cv ats friendly

Saat melamar pekerjaan, CV menjadi hal penting untuk menentukan tahap awal proses rekrutmen. Sayangnya, masih ada beberapa kandidat pelamar kerja yang sering melakukan kesalahan fatal dalam membuat CV, khususnya CV ATS friendly.

Hal tersebut dapat mengakibatkan sulitnya lolos seleksi. Apalagi, di era digital seperti saat ini, banyak perusahaan yang sudah menerapkan Applicant Tracking System atau ATS untuk menyeleksi kandidat.

Di bawah ini adalah semua hal yang perlu Sedulur ketahui tentang CV ATS friendly. Mulai dari pengertian hingga tips menyusun CV ATS yang baik. Simak artikel ini sampai selesai agar Sedulur mampu mengoptimalkan CV dan lolos screening HRD.

BACA JUGA: 8 Contoh CV Lamaran Kerja Menarik yang Bikin Dilirik HRD

Apa itu CV ATS friendly?

cv ats friendly
Freepik

Sebelum membahas CV ATS friendly, Sedulur perlu mengetahui pengertian ATS terlebih dahulu. Applicant Tracking System (ATS) merupakan software atau aplikasi yang dapat membantu perusahaan mempercepat seleksi kandidat.

Sistem ini dapat memantau kegiatan perekrutan secara menyeluruh, mulai dari mengunggah lamaran kerja secara online hingga tahap memberikan tawaran pekerjaan. ATS mengolah data sesuai kebutuhan perusahaan.

Sementara itu, CV ATS friendly adalah daftar riwayat hidup yang dirancang khusus agar mendapatkan penilaian baik dari Applicant Tracking System. Menggunakan format CV mudah dibaca, menghilangkan tabel atau gambar, memasukkan kata kunci di CV sesuai deskripsi pekerjaan yang dilamar.

Semua hal tersebut membantu CV milik Sedulur menjadi lebih ATS friendly. Jika Sedulur menyusun CV dengan mempertimbangkan software ATS, lamaran pekerjaan Sedulur akan memiliki peluang lebih besar untuk dibaca oleh HRD.

Pentingnya membuat CV ATS friendly

Freepik

Kenapa harus ATS friendly CV? Seperti yang diketahui, ATS menjadi alat yang sering digunakan perusahaan untuk menyaring CV yang masuk. Apabila CV Sedulur sesuai dengan kriteria ATS, maka akan mempermudah Sedulur lolos pada tahap awal proses rekrutmen.\

Selain itu, ada beberapa alasan penting lainnya kenapa harus menggunakan CV ATS friendly template. Berikut daftarnya.

1. ATS dipakai berbagai perusahaan

Ada 75 persen orang yang lamaran kerjanya ditolak sebelum CV-nya sampai di meja HRD. Hal ini biasanya disebabkan CV tersebut tidak tersaring oleh software ATS yang digunakan perusahaan. Untuk menghindari masalah serupa, tidak ada salahnya Sedulur mulai mempelajari pembuatan CV ATS dan mempraktikkannya.

2. ATS dipakai di tahap awal perekrutan

Pada dasarnya, tugas ATS adalah menyaring pelamar pada tahap awal rekrutmen melalui CV yang dikirimkan. Meski CV Sedulur telah maksimal dan sesuai kriteria, namun jika ditulis tanpa mempertimbangkan ATS, lamaran kerja Sedulur dapat dengan mudah dilewati. Kalau sudah begitu, usahamu menjadi sia-sia sebab ATS tidak membaca CV sesuai yang diharapkan.

3. Lebih mudah dan cepat dibaca manusia

Banyak orang menilai CV ATS friendly sama dengan CV recruiter friendly. Hal ini karena format CV ATS lebih mudah dibaca oleh HRD. Layaknya HRD, ATS akan membaca dari kiri ke kanan dan dari atas ke bawah. Pastikan mengingat format tersebut saat menyusun CV. Misalnya, nama dan informasi kontak harus di atas dan riwayat pekerjaan dimulai dari posisi terbaru.

