Dalam beberapa jenis perusahaan, terdapat karyawan yang dikenal dengan istilah helper. Helper adalah seseorang yang berkontribusi untuk membantu serta memenuhi suatu keperluan karyawan lainnya, agar tujuan yang sudah ditentukan dapat tercapai. Beberapa perusahaan yang umumnya membutuhkan helper diantaranya adalah perusahaan di bidang retail, industri pabrik, dan perusahaan-perusahaan yang memiliki load kerja yang sangat besar dalam produksinya.

Lantas, apa saja tugas, jenis, hingga syarat-syarat untuk menjadi seorang helper saat bekerja di lapangan? Yuk, simak ulasannya berikut ini! Berikut penjelasan mengenai apa itu helper dan juga tugas-tugasnya.

BACA JUGA : Gaji Perawat di Rumah Sakit, Klinik & Puskesmas Indonesia

Karyawan helper adalah

helper adalah
Depositphotos

Dalam dunia kerja, terdapat karyawan helper yang bertugas untuk membantu karyawan lainnya, baik sesama rekan kerja maupun atasannya. Tak hanya membantu, helper biasanya juga memiliki tanggung jawab untuk menjadi tenaga cadangan jika eksekutor utama berhalangan atau tidak dapat menyelesaikan tanggung jawabnya. Lazimnya, karyawan helper ini sering dibutuhkan dalam perusahaan manufaktur karena biasanya helper ini bekerja di bagian gudang untuk memastikan loading produk berjalan dengan baik. 

-->

Jenis-jenis helper

helper adalah
Depositphotos

Sebelumnya telah dijelaskan bahwa helper adalah seseorang yang berkontribusi untuk membantu serta memenuhi suatu kebutuhan, agar tujuan yang sudah ditentukan bisa tercapai. Tak hanya helper gudang saja, ternyata terdapat beberapa jenis helper lainnya, lho! Apa saja? Simak penjelasannya berikut ini!

1. Helper operator

Jenis helper yang pertama adalah helper operator. Helper operator bertugas dan bertanggung jawab untuk membantu seorang operator dalam mempersiapkan barang produksi. Untuk durasi kerja helper operator ini adalah 8 jam dan harus selalu stand by di depan mesin agar dapat selalu melakukan pemantauan dengan maksimal. Tak hanya itu, helper operator juga memiliki tanggung jawab untuk mencatat barang untuk kemudian dikirim ke divisi lain.

2. Helper welder

Sesuai dengan namanya, helper welder bertugas membantu untuk melakukan pengelasan pada peralatan perusahaan maupun dari klien. Barang-barang yang dilas biasanya adalah tabung gas maupun peralatan berat lain sesuai dengan yang dimiliki perusahaan atau permintaan klien.

3. Helper gudang

Sedulur tentu sudah tidak asing dengan nama helper gudang. Lantas, apa itu helper gudang? Helper gudang merupakan karyawan yang bertugas dan bertanggung jawab untuk memastikan kondisi alat berat di bagian gudang masih berjalan baik atau tidak. Tak hanya itu, helper gudang juga bertanggung jawab untuk mengangkat sekaligus meletakkan barang produksi dari gudang menuju kendaraan pengangkut distributor hingga melakukan pencatatan stok barang.

4. Helper painting

Helper yang selanjutnya adalah helper painting. Jenis helper ini bertugas untuk melakukan pembersihan karat di badan kapal sebelum dilakukan pengecatan atau pengecatan ulang. Pembersihan ini dilakukan supaya agar hasil catnya menjadi lebih bagus dan tidak mudah terkelupas.

5. Helper driver/kurir

Kurir pengantar barang atau makanan atau yang disebut juga dengan helper delivery ini biasanya bekerja di perusahaan yang bergerak di bidang jasa atau restoran.

6. Helper administrasi

Tugas helper administrasi diantaranya adalah membantu penyusunan dan pengecekan administrasi, seperti mengecek faktur, struk barang, memeriksa invoice, dan juga mengambil rekening koran di bank untuk bagian keuangan.

7. Helper medical

Helper medical biasanya bertugas untuk melakukan input data pasien di klinik maupun rumah sakit. Helper ini sangat dibutuhkan di saat kejadian luar biasa seperti pandemi COVID-19 dengan tanggung jawab untuk mengecek suhu hingga membersihkan semua area rumah sakit supaya steril.

