Bagi kamu yang ingin membuat website, ada beberapa platform yang bisa kamu pakai. Selain dengan cara manual yaitu coding HTML, ada cara lain yang bisa kamu pakai, yaitu WordPress. Bagi kamu yang belum tahu apa itu WordPress, merupakan platform untuk membuat blog atau website yang punya banyak fungsionalitas berbasis PHP dan MySQL.

Saat ini WordPress juga banyak digunakan dan sangat populer di dunia. Bahkan, setidaknya ada 30 persen blogger di dunia menggunakan platform CMS ini. Lalu apa itu CMS WordPress? Secara gampang, CMS atau Content Management System akan memudahkan kamu dalam mengoprasikan WordPress atau user friendly.

Nah, daripada Sedulur semakin penasaran apa itu WordPress dan apa saja kekurangan serta kelebihannya, berikut adalah ulasannya. Yuk, scroll sampai bawah!

BACA JUGA: Apa Itu WordPress? ini Pengertian, Jenis dan Kegunaannya

1. Pengertian WordPress

unsplash.com

WordPress itu apa sih? Seperti yang sudah disinggung di awal tadi, WordPress adalah platform CMS yang memudahkan orang dalam membuat blog maupun website. Cara penggunaannya juga sangat mudah dengan fitur yang lengkap dari gratis maupun berbayar.

Itulah kenapa, WordPress menjadi CMS favorit di dunia dan paling populer daripada platform lain. Meskipun banyak kemudahan dan ada pula versi gratis, WordPress tetap memberikan hasil dan kualitas yang tidak rendahan. Bahkan gak sedikit perusahaan besar yang menggunakan WordPress untuk kepentingan bisnisnya.

Beberapa dari mereka seperti SONY Music, Microsoft News Center, The Walt Disney Company, The New York Times Company, Mercedes-Benz, dan masih banyak lagi. Selain itu, banyak orang ternama di dunia yang menggunakan WordPress untuk website pribadi mereka. Di antaranya seperti Beyonce, Snoop Dogg, hingga Katy Perry.

BACA JUGA: Pengertian Blog: Ini Jenis, Struktur, Fungsi, dan Kegunaannya!

2. Sejarah WordPress

101red.com

Awal mulanya, WordPress muncul setelah software blogging bernama B2/Cafeblog ditutup. Dua penggunakan yaitu Matt Mullenweg dan Mike Little pun berinisiatif untuk membuat software serupa. Setelah itu pada tahun 2003 mereka menciptakan WordPress. Kemudian perlahan tapi pasti, pada tahun 2004 Matt dan Mike merilis WordPress 1.0 dengan berbagai fitur dan fungsinya. Sejak inilah, WordPress pelan-pelan menjadi CMS paling populer di dunia.

Selain itu, menariknya Matt dan Mike membuat WordPress bersifat open source. Artinya, WordPress bisa dipakai secara gratis dan bebas untuk dimodifikasi oleh siapa pun. Di sisi lain, banyak plugin dan fitur yang memudahkan penggunakan untuk mengoperasikan WordPress.

3. Apa itu Blogspot dan WordPress?

usercentrics.com

Mungkin Sedulur ada yang bertanya apa itu Blogspot dan WordPress. Keduanya sebenarnya sama-sama untuk membuat blog. Namun sebenarnya ada beberapa perbedaan dari kedua platform ini. Blogspot merupakan platform gratis yang dikembangkan Google.

Sedangkan WordPress tidak hanya memiliki satu layanan saja, tapi dibagi menjadi dua yaitu, WordPress.com dan WordPress.org. Lalu apa bedanya?

  • WordPress.com, merupakan hosted service yang bisa digunakan secara gratis. Namun tetap ada pilihan untuk menggunakan fitur premium.
  • WordPress.org, merupakan layanan self-hosted. Sehingga akan lebih banyak fitur dan opsi canggih yang bisa digunakan.

Selain itu, WordPress dinilai lebih lengkap fiturnya dan user friendly, di mana orang akan lebih muda dalam mengoperasikan sekaligus mengkustomisasi.

