Pernah mendengar istilah pompadour Sedulur? Istilah ini merujuk pada model rambut yang pernah populer di era 50-60 an. Meski terkesan kuno, namun siapa sangka peminat model rambut pompadour hairstyle masih banyak hingga sekarang. Istilah kata model rambut ini, sebenarnya berasal dari nama seorang selir Raja Louis XV yaitu Madame de Pompadour. Selir Raja Louis itu terkenal dengan gaya rambutnya yang bervolume dan licin.

Sehingga karena terkesan gaya rambut pompadour dari selir Raja Louis ke XV, banyak artis dan penyanyi di masa itu lantas mengadopsinya menjadi desain rambut yang terkenal stylist. Seperti penyanyi Elvis Presley, Everly Brothers, dan bahkan Conan O’Brien.

Mungkin sebagian Sedulur penasaran, seperti apa sih model pompadour classic dan seperti apa gaya rambut pompadour? Style pompadour mempunyai volume di bagian atas yang memiliki bentuk seperti jambul. Sehingga banyak orang merasa bingung bagaimana membedakan gaya rambut ini dengan quiff. Sebab gaya  rambut jambul pada gaya rambut pompadour dan quiff hampir dibilang tak punya perbedaan.

Volume pada pompadour hairstyle biasanya akan konsisten. Biasanya tampak jelas dari depan hingga ke puncak kepala. Lalu untuk model quiff, hanya berfokus pada bagian depan saja. Tanpa perlu basa-basi yuk simak dahulu penjelasan di bawah ini.

BACA JUGA: 12 Model Rambut Segi Layer Oval Trendy, Sesuai Bentuk Wajah

1. Formal pompadour

pompadour
menscraze

Model rambut stylist yang pertama adalah formal pompadour. Biasanya model rambut seperti ini sering disukai oleh mereka yang ingin tampil profesional. Model potong rambut pompadour ini bisa dibilang versi yang paling klasik. Saking klasiknya, masih banyak artis papan atas dunia yang menata rambutnya dengan gaya seperti ini. Sebut saja Bruno Mars dan Nick Jones. Mereka kerap menampilkan potongan pompadour model formal saat berjalan di atas karpet merah.

Perlu kamu tahu Sedulur, gaya rambut pompadour seperti ini membawa kesan era 60-an dan tetap selalu elegan meski mengalami perubahan zaman. Untuk kamu bisa menatanya, kamu hanya cukup bayangkan gabungan antara pompadour dengan faux hawk. Namun pastikan pula produk styling rambut yang kamu pakai memberikan finish yang matte.

2. Fade pompadour

pompadour
menshairstylenow

Selain model formal yang kerap dipilih para profesional, ternyata ada pula jenis model fade pompadour yang bisa diterapkan pada masa kini. Sebenarnya gaya model rambutnya adalah fade sides. Namun karena ingin menggabungkan model masa kini dan masa lalu, maka lahirlah pompadour fade. Gaya rambut seperti ini biasanya sangat cocok buat kamu yang mempunyai rambut tebal dan ingin wajah terlihat segar. Rambut yang tebal dan mengembang ini, mempunyai volume yang bagus. Namun di sisi lain, pompadour sebenarnya bisa dipadukan dengan yang low fade agar tampilan lebih subtle atau mid  fade untuk tampilan yang lebih smart dan cool.

3. Side swept pompadour

pompadour
lewiga

Selanjutnya ada model rambut bernama side swept pompadour. Ini merupakan gaya rambut pompadour yang terlihat keren, unik, dan mudah ditata setiap harinya. Mungkin buat kalian yang memiliki rambut selalu terbelah di satu sisi akan sulit menciptakan tatanan pompadour yang khas dengan jambul bervolume pada bagian tengah depan kepala. Meski demikian, kamu tak perlu bingung. Kamu bisa mengatur rambut menjadi versi side sweet pompadour yang mana pada belahan rambut kamu akan menjadi base dari jambul tersebut.

4. Messy pompadour

pompadour
americansalon

Tak kalah menarik dari jenis sebelumnya, kini hadir lagi model rambut bernama messy pompadour. Gaya rambut seperti ini lebih banyak diminati oleh para pria yang mempunyai usia lebih muda. Sebab model seperti ini sangat mudah untuk ditata. Model rambut seperti ini bahkan akan membuat kamu terlihat lebih macho dan mirip rockstar. Adapun artis yang kerap meminati rambut seperti ini. Seperti pemeran Film Pirrate the Caribean, Johnny Deep dan selebritis lain yaitu Robert Pattinson.

