Harga beras 1 kg

Bagi ibu rumah tangga, mengetahui harga kebutuhan pokok adalah hal yang wajib dilakukan. Hal ini tak lepas keperluan untuk membuat anggaran belanja bulanan agar bisa mencukupi segala kebutuhan di rumah. Selain itu, salah satu yang tidak boleh terlewat adalah mengetahui harga beras 1 kg.

Kenapa mengetahui harga beras wajib dilakukan oleh para ibu rumah tangga? Karena beras adalah salah satu makanan pokok masyarakat di Indonesia dan menjadi salah satu kebutuhan pokok yang paling sering cepat habis di rumah.

Mengetahui harga beras normal juga bisa menjadi data yang penting jika Sedulur ingin membuka usaha sembako atau toko kelontong lho. Karena dengan begitu, Sedulur bisa menetapkan seberapa besar keuntungan yang didapatkan dari menjual beras ke masyarakat.

Lantas berapa sih harga beras 1 kg yang normal agar para ibu bisa membuat anggaran yang hemat? Simak ulasannya berikut ini ya!

-->

BACA JUGA: Resep Simple & Cara Membuat Beras Kencur untuk Jaga Imun & Stamina Tubuh

Harga normal beras

Beras buncit
Aplikasi Super

Beras menjadi salah satu kebutuhan masyarakat yang sangat penting. Untuk itu, pemerintah sudah melakukan pengaturan sedemikian rupa agar harga beras tetap bisa terjangkau.

Salah satu caranya adalah dengan mengklasifikasikan beras berdasarkan kualitasnya. Dengan demikian, masyarakat bisa memilih mana beras yang bisa dipakai untuk kebutuhan ternak, industry, usaha rumahan, dan juga makanan sehari-hari.

Perhitungan harga beras 1 kg yang normal pun bisa dilihat pada laman resmi Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional. Berikut ini data harga beras Indonesia per tanggal 12 Juli 2022.

  • Harga beras kualitas Bawah I – Rp 9.800
  • Harga beras kualitas Bawah II – Rp 9.700
  • Harga beras kualitas Medium I – Rp 10.700
  • Harga beras kualitas Medium II – Rp 10.500
  • Harga beras kualitas Super I – Rp 11.950
  • Harga beras kualitas Super II – Rp 11.600

Dari daftar di atas, maka rata-rata harga beras 1 kg di seluruh Indonesia dilihat dari jenis kualitasnya adalah sekitar Rp 10.750.

Untuk bisa mencapai kesejahteraan yang baik, pemerintah sendiri menganjurkan masyarakat agar mengkonsumsi beras dengan kualitas medium dan premium (kelas Super).

Ada banyak sekali merk beras medium dan premium yang cocok untuk dikonsumsi, namun salah satu beras premium terbaik yang bisa Sedulur coba adalah Beras Buncit dan Beras Karya Alam.

Beras Karya Alam
Aplikasi Super

Dua beras ini merupakan beras pilihan terbaik dengan hasil olahan akhir yaitu nasi yang pulen dan putih. Selain itu, kandungan mineral seperti vitamin B1, B2, B3, B6, B9, dan seratnya juga tinggi. Dengan kualitas yang sangat baik tersebut, dua beras ini sangat cocok untuk Sedulur.

Beras Buncit dan Beras Karya Alam sendiri bisa Sedulur dapatkan langsung di toko kelontong Super Agen atau juga bisa dibeli secara online lewat Aplikasi Super yang juga merupakan distributor resmi beras tersebut.

Toko kelontong modern
Aplikasi Super

Tak hanya bagus untuk dikonsumsi sehari-hari, dua merek beras ini juga cocok untuk dijadikan komoditas jualan dan juga industri rumahan. Jadi Sedulur tidak akan kecewa dengan kualitas beras ini. Tertarik? Langsung saja cari di Aplikasi Super atau kunjungi Super Agen terdekat ya.

BACA JUGA: Trik Efektif Mencegah Beras dari Serangan Kutu

Perbedaan harga beras normal?

Beras
Unsplash

Walaupun harga beras 1 kg di seluruh Indonesia sudah memiliki dasar harga yang sama, namun di beberapa kota tetap bisa terjadi perbedaan harga.

Perbedaan ini tak lepas dari semakin tingginya permintaan beras, khususnya di daerah-daerah yang mulai mengalami pertumbuhan masyarakat yang tinggi. Perbedaan harga beras ini setidaknya terjadi di 7 daerah di Indonesia seperti:

  • Harga beras 1 kg mencapai Rp 15.375
  • Harga beras 1 kg mencapai Rp 14.071
  • Harga beras 1 kg mencapai Rp 13.891
  • Tanjung Selor, Kalimantan Utara. Hargaa beras 1 kg mencapai Rp 13.683
  • Tanjung Pinang, Kepulauan Riau. Harga beras 1 kg mencapai Rp 13.500
  • Harga beras 1 kg mencapai Rp 13.373
  • DKI Jakarta. Harga beras 1 kg mencapai Rp 13.155

Data harga di atas berdasarkan survey yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik pada Januari-April 2020. Jumlah permintaan yang tinggi akibat semakin padatanya penduduk disinyalir menjadi pemicu harga yang tinggi tersebut. Wah, cukup tinggi juga ya harga-harga beras di atas.

BACA JUGA: 8 Manfaat Brown Rice yang Lebih Baik daripada Beras Putih

Beras termahal di dunia

Harga beras 1 kg
Unsplash

Namun, meskipun melihat harga beras yang cukup mahal di beberapa wilayah di Indonesia. Ternyata masih ada beras yang lebih mahal lagi lho Sedulur.

Dilansir dari Detik, sebuah perusahaan agrikultur bernama Tokyo Rice Corporation di Jepang telah berhasil menciptakan sebuah beras yang memiliki kualitas yang jauh dari beras Super. Beras tersebut lalu diberi nama beras Kinmemai.

Untuk harga beras 1 kg, Kinmemai dibanderol hingga Rp 1,5 juta. Wow! Pihak perusahaan sendiri menjelaskan bahwa mahalnya harga per kilogram beras tersebut tidak lepas dari proses pembuatannya yang sangat canggih.

Beras Kinmemai dibuat dengan metode super canggih sehingga ketika akan dimasak tidak perlu dibilas air terlebih dahulu. Selain itu, beras ini juga memiliki kandungan nutrisi yang lebih tinggi khususnya pada vitamin B1.

Namun, jika melihat harga beras yang super mahal ini sepertinya Sedulur bisa mencoba beras lokal di Indonesia yang juga tidak kalah bagus kualitasnya. Khususnya Beras Buncit dan Beras Karya Alam ya!

Demikian tadi ulasan tentang harga beras 1 kg yang wajib Sedulur ketahui. Semoga dengan mengetahui harga beras seperti di atas, Sedulur bisa memilih beras yang cocok dengan keperluan dan kebutuhan ya!