Di musim hujan saat ini, usaha bakso merupakan usaha yang paling laris dan membuat kita tertarik untuk menjalankannya. Cuaca yang dingin menggerakan kita untuk menyantap makanan yang hangat dan berkuah. Bakso merupakan kuliner yang dapat menghilangkan cuaca dingin di tubuh kita.

Bagi yang tertarik menjalankan usaha bakso karena melihat peluang di tengah musim hujan ini, Sedulur perlu mengetahui seperti apa tips menjalankan bisnis bakso. Mulia dari menentukan modal dan memperhitungkan berapa perkiraan keuntungan yang didapatkan. Seperti apa saja tips yang wajib Sedulur ketahui dalam menjalankan usaha bakso? Yuk, mari langsung kita simak di sini!

BACA JUGA: Cara Membuat Bakso Daging Sapi yang Enak & Kenyal, Cobain

1. Tentukan modal

1. modal usaha bakso
usaharumahan

Langkah pertama adalah harus menentukan modal. Terdapat perbedaan antara rincian modal usaha bakso keliling atau bakso dengan gerobak. Perhitungan modal juga berbeda antara bakso kuah dan bakso bakar. Jika usaha bakso bakar harga 1000 bisa memberikan gambaran berapa modal yang dibutuhkan. Lantas, bagaimana dengan modal bisnis bakso kuah?

-->

Berikut ini adalah rincian modal bisnis bakso kuah berdasarkan hitungan harga yang ada di pasaran:

  • Beli gerobak: Rp 3.000.000
  • Beli peralatan memasak: Rp 2.000.000
  • Beli peralatan makan: Rp 1.000.000
  • Biaya sewa tempat per bulan: Rp 1.500.000
  • Biaya bahan makanan: Rp 10.000.000
  • Biaya lain-lain: Rp 500.000
  • Total biaya yang dibutuhkan: Rp 18.000.000

Dari modal yang dibutuhkan tersebut, perkiraan keuntungan dari bisnis bakso yang bisa Sedulur dapatkan sekitar Rp 500.000 hingga Rp 1.500.000 setiap harinya. Perkiraan keuntungan masih bisa bertambah jika jumlah pembeli yang mengunjungi bisnis bakso Sedulur meningkat.

Perhitungan di atas adalah perhitungan secara umum. Jika kita rinci lagi, misalkan dengan estimasi setiap hari Sedulur mendapatkan pembeli sekitar 30 orang, yang membayar sekitar Rp 20.000 setiap orangnya. Jika dikalikan selama 30 hari (1 bulan), maka Sedulur akan mendapatkan pemasukan kotor sekitar Rp 18.000.000, setelah dikurangi dengan biaya lainnya keuntungan bersih yang Sedulur dapatkan adalah sekitar Rp 6.500.000 setiap bulannya. Menggiurkan? Tentu saja!

2. Lokasi penjualan

2. Lokasi penjualan
profbiaya

Setelah Sedulur mendapatkan hitungan modal usaha bakso, langkah selanjutnya adalah menentukan lokasi usaha. Lokasi yang strategis akan mempengaruhi jumlah pelanggan yang mendatangi usaha Sedulur. Banyak hal yang bisa Sedulur jadikan sebagai pertimbangan saat menentukan lokasi penjualan.

Salah satu pertimbangan yang paling penting adalah alasan memilih usaha bakso. Jika alasan Sedulur menjalankan usaha bakso adalah untuk mendapatkan keuntungan, maka Sedulur harus mencari tempat yang benar-benar strategis yang dapat menarik banyak pelanggan. Jangan lupa juga menyiapkan tempat yang leluasa, agar bisa menampung banyak pelanggan.

Selain memastikan tempat yang besar agar bisa menampung banyak pelanggan, jangan lupa juga untuk selalu memperhatikan kebersihan tempat jualan bakso. Dengan tempat yang higienis dan terjamin kebersihannya akan membuat pelanggan betah untuk menyantap bakso di tempat Sedulur. Semakin lama pembeli di tempat Sedulur, semakin sering mereka untuk memesan dan menambah pesanan.

BACA JUGA: Resep Bakso Mercon Super Enak!

3. Kualitas rasa bakso

3. kualitas rasa usaha bakso
idntimes

Selain lokasi berjualan yang strategis, Sedulur juga perlu memperhatikan kualitas rasa bakso yang akan dijual. Tidak masalah jika Sedulur berkreasi dengan bakso untuk membuat varian menu bakso yang berbeda dengan bakso pada umumnya. Namun Sedulur harus tetap memperhatikan kualitas rasanya.

Rasa bakso menjadi faktor penting apbagi pelanggan untuk kembali datang untuk membeli bakso yang Sedulur jual, atau bahkan dapat membuat pelanggan tidak lagi datang ke gerobak bakso Sedulru.. Rasa bakso yang gurih dan enak akan membuat pelanggan ketagihan dan pastinya akan kembali lagi untuk membeli.

Hindari membuat variasi rasa bakso yang terlalu aneh. Bukan membuat pelanggan ketagihan, rasa bakso yang kurang diminati malah akan membuat pelanggan tidak ingin kembali datang. Meskipun, variasi bakso yang banyak merupakan salah satu ciri khas usaha bakso kekinian saat ini.

4. Perhitungan harga bakso

4.  harga bakso
blogunik

Dalam salah satu manajemen usaha bakso, memperhitungkan harga bakso merupakan hal yang tidak kalah penting. Perhitungkan harga bakso dengan jumlah modal yang Sedulur habiskan, jangan lupa juga untuk melakukan survey harga bakso dari kompetitor Sedulur.

Harga dalam usaha bakso juga bisa menjadi indikator penting untuk membuat pelanggan untuk kembali datang ke gerobak bakso Sedulur. Jangan sampai Sedulur mematok harga yang terlalu mahal dibanding dengan harga bakso pada umumnya di wilayah Sedulur. Jangan sampai dengan harga yang tidak sesuai, Sedulur akan kehilangan pelanggan.

Untuk itu, Sedulur juga perlu melakukan riset kecil-kecilan tentang siapa saja calon pelanggan Sedulur. Riset masyarakat yang ada di sekitar tempat usaha Sedulur, bagaimana pemasukan setiap harinya, berapa harga berkenan dikeluarkan untuk membeli semangkuk bakso. Setelah itu, berikan voucher kepada setiap masyarakat yang Sedulur tanya. Ini tentu saja merupakan salah satu strategi untuk mendatangkan pelanggan.

BACA JUGA: Bakso Cak Pitung, Kuliner Enak di Sidoarjo yang Bikin Nagih!

5. Variasi rasa dan menu

5. variasi menu usaha bakso
bp-guide

Dalam menentukan rincian modal usaha bakso, perhitungan yang akan muncul adalah berdasarkan pertimbangan varian menu yang akan Sedulur tawarkan. Semakin banyak menu yang akan Sedulur tawarkan kepada pelanggan, maka semakin besar pula modal yang dibutuhkan. Oleh karena itu, penting untuk mempertimbangkan menu yang ditawarkan dalam usaha bakso.

Beberapa variasi menu bakso kekinian yang saat ini digemari masyarakat adalah:

  • Bakso beranak
  • Bakso mercon
  • Bakso vulcano (isi cincang sapi dan sambal mercon)
  • Bakso urat
  • Bakso ati ampela

Sedulur bebas memilih varian menu yang akan Sedulur jual, tidak terpatok dengan varian yang sudah ada juga tidak masalah. Jika ingin berkreasi membuat varian menu sendiri juga sangat disarankan, namun jangan lupa untuk tetap menjaga kualitas rasa bakso.

Selain itu, Sedulur juga memberi menu lainnya. Seperti misal bakso bakar atau bakso goreng (basreng). Dengan begitu Sedulur menjalankan bisnis bakso kuah sekaligus dengan usaha bakso bakar dan goreng. Hal yang tidak kalah penting juga adalah memberikan menu minuman. Minuman yang umum dijual adalah es campur, es jeruk, jus alpukat dan es teh manis. Sedulur bisa menawarkan menu minuman menarik lainnya, sebagai pendamping menyantap bakso.

BACA JUGA: Harus Coba! Ini Resep Unik Kuah Bakso Tanpa Tulang Sapi

6. Memberikan pelayanan yang baik

6. pelayanan yang baik
suara

Tips yang penting dalam menjalankan usaha bakso adalah memberikan pelayanan yang baik. Baik saat Sedulur menjual bakso kuah atau bakso bakar sekalipun. Dengan pelayanan yang baik, akan menjadi nilai plus bagi pelanggan dan bisa memberikan peluang untuk pelanggan datang lagi untuk membeli jualan kita.

Dengan harga yang terjangkau, rasa yang nikmat dan kualitas rasa yang enak, akan semakin sempurna ketika Sedulur memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Dengan memberikan pelayanan yang baik juga dapat meminimalisir resiko usaha bakso yang akan Sedulur hadapi.

Salah satu pelayanan yang baik yang sangat disukai oleh pelanggan adalah harga diskon dari semangkuk bakso. Hal ini dijamin ampun untuk mendatangkan pembeli. Secanggih apapun sistem digital marketing saat ini, strategi pemasaran dengan memberikan diskon masih menjadi andalan bagi setiap pengusaha kuliner.

Sekian tips dan trik yang bisa Sedulur terapkan saat menjalankan usaha bakso. Jangan lupa untuk memperhatikan kualitas dan rasa bakso, karena dalam bisnis kuliner kualitas rasa menjadi daya tarik utama. Untuk bisa mendapatkan kualitas dan rasa bakso yang baik, Sedulur harus menggunakan bahan-bahan terbaik dan berkualitas.

Sedulur tidak perlu khawatir, karena Sedulur bisa mendapatkan bahan-bahan terbaik dan berkualitas untuk membuat bakso dengan membelinya di Aplikasi Super. Aplikasi Super menyediakan bahan membuat makanan terbaik dengan kualitas terjamin. Sedulur bisa cek langsung jika ingin membuktikannya. Bagi Sedulur yang belum download Aplikasi Super, Sedulur bisa klik di sini lalu buktikan langsung dengan menggunkan aplikasinya!