serum retinol untuk pemula

Dalam rangkaian urutan skincare, penggunaan serum menjadi salah satu tahapan paling penting. Serum merupakan cairan bertekstur ringan yang digunakan sebelum pelembab kulit. Cairan ini akan membantu kulit untuk tetap terhidrasi dengan menjaga kebutuhan vitamin dan mineral di dalamnya. Dari sekian banyak jenis, serum retinol jadi yang paling mudah diaplikasikan. Lantas bagaimana cara menggunakan serum retinol untuk pemula dan apa saja rekomendasinya? Yuk, simak berikut ini!

BACA JUGA: Jangan Salah! Urutan Make Up Untuk Remaja yang Benar

Manfaat dan efek samping retinol

serum retinol untuk pemula
iStock

Sebelum kita memulai pembahasan rekomendasi serum retinol untuk pemula, alangkah baiknya Sedulur mengetahui manfaat dan efek samping retinol terlebih dahulu.

Manfaat retinol

  • Melawan dan menyamarkan tanda-tanda penuaan, seperti garis halus, flek hitam, kulit kendur, dan kerutan.
  • Mencerahkan kulit, serta mencegah dan meredakan jerawat.
  • Merangsang produksi kolagen dan regenerasi kulit.
  • Menyamarkan millia di sekitar hidung, dahi, dan kelopak mata.

Efek samping retinol

  • Dapat menimbulkan risiko iritasi apabila digunakan tidak sesuai petunjuk anjuran.
  • Berpotensi membuat kulit kering.
  • Menjadikan kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari sehingga mudah kemerahan.

Rekomendasi serum retinol untuk pemula

Berikut rekomendasi serum retinol untuk pemula yang dapat Sedulur jadikan pilihan.

-->

1. SOMETHINC Granactive Snow Retinoid 2%

Female Daily

Rekomendasi pertama yaitu produk dari SOMETHINC. SOMETHINC mempunyai 3 varian serum retinol. Meskipun memiliki presentasi yang cukup tinggi, varian yang satu ini menggunakan jenis turunan retinoid yang paling gentle dan rendah risiko iritasi pada kulit wajah. Tak hanya itu, serum ini juga  dengan kandungan Snow Mushroom yang akan memberikan efek dingin ketika diaplikasikan pada kulit yang meradang.

Natural Alpha Bisabolol dalam serum ini bermanfaat untuk mencegah hiperpigmentasi. Untuk di awal, Sedulur dapat menggunakannya sebanyak 1–2 kali seminggu. Jika kulit sudah mulai terbiasa, Sedulur dapat memakainya setiap malam. Serum ini sudah bisa dipakai mulai dari usia 17 tahun. Untuk ukuran 20 ml harga serum ini dibanderol mulai harga Rp123.000 sampai Rp169.000 saja.

2. Implora Liporetinol Serum

Female Daily

Rekomendasi serum retinol untuk pemula yang selanjutnya adalah produk milik Implora. 300Brand kecantikan lokal yang satu ini sudah terkenal dengan kualitas produkdan juga harganya yang cukup terjangkau. Implora menyediakan serum retinol yang dapat membantu menyamarkan tanda penuaan, mencerahkan kulit, dan juga dapat membantu meningkatkan sintetis kolagen sehingga kulit wajah menjadi tampak lebih kenyal dan sehat alami.

Serum ini dapat digunakan oleh semua jenis kulit, skincare dengan kandungan retinol ini dibanderol dengan kisaran harga Rp35.000 untuk kemasan botol pipet ukuran 20 ml.

3. Scarlett Whitening Skin Smoothing Retinol Serum

Scarlett Whitening

Brand kecantikan milik artis ternama Felicya Angelista ini juga menghadirkan produk serum retinol terbaiknya. Serum dari Scarlett ini diklaim mampu mencegah timbulnya tanda-tanda penuaan dan menyamarkan garis-garis halus pada wajah. Selain itu, serum ini juga dapat membantu menyamarkan tampilan pori-pori besar yang menganggu penampilan.  Bagi Sedulur yang tertarik mencobanya, Scarlett Whitening Skin Smoothing Retinol Serum dibanderol kisaran harga Rp75.000 untuk kemasan botol pipet ukuran 15 ml.

BACA JUGA : Perbedaan Lip Tint, Lip Cream dan Lip Gloss Dalam Make Up!

4. AZARINE Serum Retinol Smooth Glowing

Review SOCO

Sedulur tentu sudah tidak asing dengan nama brand AZARINE. Brand skincare yang juga terkenal dengan varian sunscreen ini juga menghadirkan serum retinol dengan kualitas terbaiknya lho. Azarine menawarkan serum retinol yang diklaim dapat menghilangkan garis halus dan flek hitam pada kulit wajah. Tak hanya itu,menariknya lagi serum yang dijual Rp65.000 ini juga telah diformulasikan dari encapsulated retinol yang diyakini dapat menyerap lebih cepat. Sehingga sangat cocok digunakan untuk pemula. Nah, apakah Sedulur tertarik untuk memcobanya? 

5. Pratista Retinol Renewal Serum

Fimela

Produk skincare lokal satu ini mulai populer semenjak banyak yang memberikan ulasan baik di sosial media. Tak hanya itu, harganya yang cukup terjangkau juga membuat semakin banyak orang tertarik untuk mencoba produknya. Menariknya, produk retinol Pratista hadir dengan kemasan kecil sehingga Sedulur yang masih takut tidak cocok dapat mencoba sedikit terlebih dahulu.

Produk ini memiliki konsentrasi retinol 0,5% yang berfungsi untuk mencerahkan wajah, mencegah penuaan dini, dan membantu merawat keluhan jerawat serta komedo. Serum ini dapat dipakai oleh Sedulur yang mulai dari usia 20 tahun. Serum ini hadir dengan dua ukuran yaitu 10 ml, 30 ml dengan rentang harga Rp75.000 sampai Rp139.000. Masih cukup terjangkau bukan? 

6. ERTO’S Retinol Serum

Female Daily

Ertos hadir degan 2 varian serum retinol, dan serum yang satu ini merupakan serum yang memiliki dosisnya lebih rendah dan ramah bagi pemula. Dengan memiliki konsentrasi 0,5% retinol, serum ini diklaim ampuh untuk mencerahkan kulit, meratakan warna kulit, menyamarkan noda hitam. Tak hanya itu, ERTO’S Retinol serum juga diperkaya dengan kandungan Lipochroman-6 dan soybean oil yang berperan sebagai agen anti penuaan dan antioksidan untuk kulit.

Untuk rentang usia pemakainya, serum ini sudah boleh dipakai mulai dari usia 17 tahun. Serum ini hadir dengan ukuran 20 ml dengan rentang harga kisaran Rp67.000 – Rp120.000. Cukup terjangkau dengan kualitas yang akan Sedulur dapatkan saat menggunakan serum ini.

7. Avoskin Miraculous Retinol Ampoule

Review SOCO

Meskipun memiliki konsentrasi hingga mencapai 3%, jenis retinol yang digunakan Avoskin adalah Actosome Retinol yang 50% lebih rendah efek sampingnya dibandingkan dengan retinol lainnya. Produk serum ini diklaim ampuh untuk meningkatkan produksi kolagen pada kulit terutama dengan adanya kandungan vitamin E dan juga ekstrak pomegranate. Manfaat lain dari serum ini adalah berkurangnya tanda penuaan dini,noda hitam dan garis halus yang tersamarkan, serta kulit yang cerah dan bebas jerawat. Sehingga kulit akan tampak mulus tanpa adanya noda hitam. Produk ini sudah terjual sebanyak lebih dari 10 ribu pcs dari berbagai toko online lho Sedulur. Apakah Sedulur tertarik untuk mencobanya? Serum ini sudah dapat dipakai untuk Sedulur yang mulai masuk usia 20 tahun. Serum ini hadir dengan ukuran 30 ml dengan rentang harga Rp184.000 – Rp249.000.

BACA JUGA : Cara dan Tips Agar Punya Bibir Plumpy, Bisa Dilakukan di Rumah!

8. Whitelab Retinol Treatment Serum

serum retinol untuk pemula
Female Daily

Serum retinol untuk pemula yang satu ini sangat cocok karena hanya mengandung encapsulated retinol 1%, terdapat juga ferulic acid, hyaglutamic, dan ceramide yang dapat dikatakan kandungan “gold standard” untuk mengatasi penuaan pada kulit wajah. Tak hanya itu, serum ini juga dapat membantu proses regenerasi kulit sehingga wajah akan tampak lebih awet muda, terasa kenyal dan kencang, dan juga dapat membantu menyamarkan noda hitam pada wajah. Whitelab Retinol Treatment Serum ini dijual dengan harga Rp96.000 untuk ukuran 15ml. Cukup terjangkau bukan? 

9. Somethinc Level 1% Encapsulated Retinol

serum retinol untuk pemula
Female Daily

Rekomendasi serum retinol untuk pemula selanjutnya adalah Somethinc Level 1% Encapsulated Retinol yang diklaim mampu menyamarkan kerutan halus, membantu mengencangkan kulit, serta menjaga kekenyalan kulit. Serum retinol dari Somethinc ini dibuat dengan teknologi enkapsulasi sehingga membuatnya lebih stabil dan mempunyai efikasi 2x lebih efektif dari retinol biasa, tapi tetap lembut di kulit wajah. Tak hanya itu, produk dengan harga Rp155.000 ini juga mengandung 4-t-Butylcyclohexanol yang sudah teruji secara klinis dapat meredakan gejala iritasi seperti rasa terbakar atau tersengat dengan cepat

10. Paula’s Choice Clinical 1% Retinol Treatment

serum retinol untuk pemula
Paula’s Choice

Bagi Sedulur yang mempunyai masalah kulit yang membandel seperti kerutan yang dalam dan warna kulit yang tidak merata, Sedulur mungkin ingin mempertimbangkan produk dengan persentase retinol yang cukup tinggi namun tetap ramah dan aman bagi pemula. Clinical 1% Retinol Treatment dari Paula’s Choice merupakan lotion ringan yang telah diformulasikan khusus untuk menyerap dengan cepat dan langsung bekerja untuk meningkatkan hidrasi dan mengurangi munculnya kerutan, garis halus, dan warna kulit yang tidak merata. Serum ini hadir dengan ukuran 5 ml hingga 30 ml yang dibaderol dengan harga kisaran Rp255.000 – Rp875.000. 

BACA JUGA : 12 Rekomendasi Bedak Untuk Kulit Berjerawat dan Berminyak

11. Mineral Botanica Retinoid Overnight Oil

serum retinol untuk pemula
Review SOCO

Mineral Botanica merupakan merk yang dikenal menggunakan kandungan-kandungan natural. Maka dari itu, tak heran jika serum retinol dari brand ini bukan hanya mengandung retinol melainkan juga memiliki campuran enam minyak alami yang sangat baik untuk kesehatan kulit wajah. Produk ini dipercaya dapat mengatasi garis-garis halus dan noda gelap di wajah, menjaga elastisitas kulit, dan menjaga kulit tetap cerah, lembap, dan halus. Serum retinol Mineral Botanica hadir dengan tekstur encer dengan aroma alami minyak dan warna bening kekuningan. Serum ini hadir dengan ukuran 20 ml dengan rentang harga Rp80.000 – Rp 125.000.

12. Humphrey Skin Care Serum Vitamin C Whitening ‘PLUS’

Review SOCO

Rekomendasi serum selajutnya adalah Humphrey. Serum ini  memiliki kandungan aktif dari vitamin B, C, dan E yang mampu mencerahkan kulit wajah. Manfaatnya lainnya yaitu mampu menjaga kelembapan kulit wajah kita, serta menyamarkan noda hitam pada wajah. Antioksidan yang terkandung dalam produk ini pun mampu mencegah penuaan dini. Serum ini juga diikenal sebagai serum untuk pagi hari yang memiliki kondisi kulit wajah berminyak. Dengan kemasan berbentuk botol spray yang ekonomis dan praktis, serum ini mudah untuk dibawa ke mana saja. Serum lokal terbaik ini juga dapat digunakan untuk seluruh jenis kulit termasuk jerawat dan berminyak. Nah, apakah Sedulur tertarik untuk menggunakannya? 

Demikianlah rekomendasi serum retinol untuk pemula yang dapat Sedulur jadikan pilihan. Pastikan Sedulur memilih serum sesuai dengan jenis kulit wajah ya! Jangan lupa juga untuk memperhatikan kandungan bahan dalam serum agar Sedulur tidak salah pilih.

Nah, bagi Sedulur yang sedang membutuhkan serum dan berbagai skincare lainnya, Sedulur dapat membelinya di Aplikasi Super. Selain produknya yang lengkap serta aman digunakan, harganya juga terjangkau lho. Belanja di Aplikasi Super juga banyak promo dan grtais ongkir setiap hari Tunggu apa lagi? Langsung download dan belanja sekarang juga! Jangan sampai ketinggalan promo menarik lainnya ya Sedulur!