telemarketing adalah

Telemarketing adalah salah satu jenis pekerjaan yang memiliki penghasilan yang lumayan. Bidang yang digeluti oleh pekerjaan ini berkaitan dengan komunikasi jarak jauh atau menggunakan saluran telepon. Sedulur juga mungkin tidak asing lagi mendengar pekerjaan satu ini.

Jika Sedulur pernah mendapatkan telepon yang menawarkan sebuah produk atau jasa, hal itu merupakan pekerjaan utama telemarketing. Telemarketing adalah salah satu pekerjaan yang memastikan promosi setiap produk berjalan dengan lancar. Untuk lebih mengenal profesi satu ini, Sedulur wajib simak artikel ini hingga tuntas!

BACA JUGA: HRD: Pengertian, Fungsi, Tugas, & Kualifikasi untuk Karirnya

Mengenal lebih jauh telemarketing

contoh telemarketing adalah
W Group

Pertama-tama, Sedulur tentu harus mengenal lebih jauh terlebih dahulu tentang telemarketing. Telemarketing adalah h sebuah strategi marketing dengan menawarkan produk atau jasa kepada pelanggan melalui telepon. Orang yang melakukan telemarketing disebut dengan telemarketer. 

Telemarketing umumnya hampir digunakan di semua jenis industri, mulai dari telekomunikasi, perbankan, dan jasa lainnya. Umumnya, telemarketing sering digunakan oleh perusahaan untuk menawarkan atau mensosialisasikan produk atau jasa terbaru mereka melalui telepon.

Banyak sekali ahli pemasaran yang menganggap cara telemarketing lebih mudah diterima karena sifatnya berbicara secara langsung kepada calon pelanggan. Dari penjelasan di atas, kita tahu bahwa telemarketing adalah salah satu bagian dari proses marketing atau proses pemasaran itu sendiri. Baik pemasaran produk atau pemasaran jasa.

Tugas dan tanggung jawab telemarketing

Tugas dan tanggung jawab telemarketing
QuBisa

Setelah mengetahui pengertian dari telemarketing di atas, tentu Sedulur bertanya apa saja tugas dan tanggung jawab seorang telemarketing. Pertama dan yang paling utama, tugas telemarketing adalah menghubungi seorang pelanggan melalui saluran telepon.

Namun itu bukan tugas satu-satunya, terdapat beberapa tugas lainnya. Telemarketing operator adalah salah satu profesi yang mengharuskan untuk menelpon pelanggan. Di samping itu, berikut ini adalah beberapa tugas dan tanggung jawab dari seorang telemarketer, yaitu:

1. Memberikan penjelasan tentang produk secara detail

Telemarketing adalah pekerjaan yang berkaitan dengan pemasaran dan penjualan. Pada dasarnya, pekerjaan telemarketing sama dengan salesman, yaitu menawarkan produk dan berusaha sekuat tenaga agar pelanggan yang dihubungi membeli produk yang ditawarkan.

Oleh karena itu, pekerjaan ini sangat bertanggung jawab dengan penjualan produk.  Salah satu tugas yang paling pertama dari seorang telemarketer adalah menjelaskan tentang produk secara detail kepada pelanggan. Seorang telemarketer yang baik dapat menjelaskan dengan detail tanpa membuat pelanggan risih.

Setelah itu, seorang telemarketer bisa mengeluarkan jurus utamanya yaitu menarik hati pelanggan agar bersedia membeli produk barang atau jasa yang ditawarkan. Semakin banyak penjualan yang berhasil dilakukan, maka akan semakin baik juga kinerja seorang telemarketer. Karena salah satu indikator sukses tidak pekerjaan seorang telemarketer, diukur oleh keberhasilan penjualan.

2. Menjawab setiap pertanyaan dan panggilan dari pelanggan

Ketika pelanggan tertarik dengan penjelasan yang Sedulur lakukan, biasanya mereka akan menanyakan mengenai produk yang Sedulur tawarkan. Pertanyaan yang mereka ajukan bisa seputar harga, kelebihan, manfaat, atau jenis lainnya. Di sini sudah jadi tugas seorang telemarketer untuk dapat memberikan jawaban yang tepat agar mereka merasa puas.

Selain itu, Sedulur juga akan melayani berbagai macam panggilan dari pelanggan seperti pesanan atau keluhan. Perihal ini hukumnya wajib, karena seorang telemarketer harus mendengarkan panggilan pelanggan. Biasanya panggilan tersebut berbicara seputar keluhan dan sebagainya.

