drama korea terbaru

Tak terasa pengujung tahun 2022 sudah di depan mata. Sepanjang tahun ini terdapat sejumlah drama Korea terbaru yang sukses mencuri perhatian publik hingga memperoleh rating tinggi pada penayangan setiap episodenya. Menariknya lagi, drama-drama tersebut hadir dengan mengusung genre yang cukup beragam, mulai dari romansa, melodrama, aksi, hingga thriller.

Ingin tahu apa saja drama Korea terbaru yang tayang di tahun 2022? Berikut Super telah merangkum 15 rekomendasi drama Korea terbaik yang bisa menjadi pilihan hiburan menyambut akhir tahun ini. Yuk, langsung disimak!

BACA JUGA: 7 Drama Korea Populer Yang Se Jong, Dari Thriller Hingga Komedi

1. All of Us Are Dead, drama Korea tentang zombi

drama korea terbaru
Soompi

Rekomendasi drama Korea terbaru 2022 yang pertama adalah All of Us Are Dead. Drama yang menampilkan aktor-aktor muda Korea, seperti Park Ji Hu, Yoon Chan Young, Cho Yi Hyun, dan Park Salomon ini sempat mendapat sambutan hangat dari publik hingga sempat menduduki jajaran drama yang paling banyak ditonton di Netflix.

All of Us Are Dead berkisah tentang serangan zombi di sebuah sekolah bernama SMA Hyosan. Kejadian bermula dari percobaan yang dilakukan oleh seorang guru di laboratorium. Sayangnya, percobaan tersebut mengalami kesalahan fatal hingga berujung adanya murid yang terinfeksi virus zombi. Tak berhenti sampai di situ, infeksi virus zombi pun menyebar ke murid lainnya hingga mengancam keselamatan para murid.

Selain menampilkan cerita perjuangan para murid menyelamatkan diri dari serangan zombie, drama ini juga menyuguhkan cerita soal kemanusiaan, persahabatan, hingga percintaan. Sehingga tidak heran, drama ini pun sukses membuat para penonton ikut merasakan berbagai konflik batin yang dialami oleh para tokoh.

  • Genre: horor, thriller, serangan zombi
  • Saluran: Netflix
  • Episode: 12
  • Pemeran: Park Ji Hu, Yoon Chan Young, Cho Yi Hyun, Park Salomon (Lomon)

2. Twenty Five, Twenty One

Soompi

Twenty Five, Twenty One menceritakan kisah cinta antara seorang pelajar SMA sekolah atlet anggar, Na Hee Do dan seorang reporter bernama Baek Yi Jin. Na Hee Do yang merupakan anak seorang penyiar berita memiliki impian menjadi atlet anggar terbaik di dunia.

Di sisi lain, keluarga Baek Yi Jin mengalami kebangkrutan akibat krisis ekonomi yang melanda Korea Selatan. Kondisi itu membuat hidup Baek Yi Jin berubah drastis hingga ia harus bekerja paruh waktu sebagai pengantar koran. Kejadian itu rupanya mengantarkannya menjadi seorang reporter olahraga.

Selain menceritakan kisah cinta antara Na Hee Do dan Baek Yi Jin, penonton juga akan disuguhi kisah dari para tokoh lainnya yang tak kalah menyentuh. Misalnya perjuangan Ko Yu Rim untuk menjadi juara anggar demi menyelesaikan masalah finansial yang dialami keluarganya.

  • Genre: drama, persahabatan, romansa
  • Saluran: tvN
  • Episode: 16
  • Pemeran: Kim Tae Ri, Nam Joo Hyuk, Bona

3. A Business Proposal

Soompi

A Business Proposal merupakan drama bergenre romansa komedi yang dibintangi oleh Kim Sejeong dan Ahn Hyo Seop. Selayaknya drama romansa komedi pada umumnya, drama ini menampilkan kisah cinta yang dibumbui dengan drama perjodohan hingga masalah restu.

Cerita bermula ketika Shin Ha Ri diminta untuk menggantikan sahabatnya dalam sebuah kencan buta. Ia pun menyusun rencana untuk membuat Kang Tae Moo yang dipasangkan dengannya pada kencan buta itu menjadi kesal dengan sikapnya. Namun siapa sangka, pria yang merupakan seorang keturunan konglomerat itu malah tertarik dengannya.

Tak berhenti sampai di situ, Ha Ri juga harus menghadapi kenyataan bahwa pasangan kencan butanya tersebut merupakan bos di perusahaan tempatnya bekerja. Hal itu semakin menyulitkan Ha Ri terlebih ketika Kang Tae Moo mengajaknya bertemu kembali.

