motivation letter

Motivation letter atau cover letter adalah hal wajib yang harus Sedulur siapkan saat akan melamar pekerjaan dan beasiswa pendidikan tingkat lanjut. Lewat satu halaman tersebut, kamu harus menjelaskan apa yang mendasari keputusan mendaftar pada sebuah perusahaan atau program beasiswa.

Tentu ini bukan perkara mudah. Sedulur harus menuliskannya dalam tata bahasa baku yang tepat, menarik, dan tentunya bisa menggaet pihak recruiter di perusahaan atau admission staff sebuah kampus. Ada banyak panduan disertai contoh dan bisa diakses di bawah. Yuk, belajar bikin motivation letter bersama lewat bahasan berikut. 

BACA JUGA: Contoh Daftar Riwayat Hidup yang Menarik untuk Melamar Kerja

1. Tipe motivation letter 

jenis motivation letter
Pexels

Ada beberapa tipe surat lamaran yang bisa dibuat. Satu berdasarkan tujuannya dan satu lagi berdasarkan cara merespon. 

  • Berdasarkan tujuan surat lamaran atau motivation letter dibedakan satu sama lain berdasarkan tujuan ia ditulis. Apakah kamu menulisnya untuk melamar sebuah pekerjaan (baik full time, paruh waktu, atau magang), kompetisi, beasiswa dan pendaftaran di sebuah perguruan tinggi, partisipasi dalam organisasi tertentu? Penting untuk menentukan tujuan ini di awal agar Sedulur bisa fokus sejak awal. 
  • Berdasarkan motivasi awal artinya cover letter bisa ditulis sebagai bentuk responmu terhadap sebuah lowongan kerja yang sudah dibuka. Tipe kedua, bisa saja Sedulur menulisnya karena memang tertarik dengan sebuah perusahaan atau instansi tertentu dan berniat untuk menawarkan sebuah ide kerjasama, inovasi, atau hal lain pada mereka. 

2. Komponen yang harus ada dalam cover letter 

cover letter
Pexels

Tentu sebelum merangkai kata-kata, ada baiknya Sedulur membuat kerangka motivation letter. Cara termudahnya adalah dengan menjawab pertanyaan di bawah ini. 

  • Siapa dirimu? Jelaskan siapa diri kamu, posisi saat ini, dan beberapa latar belakang yang relevan. Selain itu, cantumkan juga bagaimana kamu bisa tahu tentang perusahaan, instansi, atau kampus yang akan didaftar. 
  • Apa yang bisa kamu tawarkan pada perusahaan atau instansi tersebut? Jelaskan apa saja yang akan kamu lakukan bila mendapat kesempatan untuk bergabung dengan mereka. Sebutkan keterampilan, pencapaian, dan pengalaman yang mendukung kontribusi yang sedang kamu jelaskan tersebut. 
  • Bagaimana kamu bisa dikontak untuk diskusi lebih lanjut? Tuliskan rasa terima kasih atas waktu mereka, beri kontak atau cara mereka bisa menghubungimu bila memang mereka ternyata tertarik untuk berbincang lebih jauh. 

3. Tips menulis motivation letter yang baik 

motivation letter contoh
Pexels

Sebelum melompat ke contoh-contohnya, mari simak cara membuat motivation letter berikut ini.

  • Alokasikan waktu untuk riset tentang instansi atau perusahaan yang akan dilamar. Tentu dengan posisi yang kamu sasar atau dalam kasus kampus, cari tahu lebih lanjut tentang fakultas, dan jurusan yang diminati. Ini akan banyak membantumu menentukan tujuan dan motivasi melamar. 
  • Motivation letter contoh bukan untuk ditiru mentah-mentah. Pihak admisi kampus dan recruiter akan langsung tahu kalau Sedulur melakukan plagiasi. Surat lamaran ini biasanya sangat personal dan benar-benar unik, hanya kamu yang bisa membuat narasinya sesuai dengan pengalaman pribadimu. 
  • Jangan menggunakan kalimat yang bertele-tele, langsung pada tujuannya. Singkat, padat, dan jelas. Maksimal satu halaman A4 atau sekitar 500 kata dengan 3-5 paragraf. 
  • Fokus pada pencapaian dan kelebihanmu, tetapi tunjukkan menggunakan bukti. Untuk itu, gunakan lebih banyak kata kerja ketimbang kata sifat saat menjelaskannya. 
  • Jangan merangkum apa yang sudah disebutkan dalam CV. Susun narasi yang berbeda, tetapi masih relevan dengan apa yang ada di resume. Misalnya bila di CV kamu menjelaskan job title dan deskripsi pekerjaan, fokuslah pada pengalaman menarik yang kamu alami saat masih menekuni pekerjaan tersebut. 
  • Tetaplah rendah hati, jangan hanya fokus pada kelebihan. Boleh mengungkap kekurangan dan insekuritas, tetapi berikan bukti bagaimana kamu bisa mengatasi kelemahan tersebut. 
  • Cek siapa yang kamu kirimi lamaran. Bila perlu riset nama mereka dari laman kampus atau perusahaan. 

BACA JUGA: 18 Bahasa Pemrograman Paling Populer untuk Dipelajari

4. Struktur cover letter 

struktur
Pexels

Sama dengan surat-surat lain, ada struktur yang harus Sedulur ikuti dalam menulis surat lamaran. Judul surat: Surat Lamaran, Motivation Letter, Cover Letter. 

