cara agar rambut tidak mengembang

Masalah rambut yang dialami banyak orang salah satunya adalah rambut mengembang dan cepat kusut. Perlu Sedulur ketahui bahwa rambut yang mengembang dan mudah kusur merupakan pertanda adanya masalah pada rambut. Jika Sedulur mengalami masalah ini, tentunya harus mengetahui cara agar rambut tidak mengembang. 

Rambut mengembang dapat disebabkan karena beberapa faktor, seperti terlalu sering keramas dan juga terkena paparan sinar matahari. Berikut cara agar rambut tidak mengembang yang dapat Sedulur lakukan. 

BACA JUGA : 10 Rekomendasi Bedak Terbaik dan Terbaru untuk Remaja

Penyebab rambut mengembang

Freepik

Berikut beberapa faktor yang menyebabkan rambut mengembang dan mudah kusut yang perlu Sedulur hindari. 

-->
  • Terlalu sering keramas
  • Paparan sinar matahari
  • Iritasi penggunaan produk tertentu
  • Menggunakan hair dryer terlalu sering
  • Terlalu sering melakukan styling menggunakan pelorus rambut atau pengeriting rambut.

Tips agar rambut tidak mengembang

Berikut beberapa cara yang dapat Sedulur lakukan untuk mengatasi rambut yang mengembang. 

1. Sisir rambut dengan tangan yang basah

cara agar rambut tidak mengembang
Grid

Cara pertama untuk mengatasi rambut mengembang dan kusut adalah dengan menyisirnya dengan tangan yang basah. Jangan paksa menyisir rambut ketika rambut kusut karena berisiko akan membuat rambut rusak. Menyisir rambut kering dapat merusak kutikula, maka dari itu, Sebaiknya Sedulur menyisir rambut dengan tangan yang basah sangat dianjurkan ketika rambut mengembang dan kusut.

2. Aplikasikan kondisioner

cara agar rambut tidak mengembang
Detik

Cara selanjutnya adalah Sedulur dapat mengoleskan kondisioner ketika sedang mencuci rambut. Oleskan kondisioner dari bagian tengah ke ujung rambut dengan menggunakan jari-jari tangan sembari dipijat. Sedulur dapat memilih kondisioner yang mengandung protein yang bermanfaat untuk mengontrol rambut yang mengembang. Menggunakan kondisioner pada rambut juga memberi efek rambut menjadi lebih lembut dan lemas sehingga mudah di atur.

3. Batasi penggunaan hair dryer dan catokan

Freepik

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, menggunakan catokan maupun hari dryer terlalu sering menjadi salah satu faktor yang menyebabkan rambut mengembang. Seperti kulit, rambut juga akan mengalami kerusakan jika terus-menerus terkena panas. Nah, bagi Sedulur yang ingin mengeringkan rambut, cukup menggunakan kipas angin saka. Jika terpaksa harus menggunakan hair dryer, maka oleskan produk rambut yang berfungsi untuk melindungi rambut dari suhu panas alat pengering rambut terlebih dahulu.

BACA JUGA : 6 Jenis-Jenis Sepatu yang Banyak Digunakan Pria dan Wanita

4. Menggunakan produk perawatan rambut bebas alkohol

Freepik

Penggunaan produk perawatan rambut bebas alkohol juga dapat digunakan sebagai cara agar rambut tidak mengembang dan kusut. Pasalnya, kandungan alkohol dapat membuat rambut kering dan mengembang rentan terjadi.

Jika Sedulur ingin membeli berbagai produk perawatan rambut yang aman dengan harga yang lebih terjangkau, bisa beli di Aplikasi Super. Banyak promo dan juga gratis ongkir tanpa minimal pembelian lho. Belanja hemat hanya di Aplikasi Super. Yuk langsung download di Play Store sekarang dan nikmati voucher casback dan promo menarik lainnya. 

5. Oleskan cuka apel

Freepik

Cuka apel ternyata juga bermanfaat untuk mengatasi rambut mengembang. Jika kondisi rambut terlalu basa, maka kutikula rambut akan terbuka yang membuat rambut menjadi mengembang. Sebuah laporan anedoktal bahwa cuka apel juga bermanfaat untuk mengembalikan keasaman rambut.

Cuka apel juga diklaim dapat membuat rambut menjadi lebih bersinar karena dapat meghilangkan residu yang ada pada rambut. Untuk mengatasi rambut mengembang dengan cuka apel, Sedulur cukup  menuangkan sedikit ke dalam segelas air. Bilaskan ke rambut dan diamkan selama 1-3 menit. Kemudian, bilas dengan air sejuk (bukan dingin) dan keringkan. Lakukan cara ini 2 kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal.

