rekomendasi merk masker wajah terbaik

Setiap orang tentu saja ingin memiliki wajah yang cerah, terutama perempuan. Ada banyak usaha yang bisa Sedulur lakukan untuk mendapatkan wajah cerah, salah satunya dengan menggunaka masker pencerah wajah 2023 terbaik.

Dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas rekomendasi masker pencerah wajah 2023 terbaik yang bisa jadi pilihan Sedulur. Sebelum masuk ke pembahasan terkait masker yang bisa jadi pilihan Sedulur, kita simak terlebih dahulu tips dan cara memilih masker yang tepat.

BACA JUGA: 7 Manfaat Masker Himalaya untuk Wajah Beserta Harganya

Cara memilih masker wajah

masker pencerah wajah 2023 terbaik
iStock

Sebelum masuk ke pembahasan utama terkait masker pencerah wajah 2023 terbaik, tentu Sedulur harus tahu bagaimana cara dan tips memilih masker wajah agar tidak salah memilih. Dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas cara memilih masker wajah yang sesuai.

-->

Apa saja tips dan hal yang perlu diperhatikan agar Sedulur dapat memilih masker pencerah wajah 2023 terbaik? Yuk, kita simak penjelasannya di bawah ini!

1. Pilih masker dengan kandungan pelembab tinggi

L’Oreal

Tips dan cara memilih masker pertama yang harus Sedulur perhatikan yaitu kandungan pelembab tinggi. Kandungan pelembab tinggi sangat penting untuk membuat wajah lembab agar wajah bisa cerah. Selain itu, pada dasarnya setiap masker tentu saja mengandung bahan pelembab.

Ada beberapa kandungan pelembab yang wajib terdapat pada masker, terutama untuk masker pencerah wajah. Terutam jika Sedulur memiliki tekstur kulit wajah kering. Berikut ini daftar kandungan yang mengandung pelembab tinggi yang wajib ada, yaitu:

  • Ceramide: Komponen utama lipid antar sel yang berfungsi sebagai pelembap dan penahan kelembapan kulit.
  • Asam amino: Komponen utama natural moisturizing factor (NMF) pada kulit, seperti serine, alanine, dan lain-lain.
  • Sodium lactate, PCA-Na: Komponen pelembap yang terkandung dalam komposisi NMF yang melembapkan stratum corneum.
  • Glycerin: Bahan pelembap dengan penyerapan air yang sangat baik. Banyak digunakan dalam lotion dan cream.
  • Hyaluronic acid Na: Bahan pelembap yang juga ada dalam dermis, memiliki retensi air yang sangat tinggi.
  • Squalane: Komponen minyak yang juga terkandung dalam sebum. Mudah diserap dan memiliki efek melembapkan dan melembutkan kulit.

Untuk kulit kering, masker wajah sangat pas ditambahkan dalam rutinitas skincare mingguan. Ingat, pilihlah masker yang kaya moisturizer. Sedulur bisa memilih masker dengan kandungan pelembap humektan seperti hyaluronic acid atau glycerin.

Lalu, ada pelembap emolien seperti ceramide dan pelembap oklusif seperti squalene. Untuk manfaat maksimal, pilihlah sleep mask. Setelah membersihkan masker tersebut, oleskan rich moisturizer untuk mengunci kelembapan kulit.

2. Ketahui kandungan bahan aktif

Behold Naturals

Tips kedua yang perlu Sedulur perhatikan yaitu mengetahui kandungan bahan aktif yang dapat mengatasi permasalahan kulit. Beberapa masker tidak hanya melembapkan, tetapi juga dapat membantu mengatasi permasalahan kulit.

Untuk itu, coba perhatikan kandungan bahan aktif yang terdapat dalam sebuah produk. Ada beberapa hal penting yang bisa jadi perhatian Sedulur, berikut ini adalah daftarnya:

a. Kandungan vitamin C dan ekstrak plasenta

Jika Sedulur ingin mencerahkan kulit, pilihlah masker wajah yang mengandung bahan obat kuasi yang aktif mencerahkan wajah. Bahan aktif ini akan menekan pembentukan melanin yang merupakan sumber noda dan bintik-bintik.

