Pohon sengon menghasilkan kayu dengan kualitas baik yang dapat digunakan sebagai furniture dan bahan bangunan. Hal ini juga yang mendorong banyak petani membudidayakan pohon ini, karena nilai dari kayu yang stabil dan cenderung baik. Kayu dari pohon ini sangat bermanfaat dalam proses pembangunan.

Sejak ramai pohon sengon PLN, karena menjadi penyebab wilayah DKI, Jawa Barat, Banten, dan Jawa Tengah tidak teraliri listrik karena pertumbuhan pohon yang menjulang tinggi sehingga merusak salah satu tiang listrik utama, pohon ini sempat menjadi sorotan. Yuk, sama-sama kita simak seperti apa sebenarnya ciri dan manfaat dari pohon ini. Agar kita mengetahui segala halnya, dan tidak serta merta langsung berang akibat kejadian tempo lalu.

BACA JUGA: 8 Deretan Harga Pohon Janda Bolong Termahal di Dunia

Ciri-ciri dan Jenis Pohon Sengon

pohon sengon
cnnindonesia

Deskripsi pohon sengon akan membuat Sedulur paham dengan ciri-cirinya. Ciri yang paling umum dari pohon ini adalah memiliki bobot yang ringan, karena kepadatan dari kayu ini tidak terlalu keras. Bagian gubal dari pohon ini biasanya berwarna putih, merah muda kecoklatan, dan juga kuning cerah atau merah kecoklatan.

-->

Karakteristik kayu ini tidak terlalu kuat dan membutuhkan perawatan khusus saat merawatnya. Cara menanam pohon sengon membutuhkan pengetahuan dan pengalaman yang cukup, jika ingin menghasilkan kayu dengan ketahanan yang lama. Untuk kebutuhan indoor kayu ini sangat efektif digunakan, namun untuk kebutuhan outdoor kayu ini hanya bertahan selama 2-3 tahun saja. Lantas apa saja jenis pohon sengon terbaik? Berikut beberapa jenisnya!

1. Sengon Laut

agrofarm

Pertama adalah sengon laut, jenis pohon ini memiliki nama dan istilah yang berbeda di setiap daerah. Di Pulau Jawa sendiri, pohon ini dikenal dengan nama Albasiah. Sementar di Maluku pohon ini dikenal dengan nama Selawaku dan di Papua dikenal dengan nama Wahogon.

Jenis pohon ini paling mudah diolah dan proses pengeringannnya tidak membutuhkan waktu yang lama. Harga pohon ini untuk diameter kayu 10-14 dengan panjang 130cm adalah Rp600.000/m3. Dan untuk diameter kayu 15-19 adalah Rp700.000/m3. Dan untuk diameter 30cm dan seterusnya biasanya akan diberi harga Rp 1.000.000/m3.

2. Sengon Solomon

pohon sengon
menanampohon

Jenis selanjutnya adalah sengon solomon, merupakan salah satu jenis pohon sengon besar. Pohon ini tumbuh sangat cepat, di usia 2 tahun pohon ini dapat mencapai 14 meter, dan dalam 5 tahun mencapai 20 meter. Pohon ini memiliki akar tunggang yang kuat dan serat kayu lurus dengan permukaan yang mengkilap. Sengon solomon sendiri memiliki harga sekitar Rp300.000 per batang yang berusia 5 tahun, sementara bibit yang berusia 3 bulan dijual dengan harga Rp3.500 per batangnya.

3. Sengon Merah

courtina

Selanjutnya adalah pohon sengon besar yang dikenal dengan nama sengon merah. Pohon ini dapat tumbuh di ketinggian 0-100 mdpl, dengan curah hujan 600-4800 mm/tahun. Selain itu, sengon merah juga dapat tumbuh di daerah berpasir yang memiliki kandungan garam tinggi. Serta dapat bertahan di cuaca yang dingin dengan terpaan angin.

