cara natural makeup

Cara natural make up look sedang banyak disukai belakangan ini. Gaya make ini adalah salah satu gaya make up yang banyak disukai karena membuat seseorang menjadi lebih segar secara alami. Tampilan ini juga bisa membuat wajah Sedulur terlihat bersinar. Cara natural makeup look juga umumnya tidak memerlukan banyak produk atau teknik yang rumit. 

Karena natural make up look tidak memerlukan banyak produk atau teknik yang rumit, maka waktu yang dibutuhkan untuk menerapkannya juga tidak lama. Ini membuatnya cocok digunakan untuk aktivitas apa saja. Untuk menerapkan cara natural make up look, Sedulur hanya perlu menekankan pada kelebihan wajah seperti bentuk alis, warna mata, dan bentuk bibir. Sekarang, yuk langsung simak saja caranya!

BACA JUGA: 7 Cara Membersihkan Make Up Pouch Kotor Dengan Mudah!

1. Bersihkan wajah

cara natural makeup
Minimalist

Membersihkan wajah sebelum menggunakan make up sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit dan mendapatkan hasil make up yang optimal. Dengan membersihkan wajah menggunakan facial foam, kulit jadi bersih dari kotoran dan minyak dapat menumpuk di permukaan kulit.

-->

Ketika kulit Sedulur kotor, Sedulur mungkin akan menggunakan lebih banyak make up untuk menutupi masalah kulit. Namun ketika kulit Sedulur bersih, make up akan lebih mudah menyerap ke dalam kulit. Hal itu akan memberikan hasil make up yang lebih optimal dan tahan lama. 

2. Gunakan skincare

Unsplash

Minimal, gunakan moisturizer dan sunscreen. Keduanya harus Sedulur gunakan guna menjaga kulit agar tetap sehat. Beberapa jenis make up dapat menyebabkan iritasi kulit atau masalah kulit lainnya. Dengan menggunakan skincare sebelum make up, Sedulur dapat mencegah iritasi kulit dan menjaga kesehatan kulit.

Tak hanya itu, penggunaan skincare juga berpengaruh pada hasil make up loh. Kelembaban kulit bisa membuat make up terasa lebih halus. Penggunaan skincare juga membuat penampilan kita lebih fresh sekaligus menjaga kesehatan dan melindunginya dari paparan polusi dan sinar matahari. 

3. Aplikasikan base make up

cara natural makeup
Times LIVE

Pilihlah base make up ringan seperti BB cream atau CC cream. Kedua base ini disarankan karena memiliki tekstur yang lebih ringan dibandingkan foundation, sehingga lebih cocok digunakan untuk tampilan make up yang lebih natural dan ringan. Keduanya juga bisa membantu menyamarkan noda pada wajahmu dan memberikan tampilan yang lebih bersih dan halus.

Memilih BB cream atau CC cream sebagai base make up adalah pilihan yang tepat untuk cara natural make up look yang lebih ringan dan natural. Namun, pastikan untuk memilih produk yang sesuai dengan jenis kulit Sedulur dan lakukan uji coba terlebih dahulu sebelum digunakan secara teratur, ya.

4. Gunakan concealer jika dibutuhkan

cara natural makeup
The Statesman

Cara natural make up look berikutnya adalah dengan mengaplikasikan concealer di wajah. Gunakan item ini jika benar-benar dibutuhkan saja, ya. Penggunaan concealer sendiri dapat membantu menyamarkan ketidaksempurnaan pada wajah, seperti lingkaran hitam di bawah mata, noda, atau bekas jerawat.

Jika Sedulur harus menggunakan concealer, maka pilihlah warna concealer yang sesuai dengan warna kulit, atau satu hingga dua tingkat lebih terang untuk menyamarkan lingkaran hitam di bawah mata.

BACA JUGA: Jangan Salah! Urutan Make Up Untuk Remaja yang Benar

5. Taburkan loose powder

Glamour UK

Loose powder dapat membantu mengurangi kilap pada wajah dan menyeimbangkan warna kulit. Berkat loose powder juga, tampilan natural akan segera didapatkan dan bisa menjadikannya tahan lama. 

