Minuman khas Surabaya

Surabaya dikenal sebagai kota yang memiliki cuaca panas terik. Tidak heran, untuk mengatasi gerahnya cuaca Kota Pahlawan, banyak minuman khas Surabaya yang bisa dicoba. Tak hanya bisa menyegarkan tenggorokan, minuman asli Surabaya juga terkenal dengan kelezatannya.

Jika Sedulur penasaran dengan minuman khas Surabaya yang cocok untuk dijadikan buruan kuliner di siang hari? Mari simak daftar lengkapnya berikut ini.

BACA JUGA: Cara Membuat Bir Pletok, Minuman Tanpa Alkohol khas Betawi

1. Es Pacar Keling

Minuman khas Surabaya
PergiKuliner

Minuman khas Surabaya yang pertama adalah es pacar keling. Minuman ini termasuk sajian kuliner legendaris lantaran sudah ada sejak tahun 1978.

-->

Bagi masyarakat Surabaya, minuman segar satu ini juga dikenal dengan nama Es Pacar Keling Pak No, karena penjualnya bernama Haji Mujiono.

Ciri khas es pacar keling sendiri terletak pada campuran bahan-bahannya seperti apel, nangka, melon, mangga, sawo, kelapa muda, nanas, dan anggur. Campuran buah ini lantas disiram dengan sirup dengan aroma durian.

Untuk harga satu porsi es pacar keling ini, Sedulur cukup merogoh anggaran Rp 9 ribu saja. Murah meriah banget kan?

2. Es Sinom

Minuman khas Surabaya
IG Warungbukris

Selanjutnya ada minuman khas Surabaya yang tak hanya terkenal segar, tapi juga menyehatkan. Nama minuman satu ini adalah es sinom.

Dilansir dari Liputan6, es sinom adalah minuman khas Surabaya yang diracik dari berbagai ramuan jamu tradisional. Jadi tidak heran jika minuman ini juga bisa membantu menjaga daya tahan tubuh.

Es sinom sendiri memiliki ciri khas rasa asam manis. Sehingga cocok untuk disajikan ke semua orang.

BACA JUGA: 12 Franchise Murah Dibawah 5 Juta untuk Bisnis Modal Kecil

3. Es Teler Tanjung Anom

Es Teler Tanjung Anom
Travelling Yuk

Siapa sih yang tidak suka dengan es teler? Di Surabaya, ada satu warung es teler yang sangat terkenal karena kelezatan minumannya. Warung ini dikenal dengan nama Es Teler Tanjung Anom.

Minuman khas Surabaya ini memiliki rasa yang unik dan lezat. Dalam seporti es teler, Sedulur bisa mendapatkan bubur mutiara, nangka, alpukat, es serut dengan resep rahasia.

Popularitas dan cap legendaris es teler tanjong anom sendiri sudah diakui oleh masyarakat di Surabaya. Bahkan, warung minuman ini sudah memiliki beberapa cabang di Taman Apsari, Genteng, Dharmahusada, dan Jalan HR. Muhammad.

Untuk satu porsi es teler tanjong anom, harga yang Sedulur bayar memang cukup mahal yaitu Rp 20 ribu. Namun, harga itu akan sepadan dengan rasa yang diberikan oleh es teler tanjong anom.

4. Jus Purnama Ria

Jus Nanas
Unsplash

Bagi Sedulur yang suka dengan minuman sehat dari buah-buahan, maka ada satu minuman khas Surabaya yang wajib Sedulur coba. Minuman itu adalah Jus Purnama Ria.

Depot jus ini termasuk salah satu warung minuman paling legendaris di Surabaya karena sudah berjualan sejak tahun 1969. Nama Jus Purnama sendiri tidak lepas dari lokasi warung yang berada persis di sebelah bioskop Purnama Surabaya.

Variasi minuman jus di sini pun pasti bikin Sedulur tertarik, karena ada beberapa minuman unik seperti jus kopyor susu, jus durian susu, jus nangka, dan beberapa varian minuman lainnya.

BACA JUGA: 10 Jus untuk Membantu Kesuburan Rahim

5. Es Campur Tidar

Minuman khas Surabaya
Nibble ID

Bagi pecinta es campur, maka harus mencoab Es Campur Tidar saat berkunjung ke Surabaya. Minuman khas Kota Pahlawan ini memiliki rasa yang unik dan bisa bikin ketagihan.

Karakter es campur tidak juga tidak biasa, memiliki porsi yang besar dengan isian komplit seperti es serut, kelapa muda, alpukat, cincau, kolang kaling, dan buah strawberry.

Kuah susu yang digunakan es campur ini juga terkenal lezat dan manisnya pas. Jadi buat Sedulur yang tidak betah dengan gerahnya Surabaya, minuman khas Surabaya ini pasti bisa mendinginkan suasana hatimu.

6. Es Krim Zangrandi

Es Zangrandi
PingPoint

Minuman khas Surabaya yang juga legendaris adalah Es Krim Zangrandi. Sebenarnya kuliner satu ini nggak benar-benar minuman ya, karena bentuknya lebih menyerupai es krim. Namun, masih cocok untuk menangkal gerahnya suasana di Surabaya kok.

Es Krim Zangrandi juga termasuk makanan legendaris di Surabaya. Bagaimana tidak, warung es ini sudah berumur lebih dari 87 tahun. Jadi untuk urusan rasa, sudah tidak perlu diragukan lagi ya Sedulur.

Nah, itu tadi deretan minuman khas Surabaya yang cocok banget untuk mendinginkan suasana gerah Kota Pahlawan. Kira-kira mana nih yang bakal jadi pilihan Sedulur untuk menyegarkan dahaga?