hometown cha cha cha

Drama Hometown Cha Cha Cha kapan tayang? Jawabannya adalah episode perdana ditayangkan pada 28 Agustus 2021. Drama yang dibintangi oleh Shin Min Ah dan Kim Seon Ho ini pun resmi tamat pada 17 Oktober 2021 silam. Namun meski sudah berakhir, drama ini masih belum bisa membuat para penontonnya move on. Apalagi episode terakhir ditutup dengan akhir cerita yang begitu apik dan mengharukan.

Bahkan, di episode terakhir drakor Hometown Cha Cha Cha meraih rating tertinggi selama penayangannya sekaligus mencetak peringkat nasional rata-rata 12,7 persen menurut Nielsen Korea.

BACA JUGA: Fakta Menarik di Balik Film Sang Chi and the Legend of the Ten Ring

Akhir cerita Hometown Cha Cha Cha

Buat Sedulur yang nonton Hometown Cha Cha Cha, pasti akan terbawa suasana dan jalan cerita drama. Tak hanya menampilkan kisah cinta dua pemeran utamanya, drama ini juga banyak mengajarkan kita pada makna kehidupan hingga arti keluarga.

Dalam akhir cerita drama ini, diceritakan Hong Du Shik yang diperankan oleh Kim Seon Ho berusaha keras untuk mengatasi traumanya atas masa lalu. Sementara Yoon Hye Jin yang diperankan oleh Shin Min Ah, meski awalnya kecewa sang kekasih tak mau jujur kepadanya, pada akhirnya Hye Jin tetap setia menemani Du Shik melewati masa-masa sulit.

Untuk yang bertanya Hometown Cha Cha Cha tayang hari apa, jawabannya adalah Sabtu Minggu. Dan di episode 16 yang sudah tayang 17 Oktober 2021 kemarin, diceritakan Hong Du Shik akhirnya sudah menerima dengan ikhlas semua yang terjadi di masa lalu. Perlahan ia juga mulai berhenti menyalahkan diri sendiri atas kematian orang-orang terdekatnya. Ada peran Yoon Hye Jin yang cukup besar di sini, karena tidak meninggalkan Du Shik meski dalam kondisi terburuk sekalipun. Bagian paling romantis adalah ketika Yoon Hye Jin memberanikan diri untuk melamar Hong Du Shik duluan.

Pelajaran yang bisa kita dapat dari Hometown Cha Cha Cha antara lain:

1. Jangan memendam semua beban sendirian

Di drama ini, Hong Du Shik diceritakan memiliki trauma masa lalu yang sangat berat. Secara berturut-turut, ia harus kehilangan orang terdekatnya. Mulai dari kakek, sahabat dekatnya, hingga nenek Gam Ri yang sudah ia anggap sebagai nenek kandungnya. Namun, Hong Du Shik tak pernah memperlihatkan kesedihannya. Ia berlagak seperti orang yang paling bahagia, padahal luka di hatinya sangat dalam. Bukannya membaik, seiring berjalannya waktu luka Hong Du Shik tak kunjung sembuh.

Sampai akhirnya ia bertemu dengan Yoon Hye Jin. Meski butuh waktu lama, Du Shik perlahan mau bercerita tentang kesedihannya kepada Hye Jin. Setelah bercerita, beban yang selama ini ada di pundak Du Shik pun mulai terangkat. Dari sinilah kita bisa belajar bahwa semakin banyak memendam kesedihan, maka semakin lama pula kita tak akan lepas dari kesedihan tersebut. Bercerita tentang kesedihan kita tak selalu menjadi tindakan yang salah kok, asal bercerita pada orang yang tepat.

2. Banyak hal sederhana yang sebenarnya berharga dalam hidup

Ingat scene detik-detik nenek Gam Ri meninggal? Sebelum tidur, nenek Gam Ri berkata tak ingin apa-apa lagi dalam hidupnya. Ia merasa senang bisa menjadi orang yang sudah tua. Selama hidupnya, Nenek Gam Ri merasa sudah banyak makan makanan enak, melihat pemandangan indah, dan bertemu dengan orang-orang yang luar biasa.

“Aku mau minta apa lagi? Aku bahagia,” ujar nenek Gam Ri.

Dari nenek Gam Ri kita bisa belajar bahwa hal-hal sederhana dalam hidup bisa menjadi sesuatu yang sangat berharga. Itulah mengapa, sekecil apapun yang terjadi dalam hidup kita, kita harus bisa menghargainya.

