Pernah mendengar istilah pompadour Sedulur? Kata ini merujuk pada model rambut yang pernah populer di era ’50an hingga ’60an. Meski terkesan kuno, namun siapa sangka peminat model rambut pompadour hairstyle masih banyak hingga sekarang. Istilah model rambut ini sebenarnya berasal dari nama seorang selir Raja Louis XV yaitu Madame de Pompadour. Selir Raja Louis itu terkenal dengan gaya rambutnya yang bervolume dan licin.

Inspirasi gaya rambut pompadour dari selir Raja Louis ke XV tersebut membuat banyak artis dan penyanyi lantas mengadopsinya menjadi model rambut yang sangat stylish. Beberapa penyanyi dan figur publik yang diketahui pernah bergaya rambut seperti itu adalah Elvis Presley, Everly Brothers, dan Conan O’Brien.

Mungkin sebagian Sedulur penasaran, seperti apa sih model pompadour classic dan seperti apa gaya rambut pompadour aslinya? Style pompadour mempunyai volume di bagian atas yang memiliki bentuk seperti jambul. Banyak orang merasa bingung bagaimana membedakan gaya rambut ini dengan quiff. Hal tersebut dikarenakan gaya  rambut jambul pada gaya rambut pompadour dan quiff hampir dibilang tak punya perbedaan mencolok.

Volume pada pompadour hairstyle biasanya akan konsisten. Biasanya tampak jelas dari depan hingga ke puncak kepala. Lalu untuk model quiff, hanya berfokus pada bagian depan saja. Tanpa perlu basa-basi lagi,  simak dahulu penjelasan di bawah ini, yuk!

-->

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Micellar Water Terbaik Buat Dewasa & Remaja

1. Formal pompadour

pompadour
Cool Mens Hair

Model rambut stylish yang pertama adalah formal pompadour. Biasanya model rambut seperti ini sering disukai oleh mereka yang ingin tampil profesional. Model potong rambut pompadour ini bisa dibilang versi yang paling klasik. Saking klasiknya, masih banyak artis papan atas dunia yang menata rambutnya dengan gaya seperti ini, sebut saja Bruno Mars dan Nick Jonas. Mereka kerap menampilkan potongan pompadour model formal saat berjalan di atas karpet merah.

Perlu Sedulur ketahui, gaya rambut pompadour seperti ini membawa kesan era ’60an yang sangat kental dan tetap elegan meski mengalami perubahan zaman. Untuk Sedulur bisa menatanya, Sedulur hanya cukup bayangkan gabungan antara pompadour dengan faux hawk. Namun pastikan pula produk styling rambut yang Sedulur pakai memberikan finish yang matte.

2. Fade pompadour

pompadour
Cool Mens Hair

Selain model formal yang kerap dipilih para profesional, ternyata ada pula jenis model fade pompadour yang bisa diterapkan pada masa kini. Sebenarnya gaya model rambutnya adalah fade sides. Namun karena ingin menggabungkan model masa kini dan masa lalu, maka lahirlah pompadour fade.

Gaya rambut seperti ini biasanya sangat cocok buat Sedulur yang mempunyai rambut tebal dan ingin wajah terlihat segar. Rambut yang tebal dan mengembang ini, mempunyai volume yang bagus. Namun di sisi lain, pompadour sebenarnya bisa dipadukan dengan yang low fade agar tampilan lebih subtle atau mid fade untuk tampilan yang lebih smart dan cool.

3. Side swept pompadour

pompadour
Cool Mens Hair

Selanjutnya ada model rambut bernama side swept pompadour. Ini merupakan gaya rambut pompadour yang terlihat keren, unik, dan mudah ditata setiap harinya. Mungkin buat Sedulur yang memiliki rambut selalu terbelah di satu sisi akan sulit menciptakan tatanan pompadour yang khas dengan jambul bervolume pada bagian tengah depan kepala.

Meski demikian, Sedulur tak perlu bingung. Sedulur bisa mengatur rambut menjadi versi side sweet pompadour yang mana pada belahan rambut Sedulur akan menjadi base dari jambul tersebut.

4. Messy pompadour

pompadour
Cool Mens Hair

Tak kalah menarik dari jenis sebelumnya, kini hadir lagi model rambut bernama messy pompadour. Gaya rambut seperti ini lebih banyak diminati oleh para pria yang mempunyai usia lebih muda. Sebab model seperti ini sangat mudah untuk ditata. Model rambut seperti ini bahkan akan membuat Sedulur terlihat lebih macho dan mirip rockstar. Adapun artis yang kerap meminati rambut seperti ini seperti pemeran film Pirates of the Caribean (2003-2017), Johnny Depp dan aktor lain yaitu Robert Pattinson.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi OOTD Hijab Remaja SMA, Bikin Makin Keren!

5. Modern pompadour

pompadour
Cool Mens Hair

Perkembangan zaman yang terus berubah tidak membuat model rambut kehilangan peminatnya. Model rambut seperti ini muncul dengan nama modern pompadour. Sejatinya meskipun dinamakan modern, tetapi jenis potongan rambut ini lebih dinamakan dengan pompadour classic. Ciri khas model klasik ini adalah adanya siluet rambut yang rapi. Sejumlah artis pun telah menyukai tipe modern ini, sebut saja Zayn Malik, Zac Efron, hingga David Beckham.

6. Quiff pompadour

pompadour
Cool Mens Hair

Selanjutnya ada model quiff. Model ini menggabungkan antara gaya rambut quiff dengan rambut bervolume. Sehingga lahirlah quiff pompadour. Bila Sedulur penyuka jenis rambut quiff, maka model ini patut Sedulur terapkan pada rambut keren Sedulur. Dengan volume rambut ala pompadour dan fokus pada bagian  tengah depan rambut ala quiff, maka Sedulur akan terlihat sangat keren, effortless, dan tidak berlebihan.

7. Short pompadour

pompadour
Cool Mens Hair

Potongan pompadour selanjutnya adalah jenis short. Gaya rambut seperti ini banyak diminati oleh mereka yang malas untuk memanjangkan rambut. Selain disukai oleh mereka yang punya rambut pendek, model seperti ini sangat pas untuk mereka yang suka bepergian menggunakan motor. Saat bepergian memakai motor, mungkin sebagian orang akan khawatir bila rambut model ini akan acak-acakan.

Supaya menghindari flat, Sedulur bisa minta ke barbershop untuk memotong model short pompadour dengan sisi-sisi kepala yang lebih pendek dibanding bagian atas kepala yang dibiarkan lebih panjang.

8. Faux pompadour

pompadour
Cool Mens Hair

Memiliki rambut yang tipis atau susah panjang, tenang Sedulur tak boleh berkecil hati. Sebab ada model rambut yang sedang tren saat ini yaitu faux. Gaya rambut pompadour faux akan memberikan efek rambut bervolume yang instan. Lantas bagaimana menata rambut seperti ini? Caranya sangat mudah.

Caranya hampir mirip dengan membuat tatanan faux hawk. Namun tetap ada  modifikasi  di sana-sini. Untuk mendapatkan model rambut ini, Sedulur tinggal datangi barber langganan Sedulur dan mintalah untuk potongan undercut pada sisi bagian samping dan belakang kepala.

BACA JUGA: Rekomendasi Outfit Kemeja Hitam Pria Bikin Kamu Makin Keren

9. Tapered pompadour

pompadour
Cool Mens Hair

Selanjutnya ada model tapered dalam jenis rambut pompadour. Sepintas model rambut ini berbeda dengan jenis fade. Gaya rambut seperti ini sangat cocok buat para pria yang tidak mau memotong rambutnya terlalu pendek. Namun tetap menginginkan semacam siluet rambut yang lebih rapi. Gaya potongan rambut tapered lebih mementingkan perapian pada sisi samping dan belakang rambut. Belakang rambut dibuat lebih pendek secara gradual akan membuat tatanan rambut bervolume akan semakin menonjol.

Masalah penataan model rambut ini sangat mudah. Penataannya cukup fokus membentuk pompadour dan menggunakan pomade atau wax pilihan Sedulur. Bagaimana, Sedulur tertarik pada model ini?

10. Wavy

pompadour
Cool Mens Hair

Gaya rambut bervolume berikutnya adalah wavy. Sering kali model wavy dikenal dengan gaya rambut pompadour keriting. Bila Sedulur kesulitan dalam menata rambut keriting, bisa menerapkan gaya rambut bervolume. Sebab, adanya ikal-ikal rambut secara alami akan membentuk volume. Sehingga jelas akan mudah bagi Sedulur menata rambut memakai gaya wavy.

Buat yang menginginkan model wavy, bisa mendatangi tempat barber untuk memangkas atau memendekkan bagian samping dan belakang kepala. Selanjutnya, Sedulur harus menjaga supaya ikal rambut alami Sedulur tetap berbentuk sempurna. Dan pastinya ternutrisi dengan baik. Maka dari itu, pakailah sampo dengan kandungan nutrisi yang baik.

11. Straight

Cool Mens Hair

Berikutnya ada gaya rambut bervolume bernama straight. Gaya rambut pompadour ini sebenarnya bisa dicoba oleh pria yang mempunyai rambut bergelombang. Tentunya dengan bantuan sisir bulat dan hair dryer. Tampilan model rambut ini, mempunyai keunikan dimana rambut di bagian tengah kepala ditata sampai tinggi menjulang. Lalu bagian ujung rambut disisir ke  belakang, supaya rambut terlihat seperti ombak laut yang sangat tinggi. Menarik, bukan?

