pic adalah

Dalam beberapa jenis proyek kerja, Sedulur pasti cukup familiar dengan penggunaan kata PIC. Istilah PIC adalah kepanjangan dari person in charge. Istilah ini merujuk pada seorang individu yang mengatur dan memastikan jalannya sebuah tugas sesuai dengan rencana. Tak hanya dalam dunia kerja saja, seorang PIC juga mulai banyak digunakan dalam dunia bisnis dan memiliki peranan yang sangat penting.

Pekerjaan satu ini tidak memiliki klasifikasi khusus, hampir semua orang bisa menempati posisi ini asalkan memiliki sikap tanggung jawab yang besar pada tugasnya. Namun, walaupun bisa diisi oleh siapa saja, posisi ini tetap harus mengedepankan kompetensi khususnya pada bidang pekerjaan dan pengetahuan soal kinerja posisi yang diberikan. Supaya lebih jelas, mari Sedulur simak apa saja tugas dan tanggung jawab PIC dalam penjalasan berikut ini.

BACA JUGA: Pengertian Manajemen Beserta Fungsi, Tujuan & Unsurnya

Pengertian PIC adalah

pic adalah
iStock

Person in charge atau biasa disebut sebagai PIC adalah seseorang yang ditugaskan untuk mengontrol jalannya proyek atau pekerjaan agar mencapai tujuan perusahaan. Umumnya, PIC ditunjuk oleh manajer atau ketua divisi untuk mengatur jalannya proyek agar berjalan dengan lancar.

-->

Oleh karena itu, bisa dikatakan bahwa PIC merupakan  jabatan yang memiliki peranan penting. Posisi ini menuntut banyak tanggung jawab dalam sebuah perusahaan maupun organisasi. Tak hanya harus memiliki tanggung jawab yang besar dalam bidangnya, PIC juga perlu memiliki kompetensi khusus pada bidang tersebut agar pekerjaannya tepat sesuai dengan tujuan.

Tugas dan tanggung jawab PIC adalah

pic adalah
Freepik

Setelah mengetahui definisi dari jabatan tersebut, kira-kira apa saja tugas dan tanggung jawab dari PIC ya? Secara garis besar, tugas dari PIC adalah bertanggung jawab penuh atas kegiatan yang diberikan manager maupun kepala devisi kepadanya. Tugas ini bisa memiliki bermacam bentuk sesuai dengan kebijakan atau target perusahaan pada periode tersebut.

PIC juga harus memantau perkembangan tentang tugas yang diembannya. Selain itu, ia harus memberikan laporan berkala kepada kepala divisi sebagai bentuk pertanggungjawaban kinerjanya. Dalam laporan kinerja ini, biasanya PIC akan menyampaikan terkait progres pekerjaan, kendala, dan target yang kemungkinan bisa dicapai.

Misalnya, seorang manajer akan memberi perintah kepada bawahannya yang kompeten dalam menangani tugas terkait adanya event online. Maka karyawan yang ditunjuk harus bisa memastikan event tersebut berjalan lancar dan mencapai target. Selama proses perencanaan, event dilaksanakan, hingga acara berakhir, PIC akan memberikan laporan secara berkala terkait progres dan kendala. Progres bisa berupa bagaimana acara berjalan, apakah berhasil atau tidak. Dan terakhir, target dari acara ini juga akan ditinjau langsung oleh PIC, seperti berapa jumlah peserta dan manfaatnya untuk perusahaan.

BACA JUGA: Komisaris adalah: Pengertian, Tugas, Gaji & Tanggung Jawabnya

Skill yang dibutuhkan PIC adalah

iStock

Tugas dan tanggung jawab seorang PIC terbilang cukup besar. Maka dari itu, dibutuhkan skill yang mumpuni dan bisa mencakup seperti seorang menager. Berikut kemampuan yang harus dimiliki:

1. Komunikasi. Kemampuan ini selalu dibutuhkan dalam pekerjaan apapun. Seorang PIC harus pandai berkomunikasi dan menyampaikan pesan kepada orang lain. Baik itu rekan kerja maupun orang luar yang berkaitan dengan tugasnya. Kemampuan komunikasi yang baik tentu akan mempermudah dalam menjalankan tugas yang sudah diberikan.

2. Problem solving. Dalam menjalankan tugas, pasti ada beberapa kendala yang akan dihadapai dari pihak internal maupun eksternal. Oleh karena itu, PIC harus memiliki kemampuan problem solving yang baik agar mampu menanggapi dan masalah yang akan dihadapi.

3. Pengambilan keputusan. Kemampuan ini menjadi hal yang penting dalam bekerja terutama bagi seorang PIC. Keberhasilan suatu kegiatan didasari pada pengambilan keputusan yang tepat. Jika ia tidak mampu mengambil keputusan yang tepat, tugas yang diberikan juga tidak akan berjalan dengan baik dan lancar.

