tips memilih concealer

Mendapatkan tampilan sempurna dengan concealer yang tepat adalah impian setiap orang. Fungsi concealer sendiri begitu penting karena dapat menutupi kekurangan di kulit wajah Sedulur seperti menyembunyikan bekas jerawat, noda hitam, mata panda, lingkar mata gelap, bintik-bintik, kantung mata, serta area kulit yang berbeda warna. Namun, agar hasilnya bisa maksimal, Sedulur perlu tips memilih concealer dengan tepat.

Produk kecantikan satu ini cukup mirip dengan foundation, tetapi memiliki konsentrasi warna dan tingkat pigmentasi yang lebih tinggi. Alhasil, concealer dapat memberikan penutupan yang lebih baik untuk masalah-masalah tertentu pada kulit. Selain itu, concealer juga dapat digunakan sebagai highlighter untuk memberikan efek cerah pada bagian wajah.

BACA JUGA: 17 Rekomendasi Brush Make Up Terbaik untuk Pemula

Tips memilih concealer

tips memilih concealer
Hide

Concealer biasanya digunakan sebelum atau setelah foundation, namun pemakaiannya tergantung pada masalah kulit yang ingin disamarkan. Maka Sedulur harus benar-benar mengetahui tujuan dari penggunaan concealer . Keberadaan produk kecantikan ini juga begitu penting dalam tahapan make up karena akan membantu Sedulur mendapatkan penampilan rias yang lebih rata dan flawless.

-->

Produk kecantikan ini juga memiliki banyak shade warna. Hal ini lantaran ada banyak sekali warna kulint yang ada di dunia. Namun, Sedulur tidak perlu takut karena sudah ada banyak brand kosmetik yang mengeluarkan produk concealer dengan pilihan warna shade yang beragam. Untuk bisa membantu memilih produk yang tepat, mari simak tips memilih concealer agar sesuai dengan karakter dan jenis kulit Sedulur.

1.  Pilih concealer yang lebih terang

People

Tips memilih concealer yang perlu diperhatikan pertama adalah, pilihlah concealer dengan dua atau tiga tingkat lebih cerah dibandingkan warna kulit. Concealer dengan warna lebih terang dapat digunakan di bagian bawah mata untuk memberikan dimensi pada wajah, sekaligus menjadi highlighter pada titik tertinggi wajah.

Dengan begitu, maka dibutuhkan warna yang lebih terang untuk menutupi bagian kulitmu yang terkena hiperpigmentasi. Namun, kalau ingin memakai concealer hanya untuk menutupi bekas jerawat atau flek hitam, maka sebaiknya memilih yang warnanya mirip dengan warna kulitmu. Tujuannya agar hasil akhirnya lebih terlihat natural.

2.  Bandingkan beberapa warna

Warna concealer yang beragam tentu membuat Sedulur harus jeli. Sedulur perlu untuk membandingkan beberapa warna shade agar bisa menemukan warna yanbg tepat dan menghindari shade warna yang terlalu cerah saat digunakan di wajah. Pilihlah concealer yang warnanya sedikit lebih cerah daripada warna foundation Sedulur.

3.  Sesuaikan dengan jenis kulit

Concealer juga terbagi menjadi beberapa jenis sesuai dengan tipe kulit. Maka dari itu, tips memilih concealer yang perlu diperhatikan juga, yakni sesuaikan dengan jenis kulit Sedulur. Bagi pemilik kulit berminyak gunakan concealer yang lebih padat agar tidak mudah luntur. Bagi kulit kering sebaiknya pakai concealer yang lebih creamy dan memiliki kandungan minyak atau air yang lebih tinggi.

4.  Coba di tempat terang

Tips memilih concealer yang tepat juga bisa dilakukan dengan mencobanya di bawah sinar matahari (cahaya natural) atau bisa juga cahaya lampu yang normal (tidak gelap namun tidak terlalu terang juga).

BACA JUGA: 10 Tips dan Cara Make Up Natural untuk Pemula, Nggak Ribet!

5.  Coba pada bawah mata

Style Caster

Tips memilih concealer selanjutnya, yakni mencoba langsung concealer pada area bawah mata. Hal ini karena memang concealer lebih banyak dipakai untuk bawah mata. Sedulur bisa mengetahui warna concealer tersebut cocok dengan Sedulur jika warna concealer pas untuk membuat area mata Sedulur menjadi lebih terang.

6.  Perhatikan tingkat oksidasi

Oksidasi adalah proses pelepasan atau penyatuan suatu zat dengan oksigen. Jika concealer mengalami oksidasi, bisa dilihat dari perubahan warna menjadi lebih oranye atau menggelap. Hal ini bisa terjadi concealer bercampur dengan oksigen dan minyak di kulit Sedulur, sehingga membuat concealer berubah warna menjadi lebih gelap setelah digunakan beberapa jam.

Cara melihat apakah concealer yang Sedulur pilih mengalami oksidasi atau tidak terhadap kulit Sedulur, bisa dengan mencoba pada pergelangan tangan, kemudian tunggu selama 10 sampai 20 menit untuk melihat apakah warnanya berubah atau tidak. Bila tidak, maka concealer tersebut cocok untuk Sedulur. Namun, bila mengalami perubahan warna, cobalah cari concealer lain.

7.  Sesuikan dengan jenis kulit

Sama seperti foundation, concealer juga terbagi menjadi beberapa jenis sesuai dengan tipe kulit. Bagi kulit kering sebaiknya pakai concealer yang lebih creamy dan mengandung minyak atau pelembap. Lalu, untuk kulit berminyak sebaiknya pakai concealer yang lebih padat supaya tidak mudah luntur.

Demikian tadi ulasan tentang tips memilih concealer yang tepat sesuai dengan karakter kulit Sedulur. Produk kecantikan satu ini memang memiliki sifat yang cukup mirip dengan foundation, namun penggunaannya bisa lebih variatif dalam proses make up. Dengan mengenali concealer yang tepat untuk kulit, maka Sedulur bisa mengantisipasi adanya masalah jerawat, radang pada kulit, dan gangguan lainnya.

Sedulur juga bisa menentukan warna dan shade concealer yang tepat sesuai dengan warna kulit. Jika memiliki warna kulit gelap, maka Sedulur bisa mencoba mencari concealer dengan warna lebih muda. Jadi semoag ulasan di atas bisa membantu dan memberi inspirasi untuk make up milikmu ya Sedulur!