drama korea kerajaan

Siapa sih yang nggak ketagihan nonton drama Korea kerajaan terbaru dan terbaik? Banyak orang yang menggemari suguhan alur cerita menarik dari drama Korea (drakor) yang berlatar belakang kerajaan. Selain karena perpaduan kisah fiksi dan sejarah yang begitu membuat penasaran, tentunya Sedulur ingin melihat bagaimana akting dari aktor drakor favorit di dalamnya.   

Kalau Sedulur masih bingung mau nonton drama Korea kerajaan terbaru dan terbaik apa untuk mengisi waktu luang, mungkin daftar rekomendasi di bawah bisa membantu, nih! Langsung simak daftarnya sampai akhir, yuk!

BACA JUGA: 10 Penampilan Penyanyi Kembali Manggung Usai Melahirkan

1. The Forbidden Marriage (2022)

Lingkar Madiun

Di urutan pertama drama Korea kerajaan terbaru, kita akan sedikit mengulas The Forbidden Marriage (2022). Drakor tersebut digarap dari novel sebuah novel web rilisan 2015 hingga 2020 yang lalu.

-->

Park Ju Hyun dan Kim Young Dae menjadi beberapa pemeran utama di dalam The Forbidden Marriage (2022). Secara garis besar, drakor seru ini mengisahkan Raja Lee Heon yang belum bisa melupakan kematian mendiang istrinya, dan belum menikah lagi hingga bertahun-tahun kemudian.

2. Under the Queen’s Umbrella (2022)

drama korea kerajaan terbaru
Layar ID

Pada urutan kedua, ada Under the Queen’s Umbrella (2022) yang sempat viral beberapa waktu lalu. Beberapa episode dari drakor ini bahkan memperoleh rating yang sangat tinggi di televisi Korea sana. Bergenre black comedy, Under the Queen’s Umbrella (2022) menceritakan perjuangan seorang ratu kerajaan yang mempersiap anak-anaknya untuk melanjutkan perjuangan sang raja memimpin wilayah kerajaan.

BACA JUGA: 26 Film Komedi Indonesia Terbaik, Terbaru, dan Paling Lucu

3. Poong the Joseon Psychiatrist (2022)

drama korea kerajaan terbaru
Orami

Poong the Joseon Psychiatrist (2022) menjadi salah satu drama Korea kerajaan terbaru yang wajib Sedulur tonton. Kim Min Jae berperan sebagai salah satu dokter yang terlibat ke dalam konspirasi kerjaan super licik dan penuh kejutan.

4. Alchemy of Souls (2022)

drama korea kerajaan terbaru
Intip Seleb

Mencari drakor kerajaan dengan bumbu-bumbu aksi yang menegangkan? Cocok banget nih, Sedulur kalau nonton Alchemy of Souls (2022)! Aktor-aktor bertalenta Negeri Ginseng seperti Lee Jae Wook, Jung So Min, dan Goo Yoon Jung turut berpartisipasi di dalam drakor ini. Alchemy of Souls (2022) menceritakan kehidupan para penyihir muda di sebuah negari fiksi bernama Daeho.

BACA JUGA: 11 Potret Indah Permatasari saat Mengurus Sang Anak, Idaman!

5. Bloody Heart (2022)

drama korea kerajaan terbaru
Bisnis

Satu lagi drama Korea kerajaan terbaru yang tidak boleh Sedulur lewatkan adalah Bloody Heart (2022). Alur cerita drakor ini begitu menarik karena menyorot berbagai konflik internal keluarga kerajaan, seperti putra mahkota yang berbeda ideologi dengan sang raja, kepergian sang ratu yang sangat memberikan trauma membekas, serta berbagai konflik lainnya.

6. The King: Eternal Monarch (2020)

drama korea kerajaan terbaru
Antara News

Selain beberapa drama Korea kerajaan terbaru di atas, mungkin Sedulur juga ingin menelisik beberapa drakor kerajaan rilisan terdahulu yang masih menarik untuk diikuti. Salah satunya adalah The King: Eternal Monarch (2020).

The King: Eternal Monarch (2020) menceritakan dunia paralel, Korea di masa sekarang dan Korea di masa lalu, dimana seorang raja terdahulu masuk ke dunia sekarang dan bertemu berbagai hal mengejutkan.