Salah satunya adalah turunan vitamin C yang dapat mencegah flek dan bintik-bintik yang disebabkan oleh sengatan matahari. Namun, berhati-hatilah bagi Sedulur yang memiliki kulit sensitif karena bahan aktif dapat menyebabkan iritasi pada kulit Sedulur. Berikut ini adalah contoh bahan aktif yang dapat mencerahkan kulit:

  • Turunan vitamin C
  • Chamomilla ET
  • Asam traneksamat
  • Ekstrak plasenta
  • Asam elagik

b. Asam traneksamat dan dipotassium glycyrrhizinate

Jerawat dan kulit kasar disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk ketidakseimbangan hormon, stres, dan perubahan cuaca. Dalam hal ini, disarankan untuk menggunakan masker wajah jenis obat kuasi yang mengandung bahan untuk mencegah jerawat dan kulit kasar. Berikut ini adalah kandungan bahan yang dapat mencegah jerawat dan kulit kasar:

  • Turunan vitamin C
  • Dipotassium glycyrrhizinate
  • Asam traneksamat

Masker dengan bahan dasar clay atau charcoal juga sangat sesuai digunakan pada kulit yang berminyak dan berjerawat. Clay dan charcoal berfungsi menyerap kelebihan minyak dari permukaan kulit. Kandungan ini juga bisa menarik kotoran dan sumbatan pada pori.

Masker berbasis clay atau charcoal yang baik akan membuat kulit tidak berminyak, tetapi tidak membuat kulit kering atau tertarik. Pastikan juga masker mengandung bahan aktif exfoliating anti-acne, seperti BHA atau salicylic acid, anti-inflammatory, dan antibakteri seperti madu dan turmeric.

c. Retinol dan koenzim Q10

Bagi Sedulur yang ingin melakukan perawatan antiaging, pilihlah masker wajah yang mengandung koenzim Q10 atau astaxanthin. Kandungan ini memiliki efek melembapkan kulit yang kering karena terpapar sinar UV.

Jika Sedulur khawatir tentang elastisitas kulit, pilihlah masker dengan kandungan retinol yang efektif untuk melembapkan dan merawat kulit. Namun, retinol bisa saja menyebabkan iritasi pada sebagian orang. Hal ini tergantung pada jumlah retinol yang ditambahkan. Jadi, berhati-hatilah jika Sedulur memiliki kulit sensitif. Berikut ini adalah kandungan bahan untuk wajah lebih kencang dan berkilau:

  • Turunan vitamin C
  • Retinol palmitate
  • Retinol
  • Acetyl hexapeptide-8
  • Ubiquinone (koenzim Q10)

3. Periksa kandungan lebih teliti

Marie Claire

Masker wajah akan bersentuhan dengan kulit selama sekitar 10–15 menit. Jadi, pemilik kulit sensitif harus lebih hati-hati agar tidak menimbulkan iritasi. Masker wajah mengandung berbagai bahan selain bahan pelembap dan bahan aktif yang dapat mengatasi masalah kulit.

Jika Sedulur memiliki kulit sensitif, periksalah daftar bahan sambil merujuk pada keterangan “tanpa aditif”, “untuk kulit sensitif”, dan sebagainya. Sedulur yang berkulit sensitif perlu menghindari berbagai bahan aktif dan bahan tambahan dalam produk, termasuk pada masker wajah. Hal ini ditujukan agar Sedulur dapat terhindar dari iritasi atau alergi. Bahan yang paling sering menyebabkan iritasi yaitu pewangi, pengawet, dan alkohol.

Sebaliknya, pilih produk dengan kandungan bahan aktif yang bersifat calming, seperti Aloe vera, mentimun, chamomile, dan oat. Apabila perlu, lakukan patch test dengan mengoleskan produk di kulit belakang telinga dan diamkan 24 jam untuk melihat reaksinya.

