Desain rumah toko minimalis hadir sebagai sebuah solusi bagi para pebisnis agar bisa menjalankan bisnis dari rumah. Banyak rumah minimalis bertoko yang mulai dibangun oleh para pengusaha-pengusaha. Terutama pengusaha di bidang kuliner dan sembako.

Toko di rumah merupakan cara yang sangat ampuh dan efisien untuk menjalankan bisnis dari rumah. Oleh karena itu banyak rumah ruko minimalis yang memiliki desain rumah dan toko kelontong secara bersamaan.

-->

Seperti apa saja desain rumah toko minimalis yang bisa menjadi rujukan bagi Sedulur yang tertarik untuk membangunnya? Yuk, mari kita simak ulasannya.

BACA JUGA: Peluang Usaha Rumahan di Tengah Pandemi Corona

Daftar desain rumah toko minimalis

Gradana Ruko

Desain rumah merupakan hal penting, terutama jika kita menjadikan rumah sebagai tempat usaha. Memikirkan konsep dan model rumah, baik secara eksterior atau interior akan memengaruhi suasana yang tercipta.

Suasana rumah dan toko yang ada dalam satu tempat sangat penting untuk dipikirkan. Agar mood tidak tercampur, mood saat menjalankan usaha dan juga mood untuk beristirahat di rumah. Berikut beberapa model desain rumah toko yang bisa menjadi rujukan.

1. Desain shop house

Designing Buildings

Rumah toko minimalis model ini tetap menjadaikan desain minimalis sebagai daya tarik utama. Selain itu, permainan warna juga sangat penting dalam desain toko Shop House ini. Karena warna bisa menarik perhatian masyarakat untuk datang berkunjung ke toko.

Eksterior rumah toko minimalis 2 lantai ini tersusun rapi dari balok-balok yang diwarnai dengan sangat baik. Biasanya rumah model ini memiliki rumah di lantai dua dan toko di lantai pertama. Hal ini bertujuan agar urusan rumah dan urusan bisnis tidak bercampur.

2. Rumah Toko Sederhana

Superapp.id

Desain rumah toko minimalis 1 lantai ini banyak sekali digunakan oleh para pelaku usaha yang menjalankan bisnis dari rumah. Biasanya toko terletak di garasi atau bagian rumah di depan. Toko kelontong dan warung kecil biasanya banyak yang menggunakan model ini.

Rumah toko minimalis ini biasanya diciptakan untuk mengakali tingginya biaya sewa tempat untuk menjalankan usaha. Para pemilik desain rumah toko minimalis ini biasanya telah memiliki rumah di daerah strategis, seperti di samping jalan utama atau jalan raya.

3. Toko di bawah rumah

rumah toko minimalis
Prospeku

Desain rumah toko minimalis ini  hampir sama dengan desain rumah toko model Shop House. Yaitu memiliki rumah hunian di atas dan area bisnis dan pertokoan di bawah. Tujuannya agar urusan rumah dan bisnis tidak tercampur mencegah kebingungan untuk mengaturnya.

Rumah toko minimalis modern ini memiliki desain yang lebih sederhana dibandingkan dengan rumah toko model Shop House. Rumah toko desain model ini banyak sekali dibangun di daerah bisnis dan ekonomi yang ada di kawasan perkotaan.

4. Toko garasi rumah

Superapp.id

Sudah menjadi hal yang umum bahwa menggunakan parkiran atau garasi rumah sebagai toko atau tempat usaha banyak dilakukan. Desain rumah minimalis ini hampir memiliki kesamaan dengan desain rumah toko minimalis pada poin nomor dua.

Karena desain rumah toko minimalis ini tidak membutuhkan ruang tambahan yang harus dibangun. Kita hanya perlu menggunakan garasi atau carport di rumah untuk dijadikan tempat usaha. Selain usaha warung, yang menggunakan rumah toko minimalis ini biasanya menjalankan usaha jajanan dan kuliner.

5. Ruko klasik Eropa

rumah toko minimalis
Will Fly for Food

Saat ini banyak yang mengambil desain dan model rumah toko minimalis dengan tipe klasik dan vintage. Salah satu desain rumah toko minimalis dengan model klasik yang ramai digunakan adalah model toko klasik Eropa.

Biasanya usaha yang menggunakan desain ini adalah usaha seperti warung kopi atau café. Namun, mereka biasanya telah memiliki rumah yang berada di tempat strategis terlebih dahulu dan tinggal mengatur model tempat usahanya seperti model toko klasik di Eropa.

Biasanya di kota-kota besar telah banyak warung kopi atau café yang menggunakan rumah toko minimalis model ini. Dan tidak jarang model toko klasik Eropa menjadi daya tarik bagi pengunjung karena bisa berfoto untuk diupdate di media sosial.

6. Ruko di ujung jalan

99.co

Desain rumah toko minimalis satu ini biasanya digunakan oleh pemilik rumah yang memiliki tempat rumah di ujung jalan. Biasanya rumah yang berada di ujung jalan selalu memiliki space lebih, atau dalam istilah perumahan dikenal dengan istilah hook.

Space yang berlebih tersebut dijadikan sebagai tempat usaha. Dengan desain yang menarik, desain toko seperti ini akan banyak menarik masa. Terutama jika usaha yang dijalankan adalah usaha seperti makanan atau minuman.

Membuat pelanggan betah berlama-lama di toko yang berada di ujung jalan merupakan sebuah keharusan yang penting untuk dipikirkan oleh pelaku usaha di bidang kuliner atau minuman. Karena semakin lama pengunjung berlama-lama, semakin cepat habis dagangan yang ditawarkan.

