jerawat batu di pipi

Siapa nih di antara Sedulur yang masih berkutat dengan jerawat batu di pipi? Ya, jerawat batu memang harus diakui sangat mengganggu penampilan dan kepercayaan diri seseorang. Jerawat batu sendiri merupakan jerawat biasa tetapi jika ditekan maka terasa sangat keras, layaknya batu kerikil.

Ketimbang jerawat biasa, jerawat batu memang lebih sulit untuk diatasi. Nah, maka dari itu, artikel ini akan sedikit mengulas mengenai penyebab dan cara mengatasi jerawat batu di pipi. Simak terus pembahasannya sampai akhir, ya!

BACA JUGA: 17 Rekomendasi Serum Anti Aging untuk Segala Usia Terbaik

Penyebab jerawat batu di pipi

Apa saja penyebab jerawat batu bisa muncul di wajah? Cari tahu jawabannya berikut ini! 

-->

1. Faktor genetik

jerawat batu di pipi
Depositphotos

Penyebab pertama dari jerawat batu di pipi adalah faktor genetik. Ya, faktor keturunan adalah salah satu alasan yang tidak bisa dihindari ketika berbicara tentang jerawat jenis ini. Orang tua yang memiliki kecenderungan berjerawat dan muka berminyak, bisa jadi menurunkannya kepada sang anak.

Ketika si anak juga sama-sama memiliki kulit yang berminyak, bukan mustahil bahwa ia nantinya bisa mengidap jerawat batu tersebut. Produksi minyak pada kulit yang berlebihan akan menyumbat pori-pori sehingga jerawat pun akan muncul. Walaupun termasuk ke dalam faktor keturunan, tetapi jerawat ini tetap bisa diatasi dengan penanganan yang tepat.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Merk Kutek Gel Yang Bagus dan Tahan Lama

2. Faktor hormonal

jerawat batu di pipi
Depositphotos

Penyebab kedua dari jerawat batu di pipi adalah faktor hormonal. Terutama bagi kaum wanita, hormon memang bisa berubah-ubah setiap waktu, terlebih lagi pada masa pubertas, menstruasi, hamil, dan menopause.

Ketika Sedulur mendapati adanya jerawat batu di pipi, biasanya ia berkaitan dengan hormon androgen yang terlalu banyak di tubuh manusia. Kelebihan hormon androgen tersebut bisa memicu munculnya jerawat batu, kulit yang berminyak, serta komedo. 

3. Rusaknya lapisan kulit

jerawat batu di pipi
Depositphotos

Rusaknya lapisan kulit wajah juga bisa menyebabkan jerawat batu muncul di pipi. Biasanya, lapisan kulit yang rusak dapat Sedulur cari tahu ciri-cirinya dengan terjadinya penumpukan sel kulit mati serta pertumbuhan sel kulit yang terhambat.

Jika lapisan kulit Sedulur sudah rusak, maka kulit tidak akan mampu menangkal radikal bebas serta polusi. Alhasil, wajah cenderung lebih banyak menghasilkan komedo, minyak, dan pada akhirnya menyebabkan jerawat batu tumbuh.

BACA JUGA: Rekomendasi Foundation yang Tahan Lama

4. Terlalu sering menggunakan makeup

jerawat batu di pipi
Depositphotos

Tahukah Sedulur bahwa terlalu sering menggunakan makeup dapat menjadi penyebab jerawat batu muncul di pipi? Ya, fakta tersebut benar adanya dan sudah dibuktikan dengan berbagai macam riset. Terlalu sering menggunakan riasan wajah yang tebal dapat memicu risiko tumbuhnya jerawat batu.

Apalagi jika Sedulur malas membersihkannya. Produk makeup yang menempel pada kulit wajah akan menyebabkan ia berminyak dan menyumbat pori-pori. Kalau pori-pori sudah tersumbat, maka siap-siap saja jerawat batu akan bermunculan.

Maka dari itu, jangan lupa untuk selalu membersihkan makeup dengan menggunakan produk pembersih riasan wajah berformulasi noncomedogenic atau hypoallergenic.

5. Gaya hidup yang kurang sehat

jerawat batu di pipi
Depositphotos

Terakhir, penyebab utama dari munculnya jerawat batu di pipi adalah gaya hidup yang tidak sehat. Perhatikan makanan dan minuman apa saja yang dikonsumsi oleh Sedulur. Kalau Sedulur ternyata sering mengkonsumsi makanan dan minuman manis, bisa jadi hal tersebut akan menyebabkan jerawat batu tumbuh.

Mungkin Sedulur akan bertanya-tanya, apa korelasi antara mengkonsumsi yang manis-manis dengan jerawat? Jawabannya ada pada produksi insulin pada tubuh. Jika tubuh Sedulur terlalu banyak menghasilkan insulin, maka produksi minyak pada kulit akan semakin meningkat. Dari situ, pori-pori akan tersumbat dan menjadi biang kerok munculnya jerawat batu.

