daftar riwayat hidup

Daftar riwayat hidup adalah dokumen yang berisi data pribadi seseorang. Pada dasarnya, dokumen ini digunakan untuk melamar pekerjaan. Pihak recruiter atau HRD biasanya meminta pelamar mencantumkan daftar riwayat hidup lengkap dalam berkas lamarannya. Hal ini bertujuan agar pemberi kerja mengetahui gambaran singkat kepribadian para pelamar.

Isi daftar riwayat hidup lamaran kerja meliputi informasi pribadi, pendidikan, pelatihan, dan pengalaman kerja yang disyaratkan. Riwayat hidup yang menarik tentu dapat meningkatkan peluang diterima pada suatu pekerjaan. Bagi Sedulur yang mencari referensi daftar riwayat hidup contohnya seperti apa, mari simak pembahasannya di bawah ini.

BACA JUGA: Perbedaan Resume & CV: Pengertian, Tujuan & Cara Menyusun

Pengertian daftar riwayat hidup

Portal Kudus

Daftar riwayat hidup adalah deskripsi singkat tertulis mengenai pendidikan, kualifikasi, minat, dan pengalaman pekerjaan sebelumnya. Dokumen ini berfungsi mengenalkan diri atau memberikan gambaran tentang kepribadian. Umumnya digunakan sebagai alat promosi diri saat melamar kerja di sebuah perusahaan.

-->

Dokumen riwayat hidup dilampirkan bersamaan dengan surat lamaran kerja. Sedulur bisa membuatnya dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Lebih baik sesuaikan dengan bahasa di surat lamaran kerja. Namun, pastikan isinya dibuat singkat, padat, dan tidak bertele-tele.

Selain daftar riwayat hidup lamaran kerja, dokumen ini juga bisa digunakan untuk kebutuhan lain. Misalnya, melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Bila untuk melanjutkan pendidikan, maka isinya akan lebih berfokus pada riwayat pendidikan.

Perbedaan daftar riwayat hidup dan CV

99.co

Ada beberapa orang menganggap dokumen riwayat hidup sama dengan curriculum vitae (CV), namun ada pula yang menilai keduanya berbeda. Pada dasarnya, daftar riwayat hidup dan CV memiliki fungsi yang hampir sama yaitu alat promosi diri. Hanya saja, terdapat sedikit perbedaan pada isi dan tujuan penulisan dokumennya.

Berdasarkan isinya, CV dianggap lebih lengkap dan rinci, sedangkan dokumen riwayat hidup lebih singkat. Melalui CV, Sedulur bisa menjelaskan secara detail pengalaman kerja beserta deskripsi pekerjaannya. Sementara di dokumen riwayat hidup, cukup jelaskan posisi, perusahaan, dan tahun bekerjanya saja.

Kemudian, berdasarkan tujuan penulisannya, CV dibuat untuk memberikan penjelasan lengkap tentang profil seseorang, lebih fokus pada pengalaman kerja, pendidikan, keahlian, dan sertifikasi yang dimiliki. Dokumen riwayat hidup dibuat ringkas untuk memberi gambaran umum tentang data diri seseorang.

Struktur penulisan daftar riwayat hidup yang benar

Tribun Padang

Secara umum, isi dan struktur penulisan riwayat hidup yang benar adalah sebagai berikut.

  • Berisi identitas diri meliputi nama, alamat, tempat dan tanggal lahir, usia, foto, dan kontak yang bisa dihubungi.
  • Satu atau dua pendidikan terakhir.
  • Pengalaman pekerjaan.
  • Pengalaman organisasi jika dirasa perlu.
  • Keahlian dan minat.

Semua bagian di atas diuraikan secara ringkas dan jelas. Pihak recruiter tidak memiliki banyak waktu untuk membaca semua informasi. Maka dari itu, membuat dokumen riwayat hidup yang ringkas berisi poin-poin penting saja memperbesar peluang semua informasi terbaca.