BACA JUGA: 7 Manfaat Masker Mugwort untuk Kesehatan Kulit Wajah

Rekomendasi masker pencerah wajah 2023 terbaik

Setelah mengetahui tips dan cara memilih di atas, lantas apa saja rekomendasi masker pencerah wajah yang bisa jadi pilihan Sedulur? Yuk, mari langsung kitas simak daftarnya di bawah ini! Pilih dan terapkan tips sebelumnya ya, jangan lupa!

1. Innisfree Super Volcanic Pore

Hope Magazine

Merk dari Innisfree ini dikenal sebagai masker yang mampu menyerap minyak dua kali lebih banyak daripada produk Innisfree yang sebelumnya. Innisfree Super Volcanic Pore memiliki klaim 10 in 1 clay mask. Masuk dalam rekomendasi masker pencerah wajah 2023 terbaik.

10 manfaat yang diklaim oleh Innisfree adalah mampu mengencangkan pori-pori, mengontrol sebum, membersihkan keratin, membersihkan debu halus, mengusir komedo, mampu deep cleansing, memberikan cooling effect, melembutkan tekstur kulit, memberikan elastisitas kulit, dan tentunya mencerahkan kulit.

2. Freeman Apple Cider Vinegar

Foreo

Ada empat jenis klaim yang ada pada masker Freeman Apple Cider Vinegar ini. Pertama, masker ini bermanfaat untuk membersihkan kulit wajah dari seluruh kotoran yang menempel di permukaan, serta membersihkan menyeluruh hingga ke pori-pori terdalam. Berikutnya, butiran-butiran halus di dalam krimnya ternyata mampu mengatasi masalah kulit kasar.

Kemudian yang ketiga, masker ini juga salah satu rekomendasi masker wajah untuk mencerahkan karena mengandung ekstrak cuka apel. Lalu klaim keempatnya adalah mampu menyerap kelebihan minyak di wajah.

3. Himalaya Purifying Neem Mask

The Healthy

Himalaya Purifying Neem Mask adalah salah satu rekomendasi masker pencerah wajah 2023 ketiga. Himalaya sering dipilih karena klaimnya yang dapat membantu mengatur sekresi minyak berlebih, membersihkan pori-pori yang mengalami penyumbatan, dan mencegah munculnya jerawat.

Masker ini dirancang untuk membersihkan kulit dan membantu mengurangi masalah kulit seperti jerawat dan komedo dari kandungan Neem. Neem sendiri memiliki sifat sebagai antibakteri yang membantu mengendalikan jerawat. Selain itu, masker ini dapat membantu mengurangi minyak berlebih pada kulit, sehingga cocok untuk mereka yang memiliki kulit berminyak atau kombinasi.

4. Skintific Mugwort Anti Pores & Acne Clay Mask

Pinterest

Berikutnya, rekomendasi masker wajah untuk mencerahkan yang juga populer di kalangan para muda-mudi. Dari namanya, kita tahu bahwa masker ini mengandung mugwort. Kandungan mugwort dikenal memiliki sifat anti-inflamasi yang baik untuk membersihkan sekaligus menenangkan kulit.

Selain itu, klaim lainnya adalah mampu menekan dan menghilangkan jerawat dalam waktu 12 jam! Banyak pengguna masker ini juga menyukai pengalaman menggunakan masker karena mudah diaplikasikan ke wajah, mudah dibilas, dan tidak meninggalkan residu. Setelah dibilas, kulit tidak terasa kering atau ditarik.

5. Laneige Water Sleeping Mask

The Skin & Body

Laneige Water Sleeping Mask adalah masker tidur yang dirancang untuk memberikan kelembapan dan nutrisi pada kulit selama tidur. Masker ini membantu menjaga kelembapan pada kulit selama tidur, sehingga kulit terasa lebih lembut dan kenyal. Selain itu, Laneige Water Sleeping Mask juga ini mengandung ekstrak yuzu, yang membantu meningkatkan kecerahan kulit dan meratakan tekstur kulit.