  • Genre: romansa komedi, perkantoran
  • Saluran: SBS
  • Episode: 12
  • Pemeran: Kim Sejeong, Ahn Hyo Seop, Seol In A, Kim Min Kyu

BACA JUGA: 15 Drama Korea Terbaik Sepanjang Masa dengan Rating Tinggi!

4. My Liberation Notes

Soompi

Drama terbaru 2022 yang banyak dibicarakan selanjutnya adalah My Liberation Notes. Drama ini menceritakan kisah sehari-hari Yeom bersaudara yang hidup di desa. Setiap harinya, ketiga bersaudara itu harus berangkat pagi-pagi, menempuh perjalanan jauh untuk bekerja di kota, dan baru kembali ke rumah ketika hari sudah malam. Rutinitas itu membuat hidup mereka berjalan sangat monoton. Meski begitu, jauh di dalam lubuk hati, mereka sebenarnya memiliki impian untuk bisa menjalani hidup yang lebih baik termasuk mendapatkan kemerdekaan atau kebebasan atas berbagai hal yang menjadi beban dalam hidup mereka selama ini.

Di sisi lain, ada seorang pria bernama Pak Gu yang tampil sebagai sosok misterius. Ia tiba-tiba datang ke daerah tempat tinggal keluarga Yeom. Pak Gu yang setiap harinya selalu minum-minuman keras akhirnya diminta membantu keluarga Yeom untuk mengurus kebun dan menjadi sopir.

Meski menampilkan cerita yang sederhana, drama ini sukses membuat penonton ikut merasakan berbagai konflik yang dialami oleh para tokoh. Drama ini juga dilengkapi dengan dialog dan narasi menyentuh.

  • Genre: slice of life
  • Saluran: JTBC
  • Episode: 16
  • Pemeran: Kim Ji Won, Son Suk Ku, Lee Min Ki, Lee El

5. Our Blues

Soompi

Our Blues merupakan drama Korea bergaya omnibus yang cukup mencuri perhatian di tahun 2022. Pasalnya, drama ini menampilkan sederet aktor kenamaan Korea, di antaranya adalah Shin Min Ah, Lee Byung Hun, Kim Woo Bin, Han Ji Min, Cha Seung Won, Park Ji Hwan, dan Lee Jung Eun.

Selain dihiasi oleh penampilan para aktor yang kemampuan aktingnya sudah tidak perlu diragukan lagi, drama ini juga menyuguhkan cerita yang menyentuh mengenai para tokohnya. Our Blues terutama menyoroti cerita sekelompok warga yang tinggal di Pulau Jeju. Mereka datang dari latar belakang yang beragam dan menyimpan kisah maupun luka masing-masing. Oleh sebab itu, drama ini cocok menjadi rekomendasi tontonan bagi Sedulur yang mencari drama dengan konflik ringan namun memiliki pesan mendalam.

  • Genre: romance, life, melodrama
  • Saluran: tvN
  • Episode: 20
  • Pemeran: Shin Min Ah, Lee Byung Hun, Kim Woo Bin, Han Ji Min, Cha Seung Won, Park Ji Hwan, Lee Jung Eun

6. Alchemy of Souls

Soompi

Alchemy of Souls merupakan drama bergenre fantasi dengan latar kerajaan atau negara fiksi bernama Daeho. Drama ini merupakan karya penulis naskah Hong Jung Eun dan Hong Mi Ran atau lebih dikenal sebagai Hong Sisters dengan arahan sutradara Park Joon Hwa.

Drama Alchemy of Souls sendiri menceritakan tentang para tokoh yang mengalami reinkarnasi. Diceritakan, Mu Deok merupakan seorang pejuang elit yang jiwanya terperangkap di dalam tubuh orang yang lemah. Ia bertemu dengan Jang Wook, seorang anak keluarga bangsawan yang suka berbuat onar. Mu Deok lantas menjadi pelayan Jang Wook di samping secara diam-diam melatihnya untuk bertarung.

  • Genre: fantasi, romansa
  • Saluran: tvN
  • Episode: 20
  • Pemeran: Jung So Min, Lee Jae Wook, Minhyun, Shin Seung Ho

BACA JUGA: 20+ Drama Korea Terbaik Tahun 2021, Sudah Nonton?

7. Little Women

Soompi

Sedulur tentu tidak asing dengan judul drama satu ini. Pasalnya, Little Women selalu menjadi pembicaraan hangat oleh warganet di media sosial pada setiap penayangan episode barunya. Tak jarang, drama ini menduduki jajaran trending di Twitter.