6. Berikan sedikit detangler rambut anak

Freepik

Produk detangler rambut anak juga bisa Sedulur gunakan sebagai cara untuk mengatasi rambut mengembang. Hal ini dikarenakan produk tersebut ternyata lebih ringan dan tidak membuat rambut terlihat berminyak. Caranya cukup sederhana yitu semprotkan sedikit ke tangan, kemudian oleskan dari bagian tengah ke ujung rambut secara merata. 

BACA JUGA : 10 Model Rambut Mandarin yang Keren, Dijamin Disukai Wanita!

7. Menggunakan alpukat

cara agar rambut tidak mengembang
Freepik

Buah alpukat mengandung berbagai berbagai nutrisi yang berpotensi untuk kesehatan rambut secara alami, seperti vitamin A dan E. Buah ini juga bermanfaat untuk membantu rambut senantiasa terhidrasi untuk mengatasi rambut mengembang.

Cara mengatasi rambut berkembang dengan alpukat yaitu dengan membuat masker rambut alpukat dengan mencampurkan daging buah alpukat yang sudah dihaluskan dengan menambahkan minyak kelapa sebanyak 2-4 sendok teh. 

Kemudian, oleskan pasta masker tersebut ke rambut dan kulit kepala secara merata. Setelah itu bungkus kepala dengan kain bersih dan diamkan selama 20-30 menit. Lalu keramas untuk membersihkan rambut dari sisa pasta.  Sedulur bisa melakukan cara meluruskan rambut secara alami ini 1-2 kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal. 

8. Gunakan masker rambut

Freepik

Cara mengatasi rambut kering dan mengembang yang selanjutnya adalah dengan melakukan masker rambut secara rutin. Penggunaan masker rambut bertujuan untuk melembapkan dan menutrisi rambut sekaligus membuat rambut bebas kusut. Sedulur bisa memilih masker untuk rambut kering untuk menjaga kelembapan rambut. 

Sedulur dapat membeli berbagai produk perawatan rambut mulai shampo hingga skin care lainnya di Aplikasi Super. Banyak promo menarik dan gratis ongkir tanpa minimal pembelian lho. Yuk download dan belanja di Aplikasi Super sekarang juga! Belanja lebih mudah, harga lebih murah untung semakin melimpah. 

9. Keringkan rambut dengan handuk microfiber

cara agar rambut tidak mengembang
mybest

Mengatasi rambut kering dan mengembang Sedulur dapat memilih handuk microfiber untuk mengatasinya.  Kain dari handuk ini cenderung lebih halus dan lembut sehingga aman dan tidak membuat batang rambut saling bergesekan. Tak hanya mengatasi masalah rambut kering dan mengembang, handuk microfiber juga bisa digunakan bagi Sedulur yang memiliki rambut kusam dan bercabang.

BACA JUGA : Penyebab & Cara Menghilangkan Jerawat Mendem yang Ampuh!

10. Menggunakan madu

Freepik

Madu bisa menjadi alternatif untuk mengatasi rambut tidak mengembang. Hal ini karena madu sudah terbukti sebagai bahan pengikat. Ini berarti jika Sedulur menggunakan bahan alami tertentu yang berguna sebagai cara meluruskan rambut, madu berfungsi untuk mengikat bahan berkhasiat tersebut agar terserap oleh rambut.

Cara mengatasi rambut mengembang dengan madu adalah cukup dengan mencampurkan madu dan panaskan dengan  minyak kelapa. Setelah dingin, tambahkan satu telur yang sudah dikocok pada campuran tersebut. Pastikan semua bahan sudah tercamour rata sebelum menggunakannya.  Lalu oleskan pada helaian rambut selama 15 hingga 20 menit, lalu bilas rambut hingga bersih menggunakan air dingin.

11. Konsumsi makanan sehat

Freepik

Tak hanya melakukan perawatan dari luar, Sedulur tentunya juga harus merawat rambut dari dalam, yaitu dengan mengonsumsi makanan sehat, seperti ikan salmon. Mengkonsumsi ikan salmon dapat membantu membuat rambut lebih sehat dan juga berkilau. Tak hanya itu, Sedulur juga bisa mengonsumsi sayur bayam untuk mengatasi rambut yang rapuh dan mudah rontok atau mengkonsumsi jambu biji untuk mencegah kerusakan rambut.

Demikianlah berbagai cara agar rambut tidak mengembang yang dapat Sedulur coba di rumah. Jangan lupa untuk menjaga kesehatan rambut dengan menggunakan produk perawatan rambut yang dapat Sedulur beli di Aplikasi Super.