BACA JUGA: Struktur Surat Lamaran Kerja yang Baik & Benar Serta Contohnya

Ciri-ciri CV ATS

CV ATS friendly
Cicil Blog

Simak ciri-ciri berikut ini agar Sedulur lebih memahami contoh CV ATS friendly seperti apa. Jangan sampai melewatkan bagian ini, ya!

Jenis dan ukuran huruf

ATS friendly CV menggunakan jenis dan ukuran huruf standar. Jenis hurufnya bisa Times New Roman, Calibri, atau Arial. Ada pula yang menggunakan jenis huruf lainnya, yang penting dapat terbaca jelas. Sementara ukuran hurufnya sekitar 11—12, tidak terlalu besar maupun terlalu kecil. Terkait CV ATS friendly berapa halaman, paling optimal membuatnya maksimal 1—2 halaman kertas A4.

Penggunaan bahasa Inggris

CV yang menggunakan bahasa Inggris akan lebih mudah teridentifikasi oleh software ATS. Selain itu, penggunaan bahasa Inggris dapat meningkatkan skor ATS, sekaligus memberi kesan lebih profesional kepada HRD. Agar penggunaan bahasa Inggris dalam CV lebih maksimal, cek tata bahasa serta kosakata yang dipakai melalui kamus atau aplikasi penerjemah.

Penggunaan kata kunci

Hampir di semua CV ATS menyisipkan kata kunci sesuai posisi yang dilamar. Hal ini menjadi poin penting untuk pelacakan pelamar yang sesuai dengan kriteria perusahaan. Sebagai contoh, kandidat melamar sebagai sales, maka kata kunci yang berkaitan dengan sales dapat dimasukkan ke dalam CV seperti negosiasi, komunikasi, fokus pada target, memahami produk, dan sebagainya.

Pemilihan desain sederhana

Desain CV ATS cenderung sangat sederhana. Tanpa logo, warna-warna mencolok, bahkan ada yang tanpa foto. CV ATS friendly lebih fokus pada tulisan yang tercantum di dalamnya. Umumnya, penjelasan terkait deskripsi pengalaman kerja dan keahlian dijelaskan secara mendetail. Hal ini membuat CV lebih mudah terdeteksi ATS.

BACA JUGA: Tips & Cara Melamar Kerja Lewat Email yang Benar, Yuk Pelajari!

Tips membuat CV ATS friendly

Pikiran Rakyat

Setelah mengetahui pengertian dan ciri-ciri CV ATS, kini saatnya Sedulur mengetahui tips membuatnya. Simak dan praktikkan agar CV Sedulur memiliki peluang besar lolos seleksi.

Pahami posisi yang dilamar

Memahami posisi yang dilamar berarti memperhatikan kata kunci penting berkaitan dengan pekerjaan tersebut. Saat hendak menulis CV, lakukanlah riset terlebih dahulu. Temukan keahlian yang dibutuhkan. Sedulur bisa menggunakan keahlian tersebut sebagai kata kunci. Pilih yang benar-benar Sedulur kuasai agar saat CV lolos seleksi dan masuk tahap wawancara, Sedulur bisa menjelaskan keahlian tersebut secara rinci.

Pilih CV ATS friendly template

Tidak semua template CV terbaca oleh ATS. Bahkan, jenis CV kreatif yang mungkin terlihat menarik, sering kali tidak dapat dibaca oleh ATS. Maka dari itu, carilah pilihan template yang memang khusus ATS friendly. Sedulur dapat menggunakan referensi CV dari situs seperti Wozber, Zety, dan sebagainya. Referensi tersebut bisa menjadi cara membuat CV ATS friendly di Word.

Isi CV dengan informasi yang relevan

Memasukkan informasi yang tidak relevan hanya akan membuat CV Sedulur tersingkir dari penyaringan ATS. Sebaiknya, masukkan informasi penting dan relevan saja, sesuai posisi yang dilamar. Hindari kesalahan pengetikan kalimat atau typo karena sering dianggap sebagai informasi tidak relevan sehingga mengurangi skor ATS.