Pohon sengon merah juga memiliki buah berbentuk bulat berdiameter 5 hingga 7 cm. Buahnya yang besar menjadikan pohon sengon merah disebut juga sebagai sengon buto. Dibanding jenis sengon lainnya, kayu ini cenderung lebih kuat. Harga pohon ini dibanderol sekitar Rp30.000 untuk ukuran kayu 6x6m.

4. Sengon Tekek

pohon sengon
moneytotem

Jenis terakhir adalah sengon tekek yang memiliki bentuk hampir sama dengan Albasiah, yang membedakannya terletak pada bagian ujung batang yang berwarna coklat kemerahan. Sengon tekek ini sangat rapuh dan mudah patah, maka dari itu biasanya sengon tekek digunakan sebagai bahan pembuatan multipleks, kertas, dan kayu bakar.

Harga pohon sengon tekek dengan panjang 105 cm dan diameter 19 cm dijual dengan harga Rp900.000 sedangkan untuk diameter lebih dari 24 cm dijual dengan harga sekitar Rp1.000.000 – Rp1.500.000 juta.

BACA JUGA: 12 Jenis Bunga Begonia yang Mempesona & Perawatannya

Manfaat Pohon Sengon

Selain kayunya bermanfaat dalam proses pembangunan, dalam pohon ini juga terkandung beberapa senyawa. Dalam buah pohon sengon terkandung konsentrasi tinggi saponin, polifenol, dan triterpenoid, sehingga menghasilkan beberapa manfaat. Bahkan di India, pohon ini kerap kali dijadikan sebagai bahan untuk perawatan ayurvedic. Lantas apa saja manfaat dari pohon ini? Berikut daftarnya!

1. Menghilangkan kecemasan

hellosehat

Sengon juga dikenal dapat mengurangi gangguan stres dan kecemasan. Hal tersebut didapatkan dari kombinasi unik senyawa aktif eperti quercetin, isoquercetin, saponin, dan polifenol memiliki dampak positif untuk tubuh. Terbukti bahwa pohon ini tidak hanya bermanfaat dalam proses pembangunan saja.

2. Mengurangi gejala depresi

pohon sengon
tribunnews

Manfaat lain yang terdapat dari pohon ini adalah dapat meningkatkan suasana hati dengan menyeimbangkan hormon dalam tubuh. Selain itu, pohon ini juga ampuh untuk meredakan perasaan bunuh diri dan tantrum yang menyebabkan depresi. Namun, perlu diingat, manfaat yang diberikan hanya sebatas mengurangi, bukan menyembuhkan.

3. Sebagai obat tidur

wolipop

Pohon ini juga sangat bermanfaat sebagai obat tidur. Sedulur yang kesulitan tidur bisa mengambil beberapa lembar daun sengon dan merebusnya. Air rebusan daun tersebut bisa menenangkan saraf dan pikiran sehingga dapat merangsang otak untuk memerintahkan tubuh agar cepat tidur. Selain itu, kualitas tidur pun akan semakin membaik.

BACA JUGA: 15 Manfaat Sarang Burung Walet, Untuk Kesehatan Tubuh & Kulit

4. Tinggi antioksidan dan antiinflamasi

pohon sengon
sociolla

Manfaat terakhir yaitu tinggi kandungan antioksidan dan antiinflamasi. Kandungan antioksidan akan sangat bermanfaat untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh. Sementara itu, kandungan antiinflamasi yang tinggi dapat menjaga kesehatan kulit agar terhindar dari penyakit ruam, herpes, jerawat dan penyakit kulit lainnya.

Sekian pembahasan terkait pohon sengon, semoga artikel di atas bisa memberi pemahaman yang jelas terkait pohon yang menyebabkan seisi pulau Jawa tidak memiliki listrik dalam beberapa waktu yang cukup lama. Selain itu, Sedulur juga dapat paham kenapa pohon ini bisa menyebabkan aliran listrik satu pulau terganggu.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.