7. Ruko khas amerika latin

rumah toko minimalis
99.co

Desain rumah toko khas Amerika masih belum banyak digunakan oleh pebisnis yang menjalankan tokonya di rumah. Desain toko kecil depan rumah ini cocok bagi kita yang menginginkan bangunan usaha agar terlihat fresh, berbeda dan menjadi sesuatu yang baru.

Jangan salah, desain tempat usaha juga bisa menjadi daya tarik utama untuk mendatangkan pelanggan. Banyak komponen yang bisa mendatangkan pelanggan, salah satunya desain toko atau tempat usaha. Menjadikan desain toko minimalis depan rumah khas Amerika Selatan patut dicoba.

Baca Juga: Ide Bisnis yang Cocok untuk Mahasiswa

8. Rumah toko outdoor

Szeto Consultants Blog

Para pecinta alam dijamin akan menjadi pelanggan setiap usaha kita, jika kita menjadikan rumah toko minimalis 1 lantai dengan tema alam desain utama. Kita bisa menggunakan halaman depan atau belakang rumah kita untuk dijadikan sebagai tempat usaha.

Desain rumah ini sangat sederhana, kita hanya tinggal melakukan dekorasi dengan segala aksesoris bertema alam, seperti rumput, pohon rindang dan lain sebagainya. Menjalankan usaha warung kopi dengan desain rumah minimalis ini sangat menarik untuk kita coba.

9. Rumah ruko dengan kayu

Medcom

Desain rumah toko kayu, selain minimalis juga akan memberikan kesan elegan. Kayu merupakan salah satu jenis bahan bangunan yang sudah sejak lama digunakan, bahkan sebelum adanya teknologi beton, masyarakat zaman dulu menggunakan kayu sebagai bahan bangunan.

Selain itu, menggunakan kayu sebagai desain toko minimalis ukuran 4×6 ini akan memberikan kesan alami dan baik untuk lingkungan. Usaha apapun bisa menggunakan desain satu ini. Saat ini pun, banyak rumah yang didesain menggunakan kayu sebagai bahan utamanya.

10. Desain warung rumah sederhana

rumah toko minimalis
Superapp.id

Mungkin di antara beberapa desain rumah toko yang dijelaskan di atas, desain toko kecil depan rumah ini merupakan desain yang bisa dijalankan oleh siapapun. Karena kita hampir tidak memerlukan banyak biaya untuk membangunnya.

Yang penting warung dan rumah kita terlihat bersih dan segala sesuatunya tertata dengan rapi. Agar lebih menimbulkan kesan sederhana namun masih tetap enak dipandang. Sebuah desain rumah toko sederhana yang wajib dicoba.

11. Ruko bawah rumah 

rumah toko minimalis
Deposit Photos

Kita bisa membuat kampanye dengan memberitahu bahwa tempat usaha kita merupakan tempat rahasia. Karena berada di bawah tanah. Namun desain rumah dan toko satu ini jarang digunakan karena di Indonesia jarang ada rumah yang memiliki ruang bawah tanah.

Desain rumah toko satu ini banyak digunakan di Eropa dan Amerika. Karena mereka memiliki bangunan ruang bawah tanah yang biasa dijadikan tempat usaha. Bahkan biasanya usaha yang dijalankan tersebut merupakan usaha illegal.

12. Rumah toko semi swalayan

Desain

Sedulur juga bisa menjadikan rumah Sedulur seperti swalayan, atau yang dikenal dengan istilah semi swalayan. Seperti mini market yang biasa Sedulur kunjungi. Desain rumah ini juga seperti toko kelontong namun dengan konsep yang modern. Bisa jadi rekomendasi bagi Sedulur yang ingin memiliki toko di rumah dengan menjunjungi tinggi kenyamanan pengunjung.

Tips membangun ruko

rumah toko minimalis
APK Pure

Setelah mengetahui beberapa desain ruko yang bisa Sedulur lihat di atas, tentu selain toko yang nyaman Sedulur juga ingin memiliki toko yang ramai dikunjungi. Nah, terdapat beberapa tips yang perlu Sedulur ketahui dalam membangun ruko. Berikut ini beberapa tips yang dimaksud:

  • Pilih tempat yang strategis dan mudah dilihat oleh masyarakat
  • Tempat yang strategis selain mudah dilihat juga mudah dikunjungi
  • Sebelum membangun ruko, Sedulur wajib menyediakan lahan luas sebagai parkir pembeli
  • Siapkan keamanan kendaraan untuk pengunjung, Sedulur bisa menyewa satpam atau pegawai parkir
  • Perhatikan lalu lalang kendaraan, disarankan Sedulur membangun ruko di daerah jalan raya yang banyak dilalui kendaraan.

Nah itulah rekomendasi desain toko di rumah yang bisa jadi referensi Sedulur. Desain toko minimalis bisa membuat pelanggan nyaman belanja ke toko kita. Setelah Sedulur memilih desain toko yang tepat, Sedulur juga harus memikirkan barang belanjaan untuk toko Sedulur.

Untuk melengkapi barang dan kebutuhan toko, agar Sedulur tidak repot dan ribet belanja, Sedulur bisa membeli kebutuhan barang toko di Aplikasi Super. Belanja mudah hanya melalui HP, banyak potongan harga murah, barang belanjaan Sedulur akan diantarkan dengan ramah, dan tentu akan banyak promo dan hadiah!

Kapan lagi Sedulur bisa belanja mudah, murah, dilayani dengan ramah dan mendapatkan banyak promo dan hadiah. Hanya di Aplikasi Super semua itu bisa Sedulur dapatkan. Yuk, langsung download Aplikasi Super dan gunakan sekarang juga!