surat paklaring

Setelah mengundurkan diri dari sebuah perusahaan, kamu membutuhkan surat paklaring untuk kebutuhan administrasi. Dokumen yang diberikan oleh departemen Human Resources ini sering mengaju pada surat pengalaman kerja.

Biasanya, surat ini digunakan sebagai lampiran berkas dokumen saat akan mendaftar di perusahaan baru. Surat paklaring dalam Bahasa Inggris artinya adalah Certificate of Employment. Kini, banyak dari startup yang meminta surat ini sebagai syarat bagi calon pegawainya agar lebih mudah menilai kapasitas dan kemampuannya.

Surat paklaring memiliki banyak sekali fungsi, salah satunya untuk meminjam dana ke Bank maupun KPR. Surat ini biasanya diterbikan dari perusahaan tempat seseorang bekerja sebelumnya. Agar lebih jelas lagi memahami apa itu paklaring dan bagaimana cara membuatnya, simak penjelasannya di bawah ini.

BACA JUGA :General Affair: Pengertian, Tugas, Peran & Fungsinya

-->

1. Pengertian

surat paklaring adalah
Pexels

Surat paklaring adalah surat yang digunakan oleh seseorang ketika sedang membutuhkan bukti bahwa ia pernah maupun sedang bekerja di sebuah perusahaan tertentu. Surat ini dikeluarkan oleh pihak perusahaan dan berisi tentang identitas seseoran yang meminta dibuatkan surat tersebut.

Isi dari surat paklaring biasanya mengenai deskripsi kinerja, posis atau jabatan, dan lamanya ia bekerja di sebuah perusahaan. Dapat disimpulkan bahwa surat tersebut adalah surat pengalaman kerja yang sudah disahkan oleh perusahaan.

Dalam pasal 1602z KUHP dijelaskan tentang surat paklaring kerja dengan menyebutkan bahwa surat rekomendasi kerja atau paklaring wajibwajib diberikan oleh perusahaan kepaa karyawan yang berhenti bekerja dengan alasa apapun. Sedangkan menurut buku Pekerja Melek Hukum – Hak dan Kewajiban Pekerja Kontrak karya Tim Visi Yustisia dan Tim Editor Vidimedia 92016), umumnya surat ini digunakan untuk melamar pekerjaan baru, mengajukan pinjaman bank, hingga mengurus BPJS Ketenagakerjaan.

Selain di perusahaan atau tempat kerja sebelumnya, surat ini juga dapat dibuat oleh lembaga kecil. Hal ini karena lembaga kecil juga mempunyai hak untuk menerbitkan paklaring tersebut. Jadi pembuatan surat ini tidak terbatas oleh perusahaan besar saja.

Melalui paklaring pula, perusahaan baru tempat karyawan melamar dapat dengan mudah menilai kualitas dan kapasitas seseorang. Kapasitas dapat terlihat dari prestasi dan kontribusi yang pernah diraih calon karyawan berdasarkan penjelasan di surat tersebut.

BACA JUGA : PIC: Pengertian, Tugas, Skill dan Tanggung Jawabnya

2. Fungsi

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa fungsi dari surat paklaring tidak hanya untuk mempermudah melamar pekerjaan, tetapi juga berfungis untu hal yang lainnya. Berikut adalah fungsi utamanya.

Mengurus BPJS Ketanagakerjaan

surat paklaring kerja
fimela.com

Fungsi yang pertama dari surat ini adalah membuat BPJS Ketenagakerjaan. Seperti yang sudah banyak diketahui, BPJS Ketenagakerjaan perlu dimiliki oleh karyawan agar dapat mencairkan JHT atau Jaminan Hari Tua.

Kepemilikan dokumen tersebut dibutuhkan agar bisa mendapatkan seluruh atau sebagian dari jaminan tersebut. Supaya bisa mendapatkan dana JHT, pastikan surat paklaring Sedulur telah dilegalisir sebagai pengganti surat keterangan bekerja.

Melamar pekerjaan baru

perbedaan paklaring dan surat pengalaman kerja
menghargai pendapat

Fungsi kedua surat ini adalah untuk melamar pekerjaan baru. Biasanya dalam tahapan rekrutmen kerja di beberapa perusahaan, pelamar akan diminta melampirkan surat paklaring ketika mengirimkan CV atau setelah wawancara. Tujuannya adalah  sebagai tanda bukti bahwa calon karyawan tersebut pernah bekerja pada perusahaan yang disebutkan tersebut.

