masker mengecilkan pori pori wajah

Memiliki pori-pori yang besar tentunya akan mengganggu penampilan seseorang. Maka dari itu Sedulur harus tahu apa saja masker pengecil pori pori wajah yang aman saat digunakan. Selain itu, tentunya Sedulur juga harus mengetahui apa saja faktor yang menyebabkan pori-pori yang besar pada wajah. 

Nah, jika Sedulur memiliki masalah di atas, tidak perlu khawatir. Berikut rangkuman informasi tentang penyebab besarnya pori-pori dan juga rekomendasi masker pengecil pori pori wajah. Yuk simak informasinya berikut ini!

BACA JUGA : 15 Rekomendasi Water Heater Terbaik Beserta Harganya

Penyebab pori-pori besar

masker pengecil pori pori wajah
Freepik

Sebelum beranjak ke pembahasan rekomendasi masker pengecil pori pori wajah. Alangkah baiknya Sedulur mengetahui apa saja yang menyebabkan pori-pori besar. Berikut beberapa faktor yang menyebabkan pori-pori besar pada wajah yang perlu Sedulur ketahui. 

-->
  1. Genetik

Genetik menjadi salah satu faktor yang menyebabkan pori-pori di wajah besar. Kulit wajah yang tebal dan berminyak merupakan faktor genetik yang sudah tidak dapat diubah lagi. Hal itu yang membuat kulit wajah sulit bernafas sehingga pori-pori menjadi membesar. 

  1. Sinar UV

Faktor penyebab pori-pori besar pada kulit wajah  yang selanjutnya adalah terlalu sering terpapar sinar UV. Radikal bebas pada sinar UV membuat kulit menjadi tebal dan pori-pori menjadi semakin membengkak. Sinar UV juga menyebabkan melemahnya pembentukan kolagen.

  1. Hormon yang tidak menentu

Hormon yang tidak menentu menjadi salah satu penyebab pori-pori besar pada wajah. Cara mengatasi hormon yang tidak menentu adalah dengan istirahat cukup dan kurangi begadang.

  1. Terlalu sering mencuci muka

Mencuci muka memang baik untuk mengangkat kotoran setelah melakukan banyakaktivitas seharian. Akan tetapi mencuci muka terlalu sering justru akan berdampak buruk bagi kulit wajah. Terlalu sering cuci muka akan membuat pori-pori besar di wajah dan membuat kulit wajah menjadi kering.

BACA JUGA : 15 Rekomendasi HP 2 Jutaan Terbaik 2022 Beserta Harganya

Rekomendasi masker untuk mengecilkan pori-pori

Berikut 9 Rekomendasi masker untuk mengecilkan pori-pori, yang wajib Sedulur coba.

1. The Bath Box Fresh Face Facial Mask

masker pengecil pori pori wajah
travellenpost

Rekomendasi masker pengecil pori pori wajah yang pertama adalah The Bath Box Fresh Face Facial Mask. Masker produk lokal ini mengandung bahan-bahan yang cocok untuk digunakan untuk Sedulur yang memiliki kulit wajah normal maupun berminyak. Produk ini mempunyai kombinasi Kaolin Clay dan juga Bentonite yang sangat bermanfaat untuk mengecilkan pori-pori. Sehingga kulit wajah menjadi terlihat lebih cerah dan juga halus.

Cara menggunakan masker ini cukup mudah, yaitu dengan mengaplikasikan masker ke seluruh wajah, kemudian diamkan selama 15-20 menit. Setelah kering, bilas dengan air hangat hingga bersih. Gunakan 2-3 kali dalam seminggu untuk hasil yang optimal.

