Usaha yang menjanjikan

Tertarik untuk punya usaha sendiri? Usaha yang menjanjikan ini cocok dicoba oleh para pemula dan bisa Sedulur jadikan inspirasi!

Ingin mendapat pemasukan tambahan? Punya bisnis sendiri adalah salah satu pilihannya. Dengan menjalankan usaha yang menjanjikan, kamu bisa mendapat keuntungan yang besar. Untuk itu, kamu perlu melakukan riset lebih dalam tentang bisnis yang laku setiap hari.

Bukan perkara mudah, ada banyak hal yang perlu disiapkan supaya bisa sampai di titik jadi pengusaha sukses. Menentukan nama brand, target market, modal, serta urusan strategi bisnis wajib dilakukan dalam waktu bersamaan. Untuk yang berniat merintis, kamu bisa melihat peluang usaha yang cocok untuk pemula. Sebagai langkah awal, tentukan dulu saja bisnisnya secara garis besarnya. Selanjutnya, bisa dipikirkan lagi tentang untung dan penjualannya.

1. Rental mobil

Usaha yang menjanjikan Rental mobil
image source: Unsplash

Punya mobil yang jarang dipakai? Dapatkan cuan lebih dengan menyewakan kendaraan pribadimu tersebut kepada orang lain. Terkesan mudah, usaha yang cocok untuk pemula ini juga memiliki risikonya sendiri. 

Kamu harus memikirkan tentang kemungkinan terburuknya bila sudah mulai menjalankan bisnis rental mobil ini. Mulai dari biaya perawatan kendaraan, administrasi, pelayanan, serta harga sewa untuk menghitung keuntungan. Jika semuanya sudah siap, kamu bisa memasarkannya secara offline dan online. Bisa dari mulut ke mulut lewat keluarga dan teman maupun melalui media sosial.

2. Wedding organizer

usaha yang menjanjikan Wedding organizer
image source: Unsplash

Merintis usaha wedding organizer bisa menjadi salah satu bisnis yang lagi trend untuk anak muda. Kamu dituntut untuk bisa mengorganisir dan berkomunikasi kepada klien dan vendor pernikahan.

Kemampuan komunikasi yang baik dan luwes adalah kunci untuk membuat bisnismu makin dikenal. Selain itu, kamu juga perlu punya kemampuan negosiasi yang ekstra untuk memberi kepuasan kepada calon pengantin serta mendapatkan laba yang sesuai.

3. Makeup artist

Usaha yang menjanjikan Makeup artist
image source: Unsplash

Paham dalam urusan makeup dan lihai mendandani orang lain? Makeup artist bisa dijadikan pekerjaan sampingan di waktu senggang. Sebagai awalan, kamu bisa memperbanyak portofolio dengan me-makeup teman dan saudaramu.

Meskipun belum tentu jadi bisnis yang laku setiap hari, kebutuhan bagi wanita untuk tampil prima di banyak acara ini bisa jadi peluang yang bagus. Jasa makeup artist-mu bisa saja akan ramai di-booking saat musim wisuda, ada acara engagement, hingga akad dan resepsi.

4. Jasa translate

bisnis yang laku setiap hari Jasa translate
image source: Unsplash

Punya skill bahasa asing di atas rata-rata? Manfaatkan kemampuanmu itu dengan memulai usaha jasa translate. Usaha yang cocok untuk pemula ini tidak mengharuskanmu merogoh kocek terlalu dalam sebagai modal.

Kamu bisa memulainya dengan menawarkan translate abstrak, skripsi, maupun thesis kepada sesama teman mahasiswa. Kamu bisa menentukan rate sesuai dengan target yang disasar. Bakal laku keras, nih!

5. Online shop

bisnis yang laku setiap hari Online shop
image source: Unsplash

Online shop merupakan salah satu bisnis yang menguntungkan saat pademi. Transaksi yang dituntut serba online dan minim kontak langsung membuat banyak orang memperbanyak kuantitas belanja secara daring.

