kebun belimbing bojonegoro

Bojonegoro menjadi kabupaten yang cukup terkenal di Jawa Timur. Selain memiliki banyak wisata seperti Kayangan Api, Bendung Gerak, dan Teksas Wonocolo. Salah satu tempat rekreasi yang tak kalah menarik adalah Kebun Belimbing Bojonegoro.

Kebun Belimbing ini sendiri berada di dekat aliran sungai Bengawan Solo atau tepatnya di Desa Ngringinrejo. Bagi Sedulur yang menyukai buah, maka agrowisata ini wajib masuk ke dalam daftarmu ya. Apalagi buah belimbing yang dihasilkan juga sangat segar dan enak.

Nah, kalau Sedulur tertarik untuk mencoba datang ke Kebun Belimbing Bojonegoro. Mari simak informasi lengkap tentang apa saja yang bisa dilakukan di sana dan harga tiket masuknya!

BACA JUGA: Pantai Watu Pecak: Pesona, Jam Buka, Harga Tiket dan Lokasi

Kebun Buah Belimbing Bojonegoro

kebun belimbing bojonegoro
Wisatabojonegoro.com/Kebun Belimbing Bojonegoro

Wisata Kebun Buah Belimbing di kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur ini telah menjadi tempat favorit warga untuk mengisi waktu liburan. Di Kebun Buah Belimbing ini Sedulur dapat memetik buah belimbing segar secara langsung dari pohonnya.

Banyak pengunjung yang datang bersama keluarga untuk menghabiskan waktu liburan di sini. Selain itu di lokasi ini pengunjung juga bisa membeli berbagai olahan belimbing seperti dodol belimbing, sirup belimbing dan kerupuk yang bahan bakunya dari buah belimbing.

Dengan luas area kebun yang mencapai 21 hektar, perkebunan belimbing tersebut dikelola oleh 102 petani dengan masa panen mencapai 3-4 kali setiap tahunnya. Agrowisata Belimbing Ngringinrejo selalu ramai setiap harinya, bahkan bisa mencapai 1000 pengunjung setiap akhir pekan.

Setiap tahun, warga setempat menggelar Festival Belimbing. Festival tersebut dimeriahkan tarian jaranan, reog, kirab, dan arak-arakan gunungan belimbing dan tumpeng hingga berebut buah belimbing.

BACA JUGA: Megahnya Klenteng Sanggar Agung: Pesona, Lokasi, dan HTM

Daya Tarik Kebun Belimbing Bojonegoro

kebun belimbing bojonegoro
Unsplash/Lucas George

Biar tidak terlalu penasaran, berikut ini beberapa daya tarik yang bisa Sedulur temukan di Kebun Belimbing Bojonegoro.

1. Wisata petik belimbing

Agrowisata Kebun Belimbing menawarkan wisata petik belimbing. Menikmati buah belimbing segar dari pohonnya secara langsung. Sedulur juga bisa membeli belimbing yang sudah dipetik petani dengan harga terjangkau.

Pengujung tidak perlu khawatir kehabisan buah belimbing meski dipetik berkali-kali. Jumlah pohon di kebun ini begitu banyak hingga mencapai 9 ribu pohon. Satu pohon rata-rata bisa menghasilkan buah hingga 30 kilogram.

2. Suasana kebun yang asri

Sajian utama agrowisata ini adalah pohon dan buah belimbing. Memiliki luas area kebun mencapai sekitar 20,4 hektar. Perkebunan belimbing tersebut dikelola oleh 102 petani dengan masa panen mencapai 3-4 kali setiap tahunnya.

Begitu melintasi gerbang masuk, pengunjung akan disuguhkan dengan ribuan pohon belimbing yang sudah berbuah dan siap untuk dipetik. Suasana kebun di sana nyaman, sejuk dan bersih. Rimbunnya pepohonan menjadikan hawa di sana begitu sejuk dan segar. Wisatawan bisa mengelilingi area kebun sepuasnya.

3. Mencicipi olahan belimbing

Di lokasi ini pengunjung juga bisa membeli berbagai makanan dari olahan belimbing. Seperti dodol belimbing, sirup belimbing dan kerupuk yang bahan bakunya dari buah belimbing.

Setiap tahun, warga setempat menggelar Festival Belimbing. Festival tersebut dimeriahkan dengan beragam kegiatan. Seperti tarian jaranan, reog, kirab, dan arak-arakan gunungan belimbing dan tumpeng hingga berebut buah belimbing.

4. Wahana bermain anak

Tidak hanya menyajikan wisata buah saja. Bagi mereka yang berkunjung bersama keluarga Agrowisata Belimbing juga menjadi tempat piknik atau bertamasya keluarga . Di sini tersedia aneka wahana seru. Seperti paintball, ayunan, rumah pohon, dan taman bermain anak yang cukup representatif.

5. Tempat outbound

Wisata ini juga kerap dijadikan sebagai tempat untuk menggelar berbagai kegiatan organisasi, instansi, sekolah maupun komunitas. Mulai dari acara meeting hingga hajatan. Pihak pengelola sudah menyiapkan tempat khusus yang menawarkan nuansa asri dengan panorama alam yang indah.

BACA JUGA: Wisata Kebon Rojo Blitar: Harga Tiket, Fasilitas, dan Daya Tarik

Lokasi dan Rute

kebun belimbing bojonegoro
Unsplash/Hugo Kruip

Kebun Belimbing Bojonegoro berlokasi di Desa Ngringinrejo, Kecamatan Kalitidu, Kota Bojonegoro, Jawa Timur. Sedulur tidak perlu khawatir karena untuk bisa menuju ke sana jalan dan akses yang dilalui sudah sangat bagus.

Rute perjalanannya sendiri bisa dimulai dengan berkendara kurang lebih 15 kilometer dari pusat Kota Bojonegoro. Sedulur langsung saja mengarah ke arah barat atau melaju ke Kota Cepu.

Setelah melewati gapura selamat jalan dari Kota Bojonegoro, hanya perlu lurus sekitar 8 kilometer dengan melewati 2 jembatan. Setelah melewati jembatan kedua, perhatikan sebelah kanan jalan yang terdapat gapura, kemudian masuklah ke gang gapura tersebut.

Sedulur akan disambut dengan monumen buah belimbing yang juga jadi ikon Desa Ngringinrejo. Setelah itu ikuti jalan hingga bertemu perempatan, kemudian belok kiri hingga sampai di Kebun Buah Belimbing yang dituju.

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka

Kebun Belimbing Bojonegoro termasuk tempat rekreasi yang murah meriah. Hal ini lantaran Sedulur hanya dikenakan biaya Rp 3 ribu per orang. Sedangkan untuk kendaraan hanya dikenai biaya parkir Rp 2 ribu untuk motor dan Rp 5 ribu untuk mobil.

Jam buka agrowisata ini juga dari pagi sampai sore. Sehingga Sedulur bisa memilih waktu yang sesuai dengan jadwal liburan. Namun, waktu yang disarankan adalah pagi dan juga sore karena cuacanya akan lebih sejuk untuk berjalan-jalan.

Fasilitas yang Tersedia

Berikut adalah fasilitas dan sarana umum yang tersedia di Agrowisata Kebun Belimbing.

  • Area parkir kendaraan
  • Toilet
  • Mushola
  • Camping area
  • Pemandu wisata
  • Oleh-oleh makanan dan lain-lain.

BACA JUGA: Wisata Air Terjun 7 Bidadari, Surga Tersembunyi di Jember

Pilihan Agrowisata Lain

Buah salak
Unsplash/Heri Susilo

Selain Kebun Belimbing Bojonegoro, Sedulur juga bisa mencoba beberapa jenis agrowisata buah lainnya yang tidak jauh dari Bojonegoro. Berikut ini diantaranya:

1. Agrowisata salak

Menikmati buah salak hasil petikan sendiri menjadi salah satu daya tarik sentra perkebunan salak di Desa Wedi dan Tanjungharjo, Kecamatan Kapas. Di kebun salak milik Pak Tris, di Dusun Karang, Desa Tanjungharjo, para pengunjung juga disuguhi welcome drink dari olahan salak.

Lokasi tersebut juga digunakan sebagai wahana rekreasi edukatif para siswa sekolah dasar, dengan pembuatan olahan salak menjadi minuman dan makanan seperti serabi salak. Buah-buah salak segar bisa dinikmati sambil lesehan di gazebo yang berada di samping areal persawahan yang sejuk dan nyaman.

Berada sekitar 7 Km dari pusat kota, sentra perkebunan salak di Bojonegoro tersebut mudah dijangkau oleh para pengunjung. Komoditas salak di Desa Wedi dan Tanjungharjo adalah jenis menjalin, yang rasanya khas manis dan sedikit asam, berbeda dengan salak jenis pondoh yang cenderung manis.

2. Agrowisata jambu

Jambu biji merah yang bersentra di Desa Mayanggeneng, Kecamatan Kalitidu, menjadi salah satu lokasi yang bisa dikunjungi. Di kebun milik Pak Ali, pengunjung dapat merasakan sensasi berkebun buah jambu khas suasana pedesaan.

Rasanya yang manis dan segar, menjadikan buah jambu biji merah ini banyak peminatnya. Tak hanya menjual buah segar, Pak Ali juga mengkreasikan olahan buah jambunya menjadi kue kukus jambu merah dan jus jambu.

Tak hanya jambu biji merah, Bojonegoro juga menyimpan potensi agrowisata buah jambu jenis kristal yang berada di Kecamatan Trucuk dan Gayam. Ada 3.750 pohon jambu kristal yang tertanam di wilayah Kecamatan Trucuk, yakni di Desa Pagerwesi, Padang, Sranak dan Mori. Rasanya yang manis dan renyah menjadikan buah jambu jenis ini banyak digemari.

Nah, itu tadi informasi lengkap tentang Kebun Belimbing Bojonegoro. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa membantumu ya. Oia, karena wisata satu ini membutuhkan perjalanan yang cukup melelahkan. Sebaiknya Sedulur mempersiapkan semua perbekalan dengan baik, mulai dari snack dan air minum. Misalnya seperti Air Minum Pirlo yang cocok banget untuk menemani Sedulur berjalan-jalan menyusuri pepohonan belimbing.

Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat berlibur!