satu po florida beauty terdapat 6 daun, maka tanaman ini bisa mencapai harga yang maksimal Rp 12 juta. Perpaduan dari warna yang unik dalam daun merupakan penyebab mengapa tanaman hias ini sangat mahal. Karena perpaduan warnannya sangat unik, yaitu hijau terang dan hijau gelap abstrak.

15. Philodendron billietiae

pilodendron
Gramedia

Selanjutnya adalah pilodendron billietiae, harga dari tanaman hias ini dibanderol mulai dari Rp300 ribu hingga Rp 6-7 juta. Salah satu hal yang membuat tanaman ini sangat mahal adalah bentuk daunnya yang besar dan seperti menyerupai panah atau hati yang mengkilap, dengan batang yang berwarna merah jingga yang elegan membuat tanaman ini sangat unik dan khas.

Tanaman ini membutuhkan pancaran sinar matahari tidak langsung dengan penggunaan tanah yang kering. Sebaiknya Sedulur menyiram tanaman ini jika kondisi tanah benar-benar mengering dan tandus. Merawat Philodendron billietiae sangat mudah dan sederhana. Tanaman ini mampu beradaptasi dengan baik. Tanaman ini berasal dari negara-negara besar yaitu Brasil, Kosta Rika, dan Guyana Prancis.

16. Philodendron scandens

The Spruce

Pilodendron scandens memiliki daun yang terurai, sangat cocok dijadikan hiasan rumah dengan model tanaman hias merambat. Biasanya tanaman hias merambat seperti ini di simpan di bagian teras rumah dekat dengan pintu masuk, untuk memberikan kesan nyaman dan ramah pada tamu yang akan masuk ke rumah.

Tanaman philodendron scandens ini dibanderol dengan harga Rp85 ribu hingga Rp360 ribu per tanamannya. Tetapi philodendron scandens ini memang bukan masuk dalam jenis philodendron mahal dan masih sangat terjangkau untuk setiap keluarga untuk memiliki tanaman ini.

17. Half moon philodendron pink princess

pilodendron
Gramedia

Ini merupakan jenis pilodendron yang masuk dalam jenis dengan harga yang sangat mahal. Penyebab harganya yang mahal bisa diketahui dengan warna yang unik dan menarik. Yaitu merah muda yang menyelimuti seluruh daun dengan perpaduan dari warna hijau.

Tanaman ini sangat cocok sebagai hiasan dalam rumah, terutama bagi Sedulur yang ingin menonjolkan kesan perempuan yang lebih tebal. Selain itu, tanaman ini juga bisa menjadi hiasan di kamar anak perempuan Sedulur, untuk membuatnya lebih betah dan nyaman melakukan aktivitas di dalam kamar. Tanaman ini sendiri dibanderol dengan harga Rp22 juta.

18. Philodendron Bipinnatifidum

Gramedia

Jenis pilodendron terakhir adalah jenis bipinnatifidum, tanaman hias ini memiliki harga sekitar Rp45 ribu hingga Rp200 ribu. Tanaman hias ini merupakan kembangan dari philodendron jari, karena bentuk daunnya yang mirip namun jenis ini memiliki ukuran lebih besar dan sangat rindang.

Daunnya bertekstur bergerigi, membentuk seperti jari manusia, dengan mempunyai daun yang banyak dan lebat (rimbun). Tanaman ini dapat hidup mulai umur 15 sampai 20 tahun, philodendron akan berbunga jika memiliki cukup cahaya dan nutrisi yang cukup.

BACA JUGA: 18 Tanaman Hias Indoor yang Sehat dan Mudah Dirawat di Rumah

Cara merawat pilodendron

Tribunnews

Pengetahuan Sedulur tidak boleh selesai hanya pada daftar jenis tanaman pilodendron saja. Setelah memilih jenis tanaman hias di atas, Sedulur tentu harus mengetahui bagaimana cara merawatnya. Secara umum, merawat tanaman ini hampir sama dengan merawat tanaman hias lainnya. Langkah yang bisa Sedulur lakukan dalam merawat tanaman ini adalah sebagai berikut:

1. Beri cukup sinar matahari

Setiap tanaman membutuhkan sinar matahari sebagai salah satu asupan agar tanaman tetap tumbuh. Jika tanaman tidak cukup mendapatkan sinar matahari yang cukup, daunnya akan layu. Sementara tanaman yang mendapatkan sinar matarahari berlebih akan memiliki daun yang menguning. Langkah yang paling tepat adalah memberikan cukup sinar matahari. Tipsnya sederhana, Sedulur tinggal simpan di area terang namun tidak terpapar langsung sinar matahari.

2. Rutin menyiram tanaman

Sama dengan sinar matahari, kebutuhan tanaman terhadap air sangat tinggi. Oleh karena itu, Sedulur bisa rutin menyiram tanaman pilodendron agar dapat tumbuh secara normal. Sedulur bisa menyiram tanaman secara teratur selama 2 atau 3 kali dalam seminggu, jika tanaman di letakkan di dalam ruangan. Namun jika tanaman di letakkan di luar ruangan, Sedulur cukup menyiramnya sebanyak 1 kali sehari saja.

3. Beri pupuk

Agar tanaman hias tetap tumbuh dengan baik, tidak cukup hanya dengan sinar matahari dan siraman air saja. Sedulur membutuhkan pupuk yang diberikan secara teratur dan sesuai dengan prosedur. Dengan rutin memberikan pupuk, hal tersebut dapat membuat tanaman hias selalu segar dan mempertahankan keindahannya.

4. Perkembangbiakan

Tanaman ini dapat dikembangbiakkan dengan 3 cara, yaitu, stek benggol, stek batang, dan juga pemisahan akar. Pada perkembangbiakan stek batang dapat dilakukan dengan cara pemotongan/pemangkasan daun yang kemudian dengan harapan daun itu dapat membentuk tanaman baru.

Setelah sesi pemotongan daun selesai, simpan potongan daun tersebut di dalam wadah toples yang berisi air. Tempatkan di tempat yang hangat agar akar cepat tumbuh. Apabila Sedulur menanamnya di tanah, maka perlu pengolesan fungisida.

Sekian penjelasan terkait tanaman hias jenis pilodendron, semoga dari daftar tanaman hias di atas bisa memberikan rekomendasi bagi Sedulur yang sedang kesulitan menentukan tanaman hias yang akan dibeli untuk dirawat di rumah. Dengan adanya tanaman hias di rumah, bisa membuat kita semakin nyaman dan betah berada di rumah.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.