daftar riwayat hidup

Daftar riwayat hidup adalah dokumen yang berisi data pribadi seseorang. Pada dasarnya, dokumen ini digunakan untuk melamar pekerjaan. Pihak recruiter atau HRD biasanya meminta pelamar mencantumkan daftar riwayat hidup lengkap dalam berkas lamarannya. Hal ini bertujuan agar pemberi kerja mengetahui gambaran singkat kepribadian para pelamar.

Isi daftar riwayat hidup lamaran kerja meliputi informasi pribadi, pendidikan, pelatihan, dan pengalaman kerja yang disyaratkan. Riwayat hidup yang menarik tentu dapat meningkatkan peluang diterima pada suatu pekerjaan. Bagi Sedulur yang mencari referensi daftar riwayat hidup contohnya seperti apa, mari simak pembahasannya di bawah ini.

BACA JUGA: Perbedaan Resume & CV: Pengertian, Tujuan & Cara Menyusun

Pengertian daftar riwayat hidup

Portal Kudus

Daftar riwayat hidup adalah deskripsi singkat tertulis mengenai pendidikan, kualifikasi, minat, dan pengalaman pekerjaan sebelumnya. Dokumen ini berfungsi mengenalkan diri atau memberikan gambaran tentang kepribadian. Umumnya digunakan sebagai alat promosi diri saat melamar kerja di sebuah perusahaan.

Dokumen riwayat hidup dilampirkan bersamaan dengan surat lamaran kerja. Sedulur bisa membuatnya dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Lebih baik sesuaikan dengan bahasa di surat lamaran kerja. Namun, pastikan isinya dibuat singkat, padat, dan tidak bertele-tele.

Selain daftar riwayat hidup lamaran kerja, dokumen ini juga bisa digunakan untuk kebutuhan lain. Misalnya, melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Bila untuk melanjutkan pendidikan, maka isinya akan lebih berfokus pada riwayat pendidikan.

Perbedaan daftar riwayat hidup dan CV

99.co

Ada beberapa orang menganggap dokumen riwayat hidup sama dengan curriculum vitae (CV), namun ada pula yang menilai keduanya berbeda. Pada dasarnya, daftar riwayat hidup (CV) memiliki fungsi yang hampir sama yaitu alat promosi diri. Hanya saja, terdapat sedikit perbedaan pada isi dan tujuan penulisan dokumennya.

Berdasarkan isinya, CV dianggap lebih lengkap dan rinci, sedangkan dokumen riwayat hidup lebih singkat. Melalui CV, Sedulur bisa menjelaskan secara detail pengalaman kerja beserta deskripsi pekerjaannya. Sementara di dokumen riwayat hidup, cukup jelaskan posisi, perusahaan, dan tahun bekerjanya saja.

Kemudian, berdasarkan tujuan penulisannya, CV dibuat untuk memberikan penjelasan lengkap tentang profil seseorang, lebih fokus pada pengalaman kerja, pendidikan, keahlian, dan sertifikasi yang dimiliki. Dokumen riwayat hidup dibuat ringkas untuk memberi gambaran umum tentang data diri seseorang.

Struktur penulisan daftar riwayat hidup yang benar

Tribun Padang

Secara umum, isi dan struktur penulisan riwayat hidup yang benar adalah sebagai berikut.

  • Berisi identitas diri meliputi nama, alamat, tempat dan tanggal lahir, usia, foto, dan kontak yang bisa dihubungi.
  • Satu atau dua pendidikan terakhir.
  • Pengalaman pekerjaan.
  • Pengalaman organisasi jika dirasa perlu.
  • Keahlian dan minat.

Semua bagian di atas diuraikan secara ringkas dan jelas. Pihak recruiter tidak memiliki banyak waktu untuk membaca semua informasi. Maka dari itu, membuat dokumen riwayat hidup yang ringkas berisi poin-poin penting saja memperbesar peluang semua informasi terbaca.

BACA JUGA: Contoh Penulisan Body Email Lamaran Kerja Benar & Menarik

Cara membuat daftar riwayat hidup

daftar riwayat hidup
LET US STUDY

Sebelum mengetahui contoh dokumen riwayat hidup, Sedulur perlu memahami cara membuatnya. Adapun langkah awal yang penting dilakukan yaitu menentukan bentuk dokumennya. Apakah dibuat secara online, digital, atau berupa tulisan tangan di kertas saja? Hal tersebut perlu disesuaikan dengan ketentuan perusahaan yang akan dilamar.

Bila tidak ada ketentuannya, Sedulur dapat membuatnya dengan cara diketik atau tulis tangan. Jika berupa tulisan tangan, pastikan bisa terbaca jelas. Begitu pula yang berupa ketikan, sebaiknya menggunakan font umum seperti Arial, Times New Roman, dan Calibri agar mudah dibaca. Setelah bentuk dokumen sudah ditentukan, ikuti beberapa tips dan cara lainnya berikut ini.

1. Buat draf

daftar riwayat hidup
Freepik

Sebelum membuat riwayat hidup, buatlah draf atau konsep kalimatnya terlebih dahulu. Hal ini untuk menghindari terjadinya kesalahan dalam pembuatannya. Apalagi kalau riwayat hidup tersebut dibuat dengan tulisan tangan. Kesalahan sekali saja bisa membuat Sedulur mengulang dari awal. Enggak mau hal tersebut terjadi, ‘kan?