BACA JUGA: 10 Lomba Menulis Blog Gratis Hadiah Jutaan Terbaru 2022

4. Kegunaan WordPress

unsplash.com

Bagi kamu yang tertarik untuk menggunakan platform ini, ada beberapa kegunaan WordPress yang bisa Sedulur manfaatkan. Sebab, software ini semakin canggih karena kebutuhan pengguna yang semakin bermacam. Lalu apa saja sih kegunaannya? Berikut beberapa di antaranya:

Blog dan Website Pribadi

Ketika ini adalah pengalaman pertama kali kamu untuk membuat blog, mungkin kamu bisa membuat versi gratisnya dulu. Di sini kamu bisa banyak belajar dulu dan mencoba banyak hal di dalam WordPress. Anggap saja ini sebagai percobaan kamu. Kemudian jika kamu sudah mulai familier dan membutuhkan lebih banyak fitur lagi, mungkin kamu bisa mulai untuk menggunakan versi premium atau WordPress.org.

Website Perusahaan

Banyak perusahaan atau orang terkenal yang memilih WordPress sebagai websitenya. Sebab, website bisa mencerminkan perusaahn atau sosok tertentu, di sisi lain nantinya juga akan terlihat kredibilitasnya. Tentu saja website ini jika untuk perusahaan, berlalu secara online maupun offline. Meskipun transaksimu lebih banyak offline, website tetap dinilai penting.

Mengutip dari laporam Verisign, setidaknya ada 84 persen konsumen percaya kepada bisnis yang punya website dibandingkan dengan bisnis yang hanya memiliki media sosial saja. Itulah kenapa, website bisa membuat konsumen lebih percaya kepada perusahaan kamu jika dibandingkan dengan perusahaan lain yang tidak memiliki website.

Website Toko Online

Ya meskipun WordPress sendiri tidak bisa digunakan untuk toko online, namun kamu akan terbantu dengan adanya plugins yang memang diperuntukkan untuk WordPress. Nama plugin-nya adalah WooCommerce. Kamu tinggal men-download plugin tersebut dan menginstalnya di dashboard WordPress kamu.

Jika kamu bingung cara memakainya gak perlu khawatir. Ada banyak turorial cara mengoperasikan WooCommerce di YouTube atau blog-blog lain. Fitur plugin-nya juga sangat lengkap, mulai dari display produknya sampai proses pembayaran.

Perlu diketahui juga, WooCommerce telah diunduh sebanyak 53 juta kali dan menjadi plugin toko online paling populer di dunia. Bahkan di laman resminya, WooCommerce mengklaim ada 28 persen toko online terpopuler di dunia yang menggunakan WooCommerce.

BACA JUGA: 10 Cara Menjadi Penulis Buku, Novel, dan Film untuk Pemula

5. Apa itu plugin WordPress?

unsplash.com

Plugin WordPress adalah ekstensi yang ditambahkan ke dalam website WordPress untuk memodifikasi sekaligus mengembangkan fungsi utamanya. Jadi ketika kamu ingin menambahkan fitur tertentu, kamu bisa memanfaatkan plugin ini di dalam website kamu. Enaknya lagi, WordPress memiliki plugin yang melimpah sesuai dengan kebutuhan, ada versi gratis hingga berbayar.

Kemudian fungsi plugin adalah untuk menyediakan fitur yang bisa mengubah atau memodifikasi kemampuan sebuah program. Sehingga akan memudahkan kamu dalam mengoperasikan WordPress. Cara memasangnya juga gampang, kamu tinggal download di direktori WordPress, kemudian instal di dashboard WordPress kamu. Macamnya ada banyak, ada untuk toko online, majalah online, SEO (Search Engine Optimization), fotografi, portofolio, media sosial, dan masih banyak lagi.

6. Keunggulan WordPress

pexels.com

Ada banyak alasan mengapa WordPress dipilih sebagai blog atau website untuk kepentingan profesional. Lalu apa saja sih keunggulan WordPress?

