bisnis modal kecil

Akhir-akhir ini terlebih lagi saat pandemi, membuka bisnis menjadi solusi untuk menambah penghasilan. Akan tetapi, membangun sebuah bisnis itu masih identik dengan persiapan modal yang besar. Nah, bagi Sedulur yang mempunyai budget terbatas tapi ingin membangun usaha, tidak perlu khawatir. Ada beberapa ide bisnis modal kecil yang bisa dicoba.

Saat ini, bisnis modal kecil untung besar tidak bisa dipandang sebelah mata lagi. Perkembangan teknologi canggih serta sumber daya manusia yang mumpuni mampu mendatangkan untung besar walaupun modal bisnisnya kecil. Lalu bagaimana cara untuk memanfaatkan peluang tersebut? Langsung saja simak ulasan di bawah ini.

BACA JUGA: Apa Itu Marketing? Ini Pengertian & Fungsi Maketing Dalam Bisnis

1. Online shop

bisnis modal kecil
pexels

Di era modern seperti saat ini, belanja berbagai macam kebutuhan bisa dilakukan dengan cepat dan mudah melalui online shop. Sesuai dengan namanya, online shop sendiri merupakan toko yang berbasis pada daring atau biasa disebut sebagai online.

-->

Sedulur bisa memanfaat hal ini dengan membuka bisnis online modal kecil dengan menjual apapun itu yang sekiranya bisa dijual secara daring. Nantinya Sedulur bisa membuka toko di website atau sosial media tertentu. Pelanggan yang membutuhkan barang jualanmu akan langsung menghubungi. Setelah itu, kamu bisa mengirimkannya melalui jasa pengiriman untuk memcercepat prosesnya.

2. Laundry kiloan

bisnis modal kecil
pexels

Ada banyak orang yang memilih membayar jasa orang lain untuk mencucikan pakaian mereka karena terasa lebih praktis. Terlebih lagi, jika Sedulur tinggal di lingkungan yang terdapat banyak kostan, tentu saja usaha laundry kiloan ini bisa menjadi jalan untuk meraup keuntungan yang besar. Dijamin usaha laundry tersebut akan berjalan lancar dan mendatangkan keuntungan besar.

Modal untuk membuka usaha laundry ini bisa Sedulur sesuaikan dengan besaran budget yang dimiliki. Modal awal untuk memulainya memang cukup murah, namun alangkah lebih baik jika terus dikembangkan jika usaha sudah berjalan dengan lancar.

3. Jasa penerjemah

bisnis modal kecil
pexels

Jika Sedulur mempunyai kemampuan dalam berbahasa asing, kamu bisa memanfaatkannya untuk membuka sebuah bisnis dengan keuntungan yang besar. Dengan menjadi seorang penerjemah, tentu saja Sedulur tidak harus mengeluarkan modal yang besar. Hanya dengan skill yang dimiliki, maka Sedulur sudah bisa menghasilkan uang.

Untuk mempromosikan jasa penerjemah yang dibuat, Sedulur bisa melakukannya di berbagai media sosial. Selain itu, cari informasi tentang pihak yang membutuhkan jasa ini. Sekarang ini banyak kok pihak-pihak yang butuh seorang penerjemah.

4. Jasa jahit pakaian

bisnis modal kecil
pexels

Mempunyai skill khusus memanglah sebuah anugerah. Dengan kemampuan tertentu misalnya saja seperti menjahit, bisa Sedulur manfaatkan untuk mendapat penghasilan tambahan. Jadi selain melakukan sesuatu yang memang disukai dan dikuasai, Sedulur juga bisa mendapat pundi-pundi rupiah tambahan. Tentunya ini ada suatu hal yang diinginkan oleh semua orang, ‘kan?

Akan tetapi, pastikan Sedulur mempunyai skill yang memang bagus. Jadi para konsumen akan percaya dengan hasil pekerjaan yang telah dilakukan. Besar kemungkinan juga mereka akan memberitahu orang lain untuk menggunakan jasa Sedulur, lho.

5. Membuka bisnis fashion

bisnis modal kecil
pexels

Dapat dibilang jika bisnis di bidang fashion itu tidak akan pernah ada matinya. Hal ini karena pakaian merupakan salah satu kebutuhan pokok yang harus selalu dipenuhi. Selain itu, fashion sendiri juga menjadi lambang dari gaya hidup seseorang.

Terlebih lagi, untuk saat ini bisnis thrift shop atau menjual pakaian bekas bermerk sedang menjadi trend. Jadi Sedulur tidak harus mengeluarkan modal besar, dan bisa memanfaatkan media sosial untuk tempat membuka usaha.

BACA JUGA: Ini Contoh Proposal Usaha atau Bisnis yang Benar Bagi Investor

6. Mengikuti affiliate marketing

bisnis modal kecil
pexels

Affiliate marketing merupakan sebuah program di mana Sedulur bertugas untuk mempromosikan barang dagangan orang lain yang ada di marketplace melalui akun media sosial Sedulur. Di sini, kamu harus menarik banyak orang untuk membeli barang melalui link yang dibagikan.

Apabila ada orang yang tertarik kemudian membeli barang tersebut melalui link yang dibagikan, tentu saja Sedulur akan memperoleh keuntungan. Apalagi jika jumlah pengikut di akun media sosial Sedulur cukup banyak, tentunya ini menjadi peluang besar untuk meraih keuntungan dari program yang satu ini. Tunggu apalagi, langsung saja coba program affiliate marketing dan dapatkan uang sebanyak-banyaknya.

7. Membuat makanan ringan atau camilan

ide bisnis modal kecil
pexels

Makanan ringan atau camilan sangat diminati oleh berbagai macam kalangan. Mulai dari anak kecil sampai orang dewasa. Sedulur tidak harus membuat cemilan dengan bahan-bahan yang harganya mahal. Yang penting ciptakan rasa yang nikmat, maka akan banyak yang meminatinya.

Kamu bisa membuat cemilan dengan bahan bahu yang tidak terlalu mahal seperti singkong, kentang, dan berbagai bahan murah yang lain. Tentu saja ini akan mendatangkan keuntungan yang sangat besar nantinya.

8. Membuka usaha franchise

franchise
pexels

Bisnis franchise atau waralaba telah dikenal oleh banyak orang dan mampu menarik minat dari para wirausahawan. Bisnis yang banyak digeluti saat ini biasanya berupa makanan, minuman, jajanan bakar, dan lain sebagainya. Sedulur bisa riset terlebih dahulu, kira-kira menu apa yang akan laku di daerah Sedulur berada.

Dengan modal yang kecil serta tempat berjualan yang strategis, maka Sedulur sudah bisa memperoleh tenda, alat, dan juga bahan untuk membuka usaha tersebut. Tidak perlu khawatir, sudah banyak yang membuktikan kesuksesan dalam membuka bisnis waralaba ini.

9. Membuka jastip atau jasa titip

bisnis online modal kecil
pexels

Jastip alias jasa titip dapat Sedulur jadikan sebagai usaha bermodalkan kecil namun mampu mendatangkan keuntungan yang melimpah. Sedulur hanya perlu membelikan barang-barang yang menjadi titipan dari para konsumen. Jasa titip barang sendiri sudah terkenal di luar negeri dan juga kota-kota besar di Indonesia.

Umumnya, barang-barang yang banyak diminati ketika membuka usaha jastip ini adalah produk-produk kosmetik atau kecantikan, accessories, pakaian, mainan anak, dan lain sebagainya. Jika Sedulur ingin membuka usaha ini, tentukan dulu target pasar dan juga fokuslah untuk melakukan promosi.

10. Menjadi guru les

bisnis rumahan modal kecil
pexels

Perlu untuk Sedulur ketahui, bahwa menjadi guru les itu tidak memerlukan modal uang yang besar. Tidak hanya dapat mendatangkan keuntungan yang lumayan menjanjikan, menjadi guru les juga bisa dimanfaatkan untuk membagikan ilmu dan kemampuan yang dimiliki. Tentu saja kamu akan lebih dikenal oleh masyarakat-masyarakat sekitar.

Nah, Sedulur bisa menyesuaikan jenis les yang akan dibuka. Misalnya saja kamu adalah ahli komputer, maka bisa membuka jasa les komputer untuk anak-anak. Bila Sedulur ahli bela diri seperti silat, tentu saja bisa membuka sanggar. Namun untuk membuka tempat les seperti ini, bisanya ada beberapa izin yang harus dikantongi terlebih dahulu.

11. Membuka usaha dropship

pexels

Dropshipper sendiri adalah penjual sekaligus pembeli dari sebuah barang. Sebagai seorang dropshipper, Sedulur akan menerima pesanan dari para pelanggan, kemudian pesanan tersebut akan diteruskan ke supplier produk yang asli. Nantinya barang tersebut akan dikirim oleh supplier secara langsung ke alamat pembeli.

Dalam bisnis ini, Sedulur tidak perlu mengeluarkan banyak modal. Hal yang harus dilakukan, yakni memastikan untuk memperoleh supplier yang terpercaya dan barang yang dijual tidak mengecewakan.

12. Jasa menulis artikel

pexels

Bisnis rumahan modal kecil yang terakhir adalah membuka jasa penulisan artikel. Untuk saat ini, banyak lho website yang menyewa penulis lepas untuk mengisi situs mereka. Sedulur bisa menawarkan jasa penulisan artikel bahasa asing yang harganya lebih tinggi.

Mungkin hanya itu beberapa bisnis modal kecil yang bisa disebutkan untuk saat ini. Nah, silahkan Sedulur pilih salah jenis usaha yang sudah dijelaskan di atas. Pilihlah sesuai dengan kemampuan dan juga keinginan Sedulur. Jika sudah menentukan satu usaha yang akan dijalankan, jangan lupa untuk terus memberikan yang terbaik dan meningkatkan usaha tersebut. Yakinlah suatu saat nanti usaha yang Sedulur bangun akan menjadi besar.

Sementara itu, buat Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen, sebuah jaringan reseller yang menjual sembako, bisa cek di sini sekarang juga ya. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan antara lain untung melimpah dan waktu kerja yang fleksibel!