Bisnis untuk pelajar adalah salah satu topik yang banyak dibicarakan akhir-akhir ini. Di era sekarang, sudah bukan lagi zamannya para pelajar hanya mengandalkan uang saku yang diberikan oleh orang tua. Sudah banyak di luaran sana pelajar-pelajar yang mandiri dari segi finansial karena telah memiliki pemasukan sendiri.

Jika Sedulur adalah salah satu pelajar yang berencana untuk berbisnis kecil-kecilan, mungkin rekomendasi ide bisnis berikut dapat dijadikan referensi. Yuk, simak apa saja bisnis untuk pelajar dengan modal kecil namun untung melimpah berikut ini!

BACA JUGA: 10 Contoh Strategi Promosi Bisnis yang Efektif & Pasti Berhasil

10 ide bisnis untuk pelajar dengan modal kecil

Sejatinya banyak sekali bisnis untuk pelajar yang bisa dicoba oleh Sedulur. Akan tetapi, artikel ini telah merangkum setidaknya 10 ide bisnis cemerlang yang pas bagi pelajar. Tidak perlu modal yang banyak, tetapi tetap ada potensi keuntungan yang tinggi. Apa saja ya, ide-ide bisnis tersebut?

-->

BACA JUGA: Cara Mudah Pembukuan Toko Kelontong Manual yang Efektif

1. Penulis artikel

Depositphotos

Usia pelajar adalah masa-masa yang tepat untuk menunjukkan bakat atau potensi Sedulur, contohnya seperti bakat dalam menulis. Mereka yang masih berstatus sebagai pelajar pun dapat mengubah bakat atau potensinya menjadi uang dengan cara menyediakan jasa penulis artikel. 

Walaupun terdengar sedikit rumit, tetapi sejatinya menjadi penulis artikel dapat dilakukan oleh siapa saja asal ia memiliki kemampuan yang mumpuni. Cukup publikasikan karya di situs freelancer dan Sedulur akan mendapatkan tawaran untuk menulis dari klien.

Jika Sedulur sudah punya blog sendiri, tidak ada salahnya untuk mulai memonetisasi blog tersebut. Sedulur bisa mengawalinya dengan belajar cara menulis artikel yang baik dan bervariasi, membuat konten tulisan yang menarik, dan belajar bagaimana caranya mendapatkan penghasilan melalui iklan di blog.

BACA JUGA: 12 Desain Rumah Toko Minimalis Untuk Memulai Usaha

2. Ilustrator

Depositphotos

Sedulur hobi menggambar? Coba untuk mulai berkarier sebagai ilustrator. Mulai gambar Sedulur secara gratis sembari mempromosikan jasa. Jika ada konsumen yang berminat, Sedulur dapat mulai menerapkan komisi.

BACA JUGA: 12 Macam Kerajinan Bahan Lunak dari Alam dan Buatan

3. Dropshipper

Everypixel

Mungkin Sedulur bertanya-tanya, “Apa itu dropshipper?”. Secara sederhana dropshipper adalah seseorang yang melakoni bisnis dropship. Bisnis dropship adalah bisnis yang menjual produk yang bukan milik sendiri. Jadi, Sedulur tidak berposisi sebagai produsen utama, melainkan hanya sebagai dropship yang menerima produk-produk dan menjualnya langsung kepada konsumen. 

Agar pekerjaan ini dapat memberikan Sedulur keuntungan yang banyak, Sedulur bisa memilih supplier yang menjual produk terkenal, sedang tren, dan terpercaya. Manfaatkan juga media sosial sebagai sarana promosi utama dari barang-barang dropship Sedulur.

BACA JUGA: Cara dan Tips Memulai Bisnis Sayuran Paling Menjanjikan!

4. Les privat

Depositphotos

Les privat adalah salah satu opsi ide bisnis untuk pelajar yang baik. Sedulur yang duduk di bangku SMA bisa menjadi guru les privat untuk anak-anak SMP atau SD.

5. Jual barang bekas (preloved)

Depositphotos

Menjual barang-barang bekas berkualitas bisa menjadi pilihan untuk bisnis Sedulur. Biasanya barang yang diminati adalah pakaian (thrifting).

6. Jasa penerjemah

Depositphotos

Jasa penerjemah juga dapat dijadikan pekerjaan sampingan seorang pelajar, loh Sedulur!

7. Menjadi influencer media sosial

Depositphotos

Profesi ini mungkin tidak asing lagi di kalangan pelajar dan mahasiswa yang aktif menggunakan media sosial. Ya, menjadi seorang influencer media sosial memang tampak mengasyikkan karena bisa mendapatkan penghasilan hanya dari aktif bersosial media.

Kalau Sedulur memiliki jumlah pengikut yang banyak di Instagram atau TikTok misalnya, tak ada salahnya Sedulur mencoba menjadi seorang influencer dengan membuat konten yang menarik. Pantau apa saja yang sedang tren di media sosial, lalu Sedulur bisa memanfaatkan momen tersebut untuk menambah engagement konten Sedulur.

Contohnya seperti viralnya sebuah gerai es krim dan minuman boba yang selalu membuka cabang baru di setiap ruko yang kosong. Coba cari celah dimana Sedulur bisa membuat konten yang relate dengan fenomena tersebut. Jika Sedulur sudah merasa mempunyai cukup pengikut dan engagement, saatnya untuk memulai menerima komisi dari promosi produk di media sosial Sedulur.

