motivation letter

Motivation letter adalah dokumen wajib yang harus Sedulur siapkan saat akan melamar pekerjaan dan beasiswa pendidikan tingkat lanjut. Lewat satu halaman tulisan, Sedulur harus menjelaskan apa yang mendasari keputusan mendaftar pada sebuah perusahaan atau program beasiswa.

Tentu ini bukan perkara mudah. Sedulur harus menuliskannya dalam tata bahasa baku yang tepat, menarik, dan tentunya menarik perhatian pihak recruiter di perusahaan atau admission staff  kampus. Ada banyak panduan disertai contoh yang bisa diakses di bawah. Yuk, belajar bikin motivation letter bersama lewat bahasan berikut. 

BACA JUGA: Contoh Daftar Riwayat Hidup yang Menarik untuk Melamar Kerja

Perbedaan Motivation Letter dan Cover Letter

jenis motivation letter
Pexels

Sebelum membahas lebih jauh mengenai motivation letter, Sedulur perlu mengetahui perbedaannya dengan istilah lainnya yaitu cover letter. Hal ini sangat penting karena keduanya merupakan jenis surat yang berbeda, namun sama-sama menjadi penentu lolos tidaknya kandidat dalam seleksi pendaftaran beasiswa atau lowongan pekerjaan. Melalui kedua dokumen tersebut, Sedulur bisa menuliskan personal statement yang sesuai dengan bidang yang ingin dilamar.

-->

Secara umum, motivation letter adalah surat pengantar yang didampingi dengan dokumen lain, seperti resume atau summary. Surat ini ditujukan untuk mendeskripsikan tujuan atau movitasi seseorang ketika melamar suatu jabatan di perusahaan maupun melamar ke suatu program beasiswa.

Sementara itu, cover letter merupakan dokumen yang digunakan untuk  menjelaskan secara lebih jelas mengenai apa yang ada di CV. Dokumen ini digunakan untuk menarik perhatian HRD, sehingga mau membaca CV yang sudah dikirimkan. Kedua dokumen ini memang mirip, namun penggunaannya memiliki fungsi masing-masing.

Komponen yang harus ada dalam Motivation Letter

motivation letter
Pexels

Tentu sebelum merangkai kata-kata, ada baiknya Sedulur membuat kerangka motivation letter. Cara termudahnya adalah dengan menjawab pertanyaan di bawah ini. 

  • Siapa dirimu? Jelaskan siapa diri kamu, posisi saat ini, dan beberapa latar belakang yang relevan. Selain itu, cantumkan juga bagaimana kamu bisa tahu tentang perusahaan, instansi, atau kampus yang akan didaftar. 
  • Apa yang bisa kamu tawarkan pada perusahaan atau instansi tersebut? Jelaskan apa saja yang akan kamu lakukan bila mendapat kesempatan untuk bergabung dengan mereka. Sebutkan keterampilan, pencapaian, dan pengalaman yang mendukung kontribusi yang sedang kamu jelaskan tersebut. 
  • Bagaimana kamu bisa dikontak untuk diskusi lebih lanjut? Tuliskan rasa terima kasih atas waktu mereka, beri kontak atau cara mereka bisa menghubungimu bila memang mereka ternyata tertarik untuk berbincang lebih jauh. 

Tips menulis motivation letter yang baik 

motivation letter
Pexels

Sebelum melompat ke contoh-contohnya, mari simak cara membuat motivation letter berikut ini.

  • Alokasikan waktu untuk riset tentang instansi atau perusahaan yang akan dilamar. Tentu dengan posisi yang kamu sasar atau dalam kasus kampus, cari tahu lebih lanjut tentang fakultas, dan jurusan yang diminati. Ini akan banyak membantumu menentukan tujuan dan motivasi melamar. 
  • Motivation letter contoh bukan untuk ditiru mentah-mentah. Pihak admisi kampus dan recruiter akan langsung tahu kalau Sedulur melakukan plagiasi. Surat lamaran ini biasanya sangat personal dan benar-benar unik, hanya kamu yang bisa membuat narasinya sesuai dengan pengalaman pribadimu. 
  • Jangan menggunakan kalimat yang bertele-tele, langsung pada tujuannya. Singkat, padat, dan jelas. Maksimal satu halaman A4 atau sekitar 500 kata dengan 3-5 paragraf. 
  • Fokus pada pencapaian dan kelebihanmu, tetapi tunjukkan menggunakan bukti. Untuk itu, gunakan lebih banyak kata kerja ketimbang kata sifat saat menjelaskannya. 
  • Jangan merangkum apa yang sudah disebutkan dalam CV. Susun narasi yang berbeda, tetapi masih relevan dengan apa yang ada di resume. Misalnya bila di CV kamu menjelaskan job title dan deskripsi pekerjaan, fokuslah pada pengalaman menarik yang kamu alami saat masih menekuni pekerjaan tersebut. 
  • Tetaplah rendah hati, jangan hanya fokus pada kelebihan. Boleh mengungkap kekurangan dan insekuritas, tetapi berikan bukti bagaimana kamu bisa mengatasi kelemahan tersebut. 
  • Cek siapa yang kamu kirimi lamaran. Bila perlu riset nama mereka dari laman kampus atau perusahaan. 

