efek merkuri pada wajah

Efek merkuri pada wajah menjadi salah satu topik hangat jika kita berbicara mengenai produk perawatan kulit. Produk perawatan kulit yang beredaran di pasaran tidak semuanya terjamin keamanan dan kualitasnya. Ada produk yang bisa memberikan hasil kulit putih dan glowing secara instan, tetapi ia ternyata mengandung merkuri yang sangat berbahaya.

Lantas, apa itu merkuri? Apa bahaya dan ciri-ciri efek merkuri pada wajah akibat penggunaan produk skincare abal-abal? Cari tahu jawabannya berikut ini!

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Body Lotion Bath and Body Works Terbaik

Apa itu merkuri?

Depositphotos

Merkuri adalah unsur logam alami yang terkandung dalam batuan di kerak bumi, misalnya adalah batu bara dan batuan vulkanis. Di tabel periodik kimia, merkuri memiliki simbol ‘Hg’ dan nomor atomnya adalah 80. 

-->

Merkuri juga termasuk ke dalam unsur kimia yang sangat penting dalam dunai sains. Para ahli membagi merkuri dalam dua jenis, yaitu metil merkuri dan merkuri anorganik. Nah, senyawa merkuri anorganik inilah yang sering digunakan sebagai campuran skincare atau kosmetik.

Produk skincare dengan merkuri biasanya akan ditawarkan dengan iming-iming menggiurkan, seperti bisa mencerahkan wajah dalam waktu singkat, membuat kulit awet muda, sampai menghilangkan jerawat.

BACA JUGA: 17 Rekomendasi Serum Anti Aging untuk Segala Usia Terbaik

Cara mengetahui produk perawatan kulit kita mengandung merkuri atau tidak

Depositphotos

Nggak yakin produk perawatan kulit Sedulur mengandung merkuri atau tidak? Cari tahu dengan langkah-langkah berikut ini!

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Merk Kutek Gel Yang Bagus dan Tahan Lama

1. Perhatikan daftar komposisi krim

Cara pertama untuk mengetahui produk perawatan kulit yang kita pakai mengandung merkuri atau tidak adalah dengan memperhatikan daftar komposisi. Label komposisi biasanya akan tertempel pada kemasan produk. Akan tetapi, tidak semua dari kita tahu apa sebenarnya bahan-bahan yang dimaksud oleh label komposisi tersebut.

Mengutip dari World Health Organization (WHO), Sedulur patut curiga bahwa produk skincare mengandung merkuri apabila terdapat bahan-bahan berikut:

  • Calomel
  • Cinnabaris
  • Hydrargyri oxydum rubrum
  • Quicksilver

Tentunya, jika terdapat kata ‘mercury’ atau ‘mercuric’, Sedulur sudah harus menghindari penggunaan produk perawatan kulit tersebut.

2. Periksa peringatan yang tertera pada produk

Label peringatan yang tertera pada produk juga terkadang secara tidak langsung menyiratkan kandungan di dalamnya. Apabila Sedulur mendapati sebuah produk skincare namun terdapat label peringatan untuk menjauhkannya dari perak, emas, karet, aluminium, dan perhiasan, bisa jadi produk tersebut memang mengandung merkuri.

Kenapa? Merkuri merupakan senyawa yang bisa merusak luaran perak, emas, karet, aluminium, dan perhiasan. Jadi, wajar apabila pihak produsen memperingatkan konsumennya untuk menjauhkan produk skincare dari barang-barang tersebut.

3. Lihat warna dari produk perawatan kulit tersebut

Rata-rata produk perawatan kulit yang mengandung merkuri biasanya akan berwarna abu-abu atau krem. Bisa juga ia berwarna cerah disertai aroma menyengat yang kurang sedap. Apabila Sedulur mendapati produk perawatan kulit yang dibeli berwarna dan beraroma seperti itu, coba cek ulang kembali apa saja kandungan yang ada di dalamnya.

Akan tetapi, untuk warna abu-abu dan krem sendiri, hal tersebut tidak bisa digeneralisir bahwa semua produk perawatan kulit dengan kedua warna tersebut pasti mengandung merkuri, ya!

BACA JUGA: Rekomendasi Foundation yang Tahan Lama

4. Cek nomor BPOM-nya

Sebagai konsumen yang bijak dan bertanggung jawab, tidak ada salahnya bagi Sedulur untuk memeriksa nomor izin BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) dari produk yang hendak dibeli. Perhatikan apakah ada nama produk, bahan yang digunakan, tanggal expired, dan nomor BPOM yang tertera pada kemasan, baik itu di kotak atau di kemasan skincare-nya itu sendiri.

Selanjutnya periksakan nomor BPOM yang ada di produk tersebut, cek apakah nomor yang muncul sesuai dengan produk yang digunakan.

5. Lakukan tes pada kertas HVS dan setrika

Langkah terakhir untuk mengetahui kandungan merkuri di dalam produk perawatan yang digunakan adalah dengan melakukan tes mandiri secara sederhana. Tes tersebut sangat gampang untuk dicoba kok, hanya perlu kertas HVS dan setrika saja.

Sedulur dapat mengoleskan produk ke kertas HVS putih, pastikan setrika tidak dalam suhu yang panas cukup dengan suhu yang hangat, kemudian setrika HVS yang telah dioleskan tersebut, amati hasilnya. Jika produk mengandung merkuri, maka ia akan membuat kertas HVS berubah menjadi warna hitam.