BACA JUGA: PT KAI Luncurkan Kereta Panoramic Pertama di Indonesia

7. Mr. Queen (2020)

CNN Indonesia

Mr. Queen (2020) adalah salah satu drakor yang pernah tayang di tvN. Mirip-mirip dengan drama yang sebelumnya kita bahas, Mr. Queen (2020) membahas tentang seorang koki yang mendapati dirinya bertukar jiwa dengan seorang ratu dari zaman periode Joseon. Wah, menarik banget, nih!

8. Kingdom (2019)

drama korea kerajaan terbaru
Netflix

Kingdom (2019) merupakan drama Korea kerajaan yang sepertinya sangat berbeda dari yang lain. Alih-alih berfokus pada konflik kehidupan orang-orang pada zaman Joseon, Kingdom (2019) mencoba untuk menceritakan wabah zombie misterius di suatu kerajaan. Para penonton pastinya akan selalu dibuat geregetan pada setiap episodenya.

Selain berkisah tentang bagaimana kondisi wabah penyakit zombie tersebut, Kingdom (2019) juga menambahkan cerita tentang bagaimana perjuangan seorang putra mahkota yang berusaha merebut kembali hak kekuasaannya yang dirampas oleh ratu. Pastinya konflik akan terus memanas dari awal hingga akhir.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Film Sniper Terbaik yang Gak Boleh Dilewatkan!

9. Rookie Historian Goo Hae-ryung (2019)

Layar ID

Rookie Historian Goo Hae-ryung (2019) menceritakan perjalanan seorang sarjana baru bernama Goo Hae-ryung yang memulai kariernya di pengadilan kerajaan Joseon. Dari situ, Goo Hae-ryung bertemu dengan bermacam-macam orang baru dan seorang pangeran yang berhasil mengambil hatinya.

10. Mr. Sunshine (2018)

Liputan 6

Jika sudah selesai menonton drama-drama Korea kerajaan di atas, coba tonton Mr. Sunshine (2018) ini. Mr. Sunshine (2018) menceritakan seorang anak laki-laki dari keluarga budak di masa Joseon, bernama Eugene Choi, yang kabur naik kapal perang Amerika Serikat. Ia hidup di tahun 1871 ketika Amerika Serikat menjalankan ekspedisi ke Joseon. 

Sebelum pergi, Eugene Choi melihat orang tuanya dibunuh oleh keluarga bangsawan di depan matanya sendiri. Eugene Choi lantas pergi ke Amerika dengan membawa perasaan dendam.

11. Hwarang: The Poet Warrior Youth (2016)

Drama Korea kerjaan terbaru selanjutnya yaitu berjulud Hwarang: The Poer Warrior Youth. Drama ini pada awal rilis sangat terkenal karena menghadirkan aktor papan atas seperti Park Seo-joon dan Park Hyung-sik. Selain itu, drama ini juga menjadi debut bagi Kim Tae-hyung atau V BTS.

Salah satu drama kerajaan romantis yang berpusat di sekelompok pria muda kalangan elit. Berlatar pada era Kerajaan Silla (57 SM-935 M), Ratu dikisahkan mengirim putranya menjauh dari tembok istana agar tetap aman dari musuh-musuh kerajaan.

Saat sudah dewasa, putra mahkota menunggu bersama orang-orangnya untuk bisa menampakkan diri. Masalahnya, ratu tiba-tiba khawatir tentang bangsawan kuat yang pernah mencoba mengambil alih tahta. Jadi, ia berencana membentuk kelompok prajurit elit: Hwarang, tanpa tahu bahwa putranya ada di antara anggota kelompok itu.

12. 100 Days My Prince (2018)

Rekomendasi drama selanjutnya yaitu 100 Days My Prince, drama ini diperankan oleh D.O dan Nam Ji Hyun. 100 Days My Prince merupakan drama yang tayang tahun 2018 yang lalu. Drama ini berkisah tentang seorang pangeran yang hilang ingatan.

Seorang pangeran yang hilang ingatan akibat kecelakaan berat dan diselamatkan oleh seorang bapak tua yang hidup di Desa Sungjoo. Di desa tersebut, seorang pangeran mendapatkan identitas baru sebagai Won Deuk.

