bisnis makanan untuk pemula

Bagi Sedulur yang ingin memulai bisnis makanan, biasanya tak mudah untuk menemukan ide akan berjualan apa. Sebab saat ini persaingan bisnis makanan sudah cukup ketat. Kemunculan berbagai bisnis makanan yang sangat beragam mungkin akan membuat Sedulur ragu-ragu dan khawatir nantinya bisnis Sedulur tak akan berhasil.

Namun, sebelum kekhawatiran Sedulur semakin besar, Aplikasi Super akan memberikan sejumlah alternatif ide bagi Sedulur yang ingin memulai usaha kuliner. Tak hanya itu, ada juga berbagai tips yang bisa Sedulur terapkan untuk menjalankan bisnis makanan. Yuk simak!

BACA JUGA: 5 Kesalahan Saat Menjalankan Bisnis Toko Kelontong

1. Gorengan

bisnis makanan untuk pemula
Detikfood

Gorengan menjadi makanan yang difavoritkan banyak orang. Rasanya yang gurih dan renyah, membuat banyak orang yang kalau memakannya tak cukup satu. Sedulur bisa memanfaatkan kegemaran orang Indonesia terhadap gorengan, yakni dengan membuka bisnis makanan gorengan.

-->

Apalagi modal awal yang dibutuhkan untuk menjual gorengan tidak terlalu banyak. Jika Sedulur belum bisa membeli gerobak untuk berjualan gorengan, Sedulur bisa juga kok memanfaatkan teras atau garasi rumah untuk berjualan gorengan.

2. Keripik/Makaroni

bisnis makanan untuk pemula

Aneka keripik seperti makaroni dan basreng mulai naik daun beberapa tahun ke belakang. Apalagi cita rasa pedasnya yang semakin menggugah selera, terutama bagi Sedulur yang memang pecinta kuliner pedas.

Berjualan cemilan pedas ini juga bisa jadi ide untuk Sedulur yang baru memulai bisnis makanan lho. Tak perlu bingung-bingung, Sedulur bisa kulakan di Aplikasi Super yang juga menyediakan makaroni dan basreng pedas Udalado. Dengan harga yang terjangkau, Sedulur bisa mendapatkan untung yang melimpah.

BACA JUGA: 12 Jajanan Pedas yang Nendang dan Murah, Bikin Ketagihan!

3. Masakan rumahan

Detikfood

Kesibukan seringkali membuat banyak orang jarang memasak dan lebih sering membeli lauk di restoran atau warung. Sedulur pun bisa memanfaatkan celah ini jika ingin mencoba masuk ke bisnis kuliner.

Bagi Sedulur yang memiliki keahlian memasak masakan rumahan, Sedulur bisa menjual hasil masakan tersebut lho. Dijamin laris manis karena saat ini banyak orang yang mencari kepraktisan.

4. Jus buah

bisnis makanan untuk pemula
Unsplash

Sebenarnya sudah banyak usaha kuliner jus buah yang bertebaran. Namun, tak ada salahnya Sedulur tetap mencobanya. Hanya saja, Sedulur harus mencari ide apa yang bisa membedakan usaha jus Sedulur dengan yang lain.

Sedulur bisa membuat jus buah yang lebih unik. Misal perpaduan jus buah dengan sayuran atau meningkatkan kualitas jus buah yang dibuat Sedulur. Jika kualitasnya baik, akan banyak orang yang membeli tak peduli berapa banyak saingan.

5. Franchise makanan

Unsplash

Cara yang satu ini memang memiliki satu kekurangan, yakni Sedulur harus menyediakan modal yang tidak sedikit. Jumlahnya bisa beragam, mulai puluhan bahkan ratusan juta. Namun, meski modal yang dibutuhkan cukup banyak, tapi Sedulur akan sangat terbantu dengan alat dan bahan-bahan untuk berjualan. Tak hanya itu, biasanya Sedulur juga akan mendapat bantuan untuk mempromosikan usaha Sedulur.

Jika memilih memulai usaha franchise makanan, pastikan Sedulur benar-benar riset tentang bisnis yang akan Sedulur beli franchisenya. Jangan sampai prosesnya malah merugikan.

BACA JUGA: 22 Ide Usaha Modal 1 Juta untuk Pemula, Pasti Menguntungkan!

Tips Agar Bisnis Makanan Makin Cuan!

1. Pastikan kualitas makanan baik dan rasanya enak

Tak dipungkiri, rasa makanan yang enak menjadi pertimbangan utama ketika seseorang memilih membeli makanan. Jika Sedulur bertekad untuk terjun ke dunia bisnis kuliner, maka kualitas makanan baik dari segi rasa maupun tampilan harus benar-benar diperhatikan.

Jangan ragu untuk berkali-kali melakukan tes rasa hingga rasanya dianggap enak dan layak untuk dijual. Sebagai awalan, Sedulur bisa membagikan sample makanan yang akan dijual kepada orang-orang terdekat Sedulur dan meminta mereka menilai secara jujur. Jika banyak komentar positif yang didapat, baru Sedulur bisa mencoba untuk menjualnya.

2. Optimalkan promosi di media sosial

Penggunaan media sosial di masa sekarang sudah sangat masif. Oleh karena itu, jangan ragu untuk memanfaatkan media sosial untuk melakukan promosi bisnis Sedulur. Usahakan Sedulur memberikan informasi yang lengkap tentang bisnis Sedulur di media sosial. Selain itu, tak ada salahnya juga untuk mempelajari digital marketing agar postingan bisnis Sedulur bisa dijangkau oleh banyak orang.

3. Pilih supplier yang tepat

bisnis makanan untuk pemula

Untuk memulai bisnis kuliner, Sedulur tentu membutuhkan bahan-bahan seperti minyak goreng, bumbu dapur, beras, gula pasir, dan sebagainya. Akan melelahkan jika Sedulur harus berbelanja kebutuhan-kebutuhan tersebut secara langsung, belum lagi jika bahan-bahan yang didapatkan kualitasnya tidak baik.

Oleh karena itu, Sedulur harus memilih supplier sembako yang tepat dan harga terjangkau. Tenang, ada solusi untuk masalah tersebut. Sedulur bisa dengan mudah berbelanja dengan menggunakan Aplikasi Super.

Di Aplikasi Super, Sedulur bisa mendapatkan sejumlah sembako yang menjadi bahan-bahan utama untuk membuka bisnis makanan. Tentu dengan harga yang terjangkau. Sedulur juga berkesempatan untuk mendapatkan cashback. Selain itu, Sedulur tak perlu repot berbelanja sendiri, karena hanya dengan ponsel, Sedulur sudah bisa berbelanja. Pesanan Sedulur akan langsung diantar ke depan rumah dan gratis ongkir! Tunggu apa lagi? Yuk unduh Aplikasi Super di Google Play Store sekarang!