jualan makanan yang laku setiap hari

Bisnis makanan menjadi salah satu lini bisnis yang banyak peminatnya. Sebab makanan sudah pasti menjadi hal yang dibutuhkan banyak orang setiap harinya. Namun, sebelum memulai bisnis makanan, tentu Sedulur harus memikirkan dulu jenis makanan apa yang akan dijual. Apakah makanan yang bisa bertahan lama atau jualan makanan yang laku setiap hari?

Memilih jualan makanan ringan yang laku setiap hari tentu lebih menguntungkan. Sebab keuntungan dari bisnis makanan bisa mencapai hampir 100 persen dari biaya produksi yang dikeluarkan. Itulah mengapa akhirnya ada istilah yang menyebutkan bahwa “bisnis makanan tak akan ada matinya”.

Kali ini, Aplikasi Super akan memberikan rekomendasi 18 ide jualan makanan yang laku setiap hari. Simak dengan baik, ya!

BACA JUGA: Tips Sukses Bisnis Parcel Buah Untuk Peluang Usaha Rumahan

1. Bakso

jualan makanan yang laku setiap hari
Masakapahariini

Meski warung bakso sudah menjamur, namun tak ada salahnya jika Sedulur menjajal peruntungan dengan jualan makanan yang laku setiap hari ini. Sebab berbisnis bakso tak akan ada matinya, sebab makanan ini jadi hidangan favorit orang-orang Indonesia.

Meski banyak pesaing, Sedulur bisa menguatkan dari segi rasa kaldu yang enak dan rasa bakso yang gurih serta kenyal. Namun yang paling penting, harus dibuat dari bahan-bahan berkualitas dan tanpa pengawet atau bahan-bahan berbahaya. Dengan kualitas yang baik, bukan tak mungkin warung bakso milik Sedulur akan memiliki pelanggan setia. Selain itu, harga jual bakso yang biasanya terjangkau, sehingga banyak pelanggan yang tak akan ragu-ragu untuk makan di sebuah warung bakso.

Jika Sedulur ingin meraup keuntungan lebih, Sedulur bisa menyediakan versi bakso frozen yang sudah divacuum, sehingga bisa dijual dengan cara online atau dikirim ke luar kota. Menggiurkan bukan?

2. Tahu Krispi

Femina

Selanjutnya, ide jualan makanan yang laku setiap hari adalah tahu krispi. Makanan ringan ini  memiliki peluang yang besar dalam menarik minat para pembeli karena rasanya yang enak dan harganya yang murah. Usaha ini bahkan memiliki popularitas yang tinggi dalam beberapa tahun terakhir. 

Cara membuat tahu krispi juga cukup mudah, sehingga bisa dikerjakan oleh para pemula. Selain itu, usaha ini juga bisa dijalankan dengan modal yang tidak begitu besar. Sedulur juga bisa menambahkan bumbu aneka rasa agar menarik perhatian konsumen, meskipun tahu krispi originalnya pun sudah lezat.

3. Bakso Goreng (Basreng)

Fimela

Selain bakso berkuah, Sedulur juga bisa berjualan bakso goreng atau basreng. Makanan ringan ini seringkali dijajakan dalam gerobak di depan sekolah-sekolah. Hal ini membuat basreng termasuk dalam salah satu makanan yang laku setiap hari. 

Bakso goreng terbuat dari irisan bakso yang digoreng hingga kering. Setelah itu, basreng akan disajikan dengan saus pedas atau bumbu aneka rasa sesuai permintaan pelanggan. Sedulur bisa menyediakan bumbu rasa balado, BBQ, asin, keju, jagung bakar, dan pedas manis. Dengan modal yang kecil, keuntungan usaha ini cukup menjanjikan, lho! 

BACA JUGA: 25 Usaha Rumahan Modal 10 Ribu yang Menjanjikan

4. Telur Gulung

Desk Jabar

Ide jualanan makanan yang laku setiap hari dengan modal kecil berikutnya adalah telur gulung. Jajanan seribuan yang disukai anak kecil hingga dewasa ini memang memiliki rasa yang lezat sehingga banyak dicari. Tak hanya ditemui di depan sekolah, kini banyak juga pedagang telur gulung yang berjualan menetap di suatu kios.

