air terjun 7 bidadari

Jember menjadi salah satu Kabupaten di Jawa Timur yang terkenal akan wisata alamnya, baik berupa pantai, persawahan, air terjun hingga pegunungan. Deretan destinasi wisata alam yang disuguhkan di Jember juga masih memiliki nuansa yang asri dan alami, sehingga sangat cocok bagi Sedulur yang ingin mencari ketenangan. 

Jember juga menjadi salah satu kabupaten yang ada di wilayah Provinsi Jawa Timur dan sudah terkenal dengan wisatawan lokal maupun wisatawan dari mancanegara dan Kabupaten ini mendapat julukan sebagai Kota Karnaval. Dari banyaknya destinasi wisata alam di Jember yang suguhkan nuansa asri, ada salah satu yang bisa menjadi rekomendasi untuk dikunjungi, yakni Air Terjun 7 Bidadari. 

Air terjun di Jember ini juga kerap disebut sebagai Coban 7 Bidadari yang sampai sekarang menjadi wisata yang populer. Dinamakan “bidadari,” karena keindahan air terjun ini terlihat memesona dengan nuansa yang teduh sekaligus nyegerin. Kalau Sedulur ingin berkunjung ke sini, simak dulu beberapa informasinya di bawah ini!

BACA JUGA: Coban Talun: Keindahan, Harga Tiket, Jam Buka, dan Rute

Sekilas Tentang Air Terjun 7 Bidadari Jember

air terjun 7 bidadari
Unsplash/Stefan Kunze

Air Terjun 7 Bidadari cukup sejuk karena berada di tengah hutan pinus. Letaknya agak menjorok, yaitu di Desa Rowosari Kecamatan Sumberjambe, sekitar 36 kilometer ke arah timur laut Alun-alun kota Jember. Air Terjun 7 Bidadari menyuguhkan pemandangan yang asri, dan tentu saja sejuk karena berada di kaki Gunung Raung.

Tujuh Bidadari menjadi sebuah nama yang cantik, karena alamnya yang bagaikan tujuh bidadari turun dari kahyangan. Diberi nama air terjun Tujuh Bidadari karena jumlah air terjunnya memang ada tujuh dengan jarak masing-masing air terjun ada yang berjauhan, ada pula yang berdekatan.

Desa Rowosari terletak di kaki Gunung Gaung, sebuah gunung yang menjadi pembatas antara Kabupaten Jember, Kabupaten Bondowoso, dan Kabupaten Banyuwangi. Rowosari berasal dari dua suku kata Rowo dan Sari. Rowo artinya rawa, Sari artinya inti.

Nama Desa Rowosari didasarkan pada banyaknya sumber mata air, yang juga menyebabkan banyaknya rawa di daerah sekitar.

Lokasi Air Terjun 7 Bidadari Jember

Adapun lokasi dari air terjun tujuh bidadari ini adalah berada di kawasan wisata yang ada di kaki Gunung Raung dan ini merupakan pegunungan yang suguhkan panorama alam yang sangat mempesona.

Tempat wisata Air Terjun Tujuh Bidadari ini pun tentunya memiliki udara yang sangat sejuk dan menenangkan karena letaknya yang berada ada pada ketinggian. Wisata Air Terjun Tujuh Bidadari ini berada pada Gardu Utara, Rowosari Kecamatan Sumberjambe Kabupaten Jember Jawa Timur.

BACA JUGA: 10 Spot Snorkeling Banyuwangi Paling Worth It, Karangnya Indah!

Rute Menuju Lokasi Air Terjun

bukit teletubbies bromo
Unsplash/Kilarov Zaneit

Air Terjun 7 Bidadari terletak di Desa Rowosari Kecamatan Sumberjambe, Kabupaten Jember atau sekitar 2 jam perjalanan dari pusat kota atau kurang lebih 15 km. Mengingat lokasinya yang berada di area hutan, penulis menyarankan jika Sedulur hendak ke sini sebaiknya menggunakan kendaraan roda 2 saja.

Sejauh mata memandang yang ada adalah hamparan padi yang tumbuh subur di sepanjang kiri-kanan jalan dusun Gardu Utara. Jika Sedulur memulai perjalanan dari Surabaya melalui jalur darat, waktu yang ditempuh sekitar 5 jam untuk sampai di jalan terakhir yang dapat dilalui kendaraan roda dua dan roda empat.

Sesudah itu, jalan yang dilalui hanya bisa dengan motor trail, mobil offroad 4×4 atau berjalan kaki. Jadi persiapkan stamina dan fisikmu dengan baik ya!

Harga Tiket dan Jam Operasional Air Terjun

Memiliki keindahan dan ketenangan di area hutan, wahana wisata Air Terjun 7 Bidadari menjadi destinasi yang sangat cocok dikunjungi untuk melepas penat, mengistirahatkan pikiran dan memanjakan diri dengan kesegaran keasrian hutan.

Telah dikelola dengan baik dan dibangun dengan berbagai fasilitas untuk pengunjung yang datang, rupanya harga tiket masuk untuk berkunjung di wahana wisata Air Terjun 7 Bidadari ini masih sangat terjangkau yaitu Rp 5 ribu per orang dan biaya parkir sebesar Rp 3 ribu untuk sepeda motor. 

Selain itu, tidak disarankan membawa mobil karena luas jalannya yang cukup kecil. Berada di area hutan pastinya cukup berbahaya jika pengunjung datang atau pergi disaat suasana sekitar menjadi gelap. Area hutan yang masih terjaga memang menjadi karakteristik keunikan tersendiri dari wisata ini. 

Agar pengunjung wisata tidak pulang terlalu malam, oleh sebab itu pengelola wahana wisata Air Terjun 7 Bidadari ini memberikan regulasi jam buka wisata mulai dari jam 08.00-16.00.

Fasilitas di Wisata Air Terjun 7 Bidadari

Wisata Air Terjun 7 Bidadari telah dibangun lebih dari 5 tahun yang lalu, meskipun sejak awal tarif tiket tari wisata ini terbilang sangat terjangkau, namun kini wisata ini telah mengalami berbagai perkembangan yang luar biasa. Beragam fasilitas juga telah disediakan untuk pengunjung.

Meskipun berada di area hutan, pengelolaan tempat wisata di sini juga memperhatikan kelestarian hutan yang ada, sehingga saat berkunjung kemari Sedulur dapat merasakan keindahan hutan yang masih asri.

Setidaknya hingga kini wisata Air Terjun 7 Bidadari ini telah memiliki beberapa fasilitas seperti, rute jalan wisatawan di area wisata, kamar mandi, kolam renang, warung jajahan warga, gazebo istirahat, serta spot foto menarik.

BACA JUGA: Jolotundo Nganjuk: Lokasi, Jam Buka, Pesona dan Harga Tiket

Daya Tarik dan Aktivitas Seru

air terjun 7 bidadari
Unsplash/Daria Gordova

Begitu memasuki Air Terjun 7 Bidadari, pengunjung disuguhi oleh pohon-pohon pinus yang cukup tinggi menjulang. Di tengah-tengah pinus itulah wahana wisata berada, mulai dari kolam renang, beberapa gazebo, bahkan tepat penginapan meski sederhana.

Sedangkan Air Terjun 7 Bidadari terletak di hutan yang lebat, di sebelah utara kolam pemandian. Untuk mencapai air terjun itu, pengunjung masih harus berjalan kaki sepanjang kurang lebih 1 kilometer menuju sungai kecil yang menjadi lokasi air terjun tersebut. Berikut ini daya tarik dan aktivitas seru di sini!