Sama dengan posisi Sedulur sebagai telemarketer yang ingin dihargai dengan diberi waktu untuk menjelaskan produk, begitu juga dengan pelanggan yang ingin meminta pertanggung jawaban jika mendapatkan adanya keluhan.

3. Follow up pelanggan

Telemarketing adalah pekerjaan yang berkaitan dengan penjualan, sebagaimana yang telah dijelaskan di atas, semakin banyak penjualan yang terjadi, akan semakin baik kinerja seorang telemarketer. Oleh karena itu, agar pelanggan bisa mencapai kesepakan untuk membeli produk yang ditawarkan, seorang telemarketer harus ­follow up (menindak-lanjuti) pelanggan.

Dalam dunia telemarketing, follow up menjadi sebuah keharusan yang dilakukan. Tanyakan lagi kepada pelanggan terkait keinginannya untuk membeli produk atau jasa. Sebab tidak semua pelanggan akan langsung memutuskan pembelian pada panggilan pertama. Saat melakukan follow up ini, pastikan tidak ada kesan memaksa dan jika bisa jelaskan kembali keuntungan dari membeli produk  dan juga kelebihan produk.

4. Membuat database pelanggan

Telemarketing tidak bisa lepas dari database pelanggan. Ketika Sedulur menjadi telemarketer Sedulur harus membuat catatan tentang pelanggan, catatan ini memudahkan untuk menemukan kontak pelanggan yang tertarik atau pernah membeli produk yang ditawarkan. Database ini penting untuk membuat roadmap pekerjaan sebagai telemarketer.

5. Melakukan survei pelanggan

Telemarketing adalah pekerjaan yang berkaitan dengan pelanggan, penting untuk melakukan riset atau survei pelanggan. Hal tersebut agar kita tidak mendapatkan informasi yang salah terkait pelanggan. Survei ini juga merupakan bagian dari laporan yang dil

Kemampuan yang wajib dikuasai menjadi telemarketing

pekerjaan
Seputarkarir

Karena telemarketing adalah pekerjaan yang berkaitan dengan pemasaran dan penjualan, maka dibutuhkan beberapa kemampuan agar pekerjaan dapat dilakukan dengan baik. Berikut ini adalah beberapa kemampuan yang dibutuhkan. Yuk, simak ulasannya lebih lengkap di bawah ini!

1. Kemampuan marketing

Telemarketing adalah profesi yang mengutamakan penjualan dan pemasaran, oleh karena itu kemampuan yang paling awal harus dimiliki adalah kemampuan marketing. Mulai dari mengetahui dan mengenal dengan baik sama target pasar dari usia, jenis kelamin hingga demografi.

Dengan memahami ini, Sedulur akan mengtahui cara pendekatan yang digunakan. Cara pendekatan berbeda-beda tergantung dengan usia, jenis kelamin dan demografi.

2. Komunikasi yang baik

Selain itu, telemarketing adalah profesi yang berkaitan dengan komunikasi. Tentu kemampuan komunikasi merupakan kemampuan utama yang harus dimiliki. Tugas utama telemarketer adalah menghubungi banyak orang, hal tersebut bisa dilakukan jika seorang telemarketer memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Berikut ini beberapa tips yang dapat dilakukan agar bisa melakukan komunikasi yang baik:

  • Mampu berbicara dengan cepat dan menggunakan intonasi yang tepat
  • Dapat membangun pembicaraan yang menyenangkan
  • Tidak mengeluarkan intonasi yang membosankan
  • Dapat menarik hati pelanggan untuk menanyakan produk yang ditawarkan
  • Harus memiliki kemampuan manajemen waktu yang baik

Strategi menjadi telemarketing yang sukses

Strategi sukses
Agent & Co

Telemarketing adalah profesi yang mesti dipikirkan dengan baik, agar Sedulur dapat mencapai posisi yang sukses. Berikut ini beberapa tips dan strategi yang bisa Sedulur lakukan agar dapat mencapai telemarketing yang sukses.

  1. Memahami produk barang atau jasa yang ditawarkan dengan sempurna. Dengan pemahaman yang sempurna, Sedulur bisa memberikan penjelasan yang detail dan baik kepada pelanggan. Pelanggan pun dapat mengerti dan memahami apa yang Sedulur jelaskan dengan baik.
  2. Lakukan riset terkait pelanggan. Apakah pelanggan orang yang terbuka atau tertutup. Hal ini agar Sedulur tidak membuang waktu ketika proses telemarketing berlangsung. Semakin ramah pelanggan akan semakin memudahkan proses. Hal tersebut bisa didapatkan jika Sedulur melakukan riset terkait pelanggan.
  3. Bersikap wajar dan ramah agar tidak menganggu calon pelanggan. Sedulur juga perlu mengatur intonasi suara, dan usahakan suara yang disampaikan dengan intonasi yang ramah. Jangan lupa juga untuk bersikap sewajarnya. Ini juga mencegah pembicaraan bertele-tele dan ringkas. Jadi akan nyaman di dua belah pihak, baik telemarketer atau pelanggan yang ditelfon.