Jika Sedulur cocok dengan masker ini, Sedulur juga perlu tahu bahwa di dalamnya juga terdapat formula hipoalergenik bebas minyak, PEG, dan pigmen yang memberikan efek relaksasi pada kulit. Dengan manfaat tersebut, tak heran jika dalam ukuran 70 ml, Laneige dibandrol dengan harga yang cukup mahal yaitu Rp470 ribu.

6. The Body Shop Tea Tree

Life as a Women

The Body Shop diformulasikan menggunakan tea tree oil yang mampu membersihkan wajah dengan baik. Masker yang satu ini juga mengandung kaolin clay yang membuat kulit terlihat matte bebas minyak, serta perlite dari tanah vulkanik yang bekerja sebagai eksfoliator pada kulit.

7. Somethinc Skin Goals Wash Off Mask

Her Zindagi

Kandungan bahan-bahan alami pada Somethinc Skin Goals Wash Off Mask dapat membantu membersihkan, menenangkan, dan memperbaiki kulit wajah. Di dalamnya terdapat kaolin yang memiliki manfaat menyerap minyak berlebih pada kulit, membersihkan pori-pori, dan mengurangi jerawat.

Ada pula kandungan lain seperti SabiWhite yang membantu mencerahkan kulit, bersifat anti-radiasi dan sebagai antioksidan. Kandungan lainnya seperti Alpha Arbutin, Glycyrrhiza Glabra Root (Licorice) Extract, Glutathione, dan lain-lain membantu mengurangi bekas jerawat dan membantu hiperpigmentasi  pada kulit.

8. Mustika Ratu Peel Off Mask Lemon

Pinterest

Merk legendaris yang satu ini juga masuk ke dalam rekomendasi masker wajah untuk mencerahkan kulit. Dengan tekstur gel, masker akan lebih segar digunakan dalam keadaan dingin. Masker ini mengandung vitamin C dan ekstrak lemon yang membuat akan membuat kulit terasa lebih kencang dan cerah.

9. Viva White Waterdrop Sleeping Mask

Femina

Dengan harga yang terjangkau, Viva White Waterdrop Sleeping Mask menawarkan masker yang bisa membantu mengenyalkan kulit, mencerahkan wajah, menghidrasi kulit, dan menjaga keseimbangan kadar air dalam kulit wajah. Di dalamnya terdapat zat alami sekaligus zat aktif seperti spirulina extract, collagen, licorice extract, aloe vera, dan betaine.

10. Namo.id Organic Face Mask

Epiphany

Selanjutnya adalah rekomendasi masker wajah untuk mencerahkan dari merk Namo.id. Masker ini memiliki kandungan yang dapat membantu membersihkan dan menyamarkan pori-pori wajah sekaligus menutrisi kulit. Terdapat varian yang berbeda, diantaranya green tea, charcoal face, coffee face, dan varian cocoa face mask.

11. Cleora Intensive Glow Mask

City Magazine

Rekomendasi masker wajah untuk mencerahkan berikutnya datang dari merk Cleora. Masker dengan kemasan kuning cantik ini memiliki kandungan ekstrak teh hijau dan mugwort, centella asiatica, aloe vera, dan niacinamide. Bahan-bahan tersebut memiliki manfaat untuk melembutkan kulit, membersihkan pori-pori, menenangkan kulit, dan dapat membantu kulit terlihat lebih cerah, halus, dan sehat.

12. Oh My Skin! Organic Face Mask

Rekomendasi terakhir, sesuai namanya, Oh My Skin! Organic Face Mask terbuat dari bahan-bahan organik dan alami yang bermanfaat untuk kulit. Terdapat empat jenis masker dengan manfaat masing-masing yang berbeda. Empat jenis itu adalah matcha, milk, choco, dan coffee.

Masker matcha bermanfaat untuk mencerahkan, mengencangkan, dan menutrisi kulit wajah. Lalu masker milk memiliki klaim mampu membantu wajah menajdi glowing dan kencang. Berikutnya masker choco, baik untuk relaksasi kulit wajah dan menghaluskan kulit. Terakhir adalah masker coffee yang berfungsi mengangkat sel kulit mati.