BACA JUGA: 18 Bahasa Pemrograman Paling Populer untuk Dipelajari

Struktur Motivation Letter

Pexels

Sama dengan surat-surat lain, ada struktur yang harus Sedulur ikuti dalam menulis Motivation Letter ini.

  • Judul surat: Motivation Letter,  
  • Detail pengirim: nama, alamat domisili, dan kontak yang bisa dihubungi (email dan nomor telepon)
  • Detail penerima: nama, jabatan, alamat instansi 
  • Kalimat sapaan 
  • Pembuka dan perkenalan 
  • Badan surat yang berisi motivasi melamar dan kontribusi yang ditawarkan
  • Penutup berupa ucapan terima kasih dan harapan bisa dihubungi lebih lanjut 
  • Salam penutup dan tanda tangan 

Contoh Motivation Letter dalam Bahasa Inggris 

Berikut adalah beberapa contoh motivation letter yang bisa Sedulur jadikan referensi.

1. Motivation Letter untuk mendaftar di kampus luar negeri 

Pexels

Beberapa tahun belakangan, makin banyak anak muda yang memilih untuk melanjutkan pendidikan tingginya ke jenjang master atau S2. Terutama untuk tujuan kampus luar negeri, pihak admisi kampus akan meminta pendaftar melampirkan motivation letter yang berisi mengapa ia tertarik mendaftar di kampus dan jurusan tersebut. Untuk keperluan tersebut, Sedulur bisa menilik contoh motivation letter kuliah berikut ini. 

Dear, Sir/Madam 

It is with so much pleasure that I submit my application for a master’s degree in Critical Journalism at  The New School. I completed my Bachelor of Communication back in 2016 and have worked for years as an independent journalist . I am particularly interested in investigative journalism and believe that this is the time to pursue further education. 

During my sophomore until senior year at college, I was actively involved in several research projects which allowed me to meet criminal perpetrators. I also had the opportunity to do a one on one interview with the person in charge of the illegal trafficking ring inside of an orphanage. I believe that these experiences have prepared me for graduate school and make me a good fit for the program offered. My objective is to be able provide credible original reporting as well as helping uncover the crime scenes in my vicinity. 

Thank you for your time and consideration. If there is anything I need to provide, feel free to contact me. I look forward to discussing with you in the near future. 

With regards,

Carlos

2. Motivation letter untuk beasiswa

motivation letter
Pexels

Saat mendaftar S2, banyak dari kita yang juga menyasar beasiswa untuk meringankan beban finansial selama kita menempuh studi. Apalagi bila studi dilakukan di luar negeri. Untuk itu, Sedulur juga harus mempersiapkan motivation letter lain yang kali ini khusus ditujukan untuk calon pemberi beasiswa. 

Dear, Sir/Madam 

I wrote this letter as a request for the Fulbright Scholarship program and with this document I submit the rest of the requirements needed. I am currently working as a resident doctor in a local hospital and will be starting my further medical education in spring next year. 

I am applying for this scholarship due to my inability to support my studies financially. Throughout my educational career I have always been determined and put maximum effort to finish what I am assigned for. I managed to lead a team of young residential doctors to do service in rural areas on an island near Kalimantan. I also showed my dedication to finish my residential duty on time. 

Therefore, I hope you will be able to consider my application. If there are any doubts or questions about my application, please contact me at any time. Thank you for your time and consideration. 

Sincerely, 

Naeun

BACA JUGA: Syarat Membuat SKCK Lengkap Beserta Alur Pembuatannya

3. Mendaftar sebuah organisasi 

motivation letter untuk organisasi
Pexels

Sedulur juga bisa mencontoh motivation letter untuk organisasi berikut ini. 

Dear, Sir/Madam 

I am writing to apply for a voluntary position in Greenpeace Indonesia in which i am enormously enthusiastic about. I am currently a senior student of the Biotechnology department in ……….. and am working on my thesis about the environmental cost of palm production in Indonesia.  

I have been interested in environmental studies since I was in high school. I joined the students’ mountaineering club both in high school and college. I am also active in several research projects lead by professors in my department. We managed to do an investigative report about coal mining costs in several places in Indonesia which broadened my horizon. 

I believe those experiences would help me give insights for your organization as well as I am sure the organization will enrich me with a new perspective on environmental advocacy. 

If there is anything you need or ask, please contact me at any time. I look forward to discussing  with you more regarding this application. 

