Apakah Sedulur pernah mendengar tentang kerajinan bahan lunak? Kerajinan yang satu ini, termasuk dalam karya seni yang diciptakan secara tradisional. Terdapat dua jenis kerajinan bahan lunak yang perlu diketahui, yakni dari bahan alami dan bahan buatan.

Masing-masing jenis kerajinan, mempunyai keunggulan serta fungsi yang berbeda. Sedulur bisa memanfaatkan kerajinan ini untuk hiasan, maupun sebagai hadiah bagi orang yang dianggap istimewa. Bahan utama untuk membuat kerajinan ini juga cukup mudah seperti tanah liat untuk jenis kerajinan yang alami, atau sabun untuk jenis kerajinan buatan. Untuk lebih lengkapnya lagi, berikut ini beberapa macam kerajinan lunak dan cara membuatnya.

BACA JUGA: 25+ Nama Tari Tradisional Indonesia Terpopuler dan Asalnya

1. Kerajinan tanah liat

kerajinan bahan lunak
pexels

Contoh kerajinan bahan lunak alami adalah kerajinan yang terbuat dari tanah liat. Tentu saja Sedulur sudah tidak asing lagi dengan bahan yang satu ini. Beberapa bentuk tanah liat yang sudah diolah seperti genteng, batu bata merah, tembikar, dan lain sebagainya.

Cara membuat kerajinan dari tanah liat juga cukup mudah. Dalam hal ini, langkah pertama dalam pembuatan karya kerajinan dari bahan lunak adalah membentuk tanah liat seperti yang diinginkan. Lalu Keringkan sampai benar-benar kering. Bakar kerajinan jika bentuk sudah sesuai. tersebut. Terakhir, tinggal dikasih warna sesuai keinginan.

2. Kerajinan serat alam

kerajinan bahan lunak
pexels

Sesuai dengan namanya, jenis kerajinan yang satu ini memanfaatkan serat alam sebagai bahan baku utamanya. Pembuatannya biasa dilakukan dengan teknik menenun dan menganyam. Oleh sebab itu, proses pembuatan kerajinan dari serat alam ini dibutuhkan ketelitian yang tinggi.

Produk kerajinan bahan lunak dari serat alam ini sangat beragam. Mulai dari perkakas rumahan hingga kebutuhan fashion yang keren. Contohnya saja seperti hiasan dinding, sepatu, tas, baju, dan lain sebagainya.

3. Kerajinan bahan lunak dari kulit

kerajinan bahan lunak
pexels

Kerajinan yang berikutnya dibuat dengan bahan baku kulit binatang yang telah disamak dengan bahan bakunya. Teknik yang digunakan dalam pembuatan jenis kerajinan ini, adalah teknik jahit dan ukir. Beberapa kulit yang digunakan untuk membuat kerajinan adalah kulit kambing, sapi, kerbau, dan domba.

Bentuk kerajinan bahan lunak dari kulit ini sangat banyak. Mulai dari tas, jaket, sepatu, celana, dan masih banyak lagi. Karena ketersediaan bahan baku cukup terbatas dan proses pembuatannya yang tidak sebentar, maka harga dari kerajinan ini relatif mahal.

4. Kerajinan dari bahan lilin

kerajinan bahan lunak
pexels

Jika beberapa kerajinan yang sebelumnya berasal dari bahan-bahan alami, maka berbeda dengan yang satu ini. Lilin merupakan salah satu bahan untuk membuat kerajinan bahan lunak buatan. Pembuatan kerajinan menggunakan lilin ini cukup mudah, bahkan tidak memerlukan keterampilan khusus.

Pertama-tama, cairkan lilin dengan cara memanaskannya. Apabila sudah mencair, langsung saja ukir sesuai dengan keinginan. Selain itu, Sedulur juga bisa membuat bentuk dengan cetakan. Jika Sedulur tertarik dengan kerajinan dari lilin, maka disarankan untuk menggunakan lilin plastisin.

5. Kerajinan dari sabun

kerajinan bahan sabun
pexels

Contoh kerajinan bahan lunak buatan yang selanjutnya, adalah kerajinan-kerajinan yang dibuat dengan bahan dasar sabun. Bisa dibilang jika hasil karya ini tergolong unik dan menarik. Ada dua metode pembuatan karya dari sabun.

Metode yang pertama, adalah langsung membuat ukiran ketika bentuk sabun masih benar-benar padat. Selain itu, sabun juga bisa dihaluskan atau diparut terlebih dahulu, kemudian dicampurkan dengan air dan sagu untuk membuat adonan baru. Kemudian baru adonan dibentuk sesuai dengan keinginan.

BACA JUGA: 10 Inspirasi OOTD Kondangan yang Simple dan Elegan!

