Minuman khas Surabaya

Surabaya dikenal sebagai kota yang memiliki cuaca panas terik. Tidak heran, untuk mengatasi gerahnya cuaca Kota Pahlawan tersedia banyak sekali minuman khas Surabaya yang bisa dicoba.

Tak hanya bisa menyegarkan tenggorokan, minuman asli Surabaya juga terkenal dengan kelezatannya. Sedulur juga tidak akan menyesal dan akan dibuat selalu rindu dengan minuman tersebut karena keunikan rasanya.

Jika Sedulur penasaran dengan minuman khas Surabaya yang cocok untuk dijadikan buruan kuliner di siang hari? Mari simak daftar lengkapnya berikut ini.

BACA JUGA: Ledre Bojonegoro: Oleh-oleh Bersejarah Hingga Cara Membuatnya!

1. Es Pacar Keling

Minuman khas Surabaya
Unsplash/Bady Abbas

Minuman khas Surabaya yang pertama adalah es pacar keling. Minuman ini termasuk sajian kuliner legendaris lantaran sudah ada sejak tahun 1978.

Bagi masyarakat Surabaya, minuman segar satu ini juga dikenal dengan nama Es Pacar Keling Pak No, karena penjualnya bernama Haji Mujiono yang berada di Jalan Pacar Keling No. 2, Tambaksari, Kota Surabaya.

Ciri khas es pacar keling sendiri terletak pada campuran bahan-bahannya seperti apel, nangka, melon, mangga, sawo, kelapa muda, nanas, dan anggur. Campuran buah ini lantas disiram dengan sirup dengan aroma durian.

Citarasa dari Es Pacar Keling sendiri benar-benar istimewa, berkat perpaduan berbagai macam buah-buahan yang digunakan. Sementara untuk rasa manisnya berasal dari penggunaan sirup aroma durian yang terasa khas.

Jadi bagi Sedulur yang sedang ingin menyegarkan tenggorokan dengan minuman yang kaya rasa, maka es pacar keling bisa menjadi pilihan yang tepat. Untuk harga satu porsi es pacar keling ini, Sedulur cukup merogoh anggaran Rp 9 ribu saja. Murah meriah banget kan?

2. Es Sinom

Selanjutnya ada minuman khas Surabaya yang tak hanya terkenal segar, tapi juga menyehatkan. Nama minuman satu ini adalah es sinom.

Dilansir dari Liputan6, es sinom adalah minuman khas Surabaya yang diracik dari berbagai ramuan jamu tradisional. Minuman yang satu ini menawarkan keunikan rasa dan manfaat kesehatan dari jamu sinom. Jadi tidak heran jika minuman ini juga bisa membantu menjaga daya tahan tubuh.

Selain itu, minuman khas ini juga memberikan kesegaran karena penyajiannya yang ditambah es, menjadikannya pilihan yang cocok untuk dinikmati saat cuaca panas atau sebagai penyegar di siang hari.

Es sinom sendiri dibuat dari beberapa bahan utama seperti daun asam muda, kunyit, asam jawa, gula aren atau gula jawa, yang menghasilkan ciri khas rasa asam manis. Sehingga cocok untuk disajikan ke semua orang.

Jika Sedulur tertarik untuk mencicipi hidangan yang lezat sekaligus menyehatkan ini, bisa langsung berkunjung ke Warung Es Sinom HR Muhammad yang ada di Jalan Raya Darmo Baru Barat No.6, Kota Surabaya.

3. Es Teler Tanjung Anom

Siapa sih yang tidak suka dengan es teler? Di Surabaya, ada satu warung es teler yang sangat terkenal karena kelezatan minumannya. Warung ini dikenal dengan nama Es Teler Tanjung Anom.

Minuman khas Surabaya ini memiliki rasa yang unik dan lezat. Dalam seperti es teler, Sedulur bisa mendapatkan bubur mutiara, nangka, alpukat, es serut dengan resep rahasia.

Cita rasa dari es teler sendiri memang kaya karena kombinasi bahan-bahannya. Sensasi menikmati es teler memang memberikan pengalaman yang menyegarkan, di mana dinginnya es serut bertemu dengan kemanisan buah-buahan tropis dan tekstur creamy dari susu.

Tekstur yang beragam dari lembutnya avokad, renyahnya kelapa muda, dan kenyalnya nangka juga memberikan kekayaan yang menarik saat dikonsumsi.

Popularitas dan cap legendaris es teler tanjong anom sendiri sudah diakui oleh masyarakat di Surabaya. Bahkan, warung minuman ini sudah memiliki beberapa cabang di Taman Apsari, Genteng, Dharmahusada, dan Jalan HR. Muhammad.

Untuk satu porsi es teler tanjong anom, harga yang Sedulur bayar memang cukup mahal yaitu Rp 20 ribu. Namun, harga itu akan sepadan dengan rasa yang diberikan oleh es teler tanjong anom.

4. Jus Purnama Ria

Bagi Sedulur yang suka dengan minuman sehat dari buah-buahan, maka ada satu minuman khas Surabaya yang wajib Sedulur coba. Minuman itu adalah Jus Purnama Ria yang berlokasi di Jalan Sukolilo Larangan No.87, Sukolilo Baru, Kecamatan Bulak, Surabaya, Jawa Timur.

Depot jus ini termasuk salah satu warung minuman paling legendaris di Surabaya karena sudah berjualan sejak tahun 1969. Nama Jus Purnama sendiri tidak lepas dari lokasi warung yang berada persis di sebelah bioskop Purnama Surabaya.

