harga wortel 1 kg

Berapa harga wortel 1 kg hari ini 2022 di pasaran perlu untuk Sedulur ketahui. Sebab pada tahun 2022 ini telah terjadi kenaikan harga pada beberapa jenis sayuran yang dijual di pasar tradisional, termasuk wortel yang menjadi salah satu sayuran favorit masyarakat.

Seperti yang diketahui, sayuran wortel dikenal memiliki banyak sekali manfaat. Wortel juga kerap diolah menjadi berbagai jenis makanan dan minuman. Selain wortel, harga buncis 1 kg juga mengalami kenaikan. Lantas berapakah harga wortel 1 kg pada 2022 ini? Berikut ini informasi lengkap tentang perubahan harga pasar pada sayuran wortel.

BACA JUGA: Kenapa Harga Sembako Naik? Ini Faktor Penyebabnya

Harga wortel 1 kg tahun 2022

harga wortel 1 kg
Pixabay

Sebelumnya sudah disinggung bahwa harga wortel pada tahun 2022 mengalami kenaikan. Dilansir iNews pada Januari 2022, wortel masuk dalam daftar sayuran yang mengalami kenaikan per tahun baru 2022 lalu. Saat ini harga wortel di pasar tradisional menyentuh angka Rp 16 ribu per kilogram. Padahal sebelumnya harga wortel 1 kg adalah Rp 12 ribu saja. 

-->

Seperti yang diketahui, perubahan harga wortel cukup ini fluktuatif karena dipengaruhi oleh permintaan pasar dan ketersediaan stok dari petani. Saat sedang mengalami penurunan, harga wortel dapat menyentuh hingga batas bawah yaitu Rp 5 ribu per kilogram. Namun saat sedang tinggi seperti saat ini, harga wortel bisa mencapai Rp 16 ribu per kilogramnya.

Serba-serbi soal harga wortel

Di sisi lain, mungkin Sedulur juga bertanya-tanya, wortel 1 kg dapat berapa biji? Dirangkum dari berbagai sumber, berat rata-rata satu buah atau satu biji wortel umumnya adalah 200 gram. Sehingga jika Sedulur membeli satu kilogram wortel maka akan mendapat 5 hingga 7 buah apabila berat satu buah wortel tidak mencapai 200 kg.

Berdasarkan informasi tentang jumlah wortel per 1 kg dapat diketahui kisaran harga wortel 1 biji dengan cara membagi harga wortel per kilogram dengan jumlah wortel yang diperoleh. Misalnya harga satu kilogram wortel adalah Rp 16 ribu dan per 1 kilogram mendapatkan 6 buah wortel. Maka harga wortel 1 biji adalah Rp 16 ribu dibagi 6, yaitu sekitar Rp 3 ribu.

Sementara untuk harga wortel 1/2 kg ataupun harga wortel 1/4 kg juga dapat diketahui dengan mudah. Sedulur cukup mengalikan harga wortel per kilogram dengan berat yang diinginkan.

Contohnya:

  • Harga wortel 1 kg = Rp 16.000
  • Harga wortel 1/2 kg = Rp 16.000 x 1/2 = Rp 8.000
  • Harga wortel 1/4 kg = Rp 16.000 x 1/4 = Rp 4.000

BACA JUGA: Mengenal Pohon Sengon, Ini Ciri, Jenis Manfaat & Harganya

Manfaat Wortel untuk Kesehatan

harga wortel 1 kg
Liputan 6

Selain membahas tentang harga wortel terkini, Sedulur juga perlu mengetahui apa saja sih manfaat wortel yang penting untuk kesehatan. Manfaat pertama yang paling umum diketahui adalah menjaga kesehatan mata. Selain itu, wortel juga dapat membuat kulit menjadi lebih sehat karena sangat kaya akan vitamin A.

Bukan hanya mata dan kulit, wortel juga sangat efektif dalam memperkuat fungsi otak. Sehingga wortel merupakan sayuran yang baik untuk dikonsumsi setiap hari. Sedulur dapat mengolahnya menjadi menu masakan ataupun dibuat menjadi minuman jus yang sehat sekaligus menyegarkan.

BACA JUGA: 15+ Alamat Distributor Beras Jawa Timur Harga Murah

Kandungan di dalam wortel

Merdeka

Lantas, darimana berbagai manfaat yang dimiliki oleh sayuran berwarna oranye ini? Jawabannya sudah pasti berasal dari kandungan yang terdapat pada wortel. Pertama adalah kandungan vitamin A, yang dipercaya sangat efektif dalam menyehatkan mata. Vitamin A dalam wortel dapat melindungi mata dari risiko masalah kesehatan mata. 

Dilansir dari laman Healthline, manfaat untuk mencerahkan dan menyehatkan kulit diperoleh dari kandungan vitamin C yang terdapat pada sayuran wortel. Selain itu ada juga kandungan antioksidan yang membuat kulit menjadi lebih cerah.

Kandungan betakaroten dalam wortel juga dapat menjaga dan menyehatkan fungsi otak. Betakaroten dapat meningkatkan fungsi kognitif dan mengurangi risiko terjadinya kepikunan atau demensia di masa tua.

BACA JUGA: Harga Bahan Pokok di Negara Ini Sangat Mahal, Indonesia Termasuk?

Efek samping mengkonsumsi wortel secara berlebihan

Freepik

Segala sesuatu yang baik, jika dikonsumsi secara berlebihan dapat memberikan efek samping. Termasuk juga wortel, jika mengkonsumsi wortel secara baik dan sesuai kebutuhan, segala macam manfaat akan bisa didapatkan. Sebaliknya, jika mengkonsumsi secara berlebihan, Sedulur akan mengalami efek samping, yakni menderita carotenemia.

Apa itu Carotenemia? Carotenemia merupakan kondisi di mana tubuh mengandung banyak betakaroten dalam darah. Efeknya kulit tubuh akan berbuah menjadi kuning dan kusam. Walaupun tidak berbahaya, efek dari kelebihan konsumsi wortel ini bisa merusak penampilan.

Beruntung kasus penderita Carotenemia jarang terjadi, karena umumnya banyak yang mengkonsumsi wortel secara wajar. Namun efek samping ini tetap penting untuk menjadi perhatian sehingga dapat mencegah hal buruk terjadi pada tubuh.

BACA JUGA: Harga Beras 1 Kg Normal Yang Wajib Ibu Rumah Tangga Tau!

Cara beli wortel di Aplikasi Super

Aplikasi Super
Aplikasi Super

Karena manfaat wortel yang sangat baik, dan juga harga yang cenderung naik turun, Sedulur sangat wajib untuk menyediakan wortel sebagai persediaan dan kebutuhan utama. Kabar baiknya, Sedulur bisa membeli wortel di Aplikasi Super, karena Aplikasi Super menyediakan setiap bahan kebutuhan sehari-hari dan kebutuhan dapur dengan sangat lengkap dan tentu saja super murah.

Sedulur bisa langsung mengunjungi laman Aplikasi Super dan cek ketersediaan bahan di Aplikasi Super melalui SuperEats yang dimiliki oleh Aplikasi Super. Adapun Sedulur bisa mengunduh Aplikasi Super melalui Play Store di smartphone dan langsung akses aplikasinya.

Itu dia informasi mengenai update harga wortel beserta ragam informasi lainnya, termasuk cara membeli wortel di Aplikasi Super. Semoga artikel ini dapat membantu Sedulur, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.