2. Skin Game Pore Armor

masker pengecil pori pori wajah
Journal.sociolla

Rekomendasi  yang selanjutnya adalah Skin Game Pore Armor. Terdapat tiga bahan utama masker ini, yaitu Kaolin, Zinc, Oxide dan juga Calcium Carbonate. Masker ini memang ditujukan untuk kulit yang mudah berkomedo dan berpori-pori besar serta cenderung berminyak. Bagi Sedulur yang memiliki kulit kering, tidak disarankan menggunakan produk ini.

Cara menggunakan masker ini sangat mudah yaitu dengan mencampurkan dengan beberapa tetes air atau juga toner kemudian diaduk hingga berbentuk pasta. Kemudian, oleskan pada wajah secara merata dan diamkan selama 15 menit. Setelah kering, bilas hingga bersih. Untuk hasil yang maksimal, gunakan produk masker ini sebanyak 2-3 kali dalam seminggu.

3. Whitelab Mugwort Pore Clarifying Mask

beauty journal

Produk masker ini mengandung Mugwort, Niacinamide, Green Tea Leaf dan Cica (centela asiatica) yang berfungsi untuk mengecilkan pori-pori wajah. Produk ini memang ditujukan untuk Sedulur yang mempunyai masalah pada kulit wajah seperti pori-pori esar, jerawat, kulit kusam dan juga kulit dengan tekstur kasar.

Kandungan Mugwort dalam masker ini bermanfaat untuk menenangkan kulit yang kemerahan, mengontrol produksi sebum berlebih, melembapkan kulit, dan juga membersihkan kulit sehingga dapat mengecilkan pori-pori wajah, dan membantu kulit yang berjerawat. Sementara itu, kandungan Niacinamide bermanfaat untuk mencerahkan kulit, dan Green Tea Leaf membantu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Masker ini juga mengandung Cica yang membantu menenangkan kulit yang iritasi atau meradang.

Cara menggunakan masker ini yaitu cukup dengan mengoleskan pada wajah secara merata. Setelah itu diamkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air bersih. Dengan rutin menggunakan masker ini 2-3 kali dalam seminggu maka kulit wajah akan terasa lebih lembab, sehat dan juga cerah. Selain untuk mengecilkan pori-pori, masker wajah ini juga bermanfaat untuk mencegah munculnya jerawat

BACA JUGA : 14 Rekomendasi Film Korea Komedi yang Pasti Bikin Ngakak

4. L’Oreal Paris Pure Clay Pore Refining Mask

beauty journal

Produk yang sudah populer di kalangan masyarakat ini memang sudah terkenal ampuh untuk mengecilkan pori-pori wajah. Kelebihan lain dari produk ini adalah mampu membersihkan kulit dan juga mencegah pori-pori besar di wajah.

Masker ini memiliki kandungan Moroccan Lava Clay yang diperkaya dengan Rosemary Extract yang berfungsi menyerap kotoran, sebum, dan produksi minyak berlebih yang dapat menyumbat pori-pori wajah. Masker ini juga dapat membantu mengurangi tampilan pori yang membesar dan menjadikan kulit terasa segar kembali. Tak hanya itu, masker ini juga cocok digunakan untuk kulit kombinasi cenderung berminyak. Nah, cukup hanya dalam 10 menit saja, kulit terlihat lebih cerah dan bersih hingga ke lapisan pori, serta memberikan manfaat terbaik bagi perawatan kulit wajah.

Cara menggunakannya pun mudah, cukup aplikasikan masker pada seluruh bagian wajah, diamkan sampai mengering. Kemudian, bilas dengan menggunakan air hangat hingga benar-benar bersih dan tidak ada masker yang tersisa.

5. Mamonde Pore Clean Clay Mask

soco.id

Rekomendasi masker untuk mengecilkan pori-pori berikutnya adalah Mamonde Pore Clean Clay Mask. Clay mask ini ditujukan untuk pemilik kulit berminyak, pori-pori besar, dan juga rentan mengalami breakout. Masker ini terbuat dari bahan tanah liat halus dengan daun Eoseongcho alami dan juga bubuk kulit kenari yang secara lembut dapat menghilangkan sebum berlebih. Selain itu, kandungan-kandungan ini juga bermanfaat untuk membantu mengecilkan pori-pori.

