rekomendasi hair tonic

Informasi tentang rekomendasi hair tonic banyak dicari terlebih oleh mereka yang mengalami masalah rambut dan kulit kepala, seperti ketombe dan rambut rontok. Hair tonic sendiri merupakan produk perawatan rambut (hair care) yang diformulasikan dengan bahan-bahan ekstra untuk mengatasi masalah rambut. Hair tonic umumnya hadir dalam bentuk cair dengan kemasan botol sehingga mudah diaplikasikan pada kulit kepala.

Ada berbagai jenis maupun merek hair tonic dengan harga dan manfaat yang beragam yang bisa Sedulur temukan di pasaran. Untuk itu, perlu kejelian Sedulur dalam memilih hair tonic agar sesuai dengan kebutuhan. Nah, pada artikel kali ini sudah dirangkum rekomendasi hair tonic terbaik yang bisa menjadi referensi Sedulur. Selain itu juga akan dipaparkan informasi tentang manfaat dan tips memilih hair tonic. Yuk, langsung disimak artikel selengkapnya di bawah ini!

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Minyak Rambut Bayi Wangi & Bikin Lembut

Manfaat menggunakan hair tonic

rekomendasi hair tonic
iStock

Sebelum mencari rekomendasi hair tonic, tak ada salahnya Sedulur menyimak uraian singkat tentang manfaat menggunakan hair tonic terlebih dahulu. Diketahui, hair tonic merupakan produk perawatan rambut atau hair care yang banyak digunakan masyarakat. Produk ini biasa diaplikasikan pada rambut dan kulit kepala setelah keramas. Adapun berikut beberapa manfaat menggunakan hair tonic yang perlu Sedulur ketahui.

-->
  • Membantu mengatasi kulit kepala berketombe

Ketombe adalah kondisi di mana terdapat skuama atau serpihan-serpihan kulit kepala akibat pengelupasan lapisan tanduk secara berlebihan. Kondisi ini cukup banyak dialami yang terutama disebabkan oleh masalah kelembapan pada kulit kepala. Menariknya, ada sejumlah produk hair tonic yang diformulasikan dengan bahan-bahan khusus yang bermanfaat untuk mengatasi masalah ketombe.

  • Mengatasi masalah rambut rontok karena patah

Masalah seputar rambut yang banyak dialami berikutnya adalah kerontokan. Dalam hal ini, hair tonic dapat menutrisi rambut yang bermanfaat untuk menguatkan akar rambut sehingga tidak mudah patah.

  • Membantu merangsang pertumbuhan rambut

Selain mengatasi masalah rambut rontok, hair tonic juga bisa membantu merangsang pertumbuhan rambut sehingga lebih cepat panjang sekaligus rambut menjadi lebih lebat. Manfaat ini tentu sangat berguna bagi Sedulur yang memiliki masalah rambut tipis.

  • Menjaga kelembapan kulit kepala

Manfaat hair tonic yang berikutnya adalah menjaga kelembapan kulit kepala. Seperti diketahui, kelembapan kulit kepala menjadi kunci dari kesehatan rambut secara umum. Namun Sedulur perlu cermat dalam memilih hair tonic, apakah produk tersebut dapat membantu melembapkan kulit kepala yang kering atau malah membantu mengurangi minyak yang membuat kulit kepala sangat lembap hingga berisiko munculnya ketombe.

BACA JUGA: 10+ Rekomendasi Shampo Untuk Rambut Kering Sehat Kembali

Rekomendasi hair tonic terbaik

Berikut 12 rekomendasi hair tonic terbaik lengkap dengan ulasan singkat dan harganya. Sedulur bisa memilih hair tonic dengan kandungan bahan sesuai kondisi rambut serta bujet yang dimiliki.

1. Mylea Intensive Hair Tonic

rekomendasi hair tonic
Mylea

Rekomendasi hair tonic yang pertama adalah Mylea Intensive Hair Tonic. Mengutip dari laman resminya, tersedia dua varian ukuran untuk produk ini, yaitu 100 ml dan 200 ml.

Mylea Intensive Hair Tonic diformulasikan dengan Chamomile Extract, Horsetail, Betula Alba, Vit B5 dan Vit E, serta zat aktif lainnya yang bermanfaat untuk membantu mengurangi kerontokan dan menjaga kesehatan kulit kepala. Perlu dicatat bahwa manfaat produk ini baru dapat dirasakan setelah pemakaian rutin selama 14-28 hari.

Selain mengandung bahan-bahan yang bermanfaat untuk kesehatan rambut dan kulit kepala, Mylea Intensive Hair Tonic juga telah mendapat sertifikat Halal, BPOM, dan teruji bebas dari silikon.

Sedulur bisa memperoleh produk ini dengan harga Rp32.900 untuk ukuran 100 ml dan Rp53.800 untuk ukuran 200 ml.

2. ERHAIR HairGrow Keratin & Biotin Hair Tonic

rekomendasi hair tonic
erhaskincare.co.id

Brand kecantikan ERHA Skin Care juga memiliki rangkaian produk untuk perawatan rambut yang diberi nama ERHAIR. Salah satu produk ERHAIR yang mendapat ulasan positif adalah HairGrow Keratin & Biotin Hair Tonic. Tonik rambut ini diklaim dapat membantu mengurangi kerontokan serta menutrisi rambut dan kulit kepala.

Manfaat tersebut diperoleh dari bahan-bahan yang terkandung di dalamnya, seperti Keratin dan Biotin yang bermanfaat untuk memperbaiki struktur rambut dengan menggantikan protein yang hilang pada helai rambut, Kopexil dan  Eclipta Prostrata (Urang Aring) yang dapat mengurangi rontok dan menutrisi rambut, serta Niacinamide dan L-Arginine yang menutrisi dan meningkatkan sirkulasi darah pada kulit kepala.

Sedulur bisa memperoleh produk ini dengan harga Rp125.000 untuk ukuran 60 ml.

3. Matrix Biolage Scalppure Gel Tonic

rekomendasi hair tonic
Matrix

Selanjutnya ada Biolage Scalppure Gel Tonic dari brand Matrix. Tonik rambut dengan tekstur gel ini diformulasikan untuk menyegarkan kulit kepala sehingga terasa ringan dan bebas ketombe. Adapun kandungan bahan dalam produk ini di antaranya adalah Zinc PCA, Octopirox, dan Bergamot.

Sedulur bisa menggunakan Biolage Scalppure Gel Tonic setelah keramas dengan cara mengaplikasikannya pada kulit kepala dan rambut secara merata. Kemudian pijat lembut selama 2 menit.

Produk ini dibanderol harga mulai dari Rp113.000 untuk ukuran 100 ml.

4. Some By Mi Cica Peptide Anti Hair Loss Derma Scalp Tonic

Some By Mi USA

Some By Mi merupakan brand kecantikan asal Korea Selatan yang cukup populer di Indonesia. Selain dikenal dengan produk skincare, Some By Mi juga memiliki beragam produk perawatan rambut, misalnya Cica Peptide Anti Hair Loss Derma Scalp Tonic.

Tonik rambut ini diformulasikan dengan sejumlah bahan yang bermanfaat untuk kesehatan kulit kepala dan rambut, seperti Centella Asiatica, Oryza Sativa, Nigella Sativa Seed, dan Vaccinium Angustifolium. Melalui berbagai kandungan bahan tersebut, Cica Peptide Anti Hair Loss Derma Scalp Tonic dapat membantu menenangkan kulit kepala yang iritasi, mengontrol minyak, dan kelembapan kulit kepala sehingga tidak berminyak.

Sedulur bisa memperoleh produk ini dengan harga mulai dari Rp418.750 untuk ukuran 150 ml.

BACA JUGA: 11 Rekomendasi Masker Rambut Kering dan Rusak, Kembali Lembut!

5. Natur Hair Tonic Aloe Vera

Female Daily

Natur merupakan brand perawatan rambut yang sudah lama dikenal dengan beragam produk  yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan penampilan rambut di Indonesia. Salah satu produk dari Natur yang cukup digemari adalah Hair Tonic Aloe Vera.

Produk ini diformulasikan dengan bahan utama ekstrak aloe vera atau lidah buaya. Kandungan tersebut diklaim dapat membantu menutrisi dan menjaga kesuburan rambut.

Cara penggunaan hair tonic ini pun cukup mudah, yakni cukup disemprotkan pada kulit kepala dan rambut yang masih setengah basah atau lembap setelah keramas. Kemudian pijat-pijat sebentar.

Sedulur bisa memperoleh produk ini dengan harga mulai dari Rp34.000 untuk ukuran 90 ml.

6. Rudy Hadisuwarno Hair Loss Defense Hair Tonic

Rudy Hadisuwarno

Rekomendasi berikutnya adalah Rudy Hadisuwarno Hair Loss Defense Hair Tonic. Tonik rambut dari Rudy Hadisuwarno ini diformulasikan dengan ekstrak ginseng yang berguna untuk merangsang pertumbuhan rambut baru sekaligus menutrisi akar rambut.

Cara penggunaan produk ini juga cukup mudah, yaitu cukup diaplikasikan di kulit kepala dan rambut setelah keramas. Pastikan rambut dalam kondisi setengah basah agar lebih mudah diaplikasikan.

Adapun Sedulur bisa memperoleh produk ini dengan harga mulai dari Rp57.000.

7. Garnier Neril Anti Dandruff Shield Tonic

Garnier

Neril Anti Dandruff Shield Tonic merupakan produk hair tonic dari Garnier yang diformulasikan untuk menghilangkan ketombe, menghilangkan kulit kepala, dan mencegah gatal karena ketombe. Tonik rambut ini mengandung konsentrat tumbuhan pilihan alami, seperti Nettle, Chamomile, Birch, Wheat, dan Horse Tail yang dipilih secara khusus untuk melindungi dan merawat jaringan pembuluh darah kapiler di kulit kepala. Selain itu juga dapat mengatasi kerusakan atau iritasi pada kulit kepala dan membantu menghilangkan ketombe.

Produk ini hadir dengan kemasan ukuran 200 ml dan dibanderol harga mulai dari Rp108.000.

8. NR Hair Reactive Tonic

Female Daily

Rekomendasi hair tonic yang berikutnya adalah NR Hair Reactive Tonic. NR Hair Reactive Tonic diformulasikan untuk mengatasi rambut rontok akibat kulit kepala sangat berminyak atau sangat kering. Kandungan alkohol yang tinggi membuat produk ini mudah meresap hingga ke akar rambut saat diaplikasikan pada kulit kepala. Selain itu, produk ini juga dapat menyegarkan kulit kepala sekaligus menyuburkan rambut sebagai nutrisi untuk kulit kepala dan rambut.

Adapun cara penggunaan produk ini cukup mudah, yaitu aplikasikan pada kulit kepala dan rambut, kemudian pijat dengan cara membentuk rotasi pada kulit kepala menggunakan jari tangan. Perlu diperhatikan, hingga menggosok kulit kepala saat menggunakan produk ini agar tidak terjadi iritasi.

Produk ini bisa Sedulur peroleh dengan harga mulai dari Rp109.000 untuk ukuran 200 ml.

BACA JUGA: Cara Agar Rambut Tidak Mengembang dengan Mudah dan Cepat

9. Kerastase Specifique Stimuliste Hair Loss Tonic

Kerastase

Kerastase merupakan brand perawatan rambut asal Perancis yang telah dikenal di berbagai negara. Salah satu produk Kerastase yang cukup banyak disukai adalah Specifique Stimuliste Hair Loss Tonic. Sesuai dengan namanya, produk ini diformulasikan untuk mengatasi masalah rambut rontok lewat kandungan Aminexil, Vitamin PP, Arginine, dan Gluco-Lipid GL.

Adapun produk ini dibanderol harga mulai dari Rp470.000 untuk ukuran kemasan 125 ml.

10. Johnny Andrean Hair Tonic Grow & Strengthen

Johnny Andrean

Johnny Andrean merupakan merek produk kecantikan khususnya perawatan rambut asal Indonesia. Selain memiliki sejumlah produk perawatan rambut, Johnny Andrean juga menjalankan bisnis salon bernama sama. Adapun salah satu produk perawatan rambut andalan dari merek ini adalah Johnny Andrean Hair Tonic Grow & Strengthen. Tonik rambut yang hadir dengan kemasan berukuran 150 ml ini mengandung ekstrak swertia japonica yang berfungsi untuk merangsang pertumbuhan rambut, mengatasi permasalahan rambut yang rapuh, dan menguatkan batang rambut sehingga rambut tidak mudah rontok, serta membuat rambut lebih lembut, lurus, dan mudah diatur.

Sedulur bisa memperoleh produk ini dengan harga cukup terjangkau yaitu Rp42.000.

11. Mustika Ratu Ramuan Penyubur Rambut

iStock

Rekomendasi hair tonic berikutnya juga berasal dari brand kecantikan asal Indonesia, yaitu Mustika Ratu Ramuan Penyubur Rambut. Produk ini mendapat ulasan positif terkait manfaatnya untuk menyuburkan rambut dan juga mengatasi kerontokan.

Mustika Ratu Ramuan Penyubur Rambut sendiri diformulasikan dengan bahan-bahan herbal khas Indonesia, seperti kina dan urang-aring. Meski terbuat dari herbal, hair tonic ini memiliki aroma menyegarkan sehingga nyaman saat digunakan.

Sedulur bisa memperoleh Mustika Ratu Ramuan Penyubur Rambut dengan harga mulai dari Rp12.000 untuk ukuran 75 ml dan Rp21.700 untuk ukuran 175 ml.

12. Makarizo Advisor Anti Hair Fall Defense Hair & Scalp Tonic

Makarizo

Terakhir ada Makarizo Advisor Anti Hair Fall Defense Hair & Scalp Tonic. Tonik rambut ini diformulasikan untuk mengatasi rambut rontok dan kulit kepala berketombe. Produk ini mengandung bahan-bahan yang bermanfaat untuk kesehatan rambut serta kulit kepala, seperti  akar ginseng dan ekstrak daun aloe.

Sedulur dapat menggunakan hair tonic ini setelah shampoo dan conditioner dengan cara menyemprotkan sampai ke akar. Kemudian, pijat lembut sehingga tonik dapat menyerap dengan baik.

BACA JUGA: 20 Model Rambut Pompadour Style Retro yang Ngetrend Lagi

Cara memilih hair tonic

rekomendasi hair tonic
iStock

Setelah menyimak rekomendasi hair tonic di atas, Sedulur mungkin bingung harus membeli produk yang mana. Nah, untuk membantu Sedulur memilih produk yang tepat, berikut ada beberapa tips memilih hair tonic yang bisa diikuti.

  • Kenali jenis dan kondisi rambut. Sebelum memilih produk, ada baiknya Sedulur memahami kondisi rambut maupun kulit kepala. Dengan begitu Sedulur bisa memilih produk yang sesuai.
  • Perhatikan bahan-bahan yang terkandung di dalam hair tonic. Setiap produk hair tonic biasanya diproduksi dengan keunggulan yang berbeda satu sama lain. Hal ini juga berkaitan dengan fungsi yang diunggulkan, misalnya untuk mengatasi rontok atau ketombe. Sedulur bisa memilih produk yang mengandung bahan yang bermanfaat untuk mengatasi masalah yang Sedulur alami.
  • Hindari produk dengan bahan allergen. Khususnya Sedulur yang memiliki kulit kepala sensitif, hindari produk dengan bahan seperti alkohol yang bisa menyebabkan iritasi.

Itu dia beberapa rekomendasi hair tonic yang bisa Sedulur pilih untuk mendapatkan rambut kuat dan sehat. Selain menggunakan hair tonic, Sedulur juga perlu melakukan perawatan harian seperti menjaga kebersihan rambut dengan rutin keramas. 

Menariknya, Sedulur bisa memenuhi kebutuhan produk perawatan diri shampo, sabun mandi, hingga skincare dengan harga murah di Aplikasi Super. Tidak hanya murah, belanja di Aplikasi Super juga mudah karena Sedulur cukup memesan lewat aplikasi dan barang pesanan akan langsung dikirim sampai depan rumah. Untuk itu, yuk, langsung unduh Aplikasi Super dan belanja produk-produk perawatan diri tanpa takut kantong bolong!