Adapun cara memilih dan mengaplikasikan loose powder adalah dengan mencari warna loose powder yang sesuai dengan kulit. Selanjutnya, aplikasikan dengan brush yang sudah ditepuk-tepuk terlebih dahulu agar tersebar merata. Taburkan di daerah T (dahi, hidung, dan dagu) yang rentan mengeluarkan kilap.

6. Cerahkan pipi dengan blush on

WikiHow

Penggunaan blush on dapat membantu memberikan efek cerah pada pipi dan menambah kesan segar pada tampilan make up. Begitu pula pada cara natural makeup look, juga membutuhkan blush on.

Namun tenang, cara ini bisa membuat make up Sedulur tetap nampak alami. Caranya, pilih warna yang sesuai dengan warna kulit, tidak terlalu kontras. Gunakan sikat blush untuk mengaplikasikan blush on ke pipi. Usapkan blush on ke pipi dengan gerakan melingkar, hindari mengaplikasikan terlalu dekat dengan hidung dan jangan mengaplikasikan terlalu banyak.

7. Rapikan alis dan bulu mata

Pinterest

Mempercantik mata bisa dilakukan dengan cara menyisir bulu-bulu kecil di sekitar mata. Gunakan alat yang tepat untuk merapikan alis dan bulu mata, seperti pensil alis, sisir alis, dan bulu mata curler. Pastikan untuk membersihkan alat sebelum dan setelah digunakan untuk menjaga kebersihan dan keamanannya.

Untuk memberikan tampilan yang alami, hindari penggunaan berlebihan pada produk alis dan bulu mata, karena hal ini dapat membuat tampilan wajahmu terlihat tidak natural dan berlebihan. Llau, jangan lupa untuk membersihkan alat-alat setelah digunakan karena kebersihan alat-alat tersebut dapat memengaruhi kesehatan alis dan bulu mata. 

8. Tambahkan eyeshadow

cara natural makeup
Glamour UK

Cara natural makeup look selanjutnya adalah dengan memperhatikan bagian eyeshadow. Eyeshadow akan memberikan tampilan yang bagus ketika Sedulur menggunakan primer terlebih dahulu untuk membentuk bayangan di area mata. Sedulur bisa lanjutkan dengan mengaplikasikan eyeshadow menggunakan kuas atau cukup dengan jari tangan. 

Sedangkan terkait pemilihan warna, mulailah dengan mengaplikasikan warna eyeshadow yang lebih terang di bagian dalam kelopak mata dan di bawah tulang alis, kemudian aplikasikan warna yang lebih gelap di bagian luar kelopak mata dan bagian lipatan mata. Selebihnya, ratakan dengan rapi untuk menghasilkan make up natural.

9. Gunakan lipstik

Unsplash

Pilihan warna lipstik yang bisa Sedulur gunakan adalah warna lipstik yang natural seperti nude, pink muda, atau peach yang cocok dengan warna kulit Sedulur. Hindari penggunaan warna yang terlalu bold atau mencolok ya, Sedulur. Jangan lupa untuk menggunakan lipstik secukupnya saja, hanya digunakan untuk mencerahkan penampilan.

Sebagai tips, pastikan lipstik yang Sedulur gunakan memiliki ketahanan yang lama agar tidak mudah luntur dan membuat tampilan make up Sedulur terlihat berantakan. Sedulur bisa pilih formula yang matte atau bisa disesuaikan dengan kegiatan yang akan Sedulur hadiri.

10. Selesaikan dengan setting spray

cara natural makeup
Pinterest

Jangan lupakan fungsi penting dari sebuah setting spray. Setting spray pada make up memiliki beberapa fungsi penting untuk menjaga agar tampilan make up Sedulur tetap terlihat sempurna sepanjang hari. Dengan begitu,  Sedulur tidak perlu terus menerus touch up make up yang sudah dibuat dengan natural.

Perlu Sedulur ketahui, beberapa jenis setting spray mengandung bahan-bahan yang dapat meningkatkan hidrasi pada kulit, sehingga tampilan make up Sedulur bisa terlihat lebih sehat, bahkan membantu memperhalus tampilan make up dan membuatnya terlihat lebih natural.

BACA JUGA: 7 Cara Membersihkan Make Up Pouch Kotor Dengan Mudah!

