gaji perawat

Berdasar pada aturan pemerintah, gaji perawat di Indonesia terbagi menjadi dua tingkatan, yaitu lulusan D3 dan juga lulusan sarjana S1 Keperawatan. Untuk gaji perawat spesialis sendiri ditentukan dari ruang lingkup profesi yang diambil. Nominalnya pun bervariasi, tergantung pada rumah sakit maupun klinik mana perawat tersebut bekerja. 

Bagi Sedulur yang penasaran dengan berapa gaji perawat tertinggi di Indonesia? Dan berminat mengambil profesi satu ini, yuk simak informasinya berikut!

BACA JUGA : Contoh Surat Paklaring yang Benar Beserta Cara Membuatnya

Gaji perawat rumah sakit

gaji perawat
Freepik

Perawat yang bekerja di rumah sakit umumnya adalah lulusan D3 Keperawatan. Tentunya perawat tersebut telah memiliki STR (Surat Tanda Registrasi) dari pemerintah.

-->

Jika sudah memiliki STR, maka perawat dapat menentukan rumah sakit mana yang nantinya akan dituju, baik rumah sakit negeri, swasta bahkan luar negeri. Kisaran untuk gaji perawat D3 di rumah sakit yang sudah memiliki STR adalah Rp 4 juta hingga Rp 7 juta per bulan.

Gaji perawat di puskesmas

Freepik

Dilansir dari Hasil Kajian Insentif Tenaga Kesehatan di Puskesmas dan Self Assessment Tim Nusantara Sehat Batch 1 dan 2, rata-rata gaji pokok yang didapatkan oleh  perawat adalah Rp 2.250.148. Selain dari gaji pokok tersebut, perawat di puskesmas juga mendapatkan sejumlah tunjangan dan tergantung dari daerah masing-masing puskesmas. Tunjangan tersebut kisaran Rp 555.000 untuk daerah terpencil dan Rp 3.666.081 untuk daerah biasa.

Jadi dapat disimpulkan, perawat yang bekerja di puskesmas akan mendapatkan gaji kisaran Rp 5,2 juta hingga Rp 5,8 juta yang dihasilkan dari gaji pokok serta tunjangan pekerjaan.

BACA JUGA : PIC: Pengertian, Tugas, Skill dan Tanggung Jawabnya

Perawat Homecare

gaji perawat

Tak hanya bertugas dalam instansi, perawat juga dapat memilih menjadi perawat homecare yang bertugas untuk merawat bayi, balita lansia bahkan pasien yang memiliki kebutuhan khusus. Jenis perawat ini biasanya mmepunyai jam kerja yang lebih fleksibel dibandingkan dengan perawat rumah sakit maupun puskesmas.

Untuk kisaran pendapatan seorang perawat lulusan S1 dengan STR adalah Rp 3,5 juta  sampai Rp 7 juta per bulan tergantung dengan kondisi pasien yang sedang dirawatnya.

Gaji perawat Gawat Darurat

Freepik

Perawat Gawat Darurat biasanya ditempatkan di unit gawat darurat di rumah sakit maupun klinik. Perawat ini dipercaya untuk menangani pasien ketika dalam keadaan genting sesuai dengan kegawatan keadaannya.

Perawat Gawat Darurat juga harus sudah bersertifikasi tindakan gawat darurat, yaitu Basic Trauma Cardiac Life Support (BTCLS), Basic Trauma Life Support (BTLS), Pelatihan Penanganan Gawat Darurat (PPGD), dan General Emergency Life Support (GELS). Untuk kisaran gajinya, perawat gawat darurat dengan STR per bulan adalah Rp4,4 juta sampai Rp 7 juta.

BACA JUGA : Gaji Pramugari 6 Maskapai di Indonesia Beserta Syaratnya

Gaji perawat asisten dokter

gaji perawat

Untuk lulusan D3 Keperawatan menjadi asisten dokter di klinik pribadi dapat menjadi salah satu pilihan yang tepat. Sama seperti perawat pada umumnya, asisten dokter juga bertugas untuk merawat pasien namun dengan ruang lingkup yang lebih kecil.

Untuk gaji perawat D3 yang bekerja menjadi asisten dokter kisaran Rp 2 juta hingga Rp 4 juta perbulannya, dan disesuaikan dengan spesialisasi dokternya.

Gaji perawat di klinik kecantikan

Kompas

Tak hanya bekerja di rumah sakit maupun puskesmas, perawat juga dapat memilih untuk bekerja di klinik kecantikan lho? Di sini, perawat kecantikan bertugas untuk membantu dokter dalam melakukan tindakan medis yang tentunya berkaitan dengan perawatan kosmetik dan juga skin care wajah.

Meski bekerja di klinik kecantikan, perawat ini juga harus mempunyai serifikat STR agar bisa mendampingi dalam tindakan medis. Untuk gajinya pun beragam, tergantung dari klinik kecantikan masing-masing. Akan tetapi, umumnya nominal gaji tersebut kisaran antara Rp 2,5 juta sampai Rp 5 juta. 

BACA JUGA : Admin Sales: Pengertian, Skill, Jenjang Karir & Tugasnya

Gaji perawat jiwa

Freepik

Perawat rumah sakit jiwa dituntut untuk dapat memahami kondisi pasien serta memastikan agar pasien tidak putus obat selama masa pengobatan masing berlangsung. Selain itu, perawat tersebut harus siap dalam menghadapi segala risiko yang akan dihadapi, seperti menerima pukulan dari pasien dengan perilaku kekerasan.

Maka dari itu dengan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan maka para perawat di rumah sakit jiwa harus memiliki sikap yang tegas dan tega agar dapat mendidik pasien-pasien yang ada di rumah sakit jiwa. Selain itu, sebagai perawat juga harus memberi dukungan kepada mereka yang memiliki penyakit kejiwaan, agar mereka bisa kembali ke masyarakat. Para perawat di rumah sakit jiwa yang mempunyai STR biasanya mendapatkan gaji yang berkisar antara Rp 4 juta sampai Rp 6 juta untuk setiap bulannya. 

Demikianlah pembahasan mengenai nominal gaji yang diterima perawat. Untuk gaji perawat S2 tentunya akan berbeda dengan lulusan S1 maupun D3 karena dari segi kemampuan dan akademik akan lebih terkualifikasi untuk jenjang yang lebih tinggi. Jadi tertarik menjadi seorang perawat Sedulur? 

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.