BACA JUGA: Contoh Penulisan Body Email Lamaran Kerja Benar & Menarik

Cara membuat daftar riwayat hidup

daftar riwayat hidup
LET US STUDY

Sebelum mengetahui contoh dokumen riwayat hidup, Sedulur perlu memahami cara membuatnya. Adapun langkah awal yang penting dilakukan yaitu menentukan bentuk dokumennya. Apakah dibuat secara online, digital, atau berupa tulisan tangan di kertas saja? Hal tersebut perlu disesuaikan dengan ketentuan perusahaan yang akan dilamar.

Bila tidak ada ketentuannya, Sedulur dapat membuatnya dengan cara diketik atau tulis tangan. Jika berupa tulisan tangan, pastikan bisa terbaca jelas. Begitu pula yang berupa ketikan, sebaiknya menggunakan font umum seperti Arial, Times New Roman, dan Calibri agar mudah dibaca. Setelah bentuk dokumen sudah ditentukan, ikuti beberapa tips dan cara lainnya berikut ini.

1. Buat draf

daftar riwayat hidup
Freepik

Sebelum membuat riwayat hidup, buatlah draf atau konsep kalimatnya terlebih dahulu. Hal ini untuk menghindari terjadinya kesalahan dalam pembuatannya. Apalagi kalau riwayat hidup tersebut dibuat dengan tulisan tangan. Kesalahan sekali saja bisa membuat Sedulur mengulang dari awal. Enggak mau hal tersebut terjadi, ‘kan?

Nah, Sedulur bisa membuat draf dari struktur penulisan yang telah dijelaskan sebelumnya. Gunakan hal tersebut sebagai referensi. Dijamin, draf akan lebih mudah dan cepat dibuat.

2. Mulai dari kalimat sederhana tapi menarik

Freepik

Isi dokumen riwayat hidup sebaiknya dimulai dari kalimat pembuka sederhana yang menarik terlebih dahulu. Kalimat pembuka tersebut bisa berisi profil singkat atau sekadar menerangkan siapa yang bertanda tangan dalam dokumen ini. Buatlah dengan jelas dan rapi agar layak dibaca oleh recruiter. Bila menggunakan tulisan tangan, hindari coretan berlebih karena bisa merusak berkas dan mengurangi kualitas isinya.

3. Cantumkan informasi secara berurutan

Freepik

Sama halnya saat membuat draf, Sedulur bisa menjadikan struktur penulisan di poin sebelumnya sebagai referensi menyusun riwayat hidup. Intinya, tulis informasi secara berurutan. Mulai dari pembuka, data diri, data tambahan, hingga penutup dan tanda tangan. Informasi yang disampaikan secara berurutan akan memudahkan pembaca memahaminya. Bayangkan saja bila informasi ditulis secara acak, Sedulur pun tidak nyaman membacanya sampai akhir, ‘kan?

4. Cantumkan kalimat penutup

Freepik

Kalimat penutup masih sering dijumpai dalam daftar riwayat hidup. Biasanya, isi kalimatnya menerangkan bahwa dokumen tersebut dibuat jujur dan sebenar-benarnya, tidak berbohong atau dibuat berlebihan. Pada umumnya, kalimat penutup ini disertai tanda tangan di bagian kanan bawah dokumen.

BACA JUGA: 10 Contoh Surat Perjanjian serta Panduan Lengkap Membuatnya

Contoh daftar riwayat hidup dengan pengalaman kerja

EF English Live

Sebelum menulis daftar riwayat hidup sendiri, ada baiknya Sedulur menyimak contohnya terlebih dahulu agar lebih memahami apa saja yang perlu ditulis dan bagaimana format penulisan yang tepat. Seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya, daftar riwayat hidup berisi informasi mengenai identitas diri, riwayat pendidikan terakhir, pengalaman pekerjaan dan organisasi, serta keahlian yang dimiliki.

Untuk memudahkan Sedulur dalam menulis daftar riwayat hidup sendiri, berikut sudah dirangkum beberapa contoh khususnya untuk yang sudah memiliki pengalaman pekerjaan.

