Butuh ide jualan makanan dengan modal 20 ribu? Sedulur bisa simak rekomendasi daftar kuliner yang membutuhkan modal hanya Rp 20.000 saja. Pada dasarnya, usaha kuliner merupakan usaha yang paling cepat untuk mendapatkan untung. Hal tersebut disebabkan modal yang dibutuhkan cenderung murah dengan keuntungan berkali lipat.

Berikut ini adalah rekomendasi ide jualan makanan dengan modal 20 ribu yang bisa Sedulur coba. Terutama di tengah musim hujan seperti saat ini, banyak orang yang bawaannya ingin nyemil makanan berkuah. Hal tersebut merupakan potensi atau peluang yang harus dimanfaatkan. Apa saja ide usahanya? Yuk, mari kita simak daftarnya di bawah ini!

BACA JUGA: Peluang Bisnis Usaha Bakso, Modal Kecil Omzet Bisa Jutaan!

1. Keripik talas

1. jualan makanan dengan modal 20 ribu
kompas

Rekomendasi pertama jualan makanan modal kecil untung besar adalah dengan menjual kerpipik talas. Salah satu camilan yang enak, lezat dan bikin ketagihan. Selain harga talas sangat murah, hanya dengan Rp 5000 kita bisa mendapatkan 1 kg umbi talas. Bahan yang dibutuhkan untuk membuatnya sangat sedikit, hanya dengan minyak goreng, garam itu sendiri.

Sedulur bisa menjual keripik talas setiap 100 gr atau 200 gr dengan harga sekitar Rp 10.000 atau Rp 20.000. Dua kali lipat dari modal awal yang digunakan. Dengan begitu, Sedulur bisa balik modal dengan cepat. Terutama jika keripik yang Sedulur jual laris dipasaran.

2. Keripik bayam

2. keripik bayam
scmedia

Ide cemilan modal 10 ribu yang bisa Sedulur jual selanjutnya adalah keripik bayam. Jika sulit mendapatkan bayam untuk dijadikan keripik, Sedulur bisa menanamnya sendiri. Karena bayam merupakan tumbuhan yang tidak sulit ditanam dan mudah untuk tumbuh. Jika pun membeli bayam, tidak mahal untuk dibeli.

Modal Rp 20.000 bisa Sedulur gunakan untuk membei tepung, minyak goreng, bumbu dan berbagai varian rasa lainnya. Setelah keripik bayam siap dijual, Sedulur bisa menjualnya dengan dititipkan ke warung makan atau menjual langsung secara online. Di era digital seperti saat ini, banyak cara mudah untuk menjual berbagai produk makanan.

BACA JUGA: 10 Ide Bisnis di Musim Hujan yang Menjanjikan, Cek Disini!

3. Siomay

3. jualan makanan dengan modal 20 ribu
dapurkobe

Ide jualan 1000an rupiah yang bisa Sedulur coba adalah menjual siomay. Jika dikalkulasikan, setiap porsi siomay yang Sedulur jual tidak lebih dari 10.000 rupiah. Sedulur bisa menjualnya dengan 15.000 rupiah setiap porsinya. Keuntungannya bisa dengan jelas diperhitungkan dan didapatkan.

Jajanan yang berasal dari Tiongkok ini mendapatkan perubahan dan modifikasi sesuai dengan bahan baku yang ada di Indonesia. Tiap daerah memiliki keunikan dari siomaynya masing-masing, banyak masyarakat yang menyukai siomay merupakan kelebihan menjalankan usaha makanan yang menjanjikan satu ini.

4. Jamur krispi

4. jamur krispi
liputan6

Jika Sedulur bertanya sekiranya jualan apa yang disukai banyak orang, jawabannya adalah jamur krispi. Sebagai camilan, jamur krispi sanga disukai banyak orang. Ditambah di musim hujan saat ini, banyak yang akan membeli jamur krispi sebagai camilan untuk disantap saat musim hujan.

Modal yang dibutuhkan juga tidak banyak, uang Rp 20.000 sangat cukup untuk membuat banyak jamur krispi. Karena, jamur tiram yang digunakan sebagai bahan membuat jamur krispi, bisa Sedulur dapatkan hanya dengan Rp 5000 saja. Sisanya bisa Sedulur gunakan untuk membeli tepung, bumbu dan minyak goreng. Jika Sedulur ingin membuat dalam jumlah banyak, Sedulur tinggal mengalikan Rp 20.000 sebagai modal.