Sincerely, 

Gea 

Contoh Motivation Letter dalam Bahasa Indonesia

Berikut ini contoh motivation letter dalam bahasa Indonesia yang bisa Sedulur coba jika bingung dengan format bahasa inggris.

4. Mendaftar Internship

Pexels

 Berikut contoh motivation letter internship dalam bahasa Indonesia yang bisa jadi rujukan Sedulur. 

Salam hormat, 

Saya menulis surat lamaran ini sebagai bentuk ketertarikan saya untuk bergabung dengan perusahaan ….. sebagai salah satu pegawai magang. Saat ini saya sedang menyelesaikan tugas akhir saya di Universitas …… jurusan Akuntansi. 

Saya tertarik untuk bisa berkarir di bidang perencanaan keuangan dan konsultasi bisnis setelah lulus. Untuk itu, saya melihat potensi berkembang dengan bergabung bersama perusahaan…….. Saya memang tidak memiliki banyak pengalaman profesional, tetapi saya banyak belajar bisnis dari praktisi langsung yang tak lain adalah ibu saya sendiri. 

Ia bekerja sebagai pebisnis makanan kecil-kecilan sambil membantu ayah saya yang bekerja di pabrik. Ia membesarkan saya dan kakak-kakak saya sambil membangun bisnis dan membiayai pendidikan kami. Dengan kesibukan yang begitu padat, saya tak melihat banyak perkembangan dari bisnis ibu. Saya ingin belajar lebih banyak tentang consulting dan perencanaan keuangan dengan tujuan bisa membantu pebisnis kecil memiliki peluang mengembangkan bisnisnya. 

Saya berterima kasih atas waktu yang Anda luangkan untuk membaca dan mempertimbangkan lamaran saya. Bila ada pertanyaan lanjutan, saya terbuka untuk diskusi lebih jauh melalui kontak yang sudah saya cantumkan di kop surat ini. 

Salam, 

Dea 

5. Mendaftar Beasiswa Doktoral

iStock

Intan Aulia

intan.aul@gmail.com

416-821-9879

New York, AS

 

Maria Winter, Ph.D.

maria.winter@harvard.edu

Departemen Ilmu Politik di Universitas Harvard

Cambridge, MA 02138, AS 15-10-2018

 

Untuk perhatian,

Saya menulis untuk mengungkapkan minat saya pada program doktoral di Departemen Ilmu Politik di Universitas Harvard, karena ambisi lama saya adalah menjadi penasihat politik Presiden Amerika Serikat.

Berkat kemajuan pesat gelar Sarjana dan Magister saya, sangat mencolok bahwa belajar dan melakukan penelitian adalah upaya yang ingin saya lakukan lebih banyak lagi. Saat belajar untuk BSc saya dalam Psikologi Perilaku di Universitas Yale, saya mengembangkan minat yang kuat dalam interaksi antara individu dan lingkungan, dan saya lihat ini sangatlah menarik, khususnya untuk pengaruh dalam politik dunia saat ini. Setelah Sarjana saya, saya mengejar gelar Master dalam Komunikasi Politik juga di Universitas Yale, yang saya selesaikan pada Januari 2018.

Percayalah bahwa tidak ada tempat yang lebih baik untuk melanjutkan karir akademik saya di bidang Politik yang berkaitan dengan Psikologi Perilaku selain departemen Ilmu Politik Universitas Harvard. Ini adalah sebuah pengalaman yang sangat kaya untuk mendapatkan kesempatan untuk bertemu siswa dari seluruh dunia dan belajar tentang budaya dan nilai-nilai mereka.

Oleh karena itu, kursus seperti Demokrasi dan Kewarganegaraan, Analisis Kebijakan Publik dan Manajemen Keanekaragaman Agama akan memberi saya lebih banyak wawasan tentang bagaimana politik di dunia saat ini dipengaruhi oleh banyak faktor lain selain Psikologi Perilaku. Mempertimbangkan silsilah serta isi dari gelar Magister Ilmu Politik di Universitas Yale, dikombinasikan dengan pengetahuan yang telah dikumpulkan dari studi saya sebelumnya, saya yakin bahwa Ph.D ini membawa saya selangkah lebih dekat ke tujuan saya menjadi Penasihat politik Presiden Amerika Serikat.

Saya percaya bahwa saya adalah siswa yang sangat rajin dan bermotivasi tinggi saat belajar untuk Sarjana dan Magister saya. Saya tidak gagal dalam ujian apa pun atau gagal menyerahkan tugas karena apa pun, saya pasti akan menyelesaikannya dengan dedikasi yang selalu saya kerjakan. Untuk mencapai cita-cita saya, menambah pengetahuan dan wawasan ilmu politik, saya mengembangkan minat yang sangat mendalam pada politik dengan pengalaman saya bekerja bersama Dr. Harry di Kementerian Politik sebuah partai politik di Asia Selatan.