4. Interpersonal. Selain skill komunikasi dan problem solving, seorang PIC juga harus memiliki interpersonal yang baik. Ia harus memiliki hubungan baik dengan orang lain. yang akan memperlancar proses pekerjaan yang dilakukan.

Rentang gaji PIC

Freepik

Gaji PIC terbilang cukup variatif dan berkisar antara Rp 5-10 juta per bulan. Akan tetapi ,gaji tersebut dapat sewaktu-waktu berubah tergantung dari jenis perusahaan dan tempat wilayah kerjanya. Bayaran tersebut sebanding dengan beban kerja yang harus ditanggung seorang oleh PIC.

BACA JUGA: Web Developer: Pengertian,Tugas, Gaji & Skills yang Dibutuhkan

Contoh & tanggung jawab

iStock

PIC dalam perusahaan biasanya berkaitan dengan manajeman kantor. Setiap perusahaan memiliki orang yang memiliki tanggung jawab berbeda-beda yang tergantung dari jenis bidang tertentu. 

1. Bengkel

PIC di bengkel biasanya dapat ditemukan di perusahaan dealer. Sama seperti tugas PIC lainnya, ia bertugas sebagai penanggung jawab dengan penjabaran sebagai berikut:

  • Mengelola tugas yang dapat meningkatkan mutu dan pelayanan.
  • Melakukan pelatihan kepada staff.
  • Penanggung jawab keamanan.
  • Bertanggung jawab mengelola administrasi dan inventaris.

2. Rumah sakit

  • Peningkatan mutu di unit wilayah kerja rumah sakit.
  • Melaporkan progres pemantauan kepada atasan.
  • Menyusun indikator mutu unit kerja.
  • Mempersiapkan & sosialisasi indikator mutu unit kerja.
  • Menganalisa pencapaian indikator yang sudah dicapai.

3. Warehouse

  • Membuat perencanaan pergudangan.
  • Penanggung jawab dalam penghitungan stok.
  • Memastikan stok sesuai dengan kebutuhan di lapangan.
  • Memastikan SOP berjalan dengan baik.

BACA JUGA: CEO: Pengertian, Tugas, Cara Menjadi & Tanggung Jawabnya

Mengenal perbedaan PIC dan supervisor

Freepik

Terkesan sama, ternyata PIC dan supervisior memiliki perbedaan yang cukup mencolok. PIC adalah pihak yang ditunjuk oleh manajer karena mamiliki kemampuan untuk mengelola projek dai awal hingga selesai dengan baik. Ia bertanggung jawab mengatur dan mengelola sebuah kegiatan sebaik mungkin. Di sisi lain, supervisior memiliki tugas yang bertanggung jawab dan memastikan semua pekerjaan berjalan dengan baik sesuai dengan monitoring produksi. 

PIC dan supervisor memiliki peranan yang sama-sama penting dalam sebuah perusahaan dengan tugas dan peranan masing-masing. Supervisor dapat dibagi dalam beberapa tugas sesuai dengan bakat, kemampuan, dan pengalamannya. Misalnya  di divisi marketing, finance, dan human resources.

Syarat & ketentuan yang perlu diperhatikan

pic adalah
iStock

1. Bertanggung jawab ekstra. Seorang PIC harus memiliki tanggung jawab yang besar. Pasalnya, dia ditunjuk memiliki kelebihan dan keahliaan lain dibanding karyawan lain di perusahaan.

2. Memiliki keahlian tertentu. Seorang PIC adalah yang memiliki skill dan keahlian tertentu untuk menjalankan event dan kegiatan penting perusahaan dan bisnis.

3. Mental kuat. Seorang PIC akan dihadapkan dengan banyak tugas dan pekerjaan yang sangat penting dari atasannya. Untuk itu, ia harus memiliki mental yang kuat untuk menghadapi pekerjaannya yang mungkin akan mengalami banyak kendala. Memiliki mental yang kuat membuatnya mampu menangani stress management dengan baik.

Penjabaran tentang serba-serbi PIC dalam dunia kerja sudah dijelaskan secara singkat dan lengkap. Mulai dari tugas, skill khusus yang harus dimiliki, hingga tanggung jawab yang harus diemban. Bila mendapatkan tanggung jawab ini, ini adalah pertanda bahwa Sedulur merupakan salah satu karyawan yang kompeten di bidangnya.

Anggap saja tanggung jawab baru ini adalah batu lompatan untuk mendekatkan Sedulur kepada kenaikan jabatan dan promisi. Selesaikan tugasmu sesuai dengan target, ya. Apabila atasanmu puas dengan hasil dan progres kerja, kamu akan mendapatkan bonus.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.