Ada banyak persiapan yang harus dipenuhi untuk memulai bisnis toko online ini. Sebelumnya, kamu harus melakukan riset untuk brand, target pasar, harga, kompetitor, sampai trategi marketing-nya.

Yang tak kalah penting, kamu juga harus memilih e-commerce untuk dijadikan toko. Selain itu, promo dan diskon di tanggal kembar bisa dijadikan opsi untuk bisa memikat pembeli baru untuk beli dan repurchase.

Baca juga: Ide Usaha Modal Kecil Untung Besar yang Menjanjikan, Sudah Coba?

6. Katering

Usaha yang menjanjikan Katering
image source: Unsplash

Butuh inspirasi bisnis yang laku setiap hari? Katering bisa jadi salah satu alternatifnya. Bagi yang suka memasak dan passionate di bidang kuliner, kamu bisa memulainya dari skala kecil, menengah, atau langsung yang besar.

Untuk skala kecil, kamu bisa memulai dengan katering untuk makan siang kantor yang bisa dipesan minimal 10 porsi. Kamu bisa menentukan harga per porsinya sesuai dengan pilihan menu dan jumlah hari dalam seminggu. 

Bila sudah siap dengan order berjumlah besar, kamu bisa melanujtkannya dengan menyiapkan katering untuk acara resmi lainnya seperti akikah, khitanan, ulang tahun, hingga resepsi pernikahan.

7. Foodpreneur

bisnis yang laku setiap hari kuliner
image source: Unsplash

Tertarik untuk terjun ke dunia kuliner? Kamu bisa menjadi foodpreneur dan menjajakan beragam makanan dan minuman. Usaha yang menjanjikan ini bisa dimulai dengan berjualan di gerobak di pinggir jalan. Tujuannya agar kamu bisa menyasar market yang lebih banyak suka dengan makanan terjangkau.

Bila ingin memulai di usaha menengah, kamu bisa menyewa stand di pujasera maupun foodcourt di dalam mal. Jika punya modal lebih dan tertarik untuk menyasar banyak kalangan, kamu bisa langsung menyewa ruko untuk restomu. Pastikan untuk mempersiapankan segala aspeknya dengan matang, ya.

8. Franchise

bisnis yang laku setiap hari Franchise
image source: Unsplash

Lebih suka usaha yang menjanjikan yang pasti dapat untung melimpah? Kamu bisa menjajal bisnis waralaba atau franchise. Dengan model bisnis kemitraan, kamu tinggal membuka cabang tanpa perlu repot menentukan konsep interior, eksterior, menu, hingga sistem pembayaran.

Semua aspek itu sudah disediakan oleh pemilik usahanya. Sebelum bergabung, kamu akan dijelaskan lebih rinci tentang modal franchise yang harus disiapkan hingga jumlah laba yang didapatkan setiap bulannya. Menarik. bukan?

9. Reseller

bisnis yang lagi trend untuk anak muda Reseller
image source: Unsplash

Apabila masih belum berani untuk membuat brand sendiri, kamu bisa memulai dengan menjadi reseller. Barang yang dijual bisa disesuaikan dengan target pasar yang diincar. Bila ingin bisnis yang menguntungkan saat pademi, kamu bisa memilih produk perawatan wajah, tubuh, hingga kesehatan. Pasalnya, barang-barang tersebut akan terus dipakai hampir setiap hari terlepas pandemi ataupun kondisi normal.

Apabila sudah mantap, kamu bisa langsung mengontak costumer service brand yang akan kamu jual lagi untuk mendapatkan harga reseller. Setelah itu, tinggal siapkan nama dan logo tokomu di e-commerce dan media sosial sebagai sarana promosi, kamu pun bisa langsung berjualan. Jangan lupa siapkan packaging yang aman dan menarik mata agar pembeli kembali memberi barang di kamu, ya.