Walaupun tidak semua jenjang profesi membutuhkan dokumen tersebut, untuk jabatan supervisor ke atas sebagian besar akan memerlukan surat paklaring. Oleh karena itu, jangan hilangkan kesempatan kerja di jabatan yang tinggi hanya karena tidak memiliki surat paklaring.

Mendapatkan beasiswa melalui jalur prestasi

kerja
pixabay

Meski sudah bekerja dan mempunyai pengalaman, tidak menutup kemungkinan untuk dapat mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan. Kamu yang memiliki parklaring berkesempatan untuk mendapatkan beasiswa melalui jalur profesi terbuka.

Umumnya, beasiswa jalur ini berguna bagi Anda yang ingin melanjutkan studi S2 ataupun doktoral yang diberikan oleh pemerintah maupun pihak swasta. Ada beberapa dokumen penting yang biasanya akan diminta oleh pemberi beasiswa pendidikan tersebut, salah satunya adalah surat paklaring. Bahkan, agar dapat lebih meyakinkan, calon penerima beasiswa juga akan diminta memberikan surat rekomendasi dari atasan.

Mengajukan pinjaman di bank

fungsi
Ruangguru

Manfaat selanjutnya memiliki surat paklaring adalah dapat mengajukan pinjaman dana ke KPR, KKB, dan KTA. Karena biasanya untuk bisa mnegjukan pinjaman di beberapa tempat peminjaman harus memiliki status karyawan terlebih dahulu.

Alasannya adalah untuk digunakan sebagai bukti calon debitur memiliki penghasilan tetap dengan nominal tertentu. Dengan begitu, dapat terlihat apakah cicilan dari pinjaman yang diajukan dapat dibayar atau tidak. Hal yang serupa juga berlaku saat akan mengajukan kartu kredit. Dengan melihat surat paklaring tersebut, bank dapat mengetahui kemampuan finansial seseorang.

BACA JUGA : Pengertian Manajemen Beserta Fungsi, Tujuan & Unsurnya

3. Syarat membuat surat paklaring

Syarat
Pixabay

Sebelum menerbitkan surat ini, terdapat beberapa hal yang menjadi acuan untuk menerbirkannya. Simak ulasannya berikut ini.

Mengundurkan diri atau resign

Karyawan yang mengundurkan diri atau resign secara baik-baik tentu akan mendapatkan surat paklaring. Dapat dikatakan bahwa syarat pertama ini merupakan mutlak dan harus dilakukan karyawan agar dapat mempunyai dokumen tersebut.

Sebagai informasi tambahan, surat paklaring juga dapat digunakan sebagai surat referensi atau rekomendasi dari perusahaan sebelumnya. Jika karena suatu alasan karyawan meninggalkan tempat kerja dengan kesan yang negatif, perusahaan pasti tidak akan memberikan surat ini. Jadi, pastikan untuk mengakhiri masa kerja dengan kesan yang positif agar bisa memperoleh dokumen tersebut.

Masa kerja minimal satu tahun

Salah satu syarat untuk bisa mendapatkan surat ini adalah karyawan harus memiliki masa kontrak kerja minimal satu tahun disebuah perusahaan tertentu. Karena jika masa kerja kurang dari satu tahun, karyawan akan dianggap belum matang dalam menjalankan pekerjaannya.

Tak hanya itu, syarat lainnya adalah harus memunyai etika yang baik selama berkarir. Dapat dikatakan, seseorang yang memiliki masa kerja kurang dari 1 tahun hanya akan dianggap sebagai kutu loncat karena sering resign kerja dalam waktu yang cukup singkat. Oleh karena itu, pastikan masa kerja kamu lebih dari satu tahun agar bisa memiliki surat paklaring.

Memenuhi semua kewajiban kerja

Syarak ketiga untuk dapat mendapatkan surat paklaring adalah telah memenuhi semua kewajiban kerja di perusahaan. Dengan memenuhi kewajiban tersebut, karyawan akan meninggalkan kesan yang positif bagi perusahaan yang ditinggalkan.

Perlu diketahui dan diingat pula jika surat tersebut berfungsi sebagai bekal dalam mendapatkan pekerjaan yang selanjutnya. Oleh karena itu, alangkah baiknya untuk memenuhi ketiga syarat tersebut agar perusahaan dapat memberikan surat paklaring.