Bisnis telur gulung rupanya juga tidak membutuhkan modal yang besar. Berbekal telur, minyak goreng, bumbu, dan tusuk bambu saja, Sedulur bisa menghasilkan keuntungan yang berlipat ganda. Agar lebih menarik, Sedulur juga bisa memberikan bumbu aneka rasa seperti pada tahu krispi dan bakso goreng. 

5. Bubur ayam

jualan makanan yang laku setiap hari
Masakapahariini

Ide jualan makanan yang laku setiap hari selanjutnya adalah bubur ayam! Kuliner satu ini terkenal menjadi santapan pagi bagi masyarakat Indonesia. Saking terkenalnya, bahkan mulai terbagi dua tim antara pecinta bubur, yakni tim bubur diaduk atau tim bubur tidak diaduk.

Namun apapun cara makannya, sarapan bubur memang sangatlah nikmat. Tak heran makanan ini memiliki banyak penggemar. Sehingga jika Sedulur menjajal bisnis ini, Sedulur bisa meraup keuntungan yang cukup menggiurkan.

6. Batagor

Tastynesia

Batagor merupakan makanan ringan yang merupakan singkatan dari Bakso Tahu Goreng. Makanan yang disajikan dengan bumbu kacang ini memiliki cita rasa khas yang membuatnya bisa menarik perhatian konsumen untuk menikmatinya setiap hari.  

Batagor hampir sama dengan siomay dalam penggunaan bumbu kacang, namun tentu berbeda dalam isiannya. Beberapa isian batagor antara lain, bakso ikan tenggiri yang diisi ke dalam kulit pangsit dan tahu, irisan timun, tahu goreng, dan biasanya ditambah telur rebus.  

BACA JUGA: 12 Ide Bisnis Pelajar Modal 10K Paling Menguntungkan di 2023

7. Sosis telur

Tribun

Hampir sama dengan telur gulung, makanan ringan bernama sosis telur ini juga terbuat dari adonan telur yang digoreng. Makanan ini bisa menjadi ide jualan makanan yang laku setiap hari dengan rasa gurih yang membuat ketagihan. 

Sedulur hanya perlu membuat adonan telur gulung dan memasaknya seperti biasa. Namun sebelum menggulungnya, tambahkan sosis pada tusuk bambu dan gulung seperti biasa. Setelah itu, sajikan dengan saus sambal kecap atau bumbu aneka rasa seperti keju, pedas manis, balado, BBQ, dan jagung bakar. 

8. Nasi Goreng

Pixabay

Mayoritas pecinta kuliner Indonesia, pasti menyukai nasi goreng. Tak hanya modal yang minim, berjualan nasi goreng juga memiliki risiko yang minim. Sebab selain banyak orang yang menyukai kuliner satu ini, memasak nasi goreng terbilang mudah dan bahan-bahannya sederhana.

Sehingga ide berjualan nasi goreng bisa menjadi ide jualan makanan yang laku setiap hari. Tertarik mencoba?

9. Cilok

Endeus.TV

Siapa yang tak kenal dengan cilok? Salah satu makanan yang sering ditemui di daerah Jawa Barat ini rupanya sudah tersebar luas di berbagai wilayah Indonesia. Makanan ringan yang memiliki bentuk mirip bakso ini terbuat dari bahan dasar tepung kanji dengan isian telur, ayam suir, atau kosongan. 

Cilok termasuk makanan yang laku setiap hari sebab banyak orang yang menyukainya sebagai camilan di siang atau sore hari. Sedulur bisa membuat variasi rasa cilok selain menggunakan bumbu kacang, misalnya dengan bumbu balado, BBQ, pedas, asin, dan manis.  