3. Harus punya empati terhadap sesama

Selain kisah cinta antara Hong Du Shik dan Yoon Hye Jin yang menarik untuk diikuti, selama menonton Hometown Cha Cha Cha, hati kita juga dibuat hangat dengan kedekatan penduduk Desa Gongjin. Setiap karakter dalam drama ini berhasil digambarkan dengan baik, lengkap dengan konflik mereka masing-masing. Dan bagaimana karakter lain saling membantu, ketika salah satu ada yang tertimpa kesulitan.

Di sini kita belajar bahwa hidup bermasyarakat sangat penting untuk memiliki empati. Dengan empati, kita bisa diterima dengan baik dalam lingkungan sosial. Selain itu, penting untuk tidak memberikan judgement kepada orang lain. Karena mereka yang di luar tampak baik-baik saja, belum tentu tidak menyimpan beban yang berat dalam hidupnya.

Pesan yang bisa kita dapat dalam drama ini cukup menyentuh bukan? Buat kamu yang belum sempat menonton, tak perlu download drama Korea Hometown Cha Cha Cha, karena drama ini hadir dalam streaming resmi di Netflix. Jangan biasakan untuk mengunduh drama atau film secara ilegal ya Sedulur!

Jangan sedih dengan berakhirnya drama ini, ada sejumlah drama Korea terbaru yang tak kalah seru dengan drama Hometown Cha lho. Yuk simak apa saja daftarnya.

BACA JUGA: 12 Film Sedih yang Harus Kamu Tonton, Pasti Bakal Nangis!

1. Rain or Shine/Just Between Lovers

Just Between Lovers
Pinterest

Drama pertama aktris Won Jin Ah ini memang bukan drama terbaru tahun ini, melainkan tayang di tahun 2017 silam. Drama berjudul Rain or Shine atau yang judul lainnya Just Between Lovers ini memiliki jalan cerita yang benang merahnya hampir mirip dengan Hometown Cha Cha Cha. Bercerita tentang orang-orang yang memiliki masa lalu yang kelam dan berusaha berdamai dengan diri sendiri.

Adalah Lee Gang Du yang diperankan oleh Lee Jun Ho member 2PM dan Ha Mun Su yang diperankan oleh Won Jin Ah yang sama-sama mengalami traum masa lalu karena pernah menjadi korban runtuhnya sebuah mall. Beruntungnya, mereka berdua masih bisa selamat saat bencana tersebut terjadi, meski harus kehilangan orang terdekat mereka. Lee Gang Du harus kehilangan ayahnya, sementara Ha Mun Su harus kehilangan adik semata wayangnya.

Namun, selamat dari sebuah kecelakaan ternyata malah membuat mereka dikejar rasa bersalah. Keduanya tak bisa hidup bahagia, sebab merasa bersalah kenapa hanya mereka yang selamat sementara keluarga mereka tidak. Lee Gang Du dan Ha Mun Su yang akhirnya bertemu memberikan dukungan satu sama lain untuk menyembuhkan trauma mereka di masa lalu.

BACA JUGA: Mr Queen, Drama Korea Lucu Penuh Kontroversi Malah Mendapat Rating Tinggi

2. Jirisan

jirisan
Soompi

Drama yang baru saja tamat ini menjadi salah satu drama yang tak boleh ketinggalan untuk diikuti. Alasan pertama, karena line up para pemainnya yang tak main-main. Alasan kedua adalah jalan cerita yang seru dan menegangkan dengan sejumlah misteri yang harus dikulik di setiap episodenya.

Drama ini dibintangi oleh artis papan atas Jun Ji Hyun dan Ju Ji Hoon. Ada pula artis kawakan Sung Dong Il, Oh Jung Se, Kim Young Ok, serta Jo Han Chul. Dan beberapa artis baru yang namanya mulai bersinar seperti Go Min Si dan Yun Ji On. 

Bercerita tentang keseharian para Rangers Gunung Jiri. Mereka bertugas melakukan patroli serta keselamatan para pendaki Gunung Jiri. Namun, dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir mulai terjadi hal-hal aneh. Banyak kecelakaan yang menewaskan beberapa penduduk lokal. Awalnya para Ranger mengira ini hanya kecelakaan gunung biasa, namun salah satu Ranger, Kang Hyun Jo (Ju Ji Hoon) mulai dapat penglihatan bahwa kejadian ini sebenarnya pembunuhan yang disamarkan menjadi kecelakaan. Bersama Seo Yi Gang (Jun Ji Hyun), Hyun Jo menyelidiki kasus ini.