6. Kerajinan berbahan gips

kerajinan bahan gipsum
pexels

Mungkin sedulur sudah tidak asing lagi dengan produk kerajinan berbahan dasar gypsum atau gips. Ini adalah contoh kerajinan bahan lunak fungsi hias, karena bahan yang satu ini memang sudah sering digunakan untuk keperluan memperindah interior sebuah bangunan.

Langkah awal untuk membuat karya dari gips, adalah mencampur bubuk gips dengan air. Jika sudah menjadi adonan yang teksturnya kental, Sedulur bisa menggunakan teknik pencetakan atau pengecoran. Nah, setelah itu diamkan saja sampai gips mengeras. Terakhir, tinggal beri warna pada gips yang sudah keras.

Dapat dikatakan jika kerajinan dari bahan gips ini menjadi salah satu peluang bisnis yang sangat menjanjikan, lho. Hal ini karena produk gips sering dibutuhkan dalam berbagai macam keperluan, seperti interior rumah sampai patung.

7. Kerajinan dari parafin

kerajinan parafin
adahobi

Parafin adalah bahan lunak yang dihasilkan dari olahan minyak bumi. Pada umumnya bentuk dari parafin ini berupa suatu lempengan, namun juga ada yang bentuknya butiran. Contoh kerajinan yang biasanya diolah dengan menggunakan bahan yang satu ini adalah lilin hias.

Akan tetapi, parafin juga sering diolah sebagai lilin untuk pengobatan. Menurut beberapa penelitian yang pernah dilakukan, berhasil membuktikan jika mandi dengan lilin parafin ini sangat efektif untuk terapi persendian. Dengan ini maka bisa disimpulkan, parafin berfungsi sebagai hiasan dan juga pengobatan.

8. Kerajinan dari bubur kertas

kerajinan bahan bubur kertas
pexels

Untuk membuat sebuah kerajinan dari bahan lunak, ternyata Sedulur juga dapat memanfaatkan kertas bekas yang ada di sekitar, lho. Cara membuatnya juga sangat mudah. Sedulur bisa menghancurkan kertas terlebih dahulu. Kemudian mencampurkannya dengan lem, air, tepung kanji, dan bahan-bahan lain yang diperlukan.

Penambahan tepung kanji dan lem ini, dilakukan dengan tujuan agar tekstur dari bubur kertas nantinya tidak terlalu lembek. Karena adonan bubur kertas terlalu lembek, tentu saja Sedulur akan kesulitan pada saat membuat bentuk yang inginkan.

Nah, apabila teksturnya sudah sesuai, silahkan buat bentuk bebas. Oh iya, jangan lupa untuk memberi warna supaya tampilannya jadi lebih menarik.

9. Kerajinan berbahan plastisin

kerajinan plastisin
pexels

Bagi Sedulur yang dulu waktu kecil suka membeli dan bermain plastisin, tentu saja sudah paham jika benda tersebut bisa dimanfaatkan untuk membuat sebuah kerajinan. Ya, tekstur plastisin yang lunak dan mudah dibentuk, memang mendukung orang-orang untuk membuat sebuah karya seni.

Cara untuk membuat karya dengan bahan dasar plastisin ini juga sangat mudah. Langsung saja buat bentuk dasar dengan menekan plastisin tersebut. Untuk sentuhan terakhir, Sedulur bisa mengukir untuk setiap detail yang dibutuhkan. Keunggulan dari bahan plastisin ini, yakni bisa dibentuk ulang apabila bentuknya berubah atau hancur sewaktu-waktu.

BACA JUGA: 15+ Ide Pekerjaan Sampingan Untuk Karyawan dan Mahasiswa

10. Kerajinan bahan lunak dari tepung flour clay

kerajinan bahan lunak
pexels

Tepung flour clay adalah bahan pembuat kerajinan yang memiliki sifat aman serta tidak mengandung racun. Untuk membuat adonannya, biasanya menggunakan jenis tepung tapioka, tepung terigu, tepung tapioka, dan lain sebagainya.

Bisa dibilang cara untuk membuat bahan flour clay ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan jenis clay yang lain. Hanya saja, bahan dasar yang digunakan itu berbeda. Tidak hanya itu, dalam flour clay, takaran untuk tepung dan juga bahan yang lain itu harus seimbang supaya menghasilkan karya yang baik.

Itulah beberapa kerajinan dari bahan lunak yang bisa Sedulur coba buat. Melihat contoh di atas, maka sudah jelas apa yang dimaksud dengan bahan lunak. Nah, aneka produk kerajinan dari bahan lunak yaitu kecuali benda atau barang yang terbuat dari kayu, batu, semen, dan lain sebagainya.

Tertarik untuk menambah penghasilan dengan jam kerja yang fleksibel? Gabung menjadi Super Agen yuk, Sedulur! Cari tahu caranya di sini!