Cara menggunakannya mudah. Setelah membersihkan wajah, aplikasikan masker secukupnya dan oleskan secara merata di seluruh wajah. Hindari area mata dan bibir. Diamkan selama 10-15 menit kemudian bilas menggunakan air hangat.

6. Wardah Nature Daily Tea Tree Oil Control Clay Capsule Mas

female daily

Produk masker untuk mengecilkan pori-pori ini mempunyai kandungan Tea Tree Oil yang baik untuk menyerap produksi sebum berlebih di kulit dan membersihkan pori-pori. Produk ini hadir dengan kemasan yang berbentuk kapsul, sehingga praktis untuk digunakan dan mudah dibawa bepergian sesuai dengan kebutuhan. Produk ini tersedia dalam tekstur berbeda, yaitu clay mask, scrub mask, gel mask, beads mask, dan juga wash off mask.

Produk ini juga mengandung bahan-bahan natural untuk menjawab berbagai masalah kebutuhan kulit. Dengan harga cukup terjangkau, Wardah Nature Daily Tea Tree Oil Control Clay Capsule Mask akan menjaga kesehatan kulit, sehingga tampak lebih halus, lembut, dan bebas dari jerawat.

BACA JUGA : 12 Rekomendasi Pelembab Wajah untuk Remaja Terbaik

7. Azrina Pure Charcoal Mud Mask

masker pengecil pori pori wajah
popmama

Masker Azrina ini mengandung tiga bahanutama, yakni charcoal, kaolin, dan hydrolyzed algae extract. Charcoal sendiri berfungsi untuk membersihkan, mengecilkan pori-pori, mengangkat sel kulit mati, menyerap sebum berlebih, dan mengurangi komedo. Sementara itu, kandungan kaolin berfungsi untuk menenangkan kulit dan meredakan peradangan kulit. Untuk hasil yang maksimal, Sedulur dapat menggunakan produk masker ini 2-3 kali seminggu.

8. Himalaya Purifyin Neem Mask

Pexels

Himalaya Purifying Neem Mask adalah salah satu rekomendasi masker wajah untuk mengecilkan pori-pori wajah sekaligus untuk mencerahkan kulit. Himalaya sering dipilih karena klaimnya yang dapat membantu mengatur sekresi minyak berlebih, membersihkan pori-pori yang mengalami penyumbatan, dan mencegah munculnya jerawat.

Masker ini dirancang untuk membersihkan kulit dan membantu mengurangi masalah kulit seperti jerawat dan komedo dari kandungan Neem. Neem sendiri memiliki sifat sebagai antibakteri yang membantu mengendalikan jerawat.

Selain itu, masker ini dapat membantu mengurangi minyak berlebih pada kulit, sehingga cocok untuk mereka yang memiliki kulit berminyak atau kombinasi. Sedulur bisa mencoba masker satu ini untuk kondisi wajah yang lebih baik.

9. Skintific Mugwort Anti Pores & Acne Clay Mask

Pexels

Selanjutnya adalah masker wajah yang populer dan digunakan oleh banyak muda-mudi, yaitu Skintific Mugwort Anti Pores & Acne Clay Mask. Dari namanya, kita tahu bahwa masker ini mengandung mugwort. Kandungan mugwort dikenal memiliki sifat anti-inflamasi yang baik untuk membersihkan sekaligus menenangkan kulit.

Selain itu, klaim lainnya adalah mampu menekan dan menghilangkan jerawat dalam waktu 12 jam! Banyak pengguna masker ini juga menyukai pengalaman menggunakan masker karena mudah diaplikasikan ke wajah, mudah dibilas, dan tidak meninggalkan residu. Setelah dibilas, kulit tidak terasa kering atau ditarik. Dijamin kulit wajah Sedulur bisa semakin lebih baik dan lebih sehat lagi.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Merk Masker Wajah Terbaik yang Bikin Glowing!