Baca juga: Apa Itu Reseller? Beginilah Pengertian dan Cara Kerjanya

10. Dropshipper

bisnis yang lagi trend untuk anak muda Dropshipper
image source: Unsplash

Pilihan bisnis yang lagi trend untuk anak muda sibuk tapi tetap ingin punya pemasukan tambahan adalah menjadi dropshipper. Konsep bisnisnya adalah menjual produk dari brand tertentu dari tokomu sendiri. 

Berbeda dengan reseller yang harus menyetok dan mem-packing barang sebelum dikirim ke pembeli, dropshipper hanya perlu menyetor data dan pesanan pembeli kepada brand. Setelah itu, pihak brand yang akan mengirim barang dengan atas nama tokomu. Dari segi untung, tentu ada selisih dengan reseller. Hemat tempat dan tenaga, cuan tetap bisa didapat, bukan?

11. Perlengkapan bayi

Usaha yang menjanjikan Perlengkapan bayi
image source: Unsplash

Punya modal besar tapi bingung mau dipakai apan? Putar uang tersebut dengan memulai bisnis toko perlengkapan bayi. Bisnis yang laku setiap hari ini bisa mendatangkan banyak untung. Pasalnya kebutuhan bayi akan selalu dicari dan diburu. 

Kamu bisa menyetok barang mulai dari pakaian, peralatan makan, peralatan mandi, popok, hingga susu. Dengan menawarkan harga terjangkau dan diskon, tokomu ini akan diserbu banyak pelanggan.

12. Baju

bisnis yang lagi trend untuk anak muda Baju
image source: Unsplash

Merintis bisnis clothing bisa menjadi usaha yang menjanjikan. Syaratnya adalah dengan konsisten mempertahankan kualitas bagus, harga terjangkau, serta model kekinian. Selain itu, kamu juga dituntut kreatif dalam memasarkan barang daganganmu tersebut.

Kamu bisa meningkatkan awareness dengan memberikan endorsement kepada influencer dan selebriti ternama lainnya. Selain itu, kamu juga harus memberikan pengalaman belanja menarik, serta keramahan bagi pelanggan. 

13. Hijab

bisnis yang lagi trend untuk anak muda saat pademi Hijab
image source: Unsplash

Didominasi oleh banyak wanita berhijab, jangan sampai melewatkan peluang ini untuk menyuburkan pundi-pundi untung di lini bisnismu. Kamu bisa ikut terjun menjadi entrepreneur yang menjual hijab yang terjangkau serta berkualitas bagus. 

Kamu bisa mengikuti model bisnis reseller, dropshipper, maupun membuat brand sendiri. Riset harga dari kompetitor juga wajib dilakukan, ya. Selain itu, perlu research untuk mengembangkan produk baru supaya semakin laku di pasaran.

14. Preloved goods

Usaha yang menjanjikan Preloved goods
image source: Unsplash

Punya baju bagus yang jarang dipakai? Kenapa tidak memulai bisnis preloved goods saja? Kamu bisa menjual pakaianmu dengan harga murah. Beri foto terbaik, deskripsi jelas, lengkap dengan lokasi dan harganya di e-commerce platform yang ada.

Selain mengosongi isi lemari, kamu sudah mendukung kampanye zero waste dengan tidak membuang pakaian sembarangan dan memberikannya kepada yang butuh. Bila bisnismu berjalan lancar, bisa saja kamu membantu menjual barang prelove milik keluarga dan saudaramu lainnya.

15. Skincare

bisnis yang menguntungkan saat pademi Skincare
image source: Unsplash

Produk perawatan wajah memang menjadi salah satu bisnis yang lagi trend untuk anak muda dan tengah berkembang pesat. Setiap harinya, ada saja brand lokal maupun luar negeri baru yang ikut meramaikan bisnis skincare tanah air. Tak berhenti di situ, akan selalu muncul produk baru yang dirilis untuk memenuhi kebutuhan konsumennya.

Bisnis skincare ini bisa dijalankan dengan membuat toko online maupun offline. Jika punya dana lebih untuk menyewa dan mengelola tempat, kamu bisa menyewa toko. Jika terhalang dana dan memiliki space lebih di dalam rumah, kamu bisa memulainya dengan toko online yang dipasarkan melalui e-commerce.