Won Deuk pun hidup dan menjalankan kehidupan sebagai rakyat jelata. Suatu hari, datang titah kerajaan yang menyuruh seluruh rakyat yang masih melajang harus segera menikah. Titah ini turun karena diyakini dapat mengakhiri masa kemarau panjang.

Bapak tua yang merupakan ayah dari Yeon Hong Shim pun segera menikahkan puterinya dengan Won Deuk untuk melaksanakan titah kerajaan tersebut. Hubungan keduanya yang awalnya dingin pun perlahan mencair. Di saat mereka sudah saling mencintai, Won Deuk kembali ingat siapa dirinya sebenarnya. Ia pun harus kembali ke istana untuk menyelesaikan urusannya sebagai putera mahkota.

13. The Tale of Nokdu (2019)

The Tale of Nokdu merupakan salah satu drama kerajaan yang wajib tonton. Drama yang cukup menghibur karena di dalamnya banyak intrik politik yang dibahas. Drama ini diperankan oleh Jang Dong Yoon dan Kim So Hyun sebagai pemeran utama.

Bercerita tentang Jeon Nok Du yang tinggal di sebuah pulau terpencil bersama ayah dan saudara laki-lakinya. Saat Nok Du mempertanyakan mengapa ia tak diizinkan untuk keluar pulau, datang sekelompok pembunuh yang memburu keluarganya.

Nok Du pun mengejar para penyerang tersebut hingga ke ibu kota. Di sana, ia mendapati seorang pembunuh bayaran masuk ke sebuah desa. Desa tersebut merupakan desa yang hanya ditinggali oleh para janda.

Untuk mencari tahu kebenarannya, Nok Du pun menyamar sebagai seorang janda kembang dan tinggal di desa tersebut. Di sana, ia bertemu dengan Dong Dong Ju (Kim So Hyun), seorang calon gisaeng yang pernah terpergok ingin membunuh raja.

14. Love in The Moonlight (2016)

Ada juga drama Korea kerajaan yang bergenre sejarah yaitu Love in The Moonlight. Drama ini mengisahkan tentang seorang putra mahkota bernama Lee Yeong (diperankan oleh Park Bo Geum). Ia menyamar sebagai seorang rakyat biasa untuk menghindari tugas kerajaannya.

Di sisi lain, ada seorang gadis bernama Hong Ra On (diperankan oleh Kim Yoo Jung) yang juga menyamar sebagai pria untuk bertahan hidup. Hong Ra On tinggal di istana dan berperan sebagai kasim. Lee Yeong merasa ada yang aneh dengan dirinya ketika ia merasa suka pada kasimnya sendiri. Namun, suatu hari Lee Yeong mengetahui kebenaran bahwa kasimnya adalah seorang wanita.

Meski demikian, perbedaan latar belakang membuat Hong Ra On ragu untuk menjalin kasih dengan putra mahkota. Ada juga latar belakang lain yang membuat keduanya sulit untuk bersatu.

15. Lovers of the Red Sky

Rekomendasi drama Korea kerajaan terbaru yang rilis pada tahun 2021 yang lalu. Drama ini mengusung genre fantasi romantis dengan bumbu sejarah di dalamnya. Lovers of the Red Sky bercerita tentang kutukan iblis bermata merah yang menyerang puteri dari Hong Eun O, seorang pelukis ilahi.

Hong Eun O merupakan pelukis yang ditugaskan dalam ritual penyegelan iblis. Kutukan tersebut membuat Hong Cheon Gi (Kim Yoo Jung), putrinya tidak bisa melihat dan memiliki mata merah. Dalam ritual penyegelan iblis tersebut, iblis berhasil disegel di dalam potret raja. 9 tahun kemudian, segel iblis di dalam potret raja terbuka.

Hal ini mengakibatkan kutukan yang menimpa Cheon Gi berpindah ke Ha Ram (Ahn Hyo Seop), yang saat itu sedang membantu ritual pemanggilan hujan. 20 tahun kemudian, Hong Cheon Gi tumbuh menjadi seorang pelukis istana. Di dalam istana, ia bertemu dengan Ha Ram yang menjadi seorang perwira Seomungwan. Ia bertugas sebagai penasihat raja yang mahir membaca rasi bintang, meskipun matanya buta.

