Mengenal brainware

Pernah mendengar atau mengetahui istilah kata brainware? Brainware adalah istilah yang digunakan manusia untuk menyebut seorag spesialis yang berhubungan dengan sistem komputer.

Terkadang profesi ini juga disebut sebagai ‘Otak Mesin’ karena menjadi tempat dimana sistem komputer merancang tentang bagaimana mesin bekerja sesuai dengan hasil yang diinginkan. Sementara bagian-bagian brainware tersusun atas operator komputer, teknisi, trainer, konsultan, project manager, programer, graphic designer, spesialis jaringan, databse administrator dan system analitis.

Jadi secara sederhana istilah kata brainware adalah di sini merujuk pada orang-orang yang memakai atau mengoperasikan perangkat komputer. Masih penasaran dengan kata brainware, brainware contohnya dan fungsi brainware adalah untuk apa? Simak dahulu ulasan lengkap di bawah ini.

Baca Juga: Apa Itu Blockchain, Definisi & Cara Kerja Teknologi dibalik Bitcoin

-->

1. Apa itu brainware

brainware adalah
masmalven

Brainware adalah seorang manusia yang mempunyai kemampuan dan keahlian dalam menggunakan komputer. Namun bisa juga diartikan bahwa brainware adalah perangkat intelektual yang mempunyai skill dalam memakai dan menjelajahi suatu sistem hardware (perangkat keras) atau pun software (perangkat lunak).

Sementara itu, dalam dunia bisnis istilah brainware punya pengertian yang berbeda. Istilah kata ini merujuk pada seseorang atau kelompok yang mempunyai kemampuan dalam bidang intelektual. Di mana mereka menjalankan jaringan sistem informasi manajemen dalam perusahaan tersebut.

Dalam hal ini brainware pada sistem informasi manajemen bisnis akan sangat penting dalam menghasilkan dan mengolah informasi agar menjadi lebih benefit. Adapun benefit yang didapat seperti pengolahan data, input dan output atau apa saja yang didapatkan perusahaan untuk dapat dikelola nantinya.

2. Fungsi brainware

brainware adalah
maxmanroe

Berikutnya adalah fungsi istilah brainware. Fungsi brainware adalah untuk menjalankan dan menggunakan perangkat pada komputer. Tetapi ada beberapa peran lain dari brainware yang tentu tidak kalah penting dengan fungsi utamanya.

Sebagai programer

Sebagaiman penjelasan di atas bahwa tugas utama brainware adalah merancang tentang bagaimana suatu perangkat bisa bekerja dengan baik dan memberikan keuntungan buat perusahaan. Dalam hal ini, ada peran bernama programer yang bertugas dalam membuat dan merancang suatu program yang sedang dibutuhkan oleh perusahaan. Seperti perangkat lunak dan keras pada komputer.

Tidak hanya merancang dan membuat, namun programer harus bisa bertugas dalam menjaga keamanan dan kelancaran segala sistem yang terdapat pada program tersebut. Itulah fungsi utama brainware yaitu sebagai programer. Selanjutnya adalah fungsi sebagai operator.

Sebagai operator

Tidak hanya sebagai programer, fungsi brainware adalah dapat menjadi operator komputer. Tugas utama seorang operator komputer adalah memastikan dan menjalankan suatu sistem komputer dan program dapat berjalan baik. Selain itu, tugas lain yang diemban oleh operator adalah menjaga dan memastikan seluruh perangkat komputer tak mengalami masalah apapun. Seperti gangguan internet ataupun ada software atau hardware yang rusak. Bisa dibilang bahwa tugas seorang operator dalam brainware adalah mereka punya tanggung jawab yang lumayan berat.

Sebab, kadang-kadang operator komputer juga bisa bertugas dalam melakuka maintenance atau perbaikan dalam sebuah sistem yang sudah dirancang oleh para programer. Selanjutnya, fungsi brainware adalah juga sebagai administrator. Untuk itu, bisa disimak ulasan di bawah ini.

Sebagai administrator

Tugas lain brainware adalah sebagai administrator. Tugas administrator adalah mengolah struktur pada suatu sistem di sebuah program ataupun jaringan pada komputer. Sehingga perannya sangat dibutuhkan sekali dalam menunjang prosen lancarnya suatu program perangkat komputer. Dengan keberadaan brainware yang punya tugas sebagai administrator maka sistem dan program Sedulur akan mempunyai semacam aturan. Namun aturan tersebut dapat terstruktur dan tertata dengan rapi.

Nah setelah membahas mengenai fungsi brainware adalah sebagai programer, operator dan administrator, maka selanjutnya kita dapat mengetahui jenis-jenis dari brainware ini. Untuk itu, yuk simak penjelasan selengkapnya  di bawah ini.

Baca Juga: 13 Cara Mengatasi Laptop Lemot Ampuh, Pasti Berhasil!

3. Jenis brainware

brainware adalah
guruakuntansi

Ada banyak sekali jenis-jenis brainware yang dapat kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Namun untuk membantu Sedulur agar tahu lebih dalam  tentang apa saja jenis-jenis brainware, mari simak ulasan di bawah ini.

Hardware engineer

Jenis brainware adalah yang pertama ada namanya Hardware Engineer. Profesi ini banyak menangani segala urusan yang berkaitan dengan perangkat keras. Mulai dari proses perencanaan, hingga menjalankan tugas pemeliharaan perangkat keras yang terdapat pada suatu sistem jaringan komputer.

