Wardah merupakan salah satu produsen produk kecantikan yang sudah cukup terkenal di Indonesia. Tak hanya soal makeup saja, Wardah juga mengeluarkan berbagai macam skincare. Salah satunya adalah serum Wardah terbaik.

Produk serum Wardah sendiri sangat beragam dan ditujukan kepada banyak kalangan mulai dari yang memiliki kulit sensitif, berminyak, hingga kering. Tentu dengan ragam produk yang sangat lengkap, produk kecantikan dari Wardah bisa menjadi solusi bagi banyak orang.

Namun, untuk Sedulur yang masih bingung untuk menemukan serum Wardah terbaik yang cocok digunakan. Mari simak ulasan lengkap tentang beberapa produk serum dari Wardah berikut ini!

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Serum Rambut Anti Rontok Terbaik 2023

Tips Menggunakan Serum Wajah

Fteepik

Sebelum kami memberikan rekomendasi serum Wardah terbaik untukmu, mari kita ulasan tips dan trik menggunakan serum wajah agar hasilnya lebih maksimal. Tentu ini penting agar Sedulur bisa mendapatkan kulit wajah yang mulus, lembut, dan kenyal. Berikut ini tipsnya.

  • Bersihkan wajah terlebih dahulu

Agar serum dapat memberikan manfaat yang optimal bagi kulit wajah sedulur, sangat penting untuk memperhatikan langkah-langkah penggunaannya dengan seksama. Namun, penting untuk diingat bahwa konsentrasi bahan aktif yang tinggi ini juga dapat membuat serum kurang efektif jika digunakan pada kulit yang tidak bersih.

Hal ini disebabkan oleh adanya kotoran, minyak berlebih, dan sisa-sisa make-up yang menempel pada kulit wajah, sehingga menghambat penyerapan serum ke dalam kulit.
Oleh karena itu, sebelum menggunakan serum, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencuci muka dengan sabun yang lembut dan air hangat.

  • Berikan pijatan ringan selama penggunaan

Setelah meneteskan serum ke wajah, ratakan dengan lembut menggunakan gerakan menepuk-nepuk dan memijat perlahan dari bagian tengah wajah hingga garis rambut. Gerakan ini bertujuan untuk memastikan bahwa bahan aktif dalam serum tersebar merata dan menembus ke dalam kulit.

Berikan beberapa saat untuk serum menyerap dengan baik sebelum melanjutkan ke tahap selanjutnya dalam perawatan kulit. Pada tahap ini, kulit seharusnya terasa kenyal dan lembut tanpa kesan lengket atau berminyak.

  • Kombinasikan dengan toner

Salah satu cara yang baik untuk menggunakan serum adalah mengkombinasikannya dengan toner. Toner dapat membantu mengangkat sisa-sisa kotoran dan minyak dari kulit wajah, serta memberikan hidrasi yang dibutuhkan oleh kulit sebelum menggunakan serum.

Tunggu selama 1-2 menit setelah menggunakan toner, sehingga kulit wajah masih dalam keadaan lembab, namun tidak terlalu basah. Setelah itu, teteskan beberapa tetes serum pada wajah sedulur dan ratakan dengan lembut menggunakan jari-jari sedulur.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Serum Retinol Pemula Terbaik 2023

Rekomendasi Serum Wardah Terbaik

Berikut ini rekomendasi serum wajah dari Wardah terbaik yang bisa Sedulur gunakan.

1. Wardah Cyrstal Secret

bedanya body serum dan body lotion
iStock

Serum Wardah terbaik pertama adalah Crystal Secret Dark Spot & Brightening Serum. Kombinasi dari alpha arbutin, niacinamide, dan edelweiss extract akan membantu mencerahkan kulit secara menyeluruh. Tak hanya mencerahkan wajah, produk dari Wardah ini juga ampuh mengatasi masalah kulit lain, seperti flek hitam, bekas jerawat, dan warna kulit yang tidak merata. 

Serum pencerah wajah ini akan membuat kulit wajah menjadi lebih halus. Selain itu, serum ini juga cocok digunakan untuk semua jenis kulit dan bisa digunakan pada malam hari maupun siang hari.

2. Wardah C Defense Serum

Dengan modal kurang dari Rp100 ribu, Sedulur bisa mencoba serum untuk remaja dengan kandungan utama vitamin C sebagai serum Wardah untuk remaja. Dipercaya aman untuk segala jenis kulit dan usia.

Teksturnya pas, mudah menyerap, dan langsung berikan efek bersinar setelah dipakai. Sudah banyak yang membuktikan khasiat serum ini di berbagai tipe wajah, terutama tipe kulit kombinasi dan kering. 

3. Wardah Lightening Serum Ampoule

Serum Wardah terbaik yang mengandung niacinamide adalah Lightening Serum Ampoule. Serum ini dapat membantu Sedulur untuk melindungi kulit dari paparan blue light. Tekstur serum ini juga ringan dan cepat meresap ke dalam lapisan epidermal kulit sehingga nyaman dipakai.

Paparan blue light yang terlalu lama dapat mempercepat penuaan dini hingga menyebabkan hiperpigmentasi pada kulit. Sinar ini bersumber dari perangkat elektronik yang memancarkan cahaya seperti ponsel dan laptop.

Untuk merawatnya, gunakan Wardah Lightening Serum Ampoule secara rutin. Serum ini mengandung 10 kali advanced niacinamide lebih banyak di setiap tetesnya. Selain melindungi kulit dari paparan blue light, serum ini bekerja optimal untuk mencerahkan kulit serta menyamarkan bekas jerawat.

4. Wardah Renew You Anti Aging Serum

Berikutnya ada Wardah Renew You Anti Aging Intensive Serum yang mengandung 10 bahan aktif untuk mengatasi berbagai tanda penuaan. Mulai dari kerutan, kulit kering, bintik hitam, hingga tekstur yang tidak merata, semua bisa ditangani oleh serum ini. 

Kandungan lima ekstrak tumbuhan, yakni bilberry, sugar cane, sugar maple, sugar orange, dan sugar lemon, juga akan membantu eksfoliasi kulit. Bila Sedulur tertarik, serum yang dikemas dalam botol pipet berisi 17 ml.

5. Wardah Crystallure Supreme Revitalizing Oil

Crystallure merupakan lini produk premium dari Wardah. Serum ini terbuat dari perpaduan minyak dan air. Formulanya ringan, cepat meresap, dan tidak lengket. Sementara itu, kandungan gold peptide crystals dan youth glow actives membantu mengatasi kerutan, serta menjaga elastisitas kulit.

Produk ini juga mengandung tujuh botanical oils, seperti seaweed, macadamia, calendula, chamomile, wheat, avocado, dan jojoba. Kandungan tersebut mampu menjaga kulit tetap lembab, merawat kulit jerawat, memperbaiki tekstur, dan menenangkan kulit. Menariknya, serum ini bisa digunakan di seluruh tubuh, bahkan rambut. Pilihlah serum ini bila Anda menginginkan produk untuk perawatan yang menyeluruh.

6. Wardah Perfect Bright Super-Glow Berry Serum

serum wardah terbaik
iStock

Untuk remaja yang masih pemula menggunakan produk perawatan wajah dan ingin mencoba serum, produk ini bisa dipilih. Wardah Perfect Bright Super-Glow Berry Serum memiliki harga yang sangat terjangkau untuk kantong remaja. Meskipun harganya ekonomis, serum ini efektif mencerahkan, meratakan warna kulit, dan menutrisi kulit. 

Produk Wardah satu ini menggunakan formula baru, yakni 4x Bright Berries dan tiga jenis hyaluronic acid. Dengan pemakaian rutin, Anda akan mendapatkan kulit wajah yang lebih kenyal, sehat, dan glowing.

7. Wardah Hydra Rose Micro Gel

Produk ini mengandung butiran HydraMoist Micro Gel yang dapat menjaga kelembapan kulit selama 72 jam. Oleh sebab itu, serum ini adalah pilihan yang tepat untuk Anda yang memiliki kulit sangat kering. Saat serum ini digunakan, butiran tersebut akan segera larut dan meresap ke dalam kulit wajah Anda. 

Serum ini hadir dengan tekstur gel dan tutup pump yang memudahkan Anda mengeluarkan produk dari botolnya. Sayangnya, serum ini mengandung fragrance. Meski wanginya tidak mengganggu, jika kulit Anda supersensitif terhadap fragrance, sebaiknya Anda lebih berhati-hati, ya.

8. Wardah Acnederm Care Serum

Jika Anda sedang mencari solusi khusus untuk mengatasi permasalahan jerawat, maka produk ini adalah solusinya. Acnederm Acne Care Serum dari Wardah ini mengandung azeclair, asam salisilat, dan tea tree oil sebagai bahan aktif utamanya. Dengan kombinasi tiga bahan tersebut, produk ini diklaim memiliki sejumlah manfaat untuk merawat kulit yang sedang berjerawat.

Tidak hanya membantu melawan bakteri penyebab jerawat, serum ini juga dapat meredakan jerawat yang sedang meradang dan memudarkan bekasnya. Selain itu, kemampuannya dalam mengurangi kelebihan minyak di kulit membuat serum ini cocok untuk kulit berminyak.

9. Wardah Intense Brightening Essence Serum

Produk ini hadir dari rangkaian Wardah White Secret Series yang diformulasi untuk mencerahkan agar kulit tampak sebening kristal. Serum Wardah ini kaya akan bahan aktif pencerah, Karena mengandung crystal white active untuk mengurangi produksi melanin, dan silver vine extract untuk proses skin transparency.

Selain itu, serum ini kaya dengan hydrating agent untuk menyamarkan noda serta ekstrak lidah buaya untuk menjaga vitalitas kulit yang mampu mencerahkan dan meratakan kulit wajah.

10. Wardah Moisturising Body Serum

Serum Wardah yang satu ini ditujukan khusus untuk merawat kulit tubuhmu. Serum Wardah ini memiliki tekstur yang agak cair, sehingga cepat meresap di kulit dan tidak lengket. Mengandung skin nourishing 50% lebih banyak, body serum ini mampu melembabkan dan memberi zat gizi yang dibutuhkan kulit dengan lebih baik. 

Body serum ini mengandung macadamia oil dan apricot oil yang bisa menjaga elastisitas kulit kamu, mencegah penuaan dini akibat radikal bebas, sekaligus melindungi kulit dari paparan sinar UV.

11. Wardah Purifying Facial Serum

Sundree

Meskipun ukurannya mini, manfaat dari Wardah Purifying Facial Serum untuk membantu mengurangi kelebihan minyak tidak main-main. Serum ini mengandung active astringent yang dapat mengecilkan pori-pori wajah.

Terlebih lagi, serum ini diperkaya dengan kandungan witch hazel extract, seaweed extract & vitamin E. Setelah menggunakan serum ini, kamu akan merasakan sensasi kulit yang lembab dan tampak sehat.

Demikian tadi deretan serum Wardah terbaik yang bisa Sedulur coba. Jangan khawatir, produk kecantikan dari Wardah ini cukup mudah ditemukan bahkan tersedia di toko kelontong sekitar dan  Aplikasi Super. Aplikasi Super adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah.