Apa Itu Wirausaha? Pengertian, Jenis, Ciri-ciri dan Cara Sukses

Wirausaha adalah alternatif pekerjaan yang patut dicoba selagi masih muda dan memiliki modal. Kamu tidak bekerja kepada orang lain. Kamu sendiri lah yang menjadi pemilik, bos, sekaligus karyawan di bisnis ini.

Dengan mengikuti ulasan ini, Sedulur diharapkan lebih pahan tentang beberapa hal. Mulai dari pengertian, karakteristik wirausaha, jenis, hingga cara suksesnya. Tidak menjadi pekerja kantor bukanlah satu-satunya tujuan. Kalau bisa punya perusahaan sendiri, kenapa tidak dirintis dan diseriusi?

Tips menjadi wirausaha adalah konsisten

1. Pengertian wirausaha

wiraswasta dan wirausaha adalah
image source: Unsplash

Wirausaha dan wiraswasta memiliki pengertian yang sama. Jika dicomot dari Kamis Besar Bahasa Indonesia, definisi wirausaha adalah orang yang berbakat mengenali, menentukan cara produksi, menyusun strategi untuk pengadaan barang, memasarkan, serta mengatur permodalan operasi produk. 

2. Jenis wiraswasta

karakteristik wirausaha
image source: Unsplash

Setelah mengetahui definisi dan kepanjangan wirausaha yang juga disebut sebagai entrepreneur, kamu perlu mengetahui beberapa jenis dan kategori dari wiraswasta itu sendiri. Dari sini, bakal bisa ditentukan peran apa yang cocok untuk mengembangkan perusahaanmu ke depannya.

Penemu

Dalam perusahaan rintisan masa kini, penemu sering juga disebut sebagai founder. Ia memiliki peran untuk mencari konsep, mendefinisikan, dan memikirkan business plan dalam garis besar maupun spesifiknya.

Ada banyak hal yang harus dipikirkan dan disiapkan oleh orang yang berperan sebagai penemu. Mulai dari brand, tujuan perusahaan, sasaran market, hingga produknya. Proses ini memang menguras tenaga, waktu, dan pikiran untuk menciptakan produk yang sesuai dengan aspek yang sudah disebutkan di atas dan mengadaptasikan dengan peluang yang ada.

Inovator

Peran inovator dalam merintis sebuah bisnis juga sangat diperlukan kehadirannya. Bersama dengan founder, dia akan membantu untuk mengasah dan memantapkan teknilogi yang ada untuk membuat produk yang dijual memiliki nilai unik lebih.

Meskipun produk sudah ada dan siap diluncurkan, para inovator ini harus memutar otak untuk memberikan impact lebih dari segi bisnis dan dari sudut pandang calon pelanggan. Tidak jarang di proses ini juga cukup ribet karena ada banyak pembenahan untuk perbaikan yang membawa dampak lebih.

Marketer

Selain penemu dan inovator, ada karakteristik wirausaha lainnya yang juga memiliki keuletan lebih. Yakni marketer. Ia memiliki tugas untuk melakukan riset dan mengidentifikasi kebutuhan pasar. Berangkat dari data riset yang didapat, dia bisa mewujudkannya dengan produk buatannya maupun meluncurkan variasi baru supaya lebih disukai oleh masyarakat.

Baca juga: Peluang Usaha yang Menjanjikan yang Perlu Dicoba di 2021

3. Ciri-ciri & karakteristik wirausaha

sikap wirausaha
image source: Unsplash

Supaya bisa sukses, ada sikap wirausaha dan karakteristik khusus yang dibutuhkan. Selain itu, kamu juga perlu mengasah kemampuan lainnya agar bisnis rintisan kecil-kecilan yang kamu jalannya bisa semakin berkembang, mendapat untung banyak, dan memanen exposure besar di Indonesia.

Berikut adalah poin-poin yang harus dimiliki bagi kamu yang berniat untuk menjadi wirausaha:

  • Berani mencoba di segala peluang
  • Kreatif dan inovatif
  • Leadership yang baik
  • Kemampuan analisa yang tepat
  • Kemauan untuk konsisten

Baca juga: Tips Lengkap Membuka Toko Sembako dan Cara Mengelolanya

4. Sikap wirausaha agar jadi entrepreneur sukses

wiraswasta dan wirausaha adalah
image source: Unsplash

Dari sikap wirausaha yang sudah disebutkan di atas, diharapkan kamu bisa mencapai kesuksesan dari segi bisnis dan keuntungan. Untuk itu, setiap karakteristiknya bisa diaplikasikan untuk mengelola bisnis dan usaha agar menjadi lebih berkembang.

