cleansing balm

Membersihkan wajah merupakan salah satu tahapan dalam rangkaian perawatan kulit yang tidak boleh dilewatkan. Bukan hanya membersihkan wajah dari kotoran ataupun debu, tahapan ini juga dimaksudkan untuk mengangkat sisa make up dan skincare. Nah, salah satu jenis produk pembersih wajah yang sedang naik daun adalah cleansing balm.

Bukan tanpa alasan, cleansing balm banyak diminati lantaran mudah dan praktis digunakan. Produk ini juga dapat mengangkat debu hingga sisa make up secara efektif hanya dengan sentuhan lembut di kulit. Selain itu, ada beragam merek atau brand skincare yang mengeluarkan cleansing balm sebagai salah satu produk andalannya.

Apakah Sedulur juga tertarik untuk memasukkan cleansing balm ke dalam rangkaian produk perawatan kulit? Sebelum membelinya, tak ada salahnya Sedulur menyimak 10 rekomendasi cleansing balm terbaik lengkap dengan ulasan singkat dan harganya berikut ini.

BACA JUGA: 10 Skincare untuk Menghilangkan Milia Beserta Harganya

-->

Apa itu cleansing balm?

Freepik

Sebelum menyimak rekomendasi cleansing balm terbaik, ada baiknya Sedulur memahami terlebih dahulu tentang produk perawatan kulit (skincare) satu ini.

Cleansing balm merupakan produk perawatan kulit memiliki fungsi untuk membersihkan wajah. Umumnya, produk ini digunakan untuk membersihkan wajah dari residu atau sisa-sisa make up yang bercampur dengan skincare. Seperti yang diketahui, kebanyakn make up terbuat dari bahan yang tidak bisa dibersihkan hanya menggunakan air ataupun sabun wajah. Sehingga, dibutuhkan produk pembersih berbasis minyak seperti cleansing balm.

Cleansing balm sendiri sebenarnya memiliki kemiripan dengan cleansing oil, yakni sama-sama berbahan dasar minyak. Hanya saja teksturnya lebih padat seperti lilin atau balsam. Oleh karenanya, dalam bahasa Indonesia cleansing balm juga dapat diterjemahkan sebagai balsam pembersih.

Sementara itu, berikut beberapa manfaat balsam pembersih untuk wajah yang perlu Sedulur ketahui sebagaimana dilansir Klik Dokter.

  • Mengangkat kotoran dan sisa make up secara menyeluruh
  • Membantu melembapkan kulit
  • Memberikan sensasi relaksasi saat diaplikasi ke wajah
  • Membersihkan sekaligus mencegah terjadinya break out atau penyumbatan pori-pori wajah oleh kotoran
  • Membantu membersihkan sisa sunscreen

BACA JUGA: Jangan Sampai Lewat! Ini 8 Urutan Skincare Pria

Rekomendasi cleansing balm terbaik

Popularitas cleansing balm atau balsam pembersih akhirnya membuat berbagai merek skincare berlomba-lomba mengeluarkan produk serupa. Menariknya, Sedulur bisa memilih balsam pembersih dari brand lokal maupun luar negeri yang tentunya bisa disesuaikan dengan karakter kulit sekaligus bujet yang Sedulur miliki. Penasaran apa saja rekomendasi produk balsam pembersih terbaik? Berikut rangkuman selengkapnya.

1. Dear Me Beauty 30 Seconds Meltaway Balm

cleansing balm
Dear Me Beauty

Rekomendasi balsam pembersih yang pertama adalah Dear Me Beauty 30 Seconds Meltaway Balm. Sesuai dengan namanya, produk ini dapat langsung meleleh begitu diaplikasi ke wajah. Dengan demikian, minyak pada balsam akan dapat segera mengangkat kotoran seperti debu, make up, maupun sisa skincare yang menempel.

Produk ini sendiri hadir dengan kemasan berukuran 100 gram yang dilengkapi dengan spatula untuk mengambil balsam. 30 Seconds Meltaway Balm juga memiliki kemasan yang simple namun tetap cantik dan chic, khas kemasan produk-produk Dear Me Beauty.

Menurut informasi pada laman resminya, terdapat empat varian 30 Seconds Meltaway Balm, yaitu Peach, Honey, Blueberry, dan Papaya yang merupakan edisi khusus kolaborasi dengan KFC. Adapun produk tersebut dibanderol harga Rp 149.000.

2. Somethinc Omega Butter Deep Cleansing Balm

Somethinc

Rekomendasi balsam pembersih yang kedua adalah Somethinc Omega Butter Deep Cleansing Balm. Produk ini diklaim sebagai pembersih vegan dengan kandungan antioksidan  Botanical Extracts, OMEGA 3-6-9, serta Vitamin A dan E.

Tak berhenti sampai di situ, Somethinc Omega Butter Deep Cleansing Balm juga disebut dapat meluruhkan seluruh kotoran, sebum berlebih, make up, dan sunscreen waterproof dalam 20 detik. Keunggulan lain dari produk ini adalah sudah mendapat sertifikasi halal dari MUI dan juga BPOM, sebagaimana tertera pada laman resminya.

Adapun produk ini dibanderol hari Rp 45 ribu untuk kemasan 5 gram dan Rp 149 ribu untuk kemasan 40 gram.

3. Skintific Purifying Barrier Ice Cream Cleansing Balm

Female Daily

Skintific merupakan brand skincare asal Kanada yang tengah naik daun, khususnya di pasar Indonesia. Salah satu produk Skintific yang paling banyak dibicarakan adalah Skintific 5X Ceramide Barrier Repair Moisture Gel yang aman digunakan untuk berbagai jenis kulit.

Di sisi lain, Skintific juga memiliki produk balsam pembersih, yakni Skintific Purifying Barrier Ice Cream Cleansing Balm. Sesuai dengan namanya, produk tersebut akan langsung meleleh saat diaplikasi ke wajah layaknya es krim.

Tak hanya itu, produk pembersih tersebut juga dapat mengangkat kotoran termasuk make up waterproof secara efektif tanpa meninggalkan kesan licin atau residu minyak. Produk ini bisa Sedulur miliki dengan harga mulai dari Rp 150 ribu.

4. Klei and Clay Calming Cleansing Balm

Klei and Clay

Calming Cleansing Balm dari Klei and Clay bisa menjadi pilihan Sedulur yang ingin mencoba balsam pembersih dari merek lokal. Produk ini diformulasikan dengan perpaduan shea butter dan geranium oil yang kaya akan antioksidan sehingga dapat mengangkat kotoran ataupun sisa residu make up namun tetap nyaman di kulit.

Kelebihan lainnya dari produk ini juga terdapat pada kemasannya. Klei and Clay Calming Cleansing Balm hadir dengan ukuran 50 gram dalam bentuk simple sehingga mudah dibawa saat bepergian alias travel friendly.

Na, Sedulur bisa membeli produk ini di website resmi Klei and Clay ataupun toko kosmetik lainnya dengan harga mulai dari Rp 115.000.

5. Gentle Hour Call It A Day Cleansing Balm

Gentle Hour

Gentle Hour adalah merek skincare lokal yang juga sedang banyak diminati. Pada 2020 lalu, Gentle Hour merilis produk pertamanya yaitu Call It A Day Cleansing Balm dan Clean Start Hydrating Jelly Cleanser. Namun pada artikel ini, Super hanya akan mengulas Call It A Day Cleansing Balm.

Produk balsam pembersih ini diformulasikan dengan avocado oil dan juga almond oil yang kaya akan manfaat untuk kulit. Avocado oil diketahui memiliki manfaat untuk melembapkan dan anti inflamasi sehingga kulit tetap halus dan lembut. Sementara, almond oil memiliki kandungan yang memiliki sensasi menyejukkan sehingga mencegah terjadinya iritasi pada kulit.

Gentle Hour Call It A Day Cleansing Balm hadir dengan kemasan 80 gram yang dilengkapi dengan spatula untuk mengambil balsam. Adapun produk ini dibanderol harga Rp 240 ribu.

6. Rose All Day Butter Be Gone

Rose All Day

Rose All Day atau Rose All Day Co (RADC) merupakan brand skincare lokal yang disebut sebagai pelopor indie beauty brand di Indonesia. Salah satu produk unggulan dari brand ini adalah Butter Be Gone Cleansing Balm. 

Seperti halnya produk-produk skincare kekinian, Rose All Day Butter Be Gone juga dikemas dengan cantik dalam wadah berwarna merah muda berukuran 100 gram. Produk ini juga dilengkapi dengan tutup pelapis di bagian dalam dan spatula. Hal tersebut tentu menjadi nilai plus bagi produk ini karena memberikan kesan higienis saat digunakan.

Di samping itu, Rose All Day Butter Be Gone memiliki tekstur yang mudah meleleh saat diaplikasikan ke kulit. Selain itu juga ringan dan tidak menggumpal sehingga nyaman untuk digunakan. Beberapa kandungan unggulan dari produk ini adalah olive oil, grape seed oil, carrot oil, rosehip seed oil, dan juga vitamin E.

Adapun produk ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp 200 ribu.

7. Fanbo All In One Deep Cleansing Balm

AsianParent

Rekomendasi selanjutnya adalah Fanbo All In One Deep Cleansing Balm. Balsam pembersih dari Fanbo ini hadir dengan tiga varian, yaitu Sakura, Lemon, dan Tea Tree Oil. Ketiga kandungan tersebut diketahui memiliki manfaat yang baik itu kulit, mulai dari menangkal radikal bebas, melindungi kulit dari partikel berbahaya, dan juga menenangkan kulit.