BACA JUGA: 10 Cara Membuat Masker Lidah Buaya untuk Merawat Wajah

Rekomendasi masker untuk pori-pori wajah

Selain untuk mencerahkan wajah, penting bagi Sedulur untuk mengecilkan pori-pori wajah agar wajah tetap sehat. Karena cerah saja tidak cukup, kulit wajah juga harus mulus tanpa pori-pori. Berikut ini beberapa rekomendasinya:

1. The Bath Box Fresh Face Facial Mask

masker pengecil pori pori wajah
travellenpost

Rekomendasi masker pengecil pori pori wajah yang pertama adalah The Bath Box Fresh Face Facial Mask. Masker produk lokal ini mengandung bahan-bahan yang cocok untuk digunakan untuk Sedulur yang memiliki kulit wajah normal maupun berminyak. Produk ini mempunyai kombinasi Kaolin Clay dan juga Bentonite yang sangat bermanfaat untuk mengecilkan pori-pori. Sehingga kulit wajah menjadi terlihat lebih cerah dan juga halus.

Cara menggunakan masker ini cukup mudah, yaitu dengan mengaplikasikan masker ke seluruh wajah, kemudian diamkan selama 15-20 menit. Setelah kering, bilas dengan air hangat hingga bersih. Gunakan 2-3 kali dalam seminggu untuk hasil yang optimal.

2. Skin Game Pore Armor

masker pengecil pori pori wajah
Journal.sociolla

Rekomendasi  yang selanjutnya adalah Skin Game Pore Armor. Terdapat tiga bahan utama masker ini, yaitu Kaolin, Zinc, Oxide dan juga Calcium Carbonate. Masker ini memang ditujukan untuk kulit yang mudah berkomedo dan berpori-pori besar serta cenderung berminyak. Bagi Sedulur yang memiliki kulit kering, tidak disarankan menggunakan produk ini.

Cara menggunakan masker ini sangat mudah yaitu dengan mencampurkan dengan beberapa tetes air atau juga toner kemudian diaduk hingga berbentuk pasta. Kemudian, oleskan pada wajah secara merata dan diamkan selama 15 menit. Setelah kering, bilas hingga bersih. Untuk hasil yang maksimal, gunakan produk masker ini sebanyak 2-3 kali dalam seminggu.

3. L’Oreal Paris Pure Clay Pore Refining Mask

Beauty Journal

Produk yang sudah populer di kalangan masyarakat ini memang sudah terkenal ampuh untuk mengecilkan pori-pori wajah. Kelebihan lain dari produk ini adalah mampu membersihkan kulit dan juga mencegah pori-pori besar di wajah.

Masker ini memiliki kandungan Moroccan Lava Clay yang diperkaya dengan Rosemary Extract yang berfungsi menyerap kotoran, sebum, dan produksi minyak berlebih yang dapat menyumbat pori-pori wajah. Masker ini juga dapat membantu mengurangi tampilan pori yang membesar dan menjadikan kulit terasa segar kembali. Tak hanya itu, masker ini juga cocok digunakan untuk kulit kombinasi cenderung berminyak. Nah, cukup hanya dalam 10 menit saja, kulit terlihat lebih cerah dan bersih hingga ke lapisan pori, serta memberikan manfaat terbaik bagi perawatan kulit wajah.

Cara menggunakannya pun mudah, cukup aplikasikan masker pada seluruh bagian wajah, diamkan sampai mengering. Kemudian, bilas dengan menggunakan air hangat hingga benar-benar bersih dan tidak ada masker yang tersisa.

4. Mamonde Pore Clean Clay Mask

SOCO

Rekomendasi masker untuk mengecilkan pori-pori berikutnya adalah Mamonde Pore Clean Clay Mask. Clay mask ini ditujukan untuk pemilik kulit berminyak, pori-pori besar, dan juga rentan mengalami breakout. Masker ini terbuat dari bahan tanah liat halus dengan daun Eoseongcho alami dan juga bubuk kulit kenari yang secara lembut dapat menghilangkan sebum berlebih. Selain itu, kandungan-kandungan ini juga bermanfaat untuk membantu mengecilkan pori-pori.