BACA JUGA: 12 Franchise Minimarket yang Menguntungkan Beserta Modalnya

10. Keripik Singkong

detikFood

Makanan ringan yang cocok dijadikan teman bersantai satu ini memang memiliki rasa yang lezat. Apalagi jika bukan keripik singkong aneka rasa. Camilan yang terbuat dari singkong yang diiris tipis ini merupakan favorit masyarakat di Indonesia.

Makanan ringan ini terbuat dari bahan dasar singkong yang dipotong setipis mungkin. Setelah itu, irisan singkong akan digoreng hingga kering dan renyah. Penyajiannya juga beragam, mulai dari original, pedas asin, pedas manis, balado, hingga rasa keju. 

Variasi yang terus dilakukan pada camilan ini tentunya membuat konsumen keripik singkong semakin bertambah. Sedulur juga tidak hanya bisa menjualnya secara langsung, melainkan bisa melakukannya melalui media sosial karena camilan ini bisa tahan dalam waktu cukup lama.

11. Siomay  

jualan makanan yang laku setiap hari
Pexels

Dimsum dikenal sebagai makanan khas Tionghoa dengan harga yang cukup mahal. Sebab dimsum selama ini kita tahu banyak dijual di restoran-restoran khas Tionghoa yang cukup fancy. Nah untuk menjaring pasar yang selama ini belum terjamah, Sedulur bisa coba menjual dimsum dengan harga yang lebih terjangkau.

Salah satunya dengan menjual siomay yang merupakan salah satu jenis dimsum. Siomay bisa menjadi ide jualan makanan yang laku setiap hari, sebab merupakah salah satu jenis makanan ringan yang banyak diminati oleh pelanggan. Sedulur bisa membuat siomay yang lebih terjangkau, namun tetap dengan kualitas yang baik.

Caranya dengan memilih supplier bahan baku dengan harga yang terjangkau. Salah satunya dengan membeli bahan-bahan di Aplikasi Super. Di sini, Sedulur bisa mendapatkan bahan-bahan baku seperti minyak, tepung, dan bumbu-bumbu dengan harga yang lebih murah.

12. Gorengan

Urban Asia

Siapa sih orang Indonesia yang tak doyan gorengan? Makanan kecil khas Indonesia ini jadi favorit hampir semua orang karena rasanya yang gurih dan enak, makin nikmat saat disantap saat masih panas. Jika Sedulur menyukai pedas, maka makan gorengan dengan cabe rawit adalah sebuah kenikmatan!

Menjual gorengan bisa menjadi salah satu ide bisnis kuliner untuk Sedulur. Modal usaha menjual gorengan bisa dibilang murah, namun keuntungan bisa maksimal.

13. Ayam Geprek

ResepKoki

Ayam geprek adalah salah satu kuliner yang pertama kali naik daun di Yogyakarta. Sejak ayam geprek naik pamor, makin banyak warung makanan yang menjual menu ini. Ayam geprek dikenal memiliki rasa yang gurih dari ayamnya berpadu dengan pedasnya sambal ulek. Makin nikmat ketika ayam digeprek atau diulek di atas sambal.

Seiring banyaknya peminat ayam geprek, Sedulur bisa menjadikan menu ini sebagai ide bisnis usaha kuliner. Selain itu, ayam geprek bisa menjadi makanan yang bisa terjual habis dalam satu hari. Apalagi kalau lokasi usaha Sedulur dekat dengan perkantoran dan kampus.

BACA JUGA: 7 Usaha yang Menghasilkan Uang Hingga Jutaan Setiap Hari

14. Nasi Uduk

Asian Food Network

Sama seperti bubur ayam, nasi uduk juga jadi salah satu alternatif makanan yang jadi menu wajib saat sarapan. Nasi uduk juga menjadi favorit banyak orang karena rasanya yang enak dan pilihan lauk pauk yang sangat beragam.

Modal untuk membuka warung nasi uduk juga tak begitu besar, namun keuntungan yang didapatkan bisa lumayan menggiurkan. Selain menjual menu sarapan bisa menjadi ide jualan makanan yang laku setiap hari. Di pagi hari, banyak orang cenderung malas memasak dan lebih memilih membeli makanan di luar.