Ciri-ciri kerusakan akibat efek merkuri pada wajah

Depositphotos

Berikut ini adalah ciri-ciri kerusakan akibat efek merkuri pada wajah.

BACA JUGA: 16 Model Kebaya Modern Hijab untuk Tampil Lebih Cantik

1. Muncul ruam pada kulit wajah

Depositphotos

Ciri efek merkuri pada wajah yang pertama adalah munculnya ruam di area kulit muka. Ruam tersebut merupakan reaksi pertanda bahwa kulit sedang terkena racun. Biasanya, ruam pada area kulit wajah tersebut akan membuat kulit gatal dan terasa panas.

Ruam akan muncul setelah beberapa saat Sedulur menggunakan produk skincare yang mengandung merkuri. Apabila gejala ruam ini Sedulur rasakan, mungkin ada baiknya bagi Sedulur untuk berhenti dulu menggunakan krim yang dicurigai mengandung merkuri.

2. Efek merkuri pada wajah, terjadi perubahan warna kulit

efek merkuri pada wajah
Depositphotos

Selain ruam, efek merkuri pada wajah yang dapat Sedulur lihat dan rasakan adalah munculnya perubahan warna kulit. Jika diamati, target utama dari krim-krim merkuri ini merupakan mereka yang menginginkan wajah putih berseri. Mungkin dalam waktu yang singkat, krim merkuri tersebut bisa menghasilkan perubahan warna kulit yang signifikan. Kulit wajah akan terlihat putih hanya setelah beberapa pemakaian saja.

Akan tetapi, warna putih tersebut terlihat tidak natural, cenderung terlalu putih bukan putih glowing yang sehat. Nah, efek ini hanya akan bertahan sementara. Kemudian biasanya disusul oleh keluhan-keluhan lain.

3. Mati rasa di sekitar wajah

efek merkuri pada wajah
Depositphotos

Level efek merkuri pada wajah yang lebih tinggi lagi adalah ketika Sedulur mulai mati rasa di sekitar wajah. Mati rasa tersebut biasanya akan Sedulur alami setelah menggunakan produk kosmetik bermerkuri tersebut.

Apabila Sedulur menyadari mati rasa di sekitar wajah, coba cari tahu langsung apa saja kandungan dari kosmetik yang baru digunakan. Sensasi mati rasa ini bukan suatu hal yang wajar, bisa jadi ada pengaruh buruknya terhadap saraf yang ada di kulit. Apabila sensasi mati rasa terus berkelanjutan, segera hubungi fasilitas kesehatan terdekat untuk mendapatkan pertolongan pertama. 

4. Efek merkuri pada wajah, timbul iritasi

efek merkuri pada wajah
Depositphotos

Efek merkuri pada wajah yang lainnya adalah timbul iritasi. Kulit yang terpapar kandungan skincare merkuri biasanya tidak lama akan menunjukkan gejala ini. Iritasi tersebut bisa juga diiringi dengan rasa gatal, perih, serta panas yang muncul di wajah.

Bukan hanya pada skincare yang mengandung merkuri saja, iritasi yang muncul pada kulit wajah setelah menggunakan suatu produk pun juga bisa menjadi tanda bahwa Sedulur tidak cocok dengan produk tersebut.

Jangan beranggapan bahwa perasaan cekit-cekit, sedikit perih, dan sensasi terbakar ini merupakan efek dari skincare yang bekerja, ya Sedulur! Skincare yang benar-benar ampuh bekerja pada kulit justru tidak akan memberikan kondisi tersebut.

5. Efek merkuri pada wajah, kulit wajah mengelupas

efek merkuri pada wajah
Depositphotos

Terakhir, efek merkuri pada wajah yang paling parah adalah kulit wajah mengelupas. Mungkin Sedulur pernah melihat iklan-iklan produk skincare yang secara instan membuat lapisan tipis dari kulit mengelupas. Mereka yang menjajakan produk tersebut beralasan bahwa kulit tersebut adalah kulit mati, sudah memang sebaiknya terkelupas agar berganti dengan kulit baru yang lebih cerah.

Akan tetapi, sadarkah Sedulur bahwa kulit yang mengelupas tersebut justru akan semakin membuat tipis lapisan kulit kita? Ya, jika kulit sudah menipis, dikhawatirkan kulit wajah akan terlihat kering dan bersisik.

Kulit wajah yang mengelupas akibat merkuri akan membuat kulit wajah semakin menipis. Akibatnya, kulit wajah akan terlihat kering dan bersisik. Pada pemakaian jangka panjang, kandungan merkuri dapat mempengaruhi organ tubuh dalam.

Nah Sedulur, itu tadi ulasan singkat mengenai bahaya dan ciri muka yang rusak akibat efek merkuri pada wajah. Dari penjelasan di atas, dapat Sedulur pahami agar selalu membeli produk perawatan tubuh yang terjamin aman serta berkualitas.

Seperti produk perawatan tubuh yang bisa Sedulur dapatkan melalui Aplikasi Super. Mulai dari sampo, sabun mandi, sabun cuci muka, body lotion, maskara, krim pagi dan krim malam, semuanya pasti ada.

Selain produknya yang lengkap, harganya juga pasti dijamin lebih murah ketimbang yang lain. Plus, ada promo gratis ongkir untuk setiap transaksi Sedulur di Aplikasi Super.

Pasti nggak mau ketinggalan promo dan voucher lainnya kan? Segera unduh Aplikasi Super melalui Google Play Store, yuk!