Pertanyaan seputar pori-pori wajah

Pexels

Kondiwi pori-pori wajah yang besar merupakan kondisi umum yang bisa dialami oleh siapa saja. Setiap orang memiliki tampilan pori-pori wajah yang berbeda-beda. Tentu hal ini memunculkan pertanyaan-pertanyaan seputar pori-pori wajah, terutama yang membesar. Nah berikut ini ada beberapa pertanyaan seputar pori-pori wajah yang mungkin juga Sedulur alami. Apa saja pertanyaan tersebut? Yuk kita simak!

1. Kenapa pori-pori besar?

Pori besar akibat produksi minyak berlebih merupakan mekanisme alami kulit. Kulit menyesuaikan diameter pori dengan banyaknya jumlah sebum yang keluar melewati pori. Hal ini karena pori-pori merupakan jalan keluar sebum dari kelenjar ke permukaan kulit.

Pori akan membesar sesuai banyaknya sebum yang melewatinya, terutama bila terjadi secara kronis dalam jangka waktu lama. Karena itu, pori besar jarang tampak pada anak sebab aktivitas produksi sebum sedikit atau belum berjalan kronik.

2. Apakan menggunakan suncreen dapat mengecilkan pori wajah?

Sunscreen berfungsi untuk melindungi kulit dari dampak buruk paparan sinar ultraviolet (UV). Meski bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit, penggunaan sunscreen tidak dapat memperkecil ukuran pori-pori. Hal tersebut diakibatkan berbeda peruntukannya.

3. Fakta lain terkait pori-pori wajah

Tentu Sedulur bertanya apa yang menyebabkan pori-pori wajah membesar. Pori-pori wajah membesar disebabkan oleh beberapa hal, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Genetik
  • Perubahan hormon
  • Iritasi kulit akibat terlalu sering mencuci muka
  • Jenis kelamin
  • Gaya hidup tidak sehat
  • Pori-pori yang tersumbat oleh kotoran, sebum, dan kulit mati
  • Sebum yang tidak terkontrol
  • Faktor penuaan yang membuat struktur pori kehilangan sokongan kekuatan dari kolagen dan elastin

Ukuran pori-pori wajah seseorang tentu saja berbeda-beda. Selain itu, pori-pori wajah juga dipengaruhi oleh beberapa hal. Beberapa fakta lain terkait pori-pori wajah adalah sebagai berikut:

  • Ukuran pori-pori tidak dapat diubah. Namun, tampilan pori-pori bisa diperbaiki dengan cara membersihkan wajah (deep cleansing) dan mengontrol produksi minyak. Ada juga tindakan antiaging yang menstimulasi regenerasi kolagen, contohnya laser ablatif, peeling, microneedling+ growth factor, PRP, dan lainnya.
  • Lalu, bagaimana dengan produk dengan klaim dapat mengecilkan pori-pori? Sebenarnya produk-produk tersebut berfungsi untuk membersihkan kulit mati dan minyak berlebih. Pori-pori yang lebih bersih membuat tampilan kulit lebih cerah dan tampak lebih halus.
  • Pori-pori sangat penting untuk menjaga kulit Anda tetap lembap dengan mengeluarkan minyak dari kelenjar sebum. Pori-pori juga tidak seperti pintu yang dapat dibuka tutup. Jadi, skincare hanya membantu merawat pori-pori agar tampak lebih tersamarkan.