Mempelajari Ilmu Politik Universitas Harvard adalah kesempatan yang ingin sekali saya dedikasikan dengan sepenuh hati dan berharap selama saya tinggal di Boston Massachusetts, saya dapat berkontribusi kepada masyarakat dengan cara terbaik yang dapat dilakukan. Mempertimbangkan prestasi akademis saya selama ini dan keinginan saya untuk memperkaya pengetahuan surai dan orang lain dalam ilmu politik, saya yakin bahwa saya akan menjadi orang yang berharga, dan saya berharap diberi kesempatan ini karena saya yakin bahwa saya dapat bertemu dan bahkan melebihi harapan Anda.

Terima kasih telah mempertimbangkan aplikasi saya. Saya senang mendapat kesempatan untuk berdiskusi dengan Anda secara pribadi mengenai ilmu politik.

 

Sungguh-sungguh,

Intan Aulia

6. Mendaftar Beasiswa Master

iStock

Ahri Naninu

Jl. Indah Dunia No.45

Kemang, Jayakarta

 

Panitia Beasiswa

Jl. Kapuk Lembut No.77

Cijambe, Bandung

 

Untuk perhatian:

Nama saya Ahri Naninu dan saya mahasiswa tahun ketiga di Universitas Negeri Mulia Raya. Saat ini saya sedang mengejar gelar Sarjana Arsitektur lima tahun. Rencana saya adalah untuk menindaklanjuti dengan gelar master satu tahun setelah saya lulus.

Di sekolah menengah, saya bekerja secara ekstensif dengan cabang Habitat for Humanity setempat untuk membantu membangun rumah bagi keluarga berpenghasilan rendah. Saya belajar tentang proses konstruksi dari bawah ke atas, dan saya menemukan pentingnya fungsi dalam desain arsitektur. Rumah yang kami bangun selama empat tahun sebagai sukarelawan tidak pernah mewah. Mereka melayani tujuan mereka dan menjadi mercusuar harapan bagi pemiliknya.

Pendidikan saya telah difokuskan pada pola pikir ini: Fungsi di atas bentuk, stabilitas di atas kecakapan memainkan pertunjukan. Saya telah mendaftar di beberapa kelas yang berpindah fokus ke jurusan Teknik Arsitektur. Tujuan saya adalah untuk memiliki pandangan yang komprehensif tentang bagaimana desain memenuhi struktur. Saya telah mengerjakan tiga proyek desain perumahan ekstra kredit di bawah pengawasan profesor arsitektur saya (Dr. Joe dan Dr. Jeffry). Ini membantu mempercepat penelitian dan pendidikan saya.

Tujuan saya adalah menjadi seorang arsitek untuk menciptakan peluang perumahan yang terjangkau di komunitas yang kurang mampu. Tinggal di kota perguruan tinggi, saya telah melihat banyak properti sewaan yang tersedia. Namun ada beberapa rumah dijual yang cukup terjangkau untuk mahasiswa dan pembeli pertama kali. Ini adalah kasus di banyak kota di seluruh Indonesia, terutama daerah dengan standar hidup yang rendah.

Saya ingin menciptakan lingkungan yang mencakup rumah pemula yang terjangkau. Hal ini akan memungkinkan keluarga kelas bawah dan menengah untuk membangun ekuitas, menghindari hutang yang berlebihan, dan menciptakan stabilitas keuangan untuk masa depan mereka.

Musim panas ini, saya akan magang dengan LMNOP Architects. Setelah menyelesaikan gelar master saya, saya berharap untuk melanjutkan di sana karena saya lebih mengembangkan keterampilan saya. Setelah bekerja di bawah arsitek perumahan terkenal Suzan Craft dan Peter Wood, saya ingin membuka firma arsitektur saya sendiri yang berfokus pada pengembangan perumahan murah dan berkualitas tinggi. 

Saya juga ingin bekerja dengan Habitat for Humanity lagi, kali ini sebagai arsitek, bukan sebagai buruh umum. Saya sangat percaya pada misi mereka untuk membangun “sebuah dunia di mana setiap orang memiliki tempat tinggal yang layak.” Saya menghargai pertimbangan Anda. Dengan bantuan Anda, saya dapat melanjutkan sekolah saya di bidang arsitektur dan desain untuk menghadirkan rumah yang dapat diakses oleh mereka yang membutuhkan.

Dengan sungguh-sungguh,

Ahri Naninu

Sekali lagi, beberapa contoh motivation letter  dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia di atas hanyalah referensi belaka. Sedulur harus membuat yang benar-benar original dan personal, disarikan murni dari pengalaman dan keterampilan pribadi. Akhir kata, semangat buat Sedulur yang sedang berjuang mendaftar pekerjaan dan beasiswa.