Little Women sendiri menceritakan tentang tiga bersaudara yang diperankan oleh Kim Go Eun, Nam Ji Hyun, dan Park Ji Hu. Mereka berasal dari keluarga miskin namun memiliki hubungan yang dekat kepada satu sama lain. Oh In Joo, merupakan anak tertua yang bekerja sebagai seorang akuntan. Ia memiliki impian untuk dapat membawa keluarganya keluar dari kemiskinan.

Oh In Kyung, adalah anak kedua yang juga merupakan seorang reporter di stasiun berita. Ia kerap melaporkan berita mengenai kasus korupsi hingga pencucian uang. Sementara, Oh In Hye adalah anak bungsu yang memiliki bakat melukis. Bakat tersebut jugalah yang membawanya dapat menempuh pendidikan di sekolah seni bergengsi.

Suatu ketika, ketiga bersaudara tersebut terlibat dalam kasus hilangnya uang senilai 70 miliar won. Hal itu menyebabkan mereka harus terlibat dengan salah satu keluarga terkaya sekaligus paling berpengaruh di Korea Selatan.

  • Genre: misteri, thriller
  • Saluran: tvN, Netflix
  • Episode: 12
  • Pemeran: Kim Go Eun, Nam Ji Hyun, Park Ji Hu

8. The Golden Spoon

golden spoon
Soompi

The Golden Spoon merupakan salah satu drama yang juga cukup dinantikan di tahun 2022. Pasalnya, drama ini menjadi proyek comeback aktor sekaligus idol, Yook Sung Jae setelah merampungkan kewajiban militernya (wamil) pada November 2021 lalu. Tak hanya itu, drama ini juga diangkat dari komik webtoon populer berjudul sama.

The Golden Spoon sendiri menceritakan tentang Lee Sung Cheon, seorang pemuda yang berasal dari keluarga miskin. Ia membenci kemiskinan yang dialami keluarganya dan bermimpi untuk bisa keluar dari situasi tersebut. Terlebih, ia juga memiliki teman yang merupakan anak keluarga konglomerat bernama Hwang Tae Yong.

Suatu ketika ia bertemu dengan seorang wanita tua yang menawarkan sebuah sendok emas. Menurut wanita tua tersebut, sendok emas itu bisa mengubah nasib Sung Cheon apabila ia menggunakannya untuk makan di rumah seseorang yang sebaya dengannya sebanyak tiga kali. Nantinya, nasib anak tersebut akan berpindah menjadi milik Sung Cheon.

Sung Cheon yang telah lama menyimpan impian menjadi orang kaya lantas menggunakan sendok tersebut di rumah Hwang Tae Yong. Tak butuh waktu lama, kehidupan Sung Cheon benar-benar mengalami perubahan drastis.

  • Genre: fantasi, psikologis, supernatural
  • Saluran: MBC
  • Episode: 16
  • Pemeran: Yook Sung Jae, Lee Jong Won, Jung Chae Yeon, Yeon Woo

9. Bad Prosecutor, drama Korea terbaru dari Do Kyung Soo

drama korea terbaru
Soompi

Jika The Golden Spoon adalah drama comeback Yook Sung Jae BTOB, kali ini ada personel boyband EXO yang juga kembali menyapa penggemarnya setelah merampungkan wajib militer melalui drama baru. Adalah D.O alias Do Kyung Soo yang kembali dengan memamerkan kemampuan aktingnya lewat drama berjudul Bad Prosecutor.

Dalam drama tersebut, Do Kyung Soo memerankan sosok Jin Jung, seorang jaksa yang dikenal memiliki perangai buruk dan akan menggunakan berbagai cara untuk menegakkan keadilan. Hal itu ia lakukan untuk melawan mereka yang menggunakan kekayaan dan kekuasaan sehingga merasa kebal dari hukum.

Kerja keras para pemain serta kru produksi pun berbuah manis, drama ini mendapatkan rating memuaskan pada penayangan setiap episodenya. Bahkan, pada penayangan episode terakhirnya pada 10 November 2022 lalu, drama ini sukses mencatat rekor rating tertinggi sekaligus mendapat gelar sebagai drama yang paling banyak ditonton untuk slot waktu Rabu-Kamis.

