strategi promosi bisnis

Menjalankan bisnis yang baik tentu harus menerapkan strategi promosi yang tepat. Agar dapat menggunakan strategi yang tepat, tentu Sedulur harus mengetahui contoh strategi promosi bisnis yang efektif dan pasti berhasil.

Dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas bersama terkait contoh strategi promosi bisnis yang tepat serta bagaimana cara menerapkannya. Namun sebelum itu, kita akan mulai pembahasan dengan mengulas terkait pengertian strategi promosi terlebih dahulu.

BACA JUGA: Cara dan Tips Memulai Bisnis Sayuran Paling Menjanjikan!

Apa itu strategi promosi?

strategi promosi bisnis
iStock

Strategi promosi merupakan kegiatan atau aktivitas yang dilakukan oleh pebisnis untuk mempengaruhi pasar. Tujuannya agar pasar (dalam hal ini) konsumen mengetahui brand atau produk yang dijual oleh pebisnis itu sendiri.

Konsumen ketika melihat promosi yang diberikan akang tergerak untuk membeli produk atau melakukan transaksi pembelian. Akhirnya kegiatan tersebut dapat meningkatkan engagement dengan konsumen.

Dalam pengertian lain, strategi promosi juga diartikan sebagai sebuah perencanaan dan pengendalian komunikasi dari suatu perusahaan atau organisasi dagang kepada para konsumen dan sasaran lainnya. Perencanaan yang dilakukan berkaitan dengan sebuah strategi untuk melakukan penjualan.

Manfaat strategi promosi

iStock

Dari pengertian strategi promosi di atas, Sedulur telah mengetahui betapa strategi dalam promosi memegang peran penting. Hal ini juga tidak terlepas dengan manfaat yang diberikan. Adapun manfaat yang diberikan yaitu:

  • Meningkatkan brand awareness sehingga konsumen mengetahui tentang produk serta keunggulan-keunggulannya.
  • Dapat memberikan identifikasi segmen konsumen yang berbeda-beda, sehingga bisa menerapkan langkah yang tepat.
  • Dapat meningkatkan loyalitas pelanggan atau konsumen.
  • Dapat meningkatkan reputasi positif produk dibandingkan dengan reputasi produk dari kompetitor.
  • Menjaga perputaran dan distribusi persediaan barang.
  • Strategi promosi yang tepat dapat menarik pelanggan baru.
  • Menciptakan komunikasi yang baik dengan pelanggan setia.

Langkah dan penerapan contoh strategi bisnis yang efektif

Setelah Sedulur mengetahui pengertian serta manfaatnya di atas, kita akan masuk ke pembahasan utama yaitu mengetahui langkah atau penerapan dari contoh strategi bisnsi yang efektif. Terutama bagi Sedulur yang merupakan pebisnis baru dan masih pemula, Sedulur wajib tahu langkah tepatnya.

Berikut ini adalah langkah efektif yang bisa kamu lakukan dapat penerapan contoh strategi bisnis, yaitu:

1. Tahu target pasar

strategi promosi bisnis
iStock

Langkah paling awal yaitu dengan mengetahui target pasar dari produk yang diberikan. Sedulur perlu untuk mengetahui seberapa besar minat target pasar Sedulur sebagai konsumen utama terhadap produk yang Sedulur tawarkan.

Mengetahui minat konsumen merupakan hal penting, agar produk yang ditawarkan dapat sesuai dengan keinginan target pasar dan diterima oleh konsumen. Sedulur bisa mengetahui hal yang paling diminati oleh konsumen dengan melihat produk yang paling banyak dibeli dan kebiasaan konsumen dari setiap transaksi.

2. Peta konsep untuk pemasaran dan satukan tujuan

iStock

Langkah kedua adalah dengan membuat peta konsep untuk melakukan pemasaran serta menyatukan tujuan untuk merancang strategi prmosi. Peta konsep umumnya berisi garis besar pemasaran apa saja yang akan dilakukan. Dengan begitu, Sedulur bisa memiliki rencana yang lebih terstruktur sebelum menjalankan sebuah bisnis.

Dalam rancangan peta konsep, Sedulur dapat membuat beberapa langkah pemasaran. Sehingga, kamu telah membuat alternatif apabila terjadi kegagalan saat melakukan langkah yang pertama. Selain itu, Sedulur juga bisa menambahkan konsep seperti evaluasi produk, rancangan produk, dan sebagainya.

3. Gabung dengan komunitas bisnis

strategi promosi bisnis
iStock

Saat menjalankan bisnis, dalam setiap harinya Sedulur harus terus belajar terkait proses bisnis. Mulai dari belajar perencanaan hingga belajar mengeksekusinya. Untuk mendukung proses belajar serta kegiatan bisnis, Sedulur bisa bergaburng dengan komunitas bisnis.

Dari komunitas tersebut Sedulur bisa mendapatkan jaringan baru, mengembangkan kemampuan komunikasi, serta bisa mendapatkan ilmu dari pengalaman dan kemampuan pebisnis lainnya. Kegiatan-kegiatan tersebut bisa memberikan Sedulur keinginan.

4. Gunakan media sosial

iStock

Media sosial saat ini memegang peranan penting untuk setiap kegiatan bisnis.  Media sosial bukan hanya digunakan untuk berkomunikasi, namun juga untuk bertransaksi dalam bisnis. Media sosial juga bisa Sedulur manfaatkan untuk membangun branding, interaksi dan komunikasi dengan konsumen serta menerapkan strategi promosi itu sendiri.

Hal tersebut tentu sangat menguntungkan kegiatan bisnis yang dilakukan. Pilihan tepat untuk memanfaatkan media sosial dengan aktif untuk menjalankan aktivitas bisnis.

5. Kerjasama dengan influencer dan lakukan edorsement

strategi promosi bisnis
iStock

Selanjutnya masih berkaitan dengan penggunaan media sosial, Sedulur bisa melakukan endorsement ke bebereapa public figure untuk mempromosikan produk Sedulur. Namun sebelum melakukan endorsment, Sedulur bisa melakukan riset terkait kebiasaan dan minat dari followers public figure tersebut.

Umumnya, setiap public figure memiliki tipe pengikut yang berbeda-beda. Sedulur dapat melihat apa yang disukai oleh pengikut public figure yang bersangkutan. Ambil contoh, kebiasaan dalam bermedia sosial, dan jenis bisnis apa yang efektif dipromosikan oleh public figure.

6. Membuat website

iStock

Sedulur juga wajib memiliki website bisnis agar bisnis Sedulur semakin profesional dan dapat meningkatkan kepercayaan terhadap konsumen. Website juga bisa Sedulur gunakan untuk menjelaskan tentang bisnis yang dijalani secara rinci.

Jelaskan tentang sejarah usaha, informasi seputar produk, alamat perusahaan hingga testimoni setiap konsumen yang telah merakan manfaat produk atau bisnsimu.

Hal tersebut dapat membuat bisnis Sedulur lebih mudah dikenal dan termasuk bisnis yang profesional. Untuk branding dan promosi, menggunakan website dapat memperluas jaringan dan melakukan penjualan.

7. Gunakan video promosi

strategi promosi bisnis
iStock

Selain memanfaatkan website, Sedulur juga bisa menggunakan video promosi sesuai dengan platform yang digunakan. Video tersebut bisa berupa penjelasan seputar produk, informasi promo terbaru, informasi seputar bisnis, dan video kreatif lain yang menarik rasa penasaran konsumen terhadap produk dan bisnis itu sendiri.

Video yang telah dibuat dapat diunggah pada halaman media sosial atau website. Saat ini, video promosi menjadi salah satu strategi promosi yang banyak digunakan oleh pebisnis.

Mengingat saat ini pengguna smartphone lebih menyukai konten video. Cara ini bisa Sedulur coba untuk mendekatkan bisnis dengan konsumen, sehingga terjadi komunikasi lain diluar komunikasi yang berkaitan dengan proses jual beli saja.

8. Berikan potongan harga atau diskon khusus

iStock

Hampir dapat dipastikan bahwa setiap konsumen selali tertarik terhadap diskon dan menyukainya. Hal ini tentu dapat Sedulur gunakan dan manfaatkan sebagai strategi promosi untuk menarik minat konsumen. Untuk beberapa produk tertentu, Sedulur bisa memberikan diskon untuk menarik perhatian pelanggan.

Sedulur juga bisa memberikan diskon untuk periode tertentu atau di hari-hari tertentu seperti di Hari Kemerdekaan atau di Hari Raya Keagamaan.

9. Berikan giveaway

strategi promosi bisnis
iStock

Strategi terakhir yang bisa Sedulur terapkan yaitu dengan memberikan giveaway. Di era digital saat ini, banyak cara yang bisa dilakukan sebagai bagian dari strategi promosi, salah satunya dengan mengadakan giveaway. Era digital dengan maraknya media sosial, giveaway merupakan strategi tepat.

