pic adalah

Di banyak project di pekerjaan, kamu pasti mulai familiar dengan kata PIC. Istilah PIC adalah kepanjangan dari person in charge. Individu ini adalah yang mengatur mengontrol jalannya sebuah proyek dan pekerjaan sesuai dengan rencana yang sudah dibuat. Ia memiliki peranan penting dalam sebuah jalannya bisnis.

Yang menjadi PIC bisa siapa saja karena tidak harus dipegang oleh orang dengan jabatan tinggi. Memiliki peran penting dalam perusahaan, posisi ini harus diisi oleh orang yang benar-benar kompeten di bidangnya. Yakni mengatur dan mengelola sebuah kegiatan sebaik mungkin. Supaya lebih jelas, simak apa saja tugas dan tanggung jawab di penjelasan penjalasan berikut ini.

BACA JUGA: Pengertian Manajemen Beserta Fungsi, Tujuan & Unsurnya

1. PIC di dunia kerja

person in charge adalah
Pixabay

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Person In Charge adalah jabatan yang memiliki peranan penting dalam perusahaan. Meski masih terkesan asing, posisi ini menuntut banyak tanggung jawab dalam sebuah company maupun organisasi. Orang ini memiliki tanggung jawab yang besar dalam bidangnya sehingga memang harus dipegang oleh orang yang benar-benar kompeten.

2. Tugas dan tanggung jawab

tanggung jawab
Pixabay

Setelah mengetahui definisi dari jabatan tersebut, sudah tahu apa saja tugas dan tanggung jawabnya? Secara garis besar, tugas dari PIC adalah bertanggung jawab penuh atas kegiatan yang diberikan manager maupun kepala devisi kepadanya.

PIC harus memantau perkembangan tentang semua tugas yang sudah diberikan. Selain itu, ia juga harus memberi laporan kepada kepala divisi dan siap untuk menanggapi segala pertanyaan menganai tugas, progres, dan targetnya.

Mari ambil contoh, ada seorang manajer yang memberi perintah kepada bawahannya yang kompeten dalam menangani tugas yang telah ditentukan perusahaan. Tugas yang dimaksud dapat berjangka panjang maupun jangka pendek. Setelah itu, PIC yang ditunjuk oleh manajer akan menyiapkan segala hal yang berkaitan dengan laporan tentang perkembangan tugasnya kepada atasan.

BACA JUGA: Copywriting: Pengertian, Jenis, Contoh dan Cara Membuatnya

3. Skill yang dibutuhkan

pic adalah singkatan
Pixabay

Tugas dan tanggung jawab seorang PIC terbilang cukup besar. Maka dari itu, dibutuhkan skill yang mumpuni dan bisa mencakup seperti seorang menager. Berikut kemampuan yang harus dimiliki:

1. Komunikasi selalu dibutuhkan dalam pekerjaan apapun. Seorang PIC harus pandai berkomunikasi dan menyampaikan pesan kepada orang lain. Baik itu rekan kerja maupun orang luar yang berkaitan dengan tugasnya. Kemampuan komunikasi yang baik tentu akan mempermudah dalam menjalankan tugas yang sudah diberikan.

2. Problem solving. Dalam menjalankan tugas, pasti ada beberapa kendala yang akan dihadapai dari pihak internal maupun eksternal. Oleh karena itu, PIC harus memiliki kemampuan problem solving yang baik agar mampu menanggapi dan masalah yang akan dihadapi.

3. Pengambilan keputusan menjadi hal yang penting dalam bekerja terutama bagi seorang PIC. Keberhasilan suatu kegiatan didasari pada pengambilan keputusan yang tepat. Jika ia tidak mampu mengambil keputusan yang tepat, tugas yang diberikan juga tidak akan berjalan dengan baik dan lancar.

4. Interpersonal. Selain skill komunikasi dan problem solving, seorang PIC juga harus memiliki interpersonal yang baik. Ia harus memiliki hubungan baik dengan orang lain. yang akan memperlancar proses pekerjaan yang dilakukan.