BACA JUGA: Cara Membuat Thai Tea Untuk Jualan dan Tips Bisnisnya!

5. Jagung bakar

5. jualan makanan dengan modal 20 ribu
topwisata

Menjual jagung bakar tidak harus di daerah perbukitan dengan cuaca dingin, atau di daerah pantai yang dikonsumsi saat matahari terbenam. Sedulur bisa menjual jagung bakar di mana pun, karena banyak yang menyukai jagung bakar. Oleh karena itu, jagung bakar perlu dipertimbangkan sebagai salah satu ide jualan makanan dengan modal 50 ribu.

Sedulur bisa menggunakan modal untuk membeli beberapa kilogram jagung manis, sisanya Sedulur beli bahan untuk bumbu jagung bakar. Salah satu ide menarik agar jagung bakar yang Sedulur jual laris manis, Sedulur bisa menjualnya di sekitar daerah tongkrongan anak-anak muda. Sambil nongkrong, menikmati jangung bakar dan segelas kopi adalah kondisi ideal bagi anak-anak nongkrong.

6. Tahu bulat

6. tahu bulat
resepedia

Tahu bulan merupakan ide jualan makanan yang laku setiap hari, hal tersebut sudah terbukti. Karena, tahu bula merupakan salah satu camilan yang sangat populer di Indonesia. Dengan nyanyian khas dan digoreng dadakan, membuat tahu bulat bisa dengan cepat populer di Indonesia.

Tidak butuh modal banyak untuk menjual tahu bulat, dengan uang Rp 20.000, Sedulur bisa mendapatkan banyak tahu bulat untuk dijual. Oleh karena itu salah satu ide jualan makanan dengan modal 20 ribu yang sangat menjanjikan adalah tahu bulat. Karena buktinya sangat nyata, yaitu dengan berjamurnya para penjual tahu bulat di sekitar kita.

BACA JUGA: 12 Jenis Bisnis Modal Kecil yang Untung Besar, Patut Dicoba!

7. Bubur ayam

7. jualan makanan dengan modal 20 ribu
idntimes

Alternatif ide jualan makanan dengan modal 20 ribu selanjutnya adalah jualan bubur ayam. Bahan yang dibutuhkan hanya beras dan santai, Sedulur bisa menyiapkan suwiran ayam, kacang dan seledri. Modal yang dibutuhkan untuk setiap porsinya tidak lebih dari 10.000 rupiah bahkan.

Menjalankan usaha makanan untuk sarapan memang terbukti ampuh mendatangkan keuntungan. Hal ini disebabkan karena kebiasaan masyarakat di Indonesia yang belum masak pada pagi hari. Alhasil, kuliner sarapan selalu habis dibeli masyarakat. Bubur merupakan salah satu makanan sarapan yang disukai oleh masyarakat.

8. Cilok

8. Cilok
cookpad

Ide jualan makanan dengan modal 20 ribu selanjutnya masih berasal dari bahan tepung kanji, yaitu cilok. Uang 20.000 yang Sedulur miliki bisa Sedulur gunakan untuk membeli tepung dan bumbu-bumbu membut cilok. Yang perlu Sedulur pikirkan adalah varian isinya. Baik isi daging ayam, kacang bumbu, atau varian isi lainnya sesuai kreasi Sedulur.

Sedulur juga bisa bervariasi dengan bumbunya, bisa menggunakan bumbu kacang atau berkuah. Namun di tengah musim hujan saat ini, cilok kuah merupakan pilihan tepat. Dengan begitu ide jualan makanan dengan modal 20 ribu satu ini bisa mengantarkan Sedulur mendapatkan untung super melimpah.

BACA JUGA: Franchise: Bisnis Terlaris 2021, Bagaimana Skema & Cara Kelolanya

9. Cimol

9. jualan makanan dengan modal 20 ribu
suara

Cimol merupakan ide jualan makanan dengan modal 20 ribu selanjutnya. Bahan yang dibutuhkan hanya tepung kanji dan juga beberapa varian rasa sebagai bumbunya. Sedulur bisa menjual cimol di sekitar sekolah, seperti anak SD, SMP hingga SMA. Anak-anak sekolah sangat menyukai camilan ini dan bisa memberikan Sedulur penghasilan.