Ditambah, strategi ini juga bisa berpotensi viral, karena media sosial itu sendiri. Giveaway biasanya memiliki ketentuan dengan syarat repost foto, komen, share, like postingan dan lain sebagainya. Peserta akan berkompetisi untuk mendapatkan produk yang menjadi hadiah giveaway.

Sebelum menjalankan giveaway, pastikan untuk mempromosikannya dahulu di berbagai platform online jauh hari sebelumnya. Pastikan untuk memposting di waktu yang tepat supaya menarik banyak peserta.

10. Manfaatkan marketplace atau ecommerce

strategi promosi bisnis
Aplikasi Super

Manfaat marketplace dan ecommerce bisa Sedulur manfaatkan sebagai tempat untuk menjalankan promosi yang lebih besar. Hampir seluruh masyarakat pengguna smartphone menggunakan marketplace sebagai salah satu media untuk bertransaksi.

Sedulur bisa menjangkau lebih banyak konsumen di seluruh Indonesia dengan memanfaatkan marketplace dan ecommerce sehinnga bukan hanya melakukan strategi promosi serta juga sekaligus menguatkan branding.

Penerapan contoh strategi promosi bisnis sembako

Aplikasi Super

Dalam contoh strategi promosi bisnis yang terakhir di atas, Sedulur disarankan menggunakan marketplace untuk menjalankan promosi. Hal tersebut sejalan dengan era digital dan penggunaan smartphone yang menyeluruh hampir setiap lapisan masyarakat.

Selain digunakan sebagai promosi, Sedulur juga bisa memanfaatkannya untuk membuat Sedulur semakin untung. Salah satunya seperti memanfaatkan ecommerce untuk belanja kebutuhan barang belanjaan. Misal dalam konteks usaha sembako atau toko kelontong.

Sedulur yang menjalankan toko kelontong dan menjual sembako bisa menggandalkan ecommerce untuk memenuhi kebutuhan barang dagangan. Aplikasi yang cocok digunakan yaitu Aplikasi Super. Karena fitur dan kemudahan yang dimiliki Aplikasi Super dapat membuat pemilih usaha semakin untung.

Aplikasi Super memiliki slogan belanja mudah, murah, dapat banyak hadiah dan untung super melimpah. Kemudahan belanja menggunakan Aplikasi Super bisa Sedulur manfaatkan untuk fokus mengurus bisnis. Harga murah yang diberikan bisa membuat Sedulur lebih berhemat

Hadiah dan keuntungan yang ada bisa Sedulur optimalkan untuk mengembangkan bisnis, hingga akhirnya Sedulur bisa mendapatkan keuntungan yang melimpah. Jangan banyak pertimbangan lagi, Sedulur bisa segera download Aplikasi Super dan langsung rasakan berbagai manfaat yang diberikan.

BACA JUGA: Strategi dan Cara Memulai Bisnis Jasa Desain Grafis

Jenis-jenis strategi promosi

iStock

Setelah mengetahui contoh strategi promosi bisnis di atas dan langkah utnuk menerapkannya, tentu Sedulur juga harus mengetahui jenis-jenis dari strategi promosi. Berikut ini beberapa jenis-jenis dari strategi promosi, yaitu:

1. Advertising

Periklanan merupakan sebuah bentuk komunikasi non personal yang harus diberikan imbalan/pembayaran kepada sebuah organisasi atau dengan menggunakan media massa. Adapun media yang biasa digunakan adalah televisi, surat kabar, majalah, internet, dan lain lain.

2. Promosi penjualan

Promosi penjualan merupakan insentif jangka pendek untuk meningkatkan penjualan suatu produk atau jasa. Harapannya konsumen bisa melakukan pembelian saat itu juga. Adapun wujud nyata kegiatan promosi penjualan misalnya obral, pemberian kupon, dan pemberian contoh produk.

3. Personal selling

Personal selling atau penjualan tatap muka adalah sebuah proses di mana para pelanggan diberi informasi dan mereka dipersuasi untuk membeli produk-produk melalui komunikasi secara personal dalam suatu situasi perekrutan.

4. Hubungan masyarakat

Hubungan masyarakat atau humas merupakan jenis strategi promosi non personal yang memberikan informasi terkait produk yang ditransmisi melalui perantara media massa. Dalam istilah lain, hubungan masyarakat atau humas juga dikenal dengan istilah publisitas.

Dari pembahasan lengkap terkait strategi promosi bisnis di atas, Sedulur bisa mendapatkan banyak hal dan diterapkan di bisnis yang tengah Sedulur jalankan. Semoga penjelasan di atas dapat memberikan peran dan sumbangsih untuk membuat bisnis Sedulur samakin maju dan berkambang, ya!