BACA JUGA: Apa itu Pers: Pengertian, Jenis, Fungsi Beserta Perannya

Keuntungan berkarier di bidang telemarketing

tugas telemarketing adalah
Unsplash

Karena telemarketing adalah bagian dari rangkaian pemasaran dalam sebuah bisnis, hal ini menjadikan profesi satu ini sangat penting dalam rantai pemasaran sebuah produk atau jasa. Berikut ini beberapa keuntungan yang bisa Sedulur dapatkan jika memilih untuk berkarir di bidang telemarketing. Apa saja? Yuk, kita simak di bawah ini:

1. Menguasai salesmanship

Telemarketing adalah pekerjaan yang berkaitan dengan penjualan (salesmanship). Menjadi seorang telemarketer membuat Sedulur bisa menguasai berbagai teknik penjualan dengan baik. Mulai dari bagaiamana melakukan pendekatan pada pelanggan hingga pelanggan tertarik untuk membelinya.

Kemampuan ini sangat penting, terutama bagi Sedulur yang memiliki kecenderungan untuk berbisnis dan memang bertekad untuk membuka bisnis Sedulur. Jadi Sedulur tidak perlu mengeluarkan uang untuk memiliki kemampuan satu ini.

2. Melatih kemampuan berkomunikasi

Contoh telemarketing adalah salah satu model yang dapat dijadikan contoh dengan baik. Salah satu kemampuan yang wajib dimiliki oleh seorang telemarketer adalah melatih kemampuan berkomunikasi. Otomatis, dengan menjadi telemarketer Sedulur akan memiliki kemampuan untuk memiliki komunikasi yang baik.

Semakin baik cara berkomunikasi Sedulur, maka akan semakin menguntungkan jika Sedulur menggeluti dunia bisnis. Selain itu, menguasai komunikasi yang baik yang akan bermanfaat bagi Sedulur dalam tatanan sosial bermasyarakat.

3. Terbiasa bekerja dengan target

Berbagai tugas telemarketing bank atau telemarketing di bidang lainnya yaitu diberi target yang harus dicapai. Bekerja dengan target membuat Sedulur terlatih menjadi pribadi yang disiplin dan pekerja keras. Karena tuntutan pekerjaan yang harus mencapai target, Sedulur juga akan menjadi pribadi yang kreatif dan inovatif agar segala macam cara terpikirkan untuk dapat mencapai target yang telah ditentukan.

4. Tidak akan canggung berbicara dengan orang asing

Telemarketing adalah pekerjaan yang mewajibkan Sedulur berkomunikasi dengan orang asing yang bahkan tidak dikenal atau tidak pernah bertemu sebelumnya. Dengan terbiasa menjadi telemarketer, membuat Sedulur terbiasa membuka obrolan dengan orang asing. Hal ini tentu merupakan sebuah kelebihan yang bisa Sedulur dapatkan.

Keuntungannya, Sedulur tidak akan canggung lagi untuk membuka obrolan dan memulai pembicaraan dengan orang asing sekalipun. Bagi sebagian orang yang tidak terbiasa, hal ini sangat sulit dan perlu mengkhususkan diri untuk berlatih agar tidak canggung memulai pembicaraan dengan orang asing.

5. Penghasilan yang layak

Keuntungan terakhir yang akan Sedulur dapat adalah penghasilan yang layak. Meskipun gaji telemarketing adalah kebijakan perusahaan masing-masing, karena setiap perusahaan biasanya memiliki angka yang berbeda tergantung peraturan yang berlaku. Namun, rata-rata gaji seorang telemarketing pasti sampai atau melewati batas Upah Minimum Regional yang ditetapkan. Tentu saja ini merupakan penghasilan yang dapat membuat Sedulur menjalani kehidupan yang layak.

Itulah beberapa poin penting terkait profesi telemarketing. Karena telemarketing adalah pekerjaan yang berkaitan dengan pemasaran dan penjualan melalui komunikasi jarak jauh, membuat Sedulur membutuhkan beberapa keahlian untuk dapat menjalankan pekerjaan ini dengan baik. Sebagaimana yang telah diulas lengkap dalam artikel di atas!

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.