8. Menjadi streamer

Depositphotos

Ingin hobi bermain video game Sedulur semakin bermanfaat dan mendatangkan pundi-pundi rupiah? Mungkin streamer adalah salah satu opsi bisnis untuk pelajar yang cocok. Menjadi streamer merupakan ide bisnis online untuk pelajar yang sangat menyenangkan. Sedulur bisa menjalin kontrak bersama platform live streaming untuk bisa mendapatkan uang dari donasi seperti berupa koin, likes, sticker gift, dan sebagainya.

Coba mainkan game yang sedang viral. Sedulur bisa rutin mem-posting setiap sesi stream di media sosial seperti YouTube, TikTok, dan Instagram.

9. Membuat podcast

Everypixel

Akhir-akhir ini podcast menjadi salah satu konten media yang digemari oleh banyak orang. Hanya dengan perlengkapan audio yang cukup dan kamera perekam jika menggunakan YouTube, Sedulur sudah bisa mengawali bisnis untuk pelajar menjadi seorang podcaster.

Namun, tentunya Sedulur harus menyampaikan topik yang menarik dan pembawaan yang asyik. Bukan tak mungkin, nantinya Sedulur bisa berkolaborasi dengan sponsor.

10. Jual makanan atau minuman ringan

Depositphotos

Ide bisnis untuk pelajar yang terakhir ini mungkin adalah salah satu ide bisni yang paling mudah untuk dijajal. Berjualan makanan atau minuman ringan bisa dilakukan oleh seorang pelajar di sela-sela waktu senggangnya.

Sedulur harus pintar-pintar mencari celah dimana konsumen potensial berada. Misalnya ketika jam istirahat tiba, biasanya akan ada beberapa anak yang enggan menuju ke kantin karena terlalu ramai atau hanya sekedar ingin bersantai di dalam kelas sembari menikmati bekalnya dari rumah. Nah dari situ, Sedulur bisa menawarkan makanan atau minuman ringan yang Sedulur jajakan.

Sedulur bisa juga menjualnya di rumah atau melalui media sosial seperti Instagram atau dipromosikan lewat WhatsApp. Asal Sedulur menemukan tempat kulakan makanan atau minuman ringan dengan harga miring dan kualitas prima, dijamin bisnis ini akan bertahan lama dan menguntungkan, kok!

Berbicara tentang kulakan makanan dan minuman ringan, Aplikasi Super bisa banget buat dijadikan tempat belanja kulakan kebutuhan bisnis pelajar Sedulur, loh! Aplikasi Super mempunyai berbagai merk makanan dan minuman ringan yang sangat lengkap, mulai dari roti, basreng, hingga minuman es teler kemasan pun ada.

Belanja kulakan di Aplikasi Super juga relatif mudah, kok! Berikut ini cara singkatnya:

  • Unduh Aplikasi Super di Google Play Store.
  • Daftarkan diri, cari produk yang Sedulur inginkan.
  • Pesan, masukkan kode voucher dan promo biar makin hemat.
  • Bayar, tinggal tunggu pesanan datang di depan rumah.

Nggak perlu khawatir soal ongkir, dijamin gratis setiap saat, kok! Yuk, tunggu apa lagi? Gunakan Aplikasi Super untuk memenuhi berbagai kebutuhan sehari-hari Sedulur!

Tips menjalani bisnis untuk pelajar

Depositphotos

Menjalani bisnis untuk pelajar memang gampang-gampang susah. Layaknya bisnis atau usaha yang lain, keuntungan tidak bisa didapatkan secara instan. Pun risiko bisnis gagal juga dapat menghantui Sedulur. Lantas, bagaimana tips menjalani bisnis untuk pelajar?

1. Jangan ragu untuk memulai

Sebagian orang tentu mempunyai keraguan ketika memulai suatu bisnis, terutama bagi Sedulur yang masih berstatus pelajar. Kurangnya pengetahuan dan pengalaman akan berbisnis bisa menjadi salah satu faktor dari keraguan ini. 

Maka dari itu, bangunlah niat untuk berbisnis dengan sepenuh hati dan selalu yakin atas setiap langkah yang Sedulur ambil. Jangan pernah takut untuk mencoba sesuatu yang baru.

2. Mengalokasikan modal dengan bijak

Jika sudah memiliki niat yang bulat, Sedulur harus mampu mengelola modal dengan bijak. Jangan hambur-hamburkan uang modal tersebut untuk kebutuhan bisnis yang kurang perlu.

3. Fokus pada bisnis

Dalam memulai sebuah bisnis, kesungguhan dan niat adalah beberapa hal yang harus Sedulur miliki agar hasil bisnis dapat maksimal. Sedulur sebagai pelajar harus bisa fokus pada bisnis yang dijalani dan menyeimbangkan dengan waktu sekolah. Dengan begitu, Sedulur tidak mengorbankan satu aspek kehidupan untuk mengejar aspek yang lain.

4. Jangan takut rugi

Tips terakhir adalah jangan pernah takut untuk mengalami kerugian. Sedulur harus mampu membangun mental baja untuk menghadapi segala tantangan dalam berbisnis. Salah satunya adalah untuk tidak takut bisnis Sedulur akan rugi.

Kerugian dalam berbisnis sejatinya merupakan suatu hal yang sangat wajar. Jika suatu saat Sedulur mengalami kerugian, ingatlah bahwa setiap kegagalan adalah pelajaran berharga untuk bisnis Sedulur agar lebih berkembang di kemudian hari.

Nah Sedulur, demikian informasi singkat mengenai 10 ide bisnis untuk pelajar dengan modal kecil namun untung yang sangat besar. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Sedulur, ya!