12. Model wet

Cool Mens Hair

Selain model straight, ada pula model wet pompadour. Gaya rambut ini sangat cocok buat Sedulur yang punya rambut panjang. Jadi sangat pas jika sedang malas pergi ke barbershop. Bicara mengenai penataan rambut model ini, ternyata sangat mudah. Selama rambut Sedulur panjang, Sedulur bisa mengaplikasikan pomade dengan wet finish atau hair gel. Kemudian sisirkan rambut Sedulur ke arah belakang.

BACA JUGA: Terbongkar! 10 Mitos Dunia Skincare yang Tak Perlu Dipecaya!

13. Full volume

Cool Mens Hair

Model rambut seperti ini biasanya sangat pas bagi mereka yang memiliki bentuk rambut tebal. Mungkin bagi sebagia orang tipe full volume terlalu berlebihan. Namu bila dilakukan penataan dengan tepat, maka gaya rambut seperti ini akan sangat cocok untuk pria berwajah kotak.

14. Elvis pompadour

Cool Mens Hair

Dilihat dari namanya saja kita sudah paham bahwa model rambut ini meniru gaya penyanyi era ’50an hingga ’60an yaitu Elvis Presley. Ya, seorang penyanyi dengan julukan King of  Rock and Roll yang punya rambut ikonik dengan gaya rambut jambulnya. Meski terlihat kuno, namun gaya rambut ini masih tetap elegan ditiru anak muda zaman sekarang.

15. Blonde

Cool Mens Hair

Selanjutnya ada model rambut bergaya blonde. Model rambut blonde ini cocok sekali diterapkan untuk mereka yang suka gonta ganti warna rambut. Model blonde memang identik dengan penggunaan warna tertentu. Dengan warna blonde yang begitu menarik perhatian, maka tatanan rambut pompadour akan semakin membuat Sedulur jadi pusat perhatian.

16. High fade

Cool Mens Hair

Selain blonde yang disukai banyak orang karena warnanya, selanjutnya ada  model high fade. Model high fade biasanya sangat disukai oleh mereka yang ingin tampil fresh. Gaya rambut ini sangat cocok untuk Sedulur yang mempunyai wajah yang lonjong dan panjang. Nah dengan menerapkan model ini, maka wajah Sedulur terlihat seimbang.

17. Combade

Brit + Co

Selain model high fade, masih ada lagi model combade. Untuk mendapatkan gaya rambut seperti ini, Sedulur hanya perlu menggunakan pomade atau gel. Kemudian, sisir rambut ke belakang.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Bedak Terbaik dan Terbaru untuk Remaja

18. Undercut

Portal Madura

Berikutny selain model combed, ada pula gaya penataan rambut bernama undercut. Ciri undercut pompadour adalah penipisan pada bagian belakang kepala.

19. Curly hair

Pinterest

Selanjutnya ada curly hair atau kerap dinamakan pompadour keriting. Sesuai namanya, model rambut ini sangat cocok untuk mereka yang mempunyai rambut keriting.

20. Pompadour dengan garis rambut

MLDSPOT

Model rambut terakhir adalah penambahan aksen garis pada bagian sisi kanan atau kiri kepala. Kalau bagian samping rambut sangat tipis atau dipotong dengan gaya fade, maka bisa sekali menambahkan garis rambut ini.

Demikian ulasan tentang asal usul pompadour dan beragam modelnya yang bisa diterapkan untuk rambut Sedulur. Semoga ulasan ini membantu Sedulur yang ingin tampil stylish dan pastinya keren di mata banyak orang.

Membuat rambut terlihat apik tidak hanya dilakukan dengan mencukur sesuai dengan model rambut yang sedang trendy. Lebih daripada itu, Sedulur harus rajin merawat rambut agar selalu sehat dan tampak keren.

Perawatan untuk rambut biasanya terdiri dari sampo, hair conditioner, hair mist, hair gel, dan produk-produk lainnya. Bagi Sedulur yang kebingungan mencari produk perawatan rambut yang lengkap dan berkualitas dimana, langsung aja ke Aplikasi Super.

Dengan mengunduh Aplikasi Super dari Google Play Store, Sedulur bisa berbelanja macam-macam kebutuhan untuk rambut. Dapatkan promo gratis ongkir di setiap transaksi dan berbagai voucher menarik lainnya. Yuk, tunggu apa lagi? Gunakan Aplikasi Super untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari Sedulur!