BACA JUGA: 12 Model Rambut Sebahu Kekinian yang Hits di Tahun 2022

5. Modern pompadour

pompadour
shierlyhannan

Perkembangan zaman yang terus berubah, tidak membuat model rambut haircut kehilangan peminatnya. Ya meski zaman telah berubah, ternyata model rambut seperti ini muncul dengan nama modern pompadour. Sejatinya meskipun dinamakan modern, tetapi jenis potongan rambut ini lebih dinamakan dengan pompadour classic. Ciri khas model klasik ini adalah adanya siluet rambut yang rapi. Dan sejumlah artis pun telah menyukai tipe modern ini, sebut saja Zayn Malik, Zac Efron, hingga David Beckham.

6. Quiff pompadour

pompadour
gatsbyglobal

Selanjutnya ada model quiff. Model ini menggabungkan antara gaya rambut quiff dengan rambut bervolume. Sehingga lahirlah quiff pompadour. Bila kamu penyuka jenis rambut quiff, maka model ini patut kamu terapkan pada rambut keren kamu. Dengan volume rambut ala pompadour dan fokus pada bagian  tengah depan rambut ala quiff, maka kamu akan terlihat sangat keren, effortless dan tidak berlebihan.

7. Short pompadour

pompadour
gatsbyglobal

Potongan pompadour selanjutnya adalah jenis short. Gaya rambut seperti ini banyak diminati oleh mereka yang malas untuk memanjangkan rambut. Selain disukai oleh mereka yang punya rambut pendek, model seperti ini sangat pas untuk mereka yang suka bepergian menggunakan motor. Saat bepergian memakai motor, mungkin sebagian orang akan khawatir bila rambut model ini, akan acak-acakan.

Supaya menghindari flat, kamu bisa minta ke barbershop untuk memotong model short pompadour dengan sisi-sisi kepala yang lebih pendek dibanding bagian atas kepala yag dibiarkan lebih panjang.

8. Faux pompadour

pompadour
kamini

Memiliki rambut yang tipis atau susah panjang, tenang kamu tak boleh berkecill hati. Sebab ada model rambut yang sedang tren saat ini yaitu faux. Gaya rambut pompadour faux akan memberikan efek rambut bervolume yang instan. Lantas bagaimana menata rambut seperti ini, caranya sangat mudah. Caranya hampir mirip dengan membuat tatanan faux hawk. Namun tetap ada  modifikasi  di sana-sini. Untuk mendapatkan model rambut ini, kamu tinggal datangi barber langganan kamu Sedulur dan mintalah untuk potongan undercut pada sisi bagian samping dan belakang kepala.

BACA JUGA: 12+ Model Rambut French Crop Pria untuk Tampil Ganteng!

9. Tapered pompadour

pompadour
pomade

Selanjutnya ada model tapered dalam jenis rambut pompadour. Sepintas model rambut ini berbeda dengan jenis fade. Gaya rambut seperti ini sangat cocok buat para pria yang tidak mau memotong rambutnya terlalu pendek. Namun tetap menginginkan semacam siluet rambut yang lebih rapi. Gaya potongan rambut tapered lebih mementingkan perapian pada sisi samping dan belakang rambut. Belakang rambut dibuat lebih pendek secara gradual akan membuat tatanan rambut bervolume akan semakin menonjol.

Masalah penataan model rambut ini sangat mudah. Penataannya cukup fokus membentuk pompadour dan menggunakan pomade atau wax pilihan kamu. Bagaimana, kamu tertarik pada model ini?

10. Wavy

pompadour
hairbybrian

Gaya rambut bervolume berikutnya adalah wavy. Sering kali model wavy dikenal dengan gaya rambut pompadour keriting. Bila kamu kesulitan dalam menata rambut keriting, bisa menerapkan gaya rambut bervolume. Sebab, adanya ikal-ikal rambut secara alami akan membentuk volume. Sehingga jelas akan mudah bagi kamu menata rambut memakai gaya wavy.