Nah, Sedulur bisa membuat draf dari struktur penulisan yang telah dijelaskan sebelumnya. Gunakan hal tersebut sebagai referensi. Dijamin, draf akan lebih mudah dan cepat dibuat.

2. Mulai dari kalimat sederhana tapi menarik

Freepik

Isi dokumen riwayat hidup sebaiknya dimulai dari kalimat pembuka sederhana yang menarik terlebih dahulu. Kalimat pembuka tersebut bisa berisi profil singkat atau sekadar menerangkan siapa yang bertanda tangan dalam dokumen ini. Buatlah dengan jelas dan rapi agar layak dibaca oleh recruiter. Bila menggunakan tulisan tangan, hindari coretan berlebih karena bisa merusak berkas dan mengurangi kualitas isinya.

3. Cantumkan informasi secara berurutan

Freepik

Sama halnya saat membuat draf, Sedulur bisa menjadikan struktur penulisan di poin sebelumnya sebagai referensi menyusun riwayat hidup. Intinya, tulis informasi secara berurutan. Mulai dari pembuka, data diri, data tambahan, hingga penutup dan tanda tangan. Informasi yang disampaikan secara berurutan akan memudahkan pembaca memahaminya. Bayangkan saja bila informasi ditulis secara acak, Sedulur pun tidak nyaman membacanya sampai akhir, ‘kan?

4. Cantumkan kalimat penutup

Freepik

Kalimat penutup masih sering dijumpai dalam daftar riwayat hidup. Biasanya, isi kalimatnya menerangkan bahwa dokumen tersebut dibuat jujur dan sebenar-benarnya, tidak berbohong atau dibuat berlebihan. Pada umumnya, kalimat penutup ini disertai tanda tangan di bagian kanan bawah dokumen.

BACA JUGA: 10 Contoh Surat Perjanjian serta Panduan Lengkap Membuatnya

Contoh daftar riwayat hidup untuk yang sudah berpengalaman kerja

EF English Live

Sebenarnya, sudah ada banyak contoh daftar riwayat hidup yang bisa ditemukan di internet. Sedulur pun bisa download daftar riwayat hidup template di berbagai situs. Hanya saja, Sedulur harus memasukkan kata kunci yang tepat terlebih dahulu agar contohnya muncul sesuai dengan kebutuhan. Tidak perlu khawatir, bagi yang sudah berpengalaman kerja, Sedulur bisa menggunakan contoh berikut ini.

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Tito Purwono
Jenis Kelamin : Laki-laki
Tempat, Tanggal Lahir : Semarang, 5 Oktober 1998
Kewarganegaraan: Indonesia
Status Perkawinan : Lajang
Agama : Islam
Alamat : Jalan Soekarno-Hatta No. 40, Ngemple, Bawen, Ngemplak, Kabupaten Semarang
Nomor HP : 089757890765

Pendidikan Formal

2013—2016 SMAN 1 Semarang
2016—2020 Universitas Negeri Semarang – Akuntansi

Pengalaman Kerja

Mengikuti program magang di PT Semarang Maju Sukses sebagai staf akuntan pada Januari—Juni 2020.
Bekerja di Hotel Araya sebagai staf akuntan pada Agustus 2020—Januari 2022.

Keahlian

Pembukuan
Microsoft Office
Bahasa Inggris

Demikian riwayat hidup ini saya buat dengan sesungguhnya.

Hormat saya,

(tanda tangan)

Tito Purwono

Contoh daftar riwayat hidup tanpa pengalaman kerja

daftar riwayat hidup
HR Asia

Bagi lulusan baru atau belum memiliki pengalaman kerja, bisa mengikuti referensi contoh riwayat hidup yang menarik berikut ini.

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Dino Fernando
Tempat, Tanggal Lahir : Lampung, 29 November 1997
Jenis Kelamin : Laki-laki
Status Perkawinan : Lajang
Agama : Islam
Alamat : Jalan Narada No. 40, Sawah Brebes, Tanjungkarang Timur, Kota Bandar Lampung, Lampung
Nomor HP : 087968908721

Pendidikan Formal

2010—2012 SMPN 19 Bandar Lampung
2012—2015 SMA 1 Bandar Lampung

Pengalaman Organisasi

Ketua OSIS SMA 1 Bandar Lampung.
Bergabung dalam ekstrakulikuler debat bahasa Inggris di SMA 1 Bandar Lampung.

Keahlian dan Minat

Keterampilan berbicara yang baik.
Bahasa Inggris.
Menguasai Microsoft Office.

Demikian riwayat hidup ini saya buat dengan sebenar-benarnya.

Hormat saya,

(tanda tangan)

Dino Fernando

Itulah contoh daftar riwayat hidup yang bisa Sedulur gunakan sebagai referensi melamar kerja. Tinggal pilih sesuai riwayat hidup Sedulur, yang sudah ada pengalaman bekerja atau tanpa pengalaman kerja. Selain mengetahui contohnya, semoga dari artikel ini Sedulur makin memahami pengertian daftar riwayat hidup, isi, dan cara membuatnya.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.