15. Angkringan

GoTravelly

Jika Sedulur berkunjung ke Yogyakarta, pasti sudah familiar dengan angkringan. Warung kaki lima sederhana ini terkenal menjual nasi kucing (nasi bungkus yang berukuran kecil dan berisi sambal teri atau oseng tempe tahu), aneka sate, hingga berbagai minuman seperti teh, jeruk, jahe, hingga kopi susu.

Angkringan juga tak sekadar warung makan saja. Lebih dari itu, angkringan menjadi tempat berkumpul sembari menikmati hidangan. Jika Sedulur ingin memulai bisnis angkringan, pastikan Sedulur memilih lokasi yang strategis. Selain itu, modal untuk usaha ini biasanya cenderung minim.

16. Penyetan

Endeus.TV

Penyetan bak menjadi makanan wajib di warung kaki lima yang ada di Indonesia. Rata-rata warung kaki lima yang ada, hampir semua menjual menu penyetan atau pecel lele. Menjadi makanan favorit banyak orang, tentu menjadi peluang bagi Sedulur untuk memulai bisnis ini. Apalagi menu-menu yang ditawarkan sederhana, sehingga tidak repot dalam menyiapkan bahan-bahannya.

BACA JUGA: 20 Jenis Usaha Yang Jarang Diminati tapi Dibutuhkan, Coba Aja!

17. Frozen food

Tirto.id

Jika Sedulur terpikir untuk jualan online makanan yang laku setiap hari, maka frozen food bisa menjadi pilihan. Modal yang dibutuhkan memang akan cukup banyak, sebab Sedulur perlu memiliki lemari pendingin untuk menyimpan frozen food.

Namun meski modal yang dibutuhkan cukup banyak, Sedulur bisa mendapatkan keuntungan yang menggiurkan. Sebab hampir setiap rumah tangga, pasti menyediakan frozen food di kulkas mereka. Alasannya karena pengolahan yang mudah dan rasa makanan beku yang ada di pasaran cukup enak.

18. Tahu bulat

Kompas

Ide jualan makanan yang laku setiap hari yang terakhir adalah tahu bulat. Tentunya Sedulur sering mendengar tukang tahu bulat lewat di depan rumah sambil membunyikan sound “Tahu bulat, digoreng dadakan!” bukan? Rupanya bisnis ini juga memiliki keuntungan yang menjanjikan, lho.

Selain memiliki rasa yang enak, tahu bulat juga dijual dengan harga yang sangat murah. Bahkan di beberapa tempat, harga satu tahu bulat hanya Rp500 saja. Tak heran jika makanan ini sangat terkenal di semua kalangan. 

Agar keuntungan semakin besar, Sedulur bisa mencari lokasi strategis yang belum didatangi pedagang tahu bulat sebelumnya. Selain itu, pilihlah bahan-bahan berkualitas agar konsumen tidak kecewa dengan rasa tahu bulat milik Sedulur dan menjadi langganan setiap harinya. Agar lebih untung, Sedulur juga bisa menambahkan variasi gorengan lain, misalnya sotong. 

Itu dia 18 ide jualan makanan yang laku setiap hari dengan modal yang kecil. Sedulur bisa memilih salah satu ide di atas dan menjadikannya ladang usaha yang menjanjikan. Dengan bahan-bahan yang berkualitas, makanan yang Sedulur jual pastinya akan dilirik banyak pelanggan.

Nah, untuk mendapatkan bahan-bahan berkualitas dengan mudah, Sedulur bisa membelinya melalui Aplikasi Super. Selain lengkap produknya, harga yang ditawarkan juga lebih murah dengan banyak diskon dan cashback dalam setiap transaksi. Lebih dari itu, Sedulur juga bisa mendapatkan harga grosir, lho!

Tunggu apalagi? Segera download Aplikasi Super melalui Google PlayStore dan nikmati kemudahan belanja kebutuhan memasak dan bumbu dapur sekarang juga!