BACA JUGA: 16 Model Kebaya Modern Hijab untuk Tampil Lebih Cantik

Cara mengatasi jerawat batu di pipi

Kalau jerawat batu sudah terlanjur tumbuh, cara mengatasinya bagaimana? Yuk, lihat tips mengatasi jerawat batu yang membandel berikut!

1. Menggunakan krim topikal

Depositphotos

Cara mengatasi jerawat batu di pipi yang pertama adalah menggunakan krim jenis topikal. Jika jerawat tersebut sudah terlanjur muncul, langkah pertama untuk menekan agar jerawat batu tidak makin parah adalah dengan mengoleskan krim topikal tersebut.

Krim topikal bisa berupa retinoid atau adapalene. Krim ini bisa Sedulur dapatkan melalui dokter kulit profesional. Dokter kulit tersebut bisa juga meresepkan retinoid sesuai dengan kebutuhan atau parahnya jerawat batu yang tumbuh.

2. Kompres dengan air hangat

Depositphotos

Selain memakai krim topikal pada jerawat batu di pipi, Sedulur juga bisa mengatasinya dengan sering-sering kompres jerawat menggunakan air hangat. Kompres air hangat ini diketahui bisa meredakan peradangan jerawat yang terjadi.

Pastikan untuk selalu menggunakan lap basah yang bersih dan steril, serta tidak menggunakan air yang terlalu panas, ya! Ketika jerawat batu dikompres dengan air hangat, maka ia akan mendorong nanah untuk muncul ke permukaan. Akan tetapi, jangan sekali-kali berusaha memencet nanah yang timbul tersebut. 

BACA JUGA: 15 Gaya OOTD Kemeja Putih, Keren On Point!

3. Menghapus makeup sebelum tidur

Depositphotos

Mengatasi jerawat batu di pipi juga bisa dilakukan dengan menghapus makeup sebelum tidur. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, makeup bisa menyumbat pori-pori wajah dan berisiko untuk menumbuhkan jerawat batu.

Dengan Sedulur rutin membersihkan makeup, maka pori-pori wajah bisa ‘bernafas’ lagi. Lebih lanjut, gunakan pembersih wajah yang lembut dan juga bersih.

4. Rajin cuci muka

Depositphotos

Cara mengatasi jerawat batu yang tumbuh pada muka selanjutnya adalah dengan rajin mencuci wajah. Setelah lelah beraktivitas seharian, sebaiknya Sedulur mencuci muka terlebih dahulu sebelum tidur. Gunakan sabun cuci muka dengan formulasi lembut dan menenangkan, serta dibersihkan secara pelan-pelan.

Apabila Sedulur menggosok kulit muka terlalu keras, dikhawatirkan justru kulit akan teriritasi dan semakin kering.

5. Jangan mengorek bagian kulit yang berjerawat

Depositphotos

Tips lain untuk mengatasi jerawat batu membandel di pipi adalah dengan tidak mengorek bagian kulit tersebut. Mengorek kulit justru malah menyebabkan iritasi. Ketika iritasi terjadi, penyebaran infeksi jerawat bisa semakin meluas.

Apabila kulit terasa gatal, coba tutup jerawat dengan plester khusus jerawat. Kalau terpaksa harus digaruk, pastikan tangan dalam keadaan bersih dan steril serta kuku jari sudah pendek semua.

6. Diet

Depositphotos

Cara terakhir untuk mengatasi jerawat batu di pipi adalah dengan diet. Diet bisa menjadi solusi efektif untuk melawan jerawat batu yang membandel. Pasalnya, terdapat banyak penelitian yang menjelaskan bahwa diet rendah glikemik bisa membantu meringankan jerawat.

Diet rendah glikemik yang dimaksud adalah mengurangi asupan gula, roti putih, kentang, dan pasta. Jika Sedulur berhasil mengontrol asupan makanan-makanan tersebut, pertumbuhan jerawat pun bisa ditekan.

Nah Sedulur, itu dia ulasan singkat mengenai penyebab jerawat batu di pipi serta beberapa cara untuk mengatasinya. Jika dilihat dari sudut pandang faktor pemicu, jerawat batu bisa tumbuh karena faktor genetik, faktor hormonal, rusaknya lapisan kulit, tidak rajin membersihkan makeup, serta mempunyai gaya hidup yang tidak sehat.

Cara mengatasinya adalah dengan menggunakan krim topikal, menghapus riasan wajah, serta rajin mencuci muka.

Nah, kalau Sedulur kebingungan mencari facewash yang cocok dimana, coba cari aja di Aplikasi Super! Selain memenuhi kebutuhan sembako sehari-sehari, Aplikasi Super juga tidak lupa menyediakan berbagai produk perawatan wajah dan diri.

Yuk, cari tahu mana facewash pilihan Sedulur melalui Aplikasi Super! Unduh aplikasinya sekarang di Google Play Store, ya! Aplikasi Super, melimpah diskonnya, melimpah untungnya!