Cara menggunakannya mudah. Setelah membersihkan wajah, aplikasikan masker secukupnya dan oleskan secara merata di seluruh wajah. Hindari area mata dan bibir. Diamkan selama 10-15 menit kemudian bilas menggunakan air hangat.

5. Wardah Nature Daily Tea Tree Oil Control Clay Capsule Mas

female daily

Produk masker untuk mengecilkan pori-pori ini mempunyai kandungan Tea Tree Oil yang baik untuk menyerap produksi sebum berlebih di kulit dan membersihkan pori-pori. Produk ini hadir dengan kemasan yang berbentuk kapsul, sehingga praktis untuk digunakan dan mudah dibawa bepergian sesuai dengan kebutuhan. Produk ini tersedia dalam tekstur berbeda, yaitu clay mask, scrub mask, gel mask, beads mask, dan juga wash off mask.

Produk ini juga mengandung bahan-bahan natural untuk menjawab berbagai masalah kebutuhan kulit. Dengan harga cukup terjangkau, Wardah Nature Daily Tea Tree Oil Control Clay Capsule Mask akan menjaga kesehatan kulit, sehingga tampak lebih halus, lembut, dan bebas dari jerawat.

Tips yang perlu diperhatikan

Epic Matcha

Setelah mengetahui daftar rekomendasi masker pencerah wajah 2023 terbaik di atas, Sedulur perlu tahu beberapa hal yang menjadi pertimbangan penting dalam memilih masker wajah yang sesuai dan cocok di atas. Berikut ini beberapa hal yang perlu Sedulur perhatikan:

  • Kita tidak pernah tahu seberapa sensitif wajah kita saat terpapar zat tertentu. Meski alami, tetap lakukan percobaan dulu dengan mengaplikasikan masker buatanmu pada tangan dan tunggu beberapa saat untuk tahu reaksinya. Bila sudah aman, langsung aplikasikan saja pada wajah.
  • Bersihkan wajah dulu sebelum menggunakan masker. Lalu, bersihkan dengan handuk yang bersih sampai kering sebelum mengaplikasikan masker buatanmu tadi.
  • Boleh menggunakan bahan yang hampir kadaluarsa, tetapi jangan yang sudah melewati tanggal maksimal pemakaian.
  • Pakai masker DIY saat itu juga. Mengingat masker ini tidak dilengkapi bahan pengawet, masa pakainya pun sangat singkat. Segera pakai setelah dibuat. Atau simpan dalam kulkas, tetapi jangan dibiarkan berhari-hari.
  • Masker tidak perlu dipakai setiap hari. Proses merawat kulit dengan masker cukup dilakukan 1-2 kali seminggu. Ada beberapa bahan yang justru tidak disarankan untuk dipakai tiap hari, seperti minyak zaitun misalnya.
  • Riset baik-baik tiap bahan yang akan kamu pakai, apakah mereka benar-benar aman dan cocok untuk tipe kulitmu. Bahan seperti minyak kelapa misalnya tidak disarankan untuk pemilik wajah berminyak, begitu pula dengan perasan jeruk lemon yang wajib diwaspadai pemilik kulit kering.
  • Imbangi dengan pola hidup sehat dan skincare kimia. Bagaimanapun kamu tidak akan mencapai wajah sempurna jika tidak mendukung perawatan wajah alami dengan pola hidup sehat dan tentunya bantuan bahan kimia yang sudah teruji dan terkontrol kadarnya. Setidaknya pakai tiga produk perawatan kulit yang esensial, yaitu pembersih wajah, toner, pelembab, dan bila perlu tabir surya.

Nah itulah daftar rekomendasi masker pencerah wajah 2023 terbaik, semoga penjelasan di atas bisa membuat Sedulur menentukan dan memilih masker terbaik dan sesuai. Jangan lupa juga perhatikan tips dan cara memilih masker pencerah wajah yang sesuai dengan kebutuhan Sedulur.