Contoh 1

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Tito Purwono
Jenis Kelamin : Laki-laki
Tempat, Tanggal Lahir : Semarang, 5 Oktober 1998
Kewarganegaraan: Indonesia
Status Perkawinan : Lajang
Agama : Islam
Alamat : Jalan Soekarno-Hatta No. 40, Ngemple, Bawen, Ngemplak, Kabupaten Semarang
Nomor HP : 089757890765

Pendidikan Formal

2013—2016 SMAN 1 Semarang
2016—2020 Universitas Negeri Semarang – Akuntansi

Pengalaman Kerja

Mengikuti program magang di PT Semarang Maju Sukses sebagai staf akuntan pada Januari—Juni 2020.
Bekerja di Hotel Araya sebagai staf akuntan pada Agustus 2020—Januari 2022.

Keahlian

Pembukuan
Microsoft Office
Bahasa Inggris

Demikian riwayat hidup ini saya buat dengan sesungguhnya.

Hormat saya,

(tanda tangan)

Tito Purwono

Contoh 2

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

DATA PRIBADI

Nama : Rio Brian
Tempat/ Tanggal Lahir : Riau, 15 Juli 1988
Alamat : Jl. Komplek Harlap No. 21, Srengseng Sawah, RT/RT 001/024, Jagakarsa, Jakarta Selatan
Nomor HP : 081256298917
Jenis Kelamin : Laki-Laki
Agama : Kristen Protestan
Kewarganegaraan : Indonesia
Status : Belum Menikah
Email : riobrian88@gmail.com
Hobbi : Komputer, Sport

PENDIDIKAN FORMAL

SDN Beji 1 Depok
SMPN 12 Depok
SMU Yapemri Depok
Universitas Indonesia Depok

PENDIDIKAN NON FORMAL

English Course EF (English First)
AutoCad Online Course
Photoshop Online Course
Pelatihan Manajemen Prasetiya Mulya

KEAHLIAN

Menggambar (Autocad, 3D Studio Max)
Desain (Photoshop, CorelDraw)
Management Construction Expert

PENGALAMAN KERJA

Drafter di Waskita Karya
Pelaksana lapangangan proyek jalan raya Lebak Bulus
Koordinator pelaksana proyek Mal Pejaten Village

PENGALAMAN ORGANISASI

Ketua BEM Universitas Indonesia periode 2014-2015

Demikianlah daftar riwayat hidup ini saya buat dengan sebenar-benarnya.

Hormat saya,

Rio Brian

Contoh 3

Personal Data

Full Name : Juliana Sagita
Place, Date of Birth : Bandung, July 23 1994
Address : Jl. Ujung Atas No. 128, Bandung
Gender : Female
Marital Status : Single
Phone : 08123456789
Email : julianasagita@gmail.com

Formal Education

2013 – 2016 : DIII Of finance and Bachelor of Banking Politeknik Negeri Bandung University
2010 – 2013 : SMA Katapang 3 Bandung High School
2007 – 2010 : SMP Negeri 1 Ujung Berung Secondary School
2001 – 2007 : SD Negeri Cirangrang 4 Bandung Primary School

Job Experiences

1. October 2012 Job training at PT. Trans Retail Indonesia
2. July – August 2015 Job training at Bank Mandiri
3. February 2016 – 2018 Financial Administrations at PT. TATA Insurance

Skill

Accounting Program, Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft Power Point, Microsoft Access, Microsoft Visio, Making Software, Corel Draw, Adobe Photoshop

Organizational experience

September 2013 – September 2015: Member of Himpunan Mahasiswa Keuangan Perbankan and Keuangan Syariah (HIMAKAPS) Politeknik Negeri Bandung

Similarly, the resume I created with truth and truth can be accounted for.

BACA JUGA: 20 Contoh Deskripsi Diri dalam CV yang Dijamin Dilirik Rekruter!

Contoh daftar riwayat hidup tanpa pengalaman kerja

daftar riwayat hidup
HR Asia

Sedulur yang merupakan lulusan baru (fresh graduate) dan belum memiliki pengalaman bekerja secara profesional juga bisa membuat daftar riwayat hidup. Sebab, Sedulur bisa menampilkan berbagai hal lain yang sudah pernah dilakukan ataupun dicapai terkait dengan bidang yang digeluti maupun posisi yang ingin dilamar. Misalnya, pendidikan yang ditempuh, pengalaman organisasi, dan keahlian yang dimiliki. Berikut beberapa contoh yang bisa Sedulur jadikan referensi untuk menulis daftar riwayat hidup sendiri.