BACA JUGA : Contoh Surat Paklaring yang Benar Beserta Cara Membuatnya

Tugas helper adalah

Depositphotos

Meskipun setiap perusahaan memiliki helper dengan tugas yang berbeda-beda, akan tetapi secara umum tugas helper diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Membantu membongkar muatan barang untuk dimasukkan ke dalam tempat penyimpanan perusahaan.
  • Memastikan barang di tempat penyimpanan sesuai data yang ada.
  • Melakukan pengelompokan barang.
  • Melakukan pencatatan barang keluar dan masuk.
  • Menangani struk dan barang produksi.
  • Menyiapkan barang yang akan diangkut oleh distributor.
  • Membuat laporan tentang semua barang yang ada di tempat penyimpanan.
  • Menjaga kebersihan tempat penyimpanan sehingga barang tidak rusak atau terkontaminasi.
  • Melakukan pengantaran barang.
  • Menjadi supir cadangan.

Gaji helper

Depositphotos

Dilansir dari laman Workmate Asia, untuk gaji helper gudang minimal adalah Rp3.390.000 per bulan, masih ditambah dengan beberapa asuransi kesehatan dan juga keselamatan kerja. Sementara itu, untuk wilayah DKI Jakarta dan Jawa Barat, untuk karyawan helper umumnya mendapatkan gaji kisaran Rp3 juta hingga Rp4,5 juta perbulannya.

Sedangkan untuk wilayah Jawa Timur berkisar antara Rp2.500.000 hingga Rp3.000.000, dan wilayah Jawa Tengah kisaran antara Rp1.500.000 hingga Rp2.500.000. Gaji helper memang berbeda-beda menyesuaikan dengan daerah tempat perusahaan dan juga beratnya tugas yang harus diselesaikan. 

BACA JUGA : PIC: Pengertian, Tugas, Skill dan Tanggung Jawabnya

Syarat menjadi helper

helper adalah
Depositphotos

Dalam beberapa iklan lowongan pekerjaan helper, biasanya tercantum syarat yang harus dipenuhi pelamar. Jika Sedulur berminat untuk menjadi seorang helper, simak syarat-syaratnya berikut ini!

  • Sehat jasmani dan rohani.
  • Usia tidak lebih dari 40 tahun saat melamar.
  • Memiliki fisik kuat.
  • Memiliki SIM B1 dan lancar mengemudi truk untuk keperluan mutasi di gudang.
  • Umumnya diutamakan laki-laki.
  • Tempat tinggal tidak jauh dari perusahaan.
  • Bersedia bekerja lembur.
  • Memiliki kecakapan dalam bidang pelaporan.
  • Minimal lulusan SMA/sederajat.

Tak hanya itu, terdapat beberapa syarat individu yang harus diperhatikan dan juga dipenuhi ketika ingin menjadi seorang helper. Diantaranya yaitu:

1. Teliti

Syarat yang pertama adalah teliti. Seorang helper diharapkan mempunyai ketelitian yang tinggi dalam menangani barang di gudang. Hal ini nantinya juga akan berhubungan dengan proses stock opname dan pelaporan barang kepada bagian administrasi. Tak hanya itu, ketelitian helper juga dapat bermanfaat untuk mendukung kelancaran sirkulasi barang di gudang agar tidak menghambat proses produksi maupun pemasaran.

2. Kecakapan fisik helper adalah

Kecakapan fisik merupakan salah satu syarat yang hampir mutlak dimiliki oleh seorang karyawan helper. Lingkungan gudang yang biasanya berkaitan dengan barang, palet kayu, dan juga pengangkutan tentu membutuhkan kekuatan fisik yang harus mumpuni. Hal ini diperlukan agar proses mutasi barang dari dan menuju gudang dapat berjalan lancar.

3. Memahami serta menerapkan K3

Menjadi seorang helper berarti berhubungan dengan berbagai benda keras dan berat yang dapat membahayakan pekerja. Hal ini tentunya membuat helper harus memahami serta menerapkan rambu-rambu keselamatan dan kesehatan kerja (K3) selama bekerja. Seorang helper tidak bisa seenaknya dalam memakai ketentuan K3 seperti alat keselamatan dan sejenisnya selama bekerja.

4. Memahami dan menerapkan 6K

Syarat menjadi helper yang terakhir adalah memahami serta menerapkan 6K. Hal ini dikarenakan helper adalah pekerjaan yang membutuhkan perhatian lebih terhadap penerapan 6K yang meliputi kebersihan, keindahan, kerindangan, ketertiban, keamanan, dan kekeluargaan. Semua faktor 6K tersebut diharapkan dapat diterapkan oleh seorang helper selama bertugas di gudang untuk menciptakan suasana kerja yang harmonis dan efektif. Penerapan 6K ini tentunya bertujuan untuk meningkatkan produktivitas dan kolaborasi kerja di suatu area pekerjaan tertentu.

Demikian penjelasan mengenai pengertian helper, jenis dan juga syarat-syaratnya. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa karyawan helper adalah artinya karyawan yang bertugas untuk membantu rekan sesama karyawan bahkan atasan untuk menyelesaikan pekerjaan. 

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.