  • Genre: hukum, aksi, komedi, drama
  • Saluran: KBS2
  • Episode: 12
  • Pemeran: Do Kyung Soo, Lee Se Hee, Ha Joon, Lee Si Eon, Kim Sang Ho

BACA JUGA: 9 Drama & Film Zombie Korea Terbaik dan Terbaru di 2022

10. The Queen’s Umbrella

drama korea terbaru
Soompi

The Queen’s Umbrella atau juga dikenal dengan judul Under The Queen’s Umbrella adalah drama Korea terbaru berlatar zaman kerajaan yang cukup mencuri perhatian beberapa waktu terakhir. Drama yang dikemas dalam 16 episode ini berhasil masuk jajaran drama yang paling banyak ditonton dan sekaligus memperoleh rating memuaskan. Pada penayangan episode terakhirnya, The Queen’s Umbrella mendapatkan rating penonton sebanyak 16,9 persen yang sekaligus memecahkan rekor untuk drama itu sendiri.

Cerita drama The Queen’s Umbrella berpusat pada Ratu Hwaryeong yang berupaya melindungi keluarganya. Ia merupakan istri dari Raja Lee Ho dan memiliki lima orang anak. Masalah terjadi ketika anak pertamanya, yakni Putra Mahkota yang juga merupakan penerus takhta mengidap penyakit parah. Sementara, anak laki-laki pertamanya masih terlalu kecil untuk dipercaya menjadi penerusnya. 

Di sisi lain, keempat adik Putra Mahkota sedari awal tidak memiliki niatan untuk menjadi penerus takhta. Mereka bahkan kerap bertingkah layaknya pembuat onar di kerajaan. Hal ini pun membuat Ratu Hwaryeong harus berusaha keras untuk mendidik anak-anaknya agar dapat menggantikan Putra Mahkota jika hal buruk benar terjadi.

Masalah yang dihadapi Ratu Hwaryeong tidak terbatas hanya mengenai kesehatan Putra Mahkota dan keonaran keempat anaknya. Melainkan ia juga harus menghadapi sang ibu mertua dan orang-orang di sekitarnya yang kerap berusaha menjatuhkan dirinya.

  • Genre: kerajaan, komedi, keluarga
  • Saluran: tvN
  • Episode: 16
  • Pemeran: Kim Hye Soo, Kim Hae Sook, Choi Won Young

11. Revenge of Others

Soompi

Revenge of Others atau Third Person Revenge (terjemahan langsung dari 3인칭 복수) adalah drama Korea baru yang dibintangi oleh Lomon dan Shin Ye Eun. Drama ini menceritakan tentang Ok Chan Mi, seorang siswi SMA yang juga merupakan atlet menembak. Ia berupaya mencari kebenaran atas kematian saudara kembarnya.

Sementara itu, ada murid laki-laki bernama Ji Soo Heon. Ia selalu melakukan aksi balas dendam kepada para pelaku perundungan. Ok Chan Mi pun akhirnya harus terlibat dengan Ji Soo Heon untuk mengungkap kematian saudaranya. Namun hal itu malah membawanya kepada berbagai insiden yang mengubah hidupnya.

  • Genre: thriller, aksi, balas dendam
  • Saluran: Disney+
  • Episode: 12
  • Pemeran: Lomon, Shin Ye Eun, Seo Ji Hoon, Kang Yul

12. Extraordinary Attorney Woo

Soompi

Extraordinary Attorney Woo merupakan drama Korea terbaru yang juga mendapatkan rating memuaskan. Drama ini bahkan disebut sebagai salah satu drama paling laris di tahun 2022 ini.

Extraordinary Attorney Woo sendiri menyoroti kisah Woo Young Woo, seorang pengacara cerdas yang mengidap autism spectrum disorder. Meski memiliki kelemahan dalam hal sosial, ia mampu menyelesaikan berbagai persoalan hukum yang rumit.

Selepas menyelesaikan pendidikannya di jurusan hukum, Woo Young Woo mulai bekerja sebagai pengacara di sebuah firma hukum kenamaan. Di sana, ia bertemu dengan Lee Jun Ho yang kemudian menjadi salah satu rekan kerja terdekatnya. Tak hanya itu, keduanya juga mulai menunjukkan ketertarikan kepada satu sama lain.

Kisah Woo Young Woo dalam Extraordinary Attorney Woo pun sukses mencuri perhatian publik. Hal ini terlihat dari perolehan rating yang terus meningkat sejak episode pertama. Menariknya lagi, kisah Woo Young Woo juga telah dibuat dalam bentuk komik dan tayang di Webtoon Indonesia.