4. Format surat

format surat
99.co

Kop surat. Bagian pertama yang harus ada yaitu kop surat dari perusahaan. Adanya kop surat juga menyiratkan bahwa surat tersebut adalah asli yang dikelurakan oleh perusahaan. Kop surat berada di bagian atas halaman surat dan berisi identitas dari perusahaan.

Nomor surat. Surat paklaring itu merupakan berkas dokumen yang masuk ke dalam arsip perusahaan. Ketika dibutuhkan sewaktu-waktu, pihak yang membuat surat ini hanya perlu mencarinya di arsip.

Pengesahan. Paklaring harus memberikan informasi mengenai pihak perusahaan yang mengesahkan surat. Dalam hal ini berarti atasan maupun orang-orang yang memang memiliki wewenang untuk mengesahkan surat ini. Pengesahan surat dapat berupa tanda tangan maupun stempel perusahaan yang menerbitkan. Hal ini akan menjadi kekuatan hukum yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan resmi.

Isi surat dari paklaring adalah informasi yang berkaitan dengan identitas karyawan yang bersangkutan. Info tersebut termasuk berapa lama ia mengabdikan dirinya untuk perusahaan tersebut atau menginformasikan pernyataan yang ada kaitannya dengan informasi pribadi. Isi surat biasanya memuat pernyataan positif dan alasan seseorang mengunrukan diri dari perusahaan.

Stempel dan tanda tangan. Pada bagian akhir surat paklaring harus menyertakan stempel dan juga tanda tangan oleh orang yang memiliki wewenang atau otoritas untuk memberikan tanda tangan atau stempel dari perusahaan yang menerbitkan.

BACA JUGA : Brand Ambassador: Pengertian, Tugas, dan Tanggung Jawabnya

5. Contoh surat paklaring

contoh surat paklaring
Popbela.com

Yang bertanda tangan di bawah ini: 

 Nama: Hartono

Jabatan: Direktur PT Pacific Eastern Mandem

Menerangkan dengan ini sesungguhnya bahwa yang bersangkutan di bawah ini:

 Nama: Patar Bellosh 

 Alamat: Jl. Majapahit No.111, Tangerang 

 Benar telah bekerja pada perusahaan yang kami pimpin terhitung sejak 1 Mei 2015 sampai dengan 1 Maret 2020 dengan jabatan terakhir Asisten Manajer.  Selama jadi karyawan di perusahan kami, Saudara Patar Bellosh telah menunjukkan dedikasi dan loyalitas terhadap perusahaan dan tidak pernah melakukan Tindakan yang merugikan perusahaan dan dalam hal ini yang bersangkutan mengundurkan diri secara baik atas kemauannya sendiri. 

Kami ucapkan terima kasih dan besar harapan kami semoga yang bersangkutan lebih sukses untuk kedepannya. 

Tommy Tate 

Direktur PT Pacific Eastern Mandem 

 

Masih banyak orang yang salah menjelaskan perbedaan paklaring dan surat pengalaman kerja. Padahal keduanya adalah dokumen yang sama. Paklaring atau surat pengalaman kerja merupakan hal karyawan yang masa jabatannya lebih dari satu tahun dan diatur dalam Undang-undang.

Sedangkan paklaring dengan surat referensi kerja memiliki perbedaan. Surat referensi kerja biasanya dibuat secera khusus atas suatu kinerja. Perbedaan lain dari keduanya adalah terletak pada isi. Paklaring hanya menerangkan posisi, sedangkan referensi kerja lebih memuat informasi mendetail mengenai penilaian dari atasan langsung baik dari sisi kelebihan maupun kekurangan.

Beberapa orang yang dapat dimintai referensi dalam surat referensi kerja adalah manager, rekan kerja dan teman. Sedangkan paklaring harus dikeluarkan perusahaan sebelumnya seseorang bekerja.

Itulah rangkuman mengenai pengertian dan format surat paklaring. Singkatnya, dokumen ini adalah surat pengalaman kerja yang biasanya dikeluarkan oleh perusahaan setelah karyawan resign. Perusahaan hanya akan mengeluarkan surat ini pada karyawan yang memiliki masa jabatan lebih dari satu tahun dan telah memenuhi semua kewajibannya.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!