30+ Ide Bisnis Kreatif & Inovatif Paling Menguntungkan di 2020

Simak daftar ide bisnis kreatif di bawah ini sebagai inspirasi ide bisnis untuk Sedulur!

Salah satu cara menjalankan bisnis agar laris manis adalah berpikir kreatif dan inovatif. Kreatif dan inovatif akan menghasilkan ide bisnis yang unik. Dengan ide bisnis kreatif dan unik, Sedulur akan bisa menarik lebih banyak pelanggan.

Karena produk yang ditawarkan dan dijual berbeda dari yang lain yang sudah ada. Superapp.id kali ini akan membahas berbagai  ide bisnis kreatif yang jarang ada, baik itu ide bisnis kreatif terbaru, ide bisnis kreatif modal kecil dan ide bisnis kreatif dan inovatif lainnya.

Simak daftar dan contoh ide bisnis kreatif yang akan dibahas di bawah ini, yang bisa Sedulur jadikan referensi atau rekomendasi untuk memulai ide bisnis kreatif. Yuk, langsung saja kita masuk ke pembahasannya.

Baca Juga: 6 Tips Bisnis Sembako Tanpa Modal yang Menguntungkan

Daftar Ide Bisnis Kreatif dan Inovatif yang Paling Menguntungkan di Tahun 2020

1. Kerajinan Tangan

Kerajinan Tangan

Ide bisnis kreatif yang akan sangat menguntungkan yang pertama adalah membuka toko yang menjual kerajinan tangan dan cinderamata. Terutama bagi Sedulur Super yang memiliki rumah di daerah strategis seperti di samping jalan raya atau tinggal di tempat wisata.

Banyak karya tangan dan cinderamata seperti tas, sepatu hingga berbagai pernak-pernik rumah bisa Sedulur  Super buat. Keuntungan dengan membuat usaha rumahan jenis ini adalah Sedulur tidak memerlukan banyak modal.

2. Jahit Pakaian

Jahit Pakaian

Ide bisnis kreatif selanjutnya adalah membuka jasa jahit pakaian. Membuka usaha jahit akan mengantarkan keuntungan. Karena saat ini banyak masyarakat yang menginginkan pakaian yang diatur sesuai selera fashion masing-masing.

Selain itu, bisnis ini juga tidak memerlukan modal yang tinggi dan juga bisa Sedulur lakukan di rumah. Selain itu, saat ini trend fashion sedang ramai dengan jenis pakaian yang dimodifikasi, seperti celana levi’s misalnya, atau juga pakaian dengan model yang tidak dimiliki banyak orang.

Dengan melihat peluang ini, Sedulur dijamin tidak akan sama sekali kekurangan pelanggan. Selain itu, banyak orang juga yang ingin memiliki baju atau celana yang tidak dimiliki oleh orang lain adalah peluang yang sangat bisa dimanfaatkan.

Oleh karena itu, ide bisnis rumahan yang menjanjikan ini sangat layak dicoba. Karena banyak dari masyarakat yang rela membeli kain dan menjahit sendiri ke toko jasa jahit, demi memiliki desain dan model yang berbeda dengan yang lain.

3. Menjual Dompet Kulit

Menjual Dompet Kulit

Ide bisnis kreatif dan inovatif selanjutnya adalah menjual dompet kulit. Saat ini tengah ramai usaha yang menjual karya kerajinan tangan. Salah satunya adalah usaha dompet kulit. Usaha handmade yang menguntungkan ini bisa memberikan kita pemasukan dua kali lipat jauh dari dugaan yang kita pikirkan.

Usaha yang menguntungkan ini tidak sulit dilakukan. Sedulur hanya perlu modal ketekunan dan ketelitian dalam menjahit setiap dompet kulit. Sedulur juga bisa melihat berbagai macam referensi model dompet yang tersedia di berbagai media sosial.

4. Menjual Tanaman Hias

Menjual Tanaman Hias

Usaha satu ini termasuk dalam usaha pertanian yang menguntungkan. Jarang ada usaha yang menguntungkan dari bidang pertanian. Karena biasanya usaha pertanian harus membutuhkan modal besar dengan jaringan yang telah kuat. Jika telah memiliki kedua hal tersebut, bisnis di bidang pertanian menjadi salah satu usaha yang menguntungkan.

5. Thrift Shop

Thrift Shop

Ide bisnis kreatif selanjutnya adalah menjalankan thrift shop, menjual pakaian bekas yang masih memiliki kualitas tinggi. Selain itu bisnis ini sangat menguntungkan karena model dari setiap pakaian jarang ada yang memiliki.

6. Membuat Parcel

Membuat Parcel

Contoh ide bisnis kreatif satu ini sangat menguntungkan dan layak coba, sama seperti usaha pada umumnya, usaha satu ini juga akan ramai ketika memasuki momen Hari Raya. Banyak masyarakat yang saling berbagi dan mengirim parcel untuk kerabat atau rekan kerja.

7. Menjual Frozen Food

Menjual Frozen Food

Karena saat ini banyak masyarakat yang menyukai makanan beku dikarenakan daya tahannya yang sangat lama. Bisa Sedulur lihat di setiap supermarket pasti tersedia banyak makanan beku yang ditawarkan. Hal ini bisa menjadi peluang sebagai ide bisnis kreatif dengan melakukan beberapa inovasi.

8. Mainan Anak-Anak

Mainan Anak-Anak

Ide bisnis kreatif lainnya adalah menjual mainan anak-anak. Sedulur bisa mendapatkan keuntungan yang sangat banyak dengan menjual mainan anak-anak. Karena anak-anak akan mudah tergiur dengan mainan, hal tersebut merupakan sebuah peluang yang menjanjikan.

9. Wedding Organizer

Wedding Organizer

Membuka wedding organizer merupakan ide bisnis kreatif yang menjanjikan. Banyak pasangan yang akan menikah membutuhkan jasa wedding organizer. Kecenderungan menggunakan wedding organizer saat ini telah menjadi sebuah trend dalam sebuah pernikahan.

10. Membuka Barbershop

Membuka Barbershop

Barbershop merupakan salah satu contoh usaha kecil-kecilan dengan peluang usaha tinggi. Usaha potong rambut telah lama berjalan dan dilakukan banyak orang,. Namun potong rambut dengan konsep barbershop merupakan sesuatu yang baru. Sedulur bisa menyisipkan ide bisnis kreatif agar barbershop berbeda dengan tempat potong rambut pada umumnya.

11. Jasa Penitipan Anak

 Jasa Penitipan Anak

Saat ini banyak orangtua muda yang keduanya bekerja untuk mendapatkan pemasukan yang cukup untuk kebutuhan bulanan. Oleh karena itu, banyak anak-anak dititipkan kepada saudara atau keluarga. Dengan membuka jasa penitipan anak, target pasar orangtua muda bisa menjadi sasaran tepat untuk jasa usaha satu ini.

12. Menjual Property

Menjual Property

Ide bisnis kreatif satu ini hanya membutuhkan kemampuan berbicara yang baik dan juga kemampuan menyakinkan calon pembeli. Dan keuntungan yang bisa Sedulur dapatkan akan sangat besar dari setiap property yang laris terjual.

Baca Juga: Aplikasi Super – Agen Sembako Murah Surabaya yang Patut Sedulur Coba

13. Buku Bekas

Buku Bekas

Sedulur memiliki banyak buku bekas yang sudah selesai dibaca? Hal ini bisa dijadikan ide bisnis kreatif. Di Indonesia banyak sekali pembaca buku yang sangat menyukai buku-buku bekas, terutama jika Sedulur memiliki buku lawas dan buku antik. Banyak kolektor buku yang mengincarnya.

14. Jasa Menulis

Jasa Menulis

Salah  satu ide bisnis kreatif yang menjual jasa adalah menulis. Menulis merupakan sebuah peluang usaha yang menjanjikan. Karena banyak perusahaan yang membutuhkan jasa menulis untuk mengedukasi pembelinya terkait produk yang dimiliki setiap perusahaan.

15. Fotografer

Fotografer

Menjadi fotografer juga bisa sangat menguntungkan Sedulur Super sekalian, sekaligus bisa dijadikan sebagai ide bisnis kreatif. Sama seperti penulis, banyak perusahaan yang membutuhkan jasa dari para fotografer untuk kepentingan perusahaannya.

16. Desainer

Desainer

Masih berkaitan dengan dunia digital marketing, desainer grafis merupakan salah satu ide bisnis kreatif yang tengah disorot beberapa tahun belakangan ini. Hal tersebut dikarenakan tingginya kebutuhan akan visual yang saat ini sedang tinggi.

17. Influencer

Influencer

Banyak platform yang bisa Sedulur gunakan, seperti Youtube, Instagram dan juga platform lainnya yang dapat memberikan kita pemasukan yang tinggi. Oleh karena itu, menjadi influencer merupakan salah satu peluang usaha yang patut dipertimbangkan dan juga salah satu daftar ide bisnis kreatif yang patut dipertimbangkan tahun ini.

18. Jasa Katering

Jasa Katering

Memiliki sebuah katering juga merupakan sebuah contoh bisnis yang bisa memberikan Sedulur banyak keuntungan. Banyak kegiatan atau event yang membutuhkan jasa katering. Seperti pernikahan, seminar, hingga peresmian sebuah kegiatan atau kantor.

19. Jasa Rias Wajah

Jasa Rias Wajah

Profesi yang sedang ramai saat ini adalah profesi make-up artist. Menjalankan profesi satu ini bisa dijadikan sebagai ide bisnis kreatif. Jangan salah, jika kita telah menjadi seorang make-up artist profesional, kita bisa mendapatkan bayaran yang sangat besar, lho.

20. Pemandu Wisata

Pemandu Wisata

Ide bisnis kreatif selanjutnya adalah menjadi pemandu wisata. Profesi satu ini juga bisa kita jadikan sebagai sebuah peluang usaha, sekaligus sebuah contoh usaha kecil-kecilan yang bisa ditiru. Jangan salah, menjadi pemandu wisata dapat memberikan kita penghasilan yang tinggi.

21. Mencari Data Penelitian

Mencari Data Penelitian

Banyak mahasiswa yang sedang menulis tesis dan atau tugas akhirnya yang membutuhkan banyak data. Namun biasanya mereka tidak memiliki banyak waktu untuk penelitian. Kondisi tersebut bisa dijadikan ide bisnis kreatif yang akan sangat laris, karena adanya kebutuhan dari masyarakat.

22. Menjadi Penerjemah

Menjadi Penerjemah

Kemampuan Bahasa menjadi faktor penting untuk menjalankan ide bisnis kreatif satu ini. Banyak perusahaan atau para akademisi yang membutuhkan jasa penerjemah untuk urusan mereka masing-masing.

Perusahaan biasanya membutuhkan jasa penerjemah untuk kepentingan proposal dan surat menyurat, sedangkan akademisi membutuhkan jasa penerjemah untuk kepentingan jurnal atau penelitian yang sedang dilakukan.

23. Menjalankan Bisnis Waralaba

Menjalankan Bisnis Waralaba

Bisnis waralaba merupakan bisnis yang berjalan secara kemitraan. Sedulur akan bekerjasama dengan perusahaan yang memiliki produk yang sudah dikenal oleh masyarakat.

Sedulur hanya tinggal menjual produk tersebut dengan beberapa kesepakatan dengan perusahaan yang bersangkutan. Saat ini banyak sekali pilihan bisnis waralaba yang bisa dipilih untuk dijalankan. Selain itu, bisnis waralaba juga bukan hanya memberikan sebuah barang.

24. Rental Mobil

Rental Mobil

Menjalankan ide bisnis kreatif satu ini memang membutuhkan modal yang cukup besar di awal. Namun pemasukan dalam menjalankan bisnis ini juga akan sangat cepat, karena tarif sewa mobil yang lumayan tinggi.

Banyak wisatawan yang datang ke tempat wisata tanpa membawa kendaraan. Membuka usaha rental mobil merupakan suatu peluang usaha yang akan membawa keuntungan besar. Modal besar di awal pun akan cepat tertutup.

25. Warnet Game

Warnet Game

Walaupun saat ini banyak masyarakat yang memasang internet sendiri di rumahnya, menjadikan warnet sebagai ide bisnis kreatif adalah hal yang wajar. Karena warnet masih menjadi primadona, terutama warnet game.

Karena bermain game membutuhkan komputer dengan kemampuan tinggi. Menjadikan warnet game masih bertahan dan masih sangat dibutuhkan oleh para gamers garis keras yang. Tidak heran banyak pengusaha warnet yang saat ini masih bertahan.

26. Menjual Sarapan

Menjual Sarapan

Sudah menjadi kebiasaan masyarakat di Indonesia untuk selalu membeli sarapan. Hal ini karena jarang sekali masyarakat Indonesia yang memasak di pagi hari. Selain itu, ide bisnis kreatif satu ini tidak mematok harga jual yang mahal.

Hal tersebut yang membuat masyarakat Indonesia lebih memilih untuk membeli makanan untuk sarapan daripada memasak langsung. Sarapan yang umum dijual adalah bubur, ketoprak, ketupat hingga soto.

27. Usaha Kue Kering

Usaha Kue Kering

Ide bisnis satu ini sudah sangat terbukti mampu mengantarkan keuntungan yang sangat melimpah. Terutama jika menjual usaha kue kering pada momen-momen tertentu. Biasanya kue kering akan sangat laku jika dijual pada saat hari raya.

Membuat kue kering pun tidak terlalu sulit dan bahan yang dibutuhkan pun sangat mudah didapat dan juga harganya sangat murah. Kita bisa semakin banyak mendapatkan keuntungan untuk menjalankan usaha kecil-kecilan satu ini.

Sudah menjadi kebiasaan jika di Hari Raya harus tersedia kue kering sebagai sajian utama, disandingkan dengan berbagai hidangan berat lainnya, seperti opor ayam dan juga gulai. Hari Raya akan semakin lengkap dengan hadirnya kue kering. Hal tersebut yang menjadikan usaha satu ini sangat menguntungkan.

28. Menjual Camilan

Menjual Camilan

Banyak makanan ringan atau camilan yang bisa dijadikan sebagai ide bisnis kreatif dan inovatif. Banyak juga contoh usaha kecil-kecilan satu ini yang telah terbukti memberikan banyak keuntungan bagi para pelaku bisnis yang menjalankannya.

Hal yang membuat usaha satu ini menjadi sangat menguntungkan adalah karena banyak masyarakat Indonesia yang sangat menyukai camilan. Masyarakat Indonesia seringkali menghabiskan waktu luang dengan ngemil makanan ringan sambil minum kopi atau minum teh.

29. Menjual Pulsa Atau Token Listrik

Menjual Pulsa Atau Token Listrik

Ide bisnis selanjutnya adalah menjual pulsa atau token listrik. Saat ini setiap masyarakat sudah menggunakan gadget sebagai alat utama untuk berkomunikasi. Oleh karena itu setiap orang tersebut membutuhkan pulsa untuk gadgetnya.

Keuntungan menjalankan jenis bisnis ini memang tidak terlalu banyak. Tetapi, jika dijalani dengan serius , kita akan banyak mendapatkan keuntungan walaupun hanya sedikit. Keuntungan yang sedikit jika didapat dari jumlah yang banyak sama-sama akan memberikan keuntungan juga.

30. Toko Kelontong

Toko Kelontong

Toko kelontong merupakan salah satu ide bisnis rumahan yang menjanjikan sekaligus bisnis abadi yang tidak ada matinya, hal tersebut disebabkan karena toko kelontong menjual berbagai jenis sembako kebutuhan sehari-hari masyarakat.

Dikarenakan permintaan barang dan kebutuhan masyarakat akan sembako selalu tinggi di setiap harinya, membuat bisnis toko kelontong sangat menggiurkan untuk dijalani. Apalagi bisa menjalani bisnis toko kelontong di rumah, jauh lebih menguntungkan lagi.

Bagi Sedulur Super yang tertarik membuka usaha kelontong, Sedulur Super juga bisa menggabungkan usaha toko kelontong Sedulur menjadi Mitra Super Center yang dimiliki oleh Aplikasi Super. Tentu saja, Sedulur Super harus menggunakan Aplikasi Super terlebih dahulu.

Dengan bergabung menjadi Mitra Super Center, toko kelontong yang Sedulur jalani akan dapat berkembang pesat dan Sedulur mendapatkan untung super melimpah. Banyak kemudahan yang diberikan Aplikasi Super jika Sedulur bergabung ke dalam Mitra Super Center.

Kemudahan dan keuntungan yang dimaksud adalah prioritas pelayanan, harga sembako yang sangat murah yang akan memberikan keuntungan bagi Sedulur Super saat menjual kembali di toko Sedulur, dan juga terdapat pelatihan yang bisa Sedulur Super dapatkan yang diberikan oleh Aplikasi Super.

Pelatihan yang diberikan adalah pelatihan bisnis dan hal ini baik untuk perkembangan toko kelontong Sedulur. Selain itu, Aplikasi Super juga memberikan promosi toko kelontong Sedulur ke berbagai media massa yang bekerja sama dengan Aplikasi Super.

Hal tersebut akan sangat baik untuk perkembangan usaha toko kelontong Sedulur. Bagi Sedulur Super yang tertarik dan belum download Aplikasi Super, bisa klik di sini dan rasakan secara langsung berbagai manfaat dan untung super melimpah yang diberikan oleh Aplikasi Super.

Jangan lupa juga untuk mengunjungi laman Aplikasi Super dengan klik di sini, Sedulur juga bisa mempelajari dan mencari tahu lebih jauh terkait Aplikasi Super, terutama mencari tahu cara daftar Aplikasi Super.