  • Detail pengirim: nama, alamat domisili, dan kontak yang bisa dihubungi (email dan nomor telepon)
  • Detail penerima: nama, jabatan, alamat instansi 
  • Kalimat sapaan 
  • Pembuka dan perkenalan 
  • Badan surat yang berisi motivasi melamar dan kontribusi yang ditawarkan
  • Penutup berupa ucapan terima kasih dan harapan bisa dihubungi lebih lanjut 
  • Salam penutup dan tanda tangan 

5. Keperluan mendaftar di kampus luar negeri 

kampus
Pexels

Beberapa tahun belakangan, makin banyak anak muda yang memilih untuk melanjutkan pendidikan tingginya ke jenjang master atau S2. Terutama untuk tujuan kampus luar negeri, pihak admisi kampus akan meminta pendaftar melampirkan cover letter yang berisi mengapa ia tertarik mendaftar di kampus dan jurusan tersebut. Untuk keperluan tersebut, Sedulur bisa menilik contoh motivation letter kuliah berikut ini. 

Dear, Sir/Madam 

It is with so much pleasure that I submit my application for a master’s degree in Critical Journalism at  The New School. I completed my Bachelor of Communication back in 2016 and have worked for years as an independent journalist . I am particularly interested in investigative journalism and believe that this is the time to pursue further education. 

During my sophomore until senior year at college, I was actively involved in several research projects which allowed me to meet criminal perpetrators. I also had the opportunity to do a one on one interview with the person in charge of the illegal trafficking ring inside of an orphanage. I believe that these experiences have prepared me for graduate school and make me a good fit for the program offered. My objective is to be able provide credible original reporting as well as helping uncover the crime scenes in my vicinity. 

Thank you for your time and consideration. If there is anything I need to provide, feel free to contact me. I look forward to discussing with you in the near future. 

With regards,

Carlos

6. Motivation letter untuk beasiswa

motivation letter untuk organisasi
Pexels

Saat mendaftar S2, banyak dari kita yang juga menyasar beasiswa untuk meringankan beban finansial selama kita menempuh studi. Apalagi bila studi dilakukan di luar negeri. Untuk itu, Sedulur juga harus mempersiapkan motivation letter lain yang kali ini khusus ditujukan untuk calon pemberi beasiswa. 

Dear, Sir/Madam 

I wrote this letter as a request for the Fulbright Scholarship program and with this document I submit the rest of the requirements needed. I am currently working as a resident doctor in a local hospital and will be starting my further medical education in spring next year. 

I am applying for this scholarship due to my inability to support my studies financially. Throughout my educational career I have always been determined and put maximum effort to finish what I am assigned for. I managed to lead a team of young residential doctors to do service in rural areas on an island near Kalimantan. I also showed my dedication to finish my residential duty on time. 

Therefore, I hope you will be able to consider my application. If there are any doubts or questions about my application, please contact me at any time. Thank you for your time and consideration. 

Sincerely, 

Naeun

BACA JUGA: Syarat Membuat SKCK Lengkap Beserta Alur Pembuatannya

7. Keperluan mendaftar sebuah organisasi 

motivation letter untuk organisasi
Pexels

Sedulur juga bisa mencontoh motivation letter untuk organisasi berikut ini. 

Dear, Sir/Madam 

I am writing to apply for a voluntary position in Greenpeace Indonesia in which i am enormously enthusiastic about. I am currently a senior student of the Biotechnology department in ……….. and am working on my thesis about the environmental cost of palm production in Indonesia.  

I have been interested in environmental studies since I was in high school. I joined the students’ mountaineering club both in high school and college. I am also active in several research projects lead by professors in my department. We managed to do an investigative report about coal mining costs in several places in Indonesia which broadened my horizon. 

I believe those experiences would help me give insights for your organization as well as I am sure the organization will enrich me with a new perspective on environmental advocacy. 

If there is anything you need or ask, please contact me at any time. I look forward to discussing  with you more regarding this application. 

Sincerely, 

Gea 

8. Motivation letter Indonesia

Motivation letter Indonesia
Pexels

 Berikut contoh motivation letter internship dalam bahasa Indonesia yang bisa jadi jujukan Sedulur. 

Salam hormat, 

Saya menulis surat lamaran ini sebagai bentuk ketertarikan saya untuk bergabung dengan perusahaan ….. sebagai salah satu pegawai magang. Saat ini saya sedang menyelesaikan tugas akhir saya di Universitas …… jurusan Akuntansi. 

Saya tertarik untuk bisa berkarir di bidang perencanaan keuangan dan konsultasi bisnis setelah lulus. Untuk itu, saya melihat potensi berkembang dengan bergabung bersama perusahaan…….. Saya memang tidak memiliki banyak pengalaman profesional, tetapi saya banyak belajar bisnis dari praktisi langsung yang tak lain adalah ibu saya sendiri. 

Ia bekerja sebagai pebisnis makanan kecil-kecilan sambil membantu ayah saya yang bekerja di pabrik. Ia membesarkan saya dan kakak-kakak saya sambil membangun bisnis dan membiayai pendidikan kami. Dengan kesibukan yang begitu padat, saya tak melihat banyak perkembangan dari bisnis ibu. Saya ingin belajar lebih banyak tentang consulting dan perencanaan keuangan dengan tujuan bisa membantu pebisnis kecil memiliki peluang mengembangkan bisnisnya. 

Saya berterima kasih atas waktu yang Anda luangkan untuk membaca dan mempertimbangkan lamaran saya. Bila ada pertanyaan lanjutan, saya terbuka untuk diskusi lebih jauh melalui kontak yang sudah saya cantumkan di kop surat ini. 

Salam, 

Dea 

Sekali lagi, beberapa contoh motivation letter in English dan bahasa Indonesia di atas hanyalah referensi belaka. Sedulur harus membuat yang benar-benar original dan personal, disarikan murni dari pengalaman dan keterampilan pribadi. Akhir kata, semangat buat Sedulur yang sedang berjuang mendaftar pekerjaan dan beasiswa.  

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.