Variasi minuman jus di sini pun pasti bikin Sedulur tertarik, karena ada beberapa minuman unik seperti jus kopyor susu, jus durian susu, jus nangka, dan beberapa varian minuman lainnya.

Jus Purnama Ria bisa menjadi salah satu tempat menikmati kesegaran dari beragam jus yang unik, untuk mengatasi panasnya Kota Surabaya. Namun Sedulur berkunjung, disarankan untuk mencari informasi lebih aktual mengenai Jus Purnama Ria.

Sedulur bisa mencari ulasan terkini terlebih dahulu, atau mendatangi secara langsung jika memang sedang berada di Surabaya.

5. Es Campur Tidar

Bagi pecinta es campur, maka harus mencoba Es Campur Tidar saat berkunjung ke Surabaya. Minuman khas Kota Pahlawan ini memiliki rasa yang unik dan bisa bikin ketagihan.

Karakter es campur tidak juga tidak biasa, memiliki porsi yang besar dengan isian komplit seperti es serut, kelapa muda, alpukat, cincau, kolang kaling, dan buah strawberry.

Kuah susu yang digunakan es campur ini juga terkenal lezat dan manisnya pas. Jadi buat Sedulur yang tidak betah dengan gerahnya Surabaya, minuman khas Surabaya ini pasti bisa mendinginkan suasana hatimu.

Es Campur Tidak sendiri merupakan salah satu kedai es legendaris di Surabaya, tepatnya berada di Jalan Tidar, Sawahan, Kecamatan Sawahan, Surabaya, Jawa Timur. Selain es campur, kedai ini juga menyediakan beberapa pilihan menu lain seperti es teler dan es kacang hijau.

Tidak hanya itu, bagi Sedulur yang sedang mencari makan siang di Surabaya juga bisa berkunjung ke kedai ini. Santapan yang terkenal dan banyak disukai di sini adalah mie pangsitnya yang spesial.

BACA JUGA: 12 Jajanan Khas Jawa Timur yang Wajib Dicoba, Bikin Ketagihan!

6. Es Krim Zangrandi

Minuman khas Surabaya
Unsplash/Kelsey Curtis

Minuman khas Surabaya yang juga legendaris adalah Es Krim Zangrandi yang berlokasi di Jalan Yos Sudarso No.15, Embong Kaliasin, Kecamatan Genteng, Surabaya. Sebenarnya kuliner satu ini nggak benar-benar minuman ya, karena bentuknya lebih menyerupai es krim. Namun, masih cocok untuk menangkal gerahnya suasana di Surabaya kok.

Es Krim Zangrandi juga termasuk makanan legendaris di Surabaya. Bagaimana tidak, warung es ini sudah berumur lebih dari 87 tahun. Jadi untuk urusan rasa, sudah tidak perlu diragukan lagi ya Sedulur.

Menariknya lagi, Es krim Zangrandi dikenal selalu menggunakan bahan-bahan alami tanpa adanya tambahan perasa buatan. Beberapa bahan utama yang mereka gunakan seperti susu sapi segar, gula pasir, dan buah-buahan.

Dengan begitu, selain menyajikan citarasa yang lezat, olahan es krim yang ada di tempat ini juga aman untuk dikonsumsi setiap hari. Ya, hingga saat ini, Es krim Zangrandi bukan cuma disukai oleh warga lokal Surabaya lintas generasi, namun juga para turis yang datang dari luar kota.

Rasanya memang kurang afdol jika berlibur dan wisata kuliner di Surabaya, namun tidak mencicipi Es krim Zangrandi yang telah melegenda ini. Untuk harga makanan di sini juga sangat terjangkau, jadi Sedulur tidak perlu khawatir uang habis ketika jajan di Zangrandi.

7. Wedang Angsle khas Surabaya

Wedang angsle atau kadang disebut anget sleh merupakan minuman tradisional yang populer dari Jawa Timur, khususnya di Malang dan Surabaya. Sebenarnya wedang angsle sendiri adalah minuman hangat ini sering dihidangkan ketika malam hari karena kehangatannya yang mampu memberikan rasa nyaman.

Namun seiring dengan perkembangannya, wedang angsle kini tidak hanya disajikan saat malam hari dan dalam keadaan hangat saja. Kini Sedulur juga menikmati varian dingin dari minuman tersebut, yang cocok untuk menyegarkan tenggorokan saat terik di siang hari.

Wedang Angsle khas menggunakan campuran bahan-bahan yang kaya akan rasa dan tekstur, menjadikannya unik dan berbeda dari minuman Jawa yang lainnya. Di antaranya seperti, jahe, ketan hitam, kacang hijau, pacar cina, roti tawar, dan lain sebagainya.

Minuman ini tidak hanya lezat tetapi juga memiliki nilai gizi yang tinggi karena kandungan bahan-bahannya yang beragam. Bagi yang tertarik, bisa langsung menuju ke Kedai Angsle Karmen 57 di Jalan Karang Menjangan 77 Mojo, Kecamatan Gubeng, Kota Surabaya.

8. Es Cincau Hitam Surabaya

Sedulur sedang mencari minuman cincau hitam yang segar di Surabaya? Langsung saja datang ke CAOKU Cincau Hitam – Adijasa yang ada di Jl. Demak No.80, Gundih, Kecamatan Bubutan, Surabaya, Jawa Timur.

Minuