ide bisnis kreatif

Salah satu cara menjalankan bisnis agar laris manis adalah berpikir kreatif dan inovatif. Dua sifat ini tak hanya akan menghasilkan ide bisnis yang unik, tapi juga memiliki potensi besar ketika memasuki pasar bisnis. Selain itu, Sedulur bisa menarik lebih banyak pelanggan dengan memanfaatkan ide bisnis kreatif tersebut.

Umumnya produk yang ditawarkan dan dijual dalam bisnis kreatif memiliki ciri khas yang berbeda dari produk di pasaran. Untuk itu, kali ini kita akan mengupas tuntas tentang berbagai  ide bisnis kreatif yang jarang ada, baik itu ide bisnis kreatif terbaru, ide bisnis kreatif modal kecil dan ide bisnis kreatif dan inovatif lainnya untuk referensi Sedulur.

BACA JUGA: 10 Ide Bisnis untuk Pelajar dengan Modal Kecil Untung Besar!

Daftar ide bisnis kreatif dan inovatif yang paling menguntungkan di 2023

Simak daftar dan contoh ide bisnis kreatif yang akan dibahas di bawah ini, yang bisa Sedulur jadikan referensi atau rekomendasi untuk memulai ide bisnis kreatif. Yuk, langsung saja kita masuk ke pembahasannya.

-->

1. Penjahit pakaian

ide bisnis kreatif
iStock

Ide bisnis kreatif yang akan sangat menguntungkan yang pertama adalah membuka jasa jahit pakaian. Membuka usaha jahit akan mengantarkan keuntungan. Karena saat ini banyak masyarakat yang menginginkan pakaian yang diatur sesuai selera fashion masing-masing.

Selain itu, bisnis ini juga tidak memerlukan modal yang tinggi dan juga bisa Sedulur lakukan di rumah. Selain itu, saat ini trend fashion sedang ramai dengan jenis pakaian yang dimodifikasi, seperti celana Levi’s misalnya, atau juga pakaian dengan model yang tidak dimiliki banyak orang.

Dengan melihat peluang ini, Sedulur dijamin tidak akan sama sekali kekurangan pelanggan. Selain itu, banyak orang juga yang ingin memiliki baju atau celana yang tidak dimiliki oleh orang lain adalah peluang yang sangat bisa dimanfaatkan.

Oleh karena itu, ide bisnis rumahan yang menjanjikan ini sangat layak dicoba. Karena banyak dari masyarakat yang rela membeli kain dan menjahit sendiri ke toko jasa jahit, demi memiliki desain dan model yang berbeda dengan yang lain.

2. Kerajinan tangan (crafter)

ide bisnis kreatif
Unsplash

Ide bisnis kreatif selanjutnya adalah membuka toko yang menjual kerajinan tangan dan cinderamata. Ide bisnis kreatif ini bisa dimulai dari kepekaan kamu pada kebutuhan sederhana yang banyak digunakan orang. Selain itu, juga bisa dipilih bagi Sedulur yang memiliki rumah di daerah strategis seperti di samping jalan raya atau tinggal di tempat wisata.

Banyak karya tangan dan cinderamata seperti tas, sepatu hingga berbagai pernak-pernik rumah bisa Sedulur buat. Keuntungan dengan membuat usaha rumahan jenis ini adalah Sedulur tidak memerlukan banyak modal.

3. Graphic designer

Pexels

Desainer grafis merupakan salah satu ide bisnis kreatif yang tengah disorot beberapa tahun belakangan ini. Hal tersebut dikarenakan tingginya kebutuhan akan visual yang saat ini sedang tinggi. Sedulur bisa mulai membuka usaha yang melayani jasa pembuatan desain grafis secara mandiri maupun bersama tim.

4. Florist atau menjual tanaman hias

Freepik

Usaha satu ini termasuk dalam usaha pertanian yang menguntungkan. Jarang ada usaha yang menguntungkan dari bidang pertanian. Karena biasanya usaha pertanian harus membutuhkan modal besar dengan jaringan yang telah kuat. Jika telah memiliki kedua hal tersebut, bisnis di bidang pertanian menjadi salah satu usaha yang menguntungkan.

Selain itu, Sedulur juga bisa mengembangkan bisnis dengan melayani pembuatan buket bunga. Biasanya, banyak orang membeli buket bunga sebagai hadiah untuk teman, keluarga, ataupun kekasih pada momen spesial seperti ulang tahun dan wisuda.

5. Menjual dompet kulit

iStock

Ide bisnis kreatif dan inovatif selanjutnya adalah menjual dompet kulit. Saat ini tengah ramai usaha yang menjual karya kerajinan tangan. Salah satunya adalah usaha dompet kulit. Usaha handmade yang menguntungkan ini bisa memberikan kita pemasukan dua kali lipat jauh dari dugaan yang kita pikirkan.

Usaha yang menguntungkan ini tidak sulit dilakukan. Sedulur hanya perlu modal ketekunan dan ketelitian dalam menjahit setiap dompet kulit. Sedulur juga bisa melihat berbagai macam referensi model dompet yang tersedia di berbagai media sosial.

BACA JUGA: 10 Contoh Strategi Promosi Bisnis yang Efektif & Pasti Berhasil

6. Personal shopper

Unsplash

Ide bisnis satu ini cocok untuk Sedulur yang menyukai aktivitas berbelanja. Sebab, seorang personal shopper bekerja dengan cara membantu klien untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari di samping memberikan rekomendasi produk dengan kualitas terbaik.

Selain barang-barang kebutuhan sehari-hari, seorang personal shopper juga bisa membantu klien berbelanja barang-barang lainnya. Mulai dari perabotan rumah, pakaian, hingga berbagai aksesori.

7. Clothing line

ide bisnis kreatif
Pexels

Seiring dengan perkembangan zaman, fashion menjadi hal yang penting bagi sebagian besar orang. Tak heran, saat ini Sedulur bisa menjumpai pakaian dengan berbagai merek dan model. Bahkan model pakaian pun cenderung cepat berkembang dari masa ke masa. Hal ini juga menandakan kebutuhan yang cukup tinggi akan barang tersebut.

Nah, Sedulur bisa memanfaatkan fenomena ini dengan membuka bisnis clothing line. Biasanya, bisnis clothing line didirikan dengan membuat brand dan produk sendiri. Sehingga produk yang dijual antara brand yang satu dengan lainnya akan berbeda. Tak hanya itu, setiap bisnis clothing line biasanya mempunyai ciri khas masing-masing. Misalnya Sedulur bisa membuka bisnis pakaian dengan ciri khas warna-warna pastel.

8. Ide bisnis kreatif thrift store

Freepik

Masih berkaitan dengan bisnis pakaian, Sedulur juga bisa mencoba ide bisnis kreatif berikutnya yaitu menjalankan thrift store atau toko baju bekas. Meski barang yang dijual merupakan pakaian bekas, Sedulur tetap bisa menarik pasar dengan memiliki pakaian yang memiliki kualitas tinggi. Selain itu bisnis ini sangat menguntungkan karena model dari setiap pakaian jarang ada yang memiliki mengingat itu merupakan pakaian bekas yang mungkin sudah tidak dijual di toko aslinya.

9. Jasa pembuatan parcel atau hampers

iStock

Contoh ide bisnis kreatif satu ini sangat menguntungkan dan layak coba, sama seperti usaha pada umumnya, usaha satu ini juga akan ramai ketika memasuki momen Hari Raya. Banyak masyarakat yang saling berbagi dan mengirim parcel untuk kerabat atau rekan kerja.

10. Bisnis frozen food

iStock

Saat ini banyak masyarakat yang menyukai makanan beku dikarenakan daya tahannya yang sangat lama. Bisa Sedulur lihat di setiap supermarket pasti tersedia banyak makanan beku yang ditawarkan. Hal ini bisa menjadi peluang sebagai ide bisnis kreatif dengan melakukan beberapa inovasi. Misalnya, Sedulur bisa menjual beraneka ragam makanan beku. Selain itu, buat beberapa jenis penjualan, seperti dalam bentuk kemasan dan juga curah.

BACA JUGA: 12 Desain Rumah Toko Minimalis Untuk Memulai Usaha

11. Ide bisnis kreatif mainan anak-anak

ide bisnis kreatif
Unsplash

Ide bisnis kreatif lainnya adalah menjual mainan anak-anak. Sedulur bisa mendapatkan keuntungan yang sangat banyak dengan menjual mainan anak-anak. Karena anak-anak akan mudah tergiur dengan mainan, hal tersebut merupakan sebuah peluang yang menjanjikan.

12. Wedding organizer

Pexels

Membuka wedding organizer merupakan ide bisnis kreatif yang menjanjikan. Banyak pasangan yang akan menikah membutuhkan jasa wedding organizer. Kecenderungan menggunakan wedding organizer saat ini telah menjadi sebuah trend dalam sebuah pernikahan.

13. Barbershop

Freepik

Barbershop merupakan salah satu contoh usaha kecil-kecilan dengan peluang usaha tinggi. Usaha potong rambut telah lama berjalan dan dilakukan banyak orang,. Namun potong rambut dengan konsep barbershop merupakan sesuatu yang baru. Sedulur bisa menyisipkan ide bisnis kreatif agar barbershop berbeda dengan tempat potong rambut pada umumnya.

14. Jasa menulis

iStock

Salah  satu ide bisnis kreatif yang menjual jasa adalah menulis. Menulis merupakan sebuah peluang usaha yang menjanjikan. Karena banyak perusahaan yang membutuhkan jasa menulis untuk mengedukasi pembelinya terkait produk yang dimiliki setiap perusahaan.

15. Fotografi

Unsplash

Menjadi fotografer juga bisa sangat menguntungkan Sedulur Super sekalian, sekaligus bisa dijadikan sebagai ide bisnis kreatif. Sama seperti penulis, banyak perusahaan yang membutuhkan jasa dari para fotografer untuk kepentingan perusahaannya.

BACA JUGA: 12 Macam Kerajinan Bahan Lunak dari Alam dan Buatan

16. Jasa penitipan anak

Pexels

Saat ini banyak orangtua muda yang keduanya bekerja untuk mendapatkan pemasukan yang cukup untuk kebutuhan bulanan. Oleh karena itu, banyak anak-anak dititipkan kepada saudara atau keluarga. Dengan membuka jasa penitipan anak, target pasar orangtua muda bisa menjadi sasaran tepat untuk jasa usaha satu ini.

17. Properti

Freepik

Ide bisnis kreatif satu ini hanya membutuhkan kemampuan berbicara yang baik dan juga kemampuan menyakinkan calon pembeli. Dan keuntungan yang bisa Sedulur dapatkan akan sangat besar dari setiap property yang laris terjual.

18. Menjual buku bekas

iStock

Sedulur memiliki banyak buku bekas yang sudah selesai dibaca? Hal ini bisa dijadikan ide bisnis kreatif. Di Indonesia banyak sekali pembaca buku yang sangat menyukai buku-buku bekas, terutama jika Sedulur memiliki buku lawas dan buku antik. Banyak kolektor buku yang mengincarnya.

19. Influencer

Unsplash

Banyak platform yang bisa Sedulur gunakan, seperti Youtube, Instagram dan juga platform lainnya yang dapat memberikan kita pemasukan yang tinggi. Oleh karena itu, menjadi influencer merupakan salah satu peluang usaha yang patut dipertimbangkan dan juga salah satu daftar ide bisnis kreatif yang patut dipertimbangkan tahun ini.

20. Jasa katering

ide bisnis kreatif
Pexels

Memiliki sebuah katering juga merupakan sebuah contoh bisnis yang bisa memberikan Sedulur banyak keuntungan. Banyak kegiatan atau event yang membutuhkan jasa katering. Seperti pernikahan, seminar, hingga peresmian sebuah kegiatan atau kantor.

BACA JUGA: Cara dan Tips Memulai Bisnis Sayuran Paling Menjanjikan!

21. Beautypreneur

Freepik

Ide bisnis kreatif yang berikutnya adalah beautypreneur atau bisnis kecantikan. Ada beragam jenis bisnis yang bisa Sedulur coba di lingkung kecantikan. Misalnya adalah make up artist atau MUA. Menjalankan profesi satu ini bisa dijadikan sebagai ide bisnis kreatif. Jangan salah, jika kita telah menjadi seorang make-up artist profesional, kita bisa mendapatkan bayaran yang sangat besar, lho.

Selain MUA, masih ada beragam jenis bisnis lain yang bisa Sedulur coba sebagai beautypreneur. Di antaranya adalah menciptakan produk dan brand kosmetik, membuka klinik kecantikan, spa, dan salon. Menariknya lagi, bukan tidak mungkin bagi Sedulur untuk memiliki berbagai lini bisnis tersebut. Sebagai contoh, setelah sukses dengan bisnis MUA, Sedulur bisa mencoba membuat brand kosmetik sendiri. Sedulur dapat membuat produk kecantikan berkualitas berdasarkan pengalaman menggunakan beragam produk kosmetik selama menjadi MUA.

22. Pemandu wisata

iStock

Ide bisnis kreatif selanjutnya adalah menjadi pemandu wisata. Profesi satu ini juga bisa kita jadikan sebagai sebuah peluang usaha, sekaligus sebuah contoh usaha kecil-kecilan yang bisa ditiru. Jangan salah, menjadi pemandu wisata dapat memberikan kita penghasilan yang tinggi.

23. Jasa penyedia data penelitian

Unsplash

Banyak mahasiswa yang sedang menulis tesis dan atau tugas akhirnya yang membutuhkan banyak data. Namun biasanya mereka tidak memiliki banyak waktu untuk penelitian. Kondisi tersebut bisa dijadikan ide bisnis kreatif yang akan sangat laris, karena adanya kebutuhan dari masyarakat.

24. Penerjemah

Pexels

Kemampuan bahasa menjadi faktor penting untuk menjalankan ide bisnis kreatif satu ini. Banyak perusahaan atau para akademisi yang membutuhkan jasa penerjemah untuk urusan mereka masing-masing.

Perusahaan biasanya membutuhkan jasa penerjemah untuk kepentingan proposal dan surat menyurat, sedangkan akademisi membutuhkan jasa penerjemah untuk kepentingan jurnal atau penelitian yang sedang dilakukan.

25. Bisnis waralaba

Freepik

Bisnis waralaba merupakan bisnis yang berjalan secara kemitraan. Sedulur akan bekerjasama dengan perusahaan yang memiliki produk yang sudah dikenal oleh masyarakat.

Sedulur hanya tinggal menjual produk tersebut dengan beberapa kesepakatan dengan perusahaan yang bersangkutan. Saat ini banyak sekali pilihan bisnis waralaba yang bisa dipilih untuk dijalankan. Selain itu, bisnis waralaba juga bukan hanya memberikan sebuah barang.

BACA JUGA: Baru Mulai Usaha? Ini Bisnis Makanan Untuk Pemula yang Bisa Dicoba!

26. Rental mobil

iStock

Menjalankan ide bisnis kreatif satu ini memang membutuhkan modal yang cukup besar di awal. Namun pemasukan dalam menjalankan bisnis ini juga akan sangat cepat, karena tarif sewa mobil yang lumayan tinggi.

Banyak wisatawan yang datang ke tempat wisata tanpa membawa kendaraan. Membuka usaha rental mobil merupakan suatu peluang usaha yang akan membawa keuntungan besar. Modal besar di awal pun akan cepat tertutup.

27. Warnet game

Unsplash

Walaupun saat ini banyak masyarakat yang memasang internet sendiri di rumahnya, menjadikan warnet sebagai ide bisnis kreatif adalah hal yang wajar. Karena warnet masih menjadi primadona, terutama warnet game.

Karena bermain game membutuhkan komputer dengan kemampuan tinggi. Menjadikan warnet game masih bertahan dan masih sangat dibutuhkan oleh para gamers garis keras yang. Tidak heran banyak pengusaha warnet yang saat ini masih bertahan.

28. Menjual sarapan

Freepik

Sudah menjadi kebiasaan masyarakat di Indonesia untuk selalu membeli sarapan. Hal ini karena jarang sekali masyarakat Indonesia yang memasak di pagi hari. Selain itu, ide bisnis kreatif satu ini tidak mematok harga jual yang mahal.

Hal tersebut yang membuat masyarakat Indonesia lebih memilih untuk membeli makanan untuk sarapan daripada memasak langsung. Sarapan yang umum dijual adalah bubur, ketoprak, ketupat hingga soto.

29. Usaha kue kering

Pexels

Ide bisnis satu ini sudah sangat terbukti mampu mengantarkan keuntungan yang sangat melimpah. Terutama jika menjual usaha kue kering pada momen-momen tertentu. Biasanya kue kering akan sangat laku jika dijual pada saat hari raya.

Membuat kue kering pun tidak terlalu sulit dan bahan yang dibutuhkan pun sangat mudah didapat dan juga harganya sangat murah. Kita bisa semakin banyak mendapatkan keuntungan untuk menjalankan usaha kecil-kecilan satu ini.

Sudah menjadi kebiasaan jika di Hari Raya harus tersedia kue kering sebagai sajian utama, disandingkan dengan berbagai hidangan berat lainnya, seperti opor ayam dan juga gulai. Hari Raya akan semakin lengkap dengan hadirnya kue kering. Hal tersebut yang menjadikan usaha satu ini sangat menguntungkan.

BACA JUGA: 12 Cara dan Tips Usaha Konter Pulsa, Dijamin Pasti Untung!

30. Menjual camilan

iStock

Banyak makanan ringan atau camilan yang bisa dijadikan sebagai ide bisnis kreatif dan inovatif. Banyak juga contoh usaha kecil-kecilan satu ini yang telah terbukti memberikan banyak keuntungan bagi para pelaku bisnis yang menjalankannya.

Hal yang membuat usaha satu ini menjadi sangat menguntungkan adalah karena banyak masyarakat Indonesia yang sangat menyukai camilan. Masyarakat Indonesia seringkali menghabiskan waktu luang dengan ngemil makanan ringan sambil minum kopi atau minum teh.

31. Jasa dekorasi kue

ide bisnis kreatif
Unsplash

Kue tidak hanya menjadi kudapan yang banyak disukai karena rasanya lezat. Kue juga kerap digunakan untuk melengkapi perayaan di momen-momen spesial, seperti ulang tahun dan pernikahan. Tentunya kue yang dihidangkan pada momen-momen itu berbeda dengan kebanyakan kue yang kita jumpai di toko kue pada umumnya. Sebab kue-kue tersebut biasanya akan dihias sedemikian rupa sehingga menjadi indah dipandang.

Sedulur pun bisa memanfaatkan fenomena ini sebagai peluang bisnis. Tidak hanya menghias kue asli, Sedulur juga bisa menghias kue dummy yang biasanya berukuran besar dan dipajang pada acara pernikahan.

32. Menjual pulsa atau token listrik

iStock

Ide bisnis selanjutnya adalah menjual pulsa atau token listrik. Saat ini setiap masyarakat sudah menggunakan gadget sebagai alat utama untuk berkomunikasi. Oleh karena itu setiap orang tersebut membutuhkan pulsa untuk gadgetnya.

Keuntungan menjalankan jenis bisnis ini memang tidak terlalu banyak. Tetapi, jika dijalani dengan serius , kita akan banyak mendapatkan keuntungan walaupun hanya sedikit. Keuntungan yang sedikit jika didapat dari jumlah yang banyak sama-sama akan memberikan keuntungan juga.

33. Toko kelontong

Ide bisnis

Toko kelontong merupakan salah satu ide bisnis rumahan yang menjanjikan sekaligus bisnis abadi yang tidak ada matinya, hal tersebut disebabkan karena toko kelontong menjual berbagai jenis sembako kebutuhan sehari-hari masyarakat.

Dikarenakan permintaan barang dan kebutuhan masyarakat akan sembako selalu tinggi di setiap harinya, membuat bisnis toko kelontong sangat menggiurkan untuk dijalani. Apalagi bisa menjalani bisnis toko kelontong di rumah, jauh lebih menguntungkan.

Dalam menjalankan bisnis toko kelontong, Sedulur perlu memilih supplier secara cermat. Sehingga bisa memperoleh barang dagangan dengan harga terjangkau. Nah, Sedulur bisa berkulakan berbagai kebutuhan toko di Aplikasi Super.

Dengan kulakan di Aplikasi Super, Sedulur akan memperoleh berbagai keuntungan. Pertama, harga produk sembako dan kebutuhan rumah tangga lainnya di Aplikasi Super dijamin lebih murah. Selain itu, juga ada beragam voucher diskon, cashback, dan gratis ongkir yang bikin kulakan makin untung.

Tak berhenti sampai di situ, kulakan di Aplikasi Super juga super mudah. Sedulur cukup memesan lewat aplikasi dan barang dagangan akan langsung dikirim sampai depan tokomu. Mudah bukan? Untuk itu, langsung unduh dan kulakan di Aplikasi Super!

Itu dia 33 ide bisnis kreatif yang paling menguntungkan di 2023. Nah, apakah Sedulur tertarik untuk mulai berbisnis di tahun yang baru ini?