10. Sosis bakar

10. sosis bakar
kompas

Ide jualan makanan dengan modal 20 ribu dan sangat praktis adalah sosis bakar. Sosis sendiri memiliki harga yang murah dan tidak begitu mahal, keberadaannya pun mudah ditemui. Meskipun menjalankan usaha ini membutuhkan alat membakar listrik, jika pun alat tersebut tidak ada Sedulur bisa menggunakan teflon atau alat pembakaran biasa.

Sosis sebagai jajanan dan jualan makanan dengan modal 20 ribu akan sangat menjanjikan. Jika Sedulur perhatikan, jajanan ini pasti akan Sedulur temui di mana pun. Baik itu di pinggir jalan atau di mall dan supermarket. Baik di kegiatan pasar malam atau car free day.  Hal tersebut menunjukan bahwa jajanan sosis bakar senang hits dan disukai oleh masyarakat, Sedulur bisa menjalankan bisnis kuliner ini untuk mendapatkan keuntungan.

BACA JUGA: 12 Kerajinan dari Barang Bekas yang Bisa Jadi Ide Bisnis Kamu!

11. Es lilin

11. jualan makanan dengan modal 20 ribu
idntimes

Ide jualan makanan dengan modal 20 ribu selanjutnya adalah es lilin. Uang Rp 20.000 sebagai modal bisa Sedulur manfaatkan untuk membuat beberapa potong es lilin. Agar lebih menarik, Sedulur bisa menawarkan berbagai varian rasa dengan warna yang menggairahkan.

Es lilin merupakan ide jualan makanan dengan modal 20 ribu yang sangat menjanjikan, Sedulur bisa menjualnya dengan menitipkan di beberapa warung-warung. Agar lebih laris, Sedulur bisa menitipkannya di warung yang berada di dekat SD atau TK. Karena, sasaran utama penikmat es lilin adalah anak-anak SD.

12. Es campur

12. es campur
sayurbox

Ide usaha makanan unik dengan modal kecil lainnya adalah berjualan es campur. Sedulur bisa menjual es campur dan menjual dengan seporsinya sekitar 15-20 ribu. Minuman ini juga sangat potensial dijual di saat bulan puasa, sebagai takjil yang banyak dicari oleh orang-orang.

Modal yang Sedulur butuhkan untuk membuat es ini tidak banyak, karena buah-buahan dan agar yang digunakan saat membuat es campur tidak mahal. Sedulur juga bisa dengan bebas membuat variasi menu dalam es campur, hal ini menguntungkan karena berbagai bahan yang digunakan sangat fleksibel artinya bisa disesuaikan.

BACA JUGA: 10 Resep Rice Bowl Sederhana, Cocok Jadi Ide Bisnis

13. Aneka seblak

13. jualan makanan dengan modal 20 ribu
selerasa

Jualan makanan unik yang laris di tengah musim hujan ini adalah menjual aneka seblak. Kuliner ini juga tidak banyak membutuhkan modal, karena hanya dengan uang 20rb hingga 50rb Sedulur sudah bisa membuat seblak dan menawarkannya kepada pembeli.

Seblak termasuk kategori usaha makanan ringan dan juga usaha makanan rumahan. Hal tersebut karena seblak bisa kita jual di rumah secara online dan juga seblak bukan termasuk makanan berat. Banyak orang membeli seblak sebagai cemilan untuk menghilangkan lapar, namun malas untuk makan berat.

Sekian daftar ide jualan makanan dengan modal 20 ribu yang bisa Sedulur coba untuk menambah penghasilan bulanan. Agar lebih murah lagi, Sedulur bisa membeli bahan-bahan untuk ide usaha kuliner di atas di Aplikasi Super. Tersedia bahan kebutuhan memasak dengan harga super murah di Aplikasi Super, hal ini tentu dapat mengguntungkan Sedulur. Bagi yang belum memiliki aplikasinya, bisa klik di sini untuk download. Yuk, mari langsung saja coba aplikasinya!