16. Queen for Seven Days

Selanjutnya ada drama Queen fof Seven Days. Drama ini bercerita tentang sebuah kisah cinta tragis. Kisah ini adalah antara Raja Jungjong (diperankan oleh Yeon Woo Jin) dan ratu yang ia cintai, yakni Shin Chae Kyung (diperankan oleh Park Min Young).

Shin Chae Kyung dan Raja Jungjong sebenarnya sudah saling mencintai sejak kecil. Akan tetapi, keduanya terpisah selama beberapa tahun karena perbedaan kelas sosial. Namun, ketika mereka bertemu kembali, Raja Jungjong sudah menjadi raja dan terikat pada perjodohan politik dengan putri dinasti Ming. Mereka berusaha untuk bersama-sama.

Namun takdir yang tragis membuat Shin Chae Kyung diangkat menjadi ratu hanya selama tujuh hari. Selanjutnya, ia digulingkan oleh Raja Injong yang menjadi pengganti Raja Jungjong.

17. The Red Sleeve

Drama ini mengangkat latar belakang di abad ke-18, masa pemerintahan raja Jeongjo. Yi San, adalah seorang putra mahkota yang akhirnya naik tahta sebagai seorang raja. Ia menginginkan Sung Deok Im sebagai selirnya. Namun, Deok Im menolak karena tidak ingin kebebasannya direnggut.

The Red Sleeve termasuk drama Korea yang membuat banyak penontonnya berderai air mata. Drama ini pun diangkat dari kisah nyata pada masa kerajaan. Salah satu rekomendasi tontonan Sedulur yang menyukai tentang zaman kerajaan di Korea.

BACA JUGA: 9 Drama & Film Zombie Korea Terbaik dan Terbaru di 2022

Rekomendasi drama Korea kerajaan terbaru dan terbaik lainnya

Selain 10 rekomendasi di atas, tidak ada salahnya bagi Sedulur untuk kembali menonton drakor-drakor berikut ini sembari bernostalgia dengan alur cerita apiknya. Temukan rekomendasi drakor tersebut, mulai dari Rebel: Thief Who Stole The People (2017) hingga Queen Seon Duk (2009).

1. Rebel: Thief Who Stole The People (2017)

Soompi

2. Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo (2016)

Drakor Class

3. Six Flying Dragons (2015)

Blockdit

4. Empress Ki (2013)

Pinkvilla

5. Queen Seon Duk (2009)

Tribun Trends

Nah Sedulur, di atas merupakan beberapa rekomendasi drama Korea kerajaan terbaru dan juga terbaik. Jika Sedulur mencari drakor yang baru-baru saja dirilis atau sedang on-going ke season berikutnya, coba tonton Alchemy of Souls (2022) atau Under the Queen’s Umbrella (2022). 

Drakor rilisan lama juga bisa Sedulur tonton kembali, loh! Seperti Rebel: Thief Who Stole The People (2017) dan Queen Seon Duk (2009). Jangan lupa, tonton drama-drama Korea tersebut dari streaming platform yang resmi!

Pastinya Sedulur setuju ya, kalau nonton drakor itu paling asyik sambil ditemani beberapa snack dan minuman ringan. Selain buat mengganjal lapar, snack dan minuman ringan bisa banget tuh buat menambah energi Sedulur selama binge watching mengikuti alur cerita dari drakor favorit.

Nggak perlu ribet-ribet jalan ke minimarket terdekat, Sedulur bisa pesan berbagai snack dan minuman ringan yang pas buat camilan selama nonton drakor di Aplikasi Super. Mau kacang-kacangan? Ada! Atau mau roti-rotian? Ada juga pastinya. Kalau haus ya tinggal pesan berbagai minuman ringan di Aplikasi Super, dong.

Yuk, download Aplikasi Super dari Google Play Store sekarang! Tunggu apa lagi? Bisa belanja dari rumah, pakai promo dan voucher biar makin hemat, plus gratis ongkir di setiap transaksinya. Aplikasi Super, Mudah, Murah, Untung Melimpah!