1. Hiking menyusuri aliran Air Terjun 7 Bidadari

Seperti namanya sendiri, wisata ini menawarkan keindahan utama berupa air terjun, sedangkan 7 bidadari di sini menggambarkan 7 aliran air terjun yang ada di area tersebut. Untuk menuju ke aliran Air Terjun 7 Bidadari yang pertama dan kedua, Sedulur dapat berjalan menyusuri jalan yang telah dirapikan dan mengikuti petunjuk yang ada.

Untuk menuju ke aliran air terjun pertama dan kedua, setidaknya Sedulur perlu memakan waktu 15 menit perjalanan hiking menyusuri area hutan dari pintu masuk wisata. Menuju ke aliran air terjun ketiga dari Air Terjun 7 Bidadari, jalur trekking mulai terasa lebih alami dengan jalur tanah bebatuan yang cukup licin.

Jadi pastikan Sedulur menggunakan sepatu outdoor dan membawa perbekalan yang mumpuni untuk melanjutkan perjalanan ke aliran air terjun lebih atas.

Pengunjung yang datang biasanya hanya menikmati aliran pertama dan kedua dari Air Terjun 7 Bidadari. Oleh sebab itu aliran ketiga hingga ketujuh terkesan sangat sepi. Selain itu untuk menuju ke aliran tersebut jalur hiking menjadi murni tanpa perbaikan jalan sehingga ini menjadi pilihan yang tepat jika Sedulur suka berpetualang.

2. Bermain air di kolam Air Terjun 7 Bidadari

Meskipun namanya Air Terjun 7 Bidadari, rupanya di wisata ini juga terdapat sebuah kolam pemandian yang ramah untuk anak-anak. Kolam pemandian ini terletak tidak jauh dari pintu masuk wisata dan memiliki keindahan yang berhasil membuat kagum. 

Kolam pemandian di wisata Air Terjun 7 Bidadari juga memiliki hiasan air terjun buatan yang sangat menarik. Birunya air kolam berpadu dengan rimbunnya pepohonan di hutan sekitar menjadikan lokasi ini sangat nyaman untuk dikunjungi bahkan saat siang sekalipun.

Sedulur tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk bermain air di sini, di sekitar kolam juga terdapat penyewaan ban untuk Sedulur dapat menikmati air kolam dengan lebih nyaman. Kolam di sini tidak terlalu luas dan juga tidak terlalu dalam, jadi pastinya sangat ramah bahkan untuk anak-anak sekalipun.

3. Area olahraga outdoor favorit

Tempat ini juga sangat sempurna untuk menghilangkan stres atau menjauhkan diri dari hiruk-pikuk kota. Lokasinya yang sangat jauh dari polusi menjadikan udara di sekitar sini menjadi sangat segar dengan udara yang cukup sejuk. Apalagi jika Sedulur bermain air di area kolam atau air terjun, hawa sejuk akan senantiasa menemani kunjungan kamu.

Wisata Air Terjun 7 Bidadari dapat menjadi area/tempat olahraga outdoor seperti hiking dan trail running. Aksesnya yang mudah dan pemandangan segar, sejuk dan asrinya pasti bikin Sedulur dapat berolaraga dengan sangat nyaman.

4. Menikmati suasana alam sambil bersantai

Di area wisata Air Terjun 7 Bidadari terdapat berbagai gazebo berbagai bentuk yang pastinya sangat cocok untuk tempat beristirahat. Warung-warung warga di sekitar juga menawarkan sajian makanan dan minuman dengan harga yang masih terjangkau. Jadi tidak perlu khawatir jika Sedulur datang tanpa membawa bekal sekalipun.

Itulah tadi informasi mengenai Air Terjun 7 Bidadari Jember. Apakah Sedulur tertarik datang ke sini? Namun,  karena wisata satu ini membutuhkan perjalanan yang cukup melelahkan. Sebaiknya Sedulur mempersiapkan semua perbekalan dengan baik, mulai dari snack dan air minum. Misalnya membawa Air Minum Pirlo yang cocok banget untuk menemani Sedulur bertualang.

Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat berlibur!