Buat yang menginginkan model wavy, bisa mendatangi tempat barber untuk memangkas atau memendekan bagian samping dan belakang kepala. Selanjutnya, kamu harus menjaga supaya ikal rambut alami kamu tetap berbentuk sempurna. Dan pastinya ternutrisi dengan baik. Maka dari itu, pakailah shampo dengan kandungan nutrisi yang baik.

11. Straight

thetrendspotter

Berikutnya ada gaya rambut bervolume bernama straight. Gaya rambut pompadour ini sebenarnya bisa dicoba oleh pria yang mempunyai rambut bergelombang. Tentunya dengan bantuan sisir bulat dan hair dryer. Tampilan model rambut ini, mempunyai keunikan di mana rambut di bagian tengah kepala ditata sampai tinggi menjulang. Lalu bagian ujung rambut disisir ke  belakang, supaya rambut terlihat seperti ombak laut yang sangat tinggi. Menarik bukan?

12. Model wet

marthatilaar

Selain model straight, ada pula model wet pompadour. Gaya rambut ini sangat cocok buat kamu yang punya rambut panjang. Jadi sangat pas jika sedang malas pergi ke barbershop. Bicara mengenai penataan rambut model ini, ternyata sangat mudah. Selama rambut kamu panjang, kamu bisa mengaplikasikan pomade dengan wet finish atau hair gel. Kemudian sisirkan rambut kamu ke arah belakang.

BACA JUGA: 14 Model Rambut Buzz Cut yang Cocok Untuk Pria Maskulin

13. Full volume

gatsby

Model rambut seperti ini biasanya sangat pas bagi mereka yang memiliki bentuk rambut tebal. Mungkin bagi sebagia orang tipe full volume terlalu berlebihan. Namu bila dilakukan penataan dengan tepat, maka gaya rambut seperti ini akan sangat cocok untuk pria berwajah kotak.

14. Elvis pompadour

outsider

Dilihat dari namanya saja kita sudah paham bahwa model rambut ini meniru gaya penyanyi era 50-60 an yaitu Elvis Presley. Ya seorang penyanyi King of  Rock and Roll yang punya rambut ikonik dengan gaya rambut jambulnya. Meski terlihat kuno, namun gaya rambut ini masih tetap elegan ditiru anak muda zaman sekarang.

15. Blonde

mensstyle

Selanjutnya ada model rambut bergaya blonde. Model rambut blonde ini cocok sekali diterapkan untuk mereka yang suka gonta ganti warna rambut. Model blonde memang identik dengan penggunaan warna tertentu. Dengan warna blonde yang begitu menarik perhatian, maka tatanan rambut pompadour akan semakin membuat kamu jadi pusat perhatian.

16. High fade

birchbox

Selain blonde yang disukai banyak orang karena warnanya, selanjutnya ada  model high fade. Model high fade biasanya sangat disukai oleh mereka yang ingin tampil fresh. Gaya rambut ini sangat cocok untuk kamu yang mempunyai wajah yang lonjong dan panjang. Nah dengan menerapkan model ini, maka wajah kamu terlihat seimbang.

17. Combade

siapgrak

Selain model high fade, masih ada lagi model combade. Untuk mendapatkan gaya rambut seperti ini, kamu hanya perlu menggunakan pomade atau gel. Kemudian, sisir rambutmu ke belakang.

BACA JUGA : 30+ Model Rambut Pendek Wanita Lengkap Terupdate 2021

18. Undercut

coolmenshair

Berikutny selain model combed, ada pula gaya penataan rambut bernama undercut. Ciri undercut pompadour adalah penipisan pada bagian belakang kepala.

19. Curly hair

tribun

Selanjutnya ada curly hair atau kerap dinamakan pompadour keriting. Sesuai namanya, model rambut ini sangat cocok untuk mereka yang mempunyai rambut keriting.

20. Pompadour dengan garis rambut

allthinghair

Model rambut terakhir adalah penambahan aksen garis pada bagian sisi kanan atau kiri kepala. Kalau bagian samping rambutmu sangat tipis atau dipotong dengan gaya fade, maka bisa sekali menambahkan garis rambut ini.

Demikian ulasan tentang asal usul pompadour dan beragam modelnya yang bisa diterapkan untuk rambut kamu. Semoga ulasan ini membantu Sedulur yang ingin tampil stylist dan pastinya keren di mata banyak orang.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

 Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.