Buat judul-judul CV secara jelas

Pisahkan bagian-bagian dalam CV menggunakan judul atau subjudul agar lebih mudah terbaca oleh ATS. Contoh judul CV ATS friendly yang benar adalah Profile, Contact, Education, Work Experience, dan Skills. Selain itu, hindari menggunakan tabel atau grafik karena cenderung tidak terbaca oleh sistem. Sedulur dapat menjelaskan keahlian atau pengalaman kerja menggunakan kalimat poin per poin. Cara tersebut justru bisa meningkatkan skor ATS.

Simpan CV sesuai format yang benar

Perlu diketahui, ATS lebih mudah membaca berkas dalam format DOC. Bahkan, ATS versi lama tidak bisa mendeteksi CV dalam format PDF. Namun, Sedulur perlu tahu bahwa format DOC tampilannya dapat berbeda-beda tergantung device masing-masing pengguna. Berbeda dengan PDF yang tampilannya selalu sama meski dibuka di device berbeda.

Sebagai alternatif, Sedulur dapat membuat CV versi DOC dan PDF. Kemudian, perhatikan instruksi dari HRD tentang format berkas yang diminta. Apabila format yang diminta adalah PDF, maka Sedulur bisa melampirkan CV format PDF, begitu pun sebaliknya.

Hindari desain dengan warna mencolok

Terkadang para pelamar kerja kebingungan memilih desain yang sesuai ATS. Seperti yang dibahas sebelumnya, ciri khas CV ATS adalah desainnya yang sangat sederhana dengan warna tidak mencolok. Software ATS akan menolak isi CV jika ada tabel, grafik, simbol, emoji, dan hal lain yang dinilai tidak umum.

Hal ini disebabkan ATS tidak menggunakan algoritma yang dapat membaca hal tersebut. Jadi, gunakan saja desain yang simpel agar CV terbaca oleh sistem. Jika ingin mencantumkan gambar, tabel, atau grafik pencapaian, lebih baik tambahkan ke dalam portofolio.

Lakukan tes CV

Setelah pembuatan CV ATS selesai, tahapan selanjutnya adalah melakukan tes menggunakan CV tester online atau meminta pendapat orang di sekitarmu. Hal ini untuk memastikan CV sudah dibuat dengan baik dan dapat terbaca oleh HRD secara jelas. Selain itu, tes CV juga bertujuan memastikan tidak ada tulisan yang ejaannya salah. Ingat, walaupun awalnya diseleksi dengan ATS, CV yang Sedulur buat nantinya tetap akan dibaca oleh HRD setelah disortir.

Kapan harus menggunakan CV ATS friendly?

Freepik

Banyak di antara Sedulur yang masih bingung waktu yang tepat menggunakan CV ATS friendly dan jenis CV kreatif. Jika Sedulur melamar posisi yang membutuhkan kreativitas tinggi seperti desainer atau periklanan, maka menggunakan jenis CV kreatif menjadi pilihan tepat ketimbang CV ATS.

Akan tetapi, jika Sedulur melamar ke posisi yang biasa dibuka oleh perusahaan korporat atau multinasional, gunakanlah CV ATS. Sebab, kebanyakan perusahaan besar sudah menggunakan bantuan sistem untuk memudahkan HRD dalam menyortir kandidat sesuai kebutuhan perusahaan.

Sekian ulasan lengkap mengenai CV ATS friendly yang banyak digunakan perusahaan untuk menyeleksi kandidat. Semoga bisa membantu Sedulur membuat CV yang baik sehingga mampu meraih pekerjaan impian. Singkatnya, jika Sedulur ingin membuat CV ATS friendly, gunakan kata kunci relevan, tidak perlu menambahkan tabel atau grafik, memperjelas judul, dan pastikan tidak ada typo dalam penulisan.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.