Tips wajah flawless bebas pori-pori besar

Pexels

Ada beberapa tips yang bisa Sedulur lakukan untuk mendapatkan wajah flawless bebas pori-pori besar. Berikut ini beberapa tips yang perlu Sedulur lakukan, yaitu:

  • Pilihlah skincare berlabel noncomedogenic agar tidak menyumbat pori-pori.
  • Bersihkan wajah dengan benar dan optimal, hindari produk yang oily, khususnya sebelum tidur. Saat mencuci muka, pijat lembut pembersih wajah pada bagian wajah dan leher dengan gerakan melingkar selama 30–60 detik. Bilas dan keringkan dengan cara ditepuk-tepuk dengan handuk.
  • Gunakan toner astringent berpelembap dan lakukan anti-aging treatment berkala sesuai kebutuhan kulit.
  • Lakukan eksfoliasi dan gunakan masker untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Gunakan dengan bijaksana sebab jika berlebihan, kulit Sedulur akan kering. Setelahnya, lengkapi dengan pelembap dan tabir surya, ya.

Jaga pola makan. Sedulur bisa mengontrol minyak kulit pada dengan cara mengurangi makanan dan minuman yang dapat meningkatkan produksi sebum. Sebagai contoh, camilan yang mengandung susu beserta turunannya (keju, yoghurt, cokelat, roti, kue, dan lainya). Selain itu, hindari juga makanan tinggi lemak dan gula karena keduanya tidak baik untuk kesehatan kulit.

BACA JUGA : 10 Rekomendasi Meja Laptop Terbaik untuk Kerja di Rumah

Cara mengecilkan pori-pori wajah dengan bahan alami

iStock

Selain menggunakan produk masker di atas yang dapat membuat pori-pori wajah Sedulur mengecil. Ada beberapa cara alami yang bisa Sedulur lakukan untuk mengecilkan pori-pori wajah. Berikut ini beberapa cara yang bisa Sedulur lakukan, yaitu:

1. Menggunakan madu

Sedulur dapat memanfaatkan madu untuk membantu mengecilkan pori-pori pada wajah. Madu mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk menangani masalah kulit salah satunya adalah mengecilkan pori-pori. Adapun caranya adalah sebagai berikut.

  • Siapkan madu alami yang masih kental satu sendok makan
  • Oleskan pada wajah secara merata
  • Diamkan selama kurang 5-10 menit
  • Bilas dengan air hangat. 

Madu dikenal sebagai bahan alami yang mengandung berbagai vitamin dan nutrisi yang dapat membuat kulit terlihat mulus dan lembut. 

2. Menggunakan masker jeruk nipis

Sama seperti madu,jeruk nipis mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk mengecilkan pori-pori pada wajah. Akan tetapi, penggunaan jeruk nipik ini kurang cocok untuk kulit bekas jerawat. Adapun caranya yaitu sebagai berikut.

  • Peras sari jeruk nipis kemudian saring bulir jeruk nipis
  • Oleskan pada wajah secara tipis
  • Diamkan selama 10 menit
  • Bilas dengan air hangat

3. Menggunakan tomat

Selain madu dan jeruk nipis, tomat juga bermanfaat untuk membantu mengecilkan pori-pori sekaligus mengencangkan kulit wajah. Vitamin E yang ada dalam tomat dapat membuat kulit wajah tampak lebih cerah sekaligus awet muda. Cara membuat masker tomat sebagai berikut ini. 

  • Haluskan satu buah tomat
  • Oleskan pada wajah dan diamkan selama 15-30 menit
  • Setelah mengering, bilas dengan air hangat

Demikianlah rangkuman informasi masker pengecil pori pori wajah. Selain menggunakan produk masker di atas, Sedulur juga dapat menggunakan bahan-bahan alami seperti madu, tomat dan juga jeruk nipis. Untuk mendapatkan hasil sempurna, penting untuk digunakan secara teratur.

Dalam perawatan tubuh, terutama dalam perawatan wajah, penggunaan secara teratur dan disiplin merupakan hal yang penting untuk mendapatkan hasil yang sempurna. Semoga penjelasan di atas membantu Sedulur untuk mendapatkan kesehatan wajah yang baik.