Contoh 1

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Dino Fernando
Tempat, Tanggal Lahir : Lampung, 29 November 1997
Jenis Kelamin : Laki-laki
Status Perkawinan : Lajang
Agama : Islam
Alamat : Jalan Narada No. 40, Sawah Brebes, Tanjungkarang Timur, Kota Bandar Lampung, Lampung
Nomor HP : 087968908721

Pendidikan Formal

2010—2012 SMPN 19 Bandar Lampung
2012—2015 SMA 1 Bandar Lampung

Pengalaman Organisasi

Ketua OSIS SMA 1 Bandar Lampung.
Bergabung dalam ekstrakulikuler debat bahasa Inggris di SMA 1 Bandar Lampung.

Keahlian dan Minat

Keterampilan berbicara yang baik.
Bahasa Inggris.
Menguasai Microsoft Office.

Demikian riwayat hidup ini saya buat dengan sebenar-benarnya.

Hormat saya,

(tanda tangan)

Dino Fernando

Contoh 2

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Dino Fernando
Tempat, Tanggal Lahir : Lampung, 29 November 1997
Jenis Kelamin : Laki-laki
Status Perkawinan : Lajang
Agama : Islam
Alamat : Jalan Narada No. 40, Sawah Brebes, Tanjungkarang Timur, Kota Bandar Lampung, Lampung
Nomor HP : 087968908721

Pendidikan Formal

2010—2012 SMPN 19 Bandar Lampung
2012—2015 SMA 1 Bandar Lampung

Pengalaman Organisasi

Ketua OSIS SMA 1 Bandar Lampung.
Bergabung dalam ekstrakulikuler debat bahasa Inggris di SMA 1 Bandar Lampung.

Keahlian dan Minat

Keterampilan berbicara yang baik.
Bahasa Inggris.
Menguasai Microsoft Office.

Demikian riwayat hidup ini saya buat dengan sebenar-benarnya.

Hormat saya,
(tanda tangan)
Dino Fernando

Contoh 3

Daftar Riwayat Hidup

Sarah Yuniar
sarah.yuniar2021@gmail.com
08775xxxxx
Jl. Ki Ahmad dalan
Jakarta Selatan, Jakarta 102020

Tentang Saya

Saya Sarah Yuniar, lulusan manajemen di Universitas ABCD pada tahun 2021. Pada tahun 2019, saya menjabat sebagai sekretaris umum di himpunan mahasiswa jurusan. Selama masa jabatan tersebut, saya mengatur segala urusan administrasi rumah tangga organisasi. Karena hal tersebut, saya memiliki minat untuk berkarir sebagai staff administrasi.

Pendidikan

2015-2021 Universitas ABCD
S1 Manajemen dengan IPK 3,16
2013-2015 SMAN 72 EFGH

Kemampuan

Menggunakan Microsoft Office
Manajemen Data
Manajemen Keuangan
Analisa Keuangan
Akunting

Pengalaman organisasi

Himpunan Mahasiswa Manajemen Universitas ABCD
Sekretaris Umum (2019-2020)
Sebagai sekretaris umum selama satu periode, saya bertugas untuk mengurusi segala hal yang berkaitan dengan urusan administrasi rumah tangga organisasi. Saat saya menjabat, saya bertanggung jawab untuk membuat laporan pertanggung-jawaban setiap kegiatan selama satu periode.

Penghargaan

2018 Lolos seleksi Pertukaran Pemuda Antar Negara tingkat Provinsi
2019 Mewakili Universitas ABCD dalam konferensi pemuda se-Indonesia

Itulah contoh daftar riwayat hidup yang bisa Sedulur gunakan sebagai referensi melamar kerja. Tinggal pilih sesuai riwayat hidup Sedulur, yang sudah ada pengalaman bekerja atau tanpa pengalaman kerja. Selain mengetahui contohnya, semoga dari artikel ini Sedulur makin memahami pengertian daftar riwayat hidup, isi, dan cara membuatnya.