3. Happiness

happiness
Kdramadiary

Tak seperti judulnya, drama Happiness justru memiliki jalan cerita yang cukup bertolak belakang. Bercerita tentang kondisi Korea Selatan setelah pandemi Covid berakhir. Diceritakan di Korea beredar obat untuk mengobati pneumonia. Seperti kita tahu, pneumonia adalah salah satu gejala berat pada Covid-19.

Sayangnya obat yang beredar ini justru memunculkan masalah baru. Mereka yang mengonsumsi obat ini tiba-tiba mengalami halusinasi dan seketika berubah menjadi zombi yang haus darah. Mereka yang terinfeksi pun akan menjadi agresif dan bisa menyerang orang lain dengan menggigit untuk bisa minum darah.

Yoon Sae Bom, seorang pasukan khusus (diperankan oleh Han Hyo Jo) sempat terluka karena melawan orang yang terinfeksi. Anehnya, ia tak ikut terinfeksi. Itulah mengapa darahnya kemudian diteliti untuk mengembangkan antibodi. Dalam menghadapi masalah ini, Yoon Sae Bom tak sendiri. Ia ditemani oleh Jung Yi Hyun (diperankan oleh Park Hyung Sik) yang merupakan sahabat sekaligus menjadi suami Sae Bom.

4. The Red Sleeve

The Red Sleeve
Detik

Tampaknya selain menjadi idol, Lee Jun Ho 2PM memang sangat berbakat menjadi aktor. Setelah berhasil dengan berbagai drama seperti Rain or Shine, Good Manager, dan Wok of Love, artis JYP Entertainment ini comeback dengan drama The Red Sleeve. Drama ini sekaligus menjadi drama pertama Junho setelah menyelesaikan wajib militer pada 20 Maret 2021 lalu.

Dalam drama The Red Sleeve, Junho beradu peran dengan aktris Lee Se Young. Bercerita tentang kisah Raja Jeongjo dan selirnya Uibin Sung, mengambil latar Korea di abad 18. Junho berperan sebagai Pangeran Yi San merupakan putra mahkota yang kemudian menjadi Raja Jeongjo.

Ia meminta Seung Deok Im atau Uibin Sung (Lee Se Young) untuk menjadi selirnya. Namun permintaan itu tak langsung diterima. Sebab Seung Deok Im menyukai kehidupan yang bebas dan tak ingin terkekang dengan aturan kerajaan. Meski ditolak, Pangeran Yi San tak putus asa. Kisah mereka pun semakin menarik untuk diikuti.

BACA JUGA: 6 Fakta Dita Karang Secret Number, Idol Korea Asal Indonesia

5. Now, We Are Breaking Up

Now We Are Breaking Up
Soompi

Akhirnya ratunya drama Korea melakukan comeback! Siapa lagi kalau bukan Song Hye Kyo. Setelah terakhir bermain drama di tahun 2018, yakni Ecounter bersama Park Bo Gum, Song Hye Kong kembali bermain drama di tahun 2021.

Tak tanggung-tanggung, ia kembali mendapat lawan main yang lebih muda. Setelah Park Bo Gum, kini giliran aktor muda Jang Ki Yong yang menjadi kekasih Song Hye Kyo dalam drama. Drama Now, We Are Breaking Up bercerita tentang Ha Young Eun (Song Hye Kyo), seorang manajer tim desain di sebuah perusahaan fashion. Ia terkenal sebagai pribadi yang cerdas dan disiplin.

Suatu hari ia bertemu dengan Yoon Jae Kook (Jang Ki Young), seorang fotografer lepas yang populer di dunia fashion. Setelah beberapa pertemuan, mereka pun menjalin hubungan khusus. Namun sayang, perjalanan cinta mereka berdua tak selamanya mulus karena masa lalu yang dimiliki oleh Ha Young Eun.

Drama ini juga dibintangi Sehun EXO, yang tak kalah mencuri perhatian pecinta drama Korea.