Keunggulan lain Fanbo All In One Deep Cleansing Balm adalah harganya cukup terjangkau apabila dibandingkan dengan produk balsam pembersih wajah lainnya. Produk ini dibanderol harga mulai dari Rp 60 ribu untuk ukuran 200 gram.

8. One Day’s You Pro-Vita C Brightening Cleansing Balm

Beautynesia

Demam drama Korea dan K-Pop turut mempopulerkan brand skincare asal Negeri Ginseng Korea Selatan. Satu di antaranya adalah One Day’s You yang memiliki rangkaian Yellow Brightening Line. Salah satu produk yang termasuk dalam rangkaian tersebut adalah Pro-Vita C Brightening Cleansing Balm.

Produk balsam pembersih ini diklaim memiliki tekstur yang lebih ringan dibandingkan cleansing oil dan lebih lembut dibanding cleansing foam. Selain itu, produk ini juga memiliki keunggulan berupa kandungan vitamin C yang dapat membantu mencerahkan wajah.

Adapun produk ini dibanderol harga mulai dari Rp 400 ribu.

9. COSRX Pure Fit Cica Smoothing Cleansing Balm

cleansing balm
COSRX

Brand skincare lainnya asal Korea Selatan, COSRX juga memiliki produk balsam pembersih yang patut dipertimbangkan. Adalah Pure Fit Cica Smoothing Cleansing Balm, balsam pembersih yang dibuat dengan perpaduan cocos nucifera oil, centella asiatica leaf extract, dan butyrospermum parkii butter.

Sedulur bisa memiliki produk ini dengan merogoh kocek Rp 300 ribu.

10. Pond’s Cleansing Balm

Beauty Journal Sociolla

Rekomendasi yang terakhir adalah Pond’s Cleansing Balm. Seperti diketahui, Pond’s telah lama dikenal sebagai merek skincare andalan di Indonesia. Produk-produk Pond’s pun cenderung mudah diperoleh dan tentunya memiliki harga yang cukup terjangkau. Untuk itu tak ada salahnya Sedulur mencoba salah satu produk mereka, yaitu Pond’s Cleansing Balm.

Adapun produk ini dibanderol harga mulai dari Rp 90 ribu.

BACA JUGA: Penting! Ini Manfaat Centella Asiatica yang ada Pada Skincare!

Mengenal produk pembersih wajah lainnya

Fimela

Selain balsam pembersih, masih ada berbagai macam produk pembersih wajah lainnya. Berikut ini Super telah merangkum tiga jenis produk pembersih wajah yang bisa Sedulur gunakan sehari-hari, baik untuk membersihkan wajah dari debu dan kotoran ataupun mengangkat sisa-sisa make up.

1. Cleansing oil

Cleansing oil merupakan salah satu produk perawatan kulit yang cukup populer karena dikenal ampuh membersihkan sisa residu make up hingga kelebihan minyak dan kotoran di wajah. Sesuai dengan namanya, produk pembersih wajah ini berbahan dasar minyak yang memiliki fungsi melarutkan kelebihan minyak di wajah sehingga dapat dibersihkan.

Selain banyak tersedia di pasaran, produk cleansing oil juga terbilang mudah digunakan. Yaitu cukup tuang produk ke tangan atau kapas kemudian usapkan ke permukaan wajah secara merata.

2. Cleansing water

Berikutnya adalah cleansing water, yaitu produk pembersih yang memiliki tekstur ringan saat diaplikasikan ke wajah. Oleh karenanya, produk ini kerap menjadi pilihan mereka yang memiliki tipe kulit sensitif. Sayangnya, cleansing water tidak bekerja cukup efektif sebagai make up remover.

3. Cleansing wipes

Cleansing wipes merupakan produk pembersih wajah yang banyak digemari khususnya untuk dibawa saat bepergian. Sebab, bentuknya yang menyerupai tissue basah membuat produk ini mudah untuk dibawa tanpa khawatir tumpah di tengah perjalanan. Selain itu, cara penggunaan cleansing wipes juga cukup praktis, yakni cukup ambil satu lembar atau secukupnya dan kemudian disapukan ke wajah seperti ketika menggunakan tisu basah.

Demikian tadi ulasan mengenai 10 rekomendasi cleansing balm atau balsam pembersih terbaik. Sedulur dapat memilih pembersih sesuai kondisi kulit dan juga bujet yang dimiliki, mengingat ada banyak produk dengan berbagai kandungan unggulan yang memiliki fungsi masing-masing untuk kulit.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.