  • Ramah untuk pemula: Meskipun kamu bukan orang IT yang jago programing, kamu tetap bisa mengoprasikan. Itulah kenapa platform ini sering disebut user friendly.
  • Komunitasnya besar: Disebutkan 30 persen website di dunia menggunakan WordPress. Sehingga forum diskusinya sangat aktif dan para pengguna bisa saling belajar dan sharing pengalaman.
  • Banyak tutorial: Meski kamu adalah pemula, ada banyak tutorialnya, mulai dari cara membuat WordPress, mengoperasikannya, hingga plugin-plugin-nya. Jadi kamu tidak perlu khawatir.
  • Plugin Melimpah: Apa yang kamu butuhkan mungkin tersedia di plugin WordPress. Mulai untuk jualan atau toko online, SEO, portal berita, portofolio, dan masih banyak lagi. Semua itu juga ada versi gratis maupun berbayar.
  • Tema Beragam: Banyak tema gratis maupun berbayar WordPress yang bagus. Pilihannya sangat banyak dan bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan.

BACA JUGA: Cara Daftar Google AdSense untuk Pemula Terbaru & Termudah

7. Kelemahan WordPress

pexels.com

Setelah mengetahui keunggulannya, tentu saja WordPress memiliki beberapa kelemahan yang perlu Sedulur ketahui. Berikut ulasannya:

Keamanan

Seperti yang diketahui, setidaknya WordPress digunakan 30 persen website di dunia. Sehingga semakin banyak penggunakan, risiko ancaman hacker maupun DDOS pun semakin besar. Tapi tenang, ada plugin yang bisa membantu keamanan website kamu.

Dukungan pihak ketiga

Ada banyak sekali plugin dan tema WordPress dari yang berbayar sampai gratis. Tapi kamu perlu hati-hati dalam memilih. Sebab, gak sedikit plugin atau tema yang memiliki bug. Jadi pastikan plugin atau tema yang kamu pakai punya review baik.

Kecepatan

Karena banyak pilihan plugin, gak jarang pengguna suka memasangnya terlalu berlebihan. Imbasnya adalah, akses website menjadi berat. Jadi gunakan plugin yang benar-benar kamu butuhkan agar lebih efisien.

8. Cara membuat WordPress

unsplash.com

Nah, bagi Sedulur yang tertarik untuk membuat blog atau website dari WordPress, tenang saja. Sebab caranya cukup mudah, kok. Yuk, simak langkah-langkahnya:

Versi gratis (WordPress.com)

  1. Buka WordPress.com pilih “Mulai situs web Anda”.
  2. Lalu daftar pakai email aktif, isi nama, kata sandi lalu klik “Buat akun Anda”.
  3. Akan ada 4 pilihan bisa kamu sesuaikan (Blog, Business, Profesional dan Online Store).
  4. Kemudian memasukkan tentang kategori website kamu, lalu klik “Continue”.
  5. Selanjutnya jelaskan tentang nama website kamu, klik “Continue”.
  6. Setelah itu tulis nama domain kamu. Misalnya, namadomain.wordpress.com. Lalu pilih “Free”.
  7. Terakhir pilih “Start with a free site”, jika berhasil kamu akan langsung masuk ke dashboard WordPress.
  8. Jangan lupa setelah itu cek email kamu untuk konfirmasi akun.

Versi berbayar (WordPress.org)

  1. Tentukan niche atau topik.
  2. Buat nama domain (singkat, sederhana, dan mudah diingat)
  3. Pilih web hosting (bisa pakai paket murah)
  4. Install WordPress melalui control panel
  5. Pilih tema (sesuaikan dengan konten atau niche kamu)
  6. Install plugin untuk sempurnakan fungsionalitas website.

Itulah tadi penjelasan mengenai apa itu WordPress, dari pengertian, sejarah sampai kekurangan sekaligus keunggulannya. Tentunya setelah ini Sedulur memiliki pertimbangan jika ingin membuat website menggunakan apa.

Selain itu bagi Sedulur yang gemar menulis dan punya blog, boleh banget ikutan Kontes Blog Super Bercerita yang diselenggarakan oleh Aplikasi Super pada 4 April-5 Juni 2022 dan terbuka untuk umum serta GRATIS. Untuk tema tahun ini adalah #KadoUntukPahlawan. Di sini kamu bisa menulis sosok pahlawan di sekitar kalian menurut versi Sedulur. Lomba ini juga berhadiah jutaan rupiah, lho. Yuk, langsung simak info lengkapnya di sini!

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.