Software engineer

Bila tadi Hardware Engineer lebih banyak berurusan dengan masalah pada perangkat keras,, maka berikutnya adalah Software Engineer. Tugas utama Softaware Engineer dalam sebuah brainware adalah menangani segala urusan yang berkaitan dengan perangkat lunak yang ada pada sebuah sistem komputer perusahaan.

Teknisi

Jenis brainware selanjutnya adalah keberadaan seorang teknisi perangkat jaringan komputer. Seorang teknisi wajib mempunyai segala pengetahuan tentang masalah-masalah yang kerap terjadi pada perangkat dan sistem komputer.

Trainer

Profesi yang tak kalah penting selain teknisi dalam brainware adalah keberadaan seorang Trainer. Trainer adalah seorang yang mempunyai pengetahuan dan keahlian yang baik akan suatu subjek dan keahlian. Peran utama Trainer adalah memberikan pendidikan dan mengajarkan keahlian mereka ke orang lain. Tentunya sesuai bidang dan keahlian mereka.

Project manager

Dalam suatu brainware juga terdapat seorang profesi yang mengemban atas segala proyek yang dijalankan. Profesi ini dinamakan dengan Project Manager. Seorang project manager biasanya bertugas dalam mengawasi segala proyek yang dijalankan. Tidak cuma itu, mereka juga punya tugas memberikan ide-ide untuk setiap proyek yang dipimpinnya. Kamu harus tahu, bahwa profesi project manager dalam brainware adalah mereka punya pengaruh yang cukup penting dalam setiap pelaksanaan suatu sistem manajemen yang baik dan tentunya harus akurat.

Spesialis jaringan

Profesi selanjutnya dalam brainware adalah keberadaan spesialis jaringan. Bilamana kamu adalah seorang spesialis jaringan, maka perlu dibekali ketrampilan tentang pengetahuan dan keahlian seputar jaringan yang terdapat pada komputer. Tugas utama mereka sebagai spesialis jaringan tentu harus bertanggung jawab dalam segala hal yang berkaitan dengan jaringan komputer.

Adapun jaringan yang biasa diperbaiki oleh spesialis jaringan di antaranya adalah mulai dari pengelolaan, tatanan dan urusan lain sebagainya. Sehingga bila dalam brainware tidak tersedia profesi ini, maka akan sangat mungkin jaringan komputermu kerap bermasalah dan terganggu.

Sistem analis

Perangkat terakhir dalam susunan brainware adalah ialah keberadaan sistem analis pada suatu jaringan komputer. Sistem analis merupakan orang yang mempunyai tanggung jawab mengenai perencanaan, analisis, dan pemilihan dalam perangkat lunak dari suatu bisnis pada perusahaan. Tidak hanya itu, tugas lain yang diemban profesi sistem analis adalah mereka juga diharuskan untuk dapat memillih perangkat lunak yang sesuia dalam organisasi ataupun bisnis yang sedang dibutuhkan.

Maka dari itu, bilamana kamu terjun dalam profesi sistem analis, maka harus dibekali ketrampilan dalam hal manajerial, teknis dan tentunya seputar dunia analisis. Itulah penjelasan tentang jenis-jenis dalam brainware. Selanjutnya adalah contoh brainware dalam perangkat sistem komputer. Untuk itu mari simak ulasan berikutnya.

Baca Juga: 25 Rumus Excel Paling Sering Dipakai di Dunia Kerja, Harus Tau

4. Contoh brainware

brainware adalah
maxmanroe

Dalam suatu brainware perlu mengetahui apa saja contoh-contoh yang terdapat dalam sistem jaringan komputer. Maka dari itu, simak apa saja contoh-contoh dari istilah ini.

Netter

Brainware contoh yang pertama adalah keberadaan Netter. Ya, Netter adalah individu atau suatu kelompok yang kerap menjelajahi segala macam situs-situ website. Tujuan mereka adalah untuk mencari dan mendapatkan seputar informasi yang ada dalam situs internet.

EDP Department

Berikutnya ada departemen EDP atau singkatan dari Electronic Data Processing Department. Keberadaan EDP sangat penting dalam susunan brainware. Sebab, tugas utama departemen EDP adalah mengolah segala data digital dari perusahaan dengan teknologi komputer. Tidak hanya itu, EDP adalah bagian dari perusahaan. Sehingga sangat penting dengan adanya EDP dalam perusahaan.

Network System

Contoh brainware berikutnya adalah keberadaan perangkat bernama Network System. Ya sistem ini bertugas dalam menangani sebuah sistem pada jaringan komputer. Sistem ini tersusun atas banyak jaringan dan juga layanan. Sehingga Network System bertujuan dalam memberikan sebuah pelayanan maksimal untuk mereka penggunna komputer atau biasa dinamakan dengan user.

Demikian ulasan mengenai brainware mulai dari pengertian, fungsi, komponen pendukung hingga contoh-contoh dalam brainware. Bisa dibilang brainware merupakan sistem yang sangat penting dalam dunia IT karena ini bisa menjadi penentu kemajuan sebuah perusahaan atau teknologi.

Semoga ulasan ini menambah wawasan dan membantu Sedulur yang sedang mendalami dunia IT serta yang bekerja sebagai teknisi jaringan komputer di perusahaan.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

 Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.