Tips make up awet

Setelah mengetahui cara menggunakan make up natural di atas, tentu Sedulur juga harus tahu bagaimana tips agar make up yang Sedulur gunakan awet. Meskipun pada akhirnya make up memiliki daya tahan sendiri dan pasti luntur, namun dengan mengetahui tipsnya, make yang Sedulur gunakan akan bertahan sedikit lebih lama.

Lantas seperti apa tips yang bisa dilakukan agar make up bisa bertahan awet? Yuk, mari langsung kita simak penjelasan terkait tipsnya di bawah ini:

1. Pastikan wajah bersih dan lembab

Sebelum menggunakan makeup, sebaiknya Sedulur mencuci wajah terlebih dahulu. Pastikan juga Sedulur menggunakan facial wash yang sesuai dengan jenis kulit ya! Hal ini bisa membantu untuk menghilangkan kotoran pada wajah dan mengontrol minyak berlebih.

Jika tidak dibersihkan, kotoran dan minyak akan menyebabkan makeup sulit nempel dan cepat pudar. Setelah mencuci muka, jangan lupa untuk menggunakan pelembap atau moisturizer. Tak hanya melembapkan, moisturizer juga bermanfaat membantu makeup jadi lebih mudah diaplikasikan pada wajahmu. Jadi pastikan wajah Sedulur benar-benar bersih dan lembab ya.

2. Jangan tinggalkan primer

Masih banyak dari kita yang kadang melewatkan hal penting yang satu ini. Padahal, penggunaan primer penting jikaa Sedulur ingin tampil dengan makeup on point seharian. Primer bermanfaat untuk mengunci kelembapan kulit.

Bukan hanya bermanfaat untuk mengunci kelembaban kulit, namun primer juga bermanfaat untuk membuat wajah menjadi lebih lembut sehingga akan lebih gampang untuk memakai makeup.

3. Pilih produk make up yang tahan lama

Sekarang ini sudah banyak jenis make up yang ada di pasaran. Jika Sedulur ingin riasan wajah dapat bertahan lama, gunakanlah produk yang didesain untuk punya staying power yang kuat.

Pilihlah make up yang berlabel waterproof, water-resistant, dan long lasting agar Sedulur tetap bisa tampil kece meski sudah seharian beraktivitas. Jadi pada dasarnya produk make up juga mempengaruhi kualitas ketahanan make up itu sendiri.

4. Aplikasikan make up dengan teknik layer

Untuk mengaplikasikan base make up, riasan mata, dan lipstik biasakan untuk menerapkan teknik layer ya Sedulur. Ini artinya , aplikasikanlah produk dengan lapisan tipis dan tambahkan hingga Sedulur mendapat tampilan yang diinginkan.

Hal ini dapat membuat makeup bertahan lebih lama dibandingkan ketika Sedulur langsung menggunakan banyak produk sekaligus. Dengan teknik ini makeup Sedulur juga akan terlihat lebih natural.

5. Set make up dengan bedak

Supaya makeup tahan lebih lama, Sedulur dapat menggunakan loose powder. Terlebih kalau Sedulur memiliki  jenis kulit berminyak. Produksi minyak berlebih akan membuat riasan wajah menjadi cepat luntur. Maka dari itu, jangan lupa gunakan loose powder untuk daya tahan makeup yang lebih lama.

6. Hindari menyentuh wajah terlalu sering

Tanpa disadari kita sering menyentuh wajah. Padahal, belum tentu tangan dan jari-jari kita bersih dan bebas dari kuman. Jika Sedulur memiliki kebiasaan buruk seperti ini, lebih baik segera dikurangi. Hal ini karena terlalu sering menyentuh wajah akan membuat riasan menjadi berantakan.

7. Gunakan setting spray untuk mengunci make up

Selain menggunakan bedak, Sedulur juga dapat menggunakan setting spray untuk mengunci riasan wajah. Setting spray memiliki formula yang ampuh menjaga make up tetap awet dan tak cepat luntur. Sama seperti hairspray, setting spray menjadi step terakhir yang dapat Sedulur lakukan sebelum keluar rumah.

Itu dia cara natural makeup look untuk mempercantik tampilan Sedulur sehari-hari. Tampilan ini cocok digunakan untuk berbagai aktivitas karena tidak berat dan membuat wajah cepat lelah. Jangan lupa untuk membersihkan kembali make up setelah selesai beraktivitas ya. Bagi pemula, kini tak perlu ragu lagi untuk mencoba menggunakan make up.