  • Genre: hukum, pengadilan, romansa
  • Saluran: ENA, Netflix
  • Episode: 16
  • Pemeran: Park Eun Bin, Kang Tae Oh, Kang Ki Young, Baek Ji Won, Ha Yoon Kyung, Joo Jong Hyuk

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Film Psychological Thriller di Netflix, Bikin Takut!

13. Reborn Rich

drama korea terbaru
Soompi

Reborn Rich atau juga dikenal dengan judul The Chaebol’s Youngest Son adalah drama yang diangkat dari komik daring berjudul sama. Drama ini menampilkan Song Joong Ki, Lee Sung Min, dan Shin Hyun Bin sebagai pemeran utamanya.

Drama yang dikemas dalam 16 episode ini sukses mencuri perhatian publik hingga memperoleh rating tinggi pada setiap penayangan episode barunya. Tak hanya itu, pada penayangan episode ke 8, drama ini memperoleh rating 19,449 persen yang sekaligus membuat Reborn Rich menggeser Extraordinary Attorney Woo sebagai drama paling laris di 2022.

Reborn Rich menceritakan kisah Yoon Hyun Woo yang merupakan seorang pegawai di Soonyang Conglomerate. Selama kurang lebih 10 tahun bekerja di sana, ia bertanggung jawab untuk mengurus anggota keluarga pemilik perusahaan tersebut layaknya seorang pelayan. Hingga akhirnya ia meninggal karena ditembak ketika mengikuti perjalanan dinas ke luar negeri.

Keajaiban terjadi saat Yoon Hyun Woo mendapati dirinya hidup kembali. Namun, jiwanya tidak kembali ke tubuhnya sendiri melainkan masuk ke tubuh Jin Do Joon, anak laki-laki termuda dari keluarga konglomerat tersebut. Ia pun berniat untuk melakukan balas dendam atas perlakuan yang diterimanya selama ini.

  • Genre: fantasi, balas dendam
  • Saluran: JTBC
  • Episode: 16
  • Pemeran: Song Joong Ki, Lee Sung Min, Shin Hyun Bin

14. Big Mouth

Soompi

Rekomendasi drama Korea terbaru berikutnya yang juga sukses memperoleh rating tinggi adalah Big Mouth. Drama arahan sutradara Oh Choong Hwan tersebut memasangkan Lee Jong Suk dan Lim Yoon A atau YoonA SNSD sebagai pasangan suami istri.

Diceritakan, Park Chang Ho adalah seorang pengacara yang dikenal pandai berbicara namun memiliki tingkat kemenangan kecil dalam persidangan, sehingga dijuluki sebagai “Big Mouth” alias bermulut besar. Suatu ketika, ia terlibat dalam kasus pembunuhan yang membuatnya dijebloskan ke dalam penjara. Hal itu membuatnya dicurigai sebagai sosok Big Mouse, si penipu handal.

Go Mi Ho, istri Park Chang Ho yang bekerja sebagai perawat lantas berusaha mencari keadilan untuk suaminya. Ia pun seolah tak kenal takut untuk melawan orang-orang yang berusaha menjatuhkan suaminya tersebut.

  • Genre: thriller, misteri, hukum
  • Saluran: MBC
  • Episode: 16
  • Pemeran: Lee Jong Suk, YoonA, Kim Joo Hun, Kwak Dong Yeon, Lee Ki Young

15. Weak Hero Class 1

Kompas

Rekomendasi drama yang terakhir adalah Weak Hero Class 1 yang diangkat dari webtoon populer berjudul sama. Drama ini menceritakan tentang kasus perundungan yang terjadi di kalangan murid sekolah menengah atas (SMA). 

Yeon Si Eun, adalah seorang siswa yang dikenal pandai dan selalu menduduki peringkat atas. Sayangnya, hal itu malah membuatnya menjadi sasaran perundungan, terlebih ia memiliki penampilan layaknya seorang anak yang lemah. Meski demikian, ia tidak tinggal diam mendapat perlakuan buruk tersebut. Ia pun berusaha melawan pelaku perundungan menggunakan kecerdasan yang dimilikinya.

  • Genre: aksi, remaja, 
  • Saluran: Wavve
  • Episode: 8
  • Pemeran: Park Ji Hoon, Choi Hyun Wook, Hong Kyung, Lee Yeon, Shin Seung Ho

Demikian 15 rekomendasi drama Korea terbaru, lengkap dengan ulasan singkatnya. Drama-drama di atas bisa Sedulur saksikan melalui platform atau aplikasi layanan streaming. Sedulur tertarik menonton yang mana dulu, nih?

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.