Baca juga: Ide Pekerjaan Sampingan Untuk Karyawan dan Mahasiswa

16. K-pop stuff

Usaha yang menjanjikan K-pop
image source: Unsplash

Hobi bisa menjadi usaha yang menjanjikan. Salah satunya adalah K-pop stuff. Kamu bisa menjual barang yang berbau K-pop dengan sistem pre-order maupun ready stock. Agar lebih mudah menentukan barang dan branding toko, perlu dikerucutkan lagi. Misalnya kamu hanya menjual barang official yang dikeluarkan oleh boygroup dan girlgroup tertentu.

Karena menyangkut barang yang nilainya mahal, kamu harus memberi perhatian ekstra kepada packaging dan memilih ekspedisi pengiriman. Selain itu, kamu juga dituntut untuk memahami tentang cara penghitungan berat dan biaya pajak yang sudah ditentukan oleh pihak Bea Cukai.

17. Influencer

usaha yang menjanjikan influencer
image source: Unsplash

Termasuk dalam lini bisnis yang lagi trend untuk anak muda. Untuk mendapatkan cuan, perlu banyak hal yang harus dikuasai. Mulai dari konsistensi, kredibilitas, hingga followers. Bila sudah memiliki pengikut dalam jumlah yang cukup besar, kamu bisa mendapatkan pemasukan tambahan dengan melakukan review hingga endorsement.

18. Baby daycare

Usaha yang menjanjikan Baby daycare
image source: Unsplash

Selama pandemi, tidak semua orang mendapatkan kemudahan untuk bekerja dari rumah. Untuk para orangtua yang harus bekerja ke kantor setiap harinya, kehadiran baby daycare adalah penyelamat. Apabila kamu adalah orang yang telaten, bisa menjaga, dan menjadi orangtua kedua bagi anak, daycare bisa menjadi alternatif bisnis yang menguntungkan saat pademi untuk dijalankan. 

Karena akan mengasuh anak-anak dari pagi hingga sore hari, kamu membutuhkan bantuan pengasuh lainnya agar dapat terkoordinasi dengan baik. Dari segi modal, bisnis ini juga membutuhkan nominal yang cukup besar. Maka dari itu, perlu pertimbangan matang sebelum memulai bisnis daycare ini.

19. Pet shop

Usaha yang menjanjikan Pet shop
image source: Unsplash

Menyediakan kebutuhan untuk hewan peliharaan bisa menjadi ide bisnis yang menjanjikan saat ini. Kamu dituntut untuk memahami apa saja produk dan barang yang dipakai oleh hewan peliharaan seperti kucing, anjing, hamster, hingga kura-kura. Berminat untuk menjajalnya?

20. Super Agen

Usaha yang menjanjikan super agen
image source: superapp.id

Lini bisnis yang menguntungkan saat pademi lainnya adalah menjadi Super Agen. Apabila kamu tinggal di Jawa Timur dan Makassar, kamu bisa menjadi bagian dalam memeratakan roda perekonomian daerah agar warganya bisa mendapatkan sembako dengan harga terjangkau.

Kamu bisa membantu para pemilik warung untuk merekap dan memenuhi stok sembako. Bukan pekerjaan biasa, pemasukan tambahan yang didapatkan juga besar jumlahnya. Bahkan bisa melampaui gaji bulanan saat menjadi karyawan di kantor.

Apabila tertarik dan ingin belanja sembako retail, kamu juga bisa mengaksesnya di Aplikasi Super yang tersedia di Android. Segera download dan pesan, barang akan dikirim sampai ke rumahmu. Mudah, bukan?

Itu dia rekomendasi usaha yang menjanjikan dan mampu memberikan pemasukan tambahan. Mulai dari yang modal minim sampai ratusan juta, kamu bisa menyesuaikannya dengan risiko dan keuntungan yang ditawarkan. Selamat merintis bisnismu sendiri ya, Sedulur!