  • Berani mencoba dan siap dengan segala risiko

Bila peluang bisnis yang menguntungkan ada di depan mata tapi tidak ada keberanian untuk mengeksekusi tidak akan memberi hasil yang baik. Kamu bakal jalan di tempat karena tidak ada progress berarti.

Untuk menjadi entrepreneur yang sukses, kamu harus memiliki karakteristik wirausaha yang berani mencoba peluang yang ada dengan segala risikonya. Kalau tidak dicoba, kamu tidak akan tahu apa saja tantangan yang menghalau dan solusinya. 

  • Kreatif, inovatif, dan mau beradaptasi dengan perubahan

Selain punya produk yang bagus, jiwa wirausaha sejati diwajibkan untuk kreatif dan inovatif. Kamu harus mampu membuat produk terkesan lebih menarik dan terjangkau meskipun pada dasarnya sama dengan barang serupa lainnya.

Contoh sederhananya adalah menyoal branding dan packaging. Kompetitor dan lapakmu boleh menjual produk yang sama. Supaya ada pembeda, buat produkmu jadi lebih unik. Kamu bisa merancang packaging yang lebih eyecatching. Selain itu, kamu juga perlu beradaptasi dengan membuat foto produk yang bagus untuk diunggah di akun jualanmu. 

Inovasi juga perlu dilakukan supaya bisa mengembangkan produk baru secara maksimal. Dengan begitu, bisnismu jadi lebih luas cakupan pasarnya. Selain inovatif dalam produk, kamu juga perlu beradaptasi dengan teknologi untuk proses pendistribusian barangnya.

Contoj nyatanya adalah meyoal mengunggah produk di e-commerce. Kamu perlu membuat akun di beberapa toko online untuk memudahkan pelanggan yang belanja lebih banyak. Apalagi jika mereka adalah tipikal pembeli yang berburu diskonan.

Baca juga: Cara Menjadi Reseller Modal Kecil Untung Maksimal

  • Menjadi pemimpin yang baik

Menjadi wirausaha adalah menjadikanmu sebagai bos di bisnismu sendiri. Kamu pun dituntut untuk bekerja dengan orang lain yang bisa mendukung usahamu jadi lebih berkembang dan cuan. Maka dari itu, diperlukan orang yang punya jiwa kepimimpinan yang tegas dan pengertian.

Jadilah pemimpin yang bisa mengarahkan sekaligus menjadi pendengar yang baik dari segi profesional maupun personal. Dengan begitu, karyawan yang bekerja denganmu akan semangat dan mau membantu untuk memajukan bisnis dengan cepat dan efisien.

  • Mampu menganalisa data secara akurat

Hal esensial lain yang harus dimiliki oleh seorang wirausaha adalah mampu menganalisa data secara akurat dan tepat. Bila mampu menganalisa dengan baik, kamu tentu jadi bisa menentukan langkah yang harus diambil untuk jangka pendek dan panjang demi kelangsungan bisnis.

Kamu tidak boleh gegabah dan asal-asalan untuk menghabiskan budget yang ada bila tidak ada impact berarti dari strategi yang sudah dilakukan. Agar tidak terbuang percuma, kamu harus mencari opsi lain agar lebih efisien dengan budget terbatas.

  • Konsisten dan tidak pantang menyerah

Salah satu tantangan yang dialami oleh wirausaha adalah profit yang naik turun. Supaya bisa mendapatkan pemasukan yang stabil, kamu harus konsisten untuk menjalankan strategi yang sedang dijalankan. Selain itu, kamu juga perlu mencari jalan tengah untuk mencari plan baru untuk menaikkan penjualan.

Di sini, mental entreprenur-mu diuji. Kamu dituntut untuk pantang menyerah ketika melewati masa sulit ini. Tak perlu terburu-buru, kamu diminta untuk tetap bertahan sambil mengevaluasi dan mengambil langkah baru.

Menjadi wirausaha adalah hal yang penuh kejutan. Modal dan niat besar juga diperlukan. Apabila ingin menjadi entrepreneur dengan  modal kecil, tak ada salahnya untuk menjadi Super Agen dan belanja di Aplikasi Super untuk membeli sembako. 

Kamu bisa mendapat untung lebih yakni harga yang lebih murah. Dari sini, kamu bisa menyimpan uang hasil penghematan ini untuk belanja selanjutnya. Bahkan kamu juga bisa menyimpannya sebagai tambahan modal untuk memulai bisnis kecilmu. Tertarik untuk menyeriusi usaha sendiri tanpa perlu repot menjadi karyawan kantoran? Jangan ragu untuk menjadi wirausaha segera ya, Sedulur.