6. Snow Drop

Snow Drop
Gadget Diva

Inilah drama perdana bagi Jisoo Blackpink. Ia berkesempatan beradu peran dengan aktor Jung Hae In yang sudah terkenal lewat sejumlah drama. Dikisahkan Eun Young Ro (Jisoo Blackpink) yang merupakan mahasiswa di sebuah kampus khusus wanita. Suatu hari, seorang pria berdarah masuk ke asramanya. Dengan alasan kemanusiaan, Young Ro pun menolong pria tersebut. Sampai akhirnya mereka saling jatuh cinta.

Sayang, pria tersebut memiliki rahasia kelam yang tak diketahui Young Ro. Eun Young Ro sampai harus melawan keluarga bahkan negara untuk membantu lelaki yang ia cintai tersebut. Drama ini juga bertabur bintang lain seperti Yoo In Na dan Kim Hye Yoon.

BACA JUGA: Profil Lengkap Lee Yi Kyung, Artis Kocak yang Tajir Melintir

7. Hellbound

Hellbound
Voi

Bagi penggemar Yoo Ah In, wajib menonton drama satu ini. Di sini diceritakan Yoo Ah Ini berperan sebagai Jung Jin-su, pemimpin sekte The New Truth. Drama ini berlatar Korea Selatan di tahun 2022. Di mana di tahun ini ada sebuah rumor bahwa seseorang yang baru saja mendapat kabar bahwa ajalnya dekat, tak lama akan didatangi makhluk yang menyebut dirinya malaikat maut. Malaikat maut ini akan langsung melakukan eksekusi terhadap orang-orang yang dianggap memiliki banyak dosa. Ia akan disiksa hingga akhirnya menjadi tak bernyawa.

Setelah itu, orang-orang ini akan dibawa ke neraka. Banyak yang mempercayai rumor ini karena banyaknya video yang beredar. Namun ada pula yang beranggapan hanya rekayasa.

8. Our Beloved Summer

our beloved summer
Homlah

Ingin menonton drama Korea dengan cerita yang ringan dan menggelak tawa? Tentu jangan lewatkan drama terbaru Choi Woo Shik dan Kim Da Mi. Bercerita tentang Choi Ung (Choi Woo Shik) dan Kook Yeon Su (Kim Da Mi), sepasang mantan kekasih yang sudah lama berpisah namun akhirnya bertemu lagi karena suatu alasan.

Saat mereka masih duduk di bangku SMA, keduanya sepakat untuk menjadi pemeran utama dalam sebuah film dokumenter. Bertahun-tahun kemudian, saat mereka sudah menjalani kehidupan masing-masing dan berusaha move on satu sama lain, tawaran untuk membuat film dokumenter tentang kehidupan mereka setelah dewasa kembali muncul. Di sinilah konflik hubungan mereka semakin menarik untuk disimak dan sedikit demi sedikit terungkap alasan mereka putus hubungan.

Our Beloved Summer juga menjadi spesial, karena sahabat Choi Woo Shik dalam Wooga Squad, yakni V BTS akan mengisi salah satu original soundtracknya.

9. Bad and Crazy

Bad and Crazy
Voi

Buat kamu yang sempat terpesona dengan Wi Ha Joon dalam drama Squid Games, maka tak boleh melewatkan drama Bad and Crazy. Drama yang mulai tayang 17 Desember 2021 ini menampilkan Wi Ha Joon yang beradu peran dengan aktor kawakan Lee Dong Wook!

Bercerita tentang Ryu Soo Yeol (Lee Dong Wook) bekerja sebagai petugas polisi untuk Departemen Kepolisian Mooui. Ia dianggap sebagai polisi yang sangat kompeten dalam pekerjaan. Namun sayang, secara etika, Soo Yeol seringkali membuat orang sekitarnya geleng-geleng kepala.

Sampai akhirnya ia bertemu dengan seorang pemuda bernama K (Wi Ha Joon). K bisa dibilang sebagai yang memiliki pemikiran gila, namun sangat mengedepankan keadilan. Kira-kira bagaimana kisah seru mereka? Jangan lewatkan drama Bad and Crazy dan tonton secara legal di platform streaming Iqiyi.

Itu dia sejumlah daftar drama yang bisa Sedulur tonton setelah Hometown Cha Cha Cha tamat. Banyak pilihan menarik bukan? Ceritanya juga tak kalah seru kok.

Biar menonton drama Korea semakin mengasyikkan, Sedulur juga perlu lho ditemani cemilan. Biar mudah, cukup beli cemilan pakai Aplikasi Super. Download aplikasinya di sini, lalu pilih-plih cemilan yang Sedulur mau. Dijamin mudah dan pasti murah!