BACA JUGA: Pengertian Wiraswasta dan Bedanya dengan Wirausaha

4. Range gaji

gaji pic
Grid.ID

Gaji PIC terbilang cukup variatif dan berkisar antara Rp5-10 juta per bulan. Akan tetapi ,gaji tersebut dapat sewaktu-waktu berubah tergantung dari jenis perusahaan dan tempat wilayah kerjanya. Bayaran tersebut sebanding dengan beban kerja yang harus ditanggung seorang oleh PIC.

BACA JUGA: Web Developer: Pengertian,Tugas, Gaji & Skills yang Dibutuhkan

5. Contoh & tanggung jawab

contoh
Alodokter

PIC dalam perusahaan biasanya berkaitan dengan manajeman kantor. Setiap perusahaan memiliki orang yang memiliki tanggung jawab berbeda-beda yang tergantung dari jenis bidang tertentu. 

1. Bengkel

PIC di bengkel biasanya dapat ditemukan di perusahaan dealer. Sama seperti tugas PIC lainnya, ia bertugas sebagai penanggung jawab dengan penjabaran sebagai berikut:

  • Mengelola tugas yang dapat meningkatkan mutu dan pelayanan
  • Melakukan pelatihan kepada staff
  • Penanggung jawab keamanan
  • Bertanggung jawab mengelola administrasi dan inventaris

2. Rumah sakit

  • Peningkatan mutu di unit wilayah kerja rumah sakit
  • Melaporkan progres pemantauan kepada atasan
  • Menyusun indikator mutu unit kerja
  • Mempersiapkan & sosialisasi indikator mutu unit kerja
  • Menganalisa pencapaian indikator yang sudah dicapai

3. Warehouse

  • Membuat perencanaan pergudangan
  • Penanggung jawab dalam penghitungan stok
  • Memastikan stok sesuai dengan kebutuhan di lapangan
  • Memastikan SOP berjalan dengan baik

BACA JUGA: CEO: Pengertian, Tugas, Cara Menjadi & Tanggung Jawabnya

6. Perbedaan PIC dan supervisor

perbedaan pic dan supervisor
Freepik

Terkesan sama, ternyata PIC dan supervisior memiliki perbedaan yang cukup mencolok. PIC adalah pihak yang ditunjuk oleh manajer karena mamiliki kemampuan untuk mengelola projek dai awal hingga selesai dengan baik. Ia bertanggung jawab mengatur dan mengelola sebuah kegiatan sebaik mungkin. Di sisi lain, supervisior tugasanya adalah bertanggung jawab dan memastika semua pekerjaan berjalan dengan baik sesuai dengan monitoring produksi. 

PIC dan supervisor memiliki peranan yang sama-sama penting dalam sebuah perusahaan dengan tugas dan peranan masing-masing. Supervisor dapat dibagi dalam beberapa tugas sesuai dengan bakat, kemampuan, dan pengalamannya. Misalnya  di divisi marketing, finance, dan human resources.

7. Syarat & ketentuan

syarat
Freepik

1. Bertanggung jawab ekstra. Seorang PIC harus memiliki tanggung jawab yang besar. Pasalnya, dia ditunjuk memiliki kelebihan dan keahliaan lain dibanding karyawan lain di perusahaan.

2. Memiliki keahlian tertentu. Seorang PIC adalah yang memiliki skill dan keahlian tertentu untuk menjalankan event dan kegiatan penting perusahaan dan bisnis.

3. Mental kuat. Seorang PIC akan dihadapkan dengan banyak tugas dan pekerjaan yang sangat penting dari atasannya. Untuk itu, ia harus memiliki mental yang kuat untuk menghadapi pekerjaannya yang mungkin akan mengalami banyak kendala. Memiliki mental yang kuat membuatnya mampu menangani stress management dengan baik.

Penjabaran tentang serba-serbi PIC dalam dunia kerja sudah dijelaskan secara singkat dan lengkap. Mulai dari tugas, skill khusus yang harus dimiliki, hingga tanggung jawab yang harus diemban. Bila mendapatkan tanggung jawab ini, ini adalah pertanda bahwa Sedulur merupakan salah satu karyawan yang kompeten di bidangnya.

Anggap saja tanggung jawab baru ini adalah batu lompatan untuk mendekatkan Sedulur kepada kenaikan jabatan dan promisi. Selesaikan tugasmu sesuai dengan target, ya. Apabila atasanmu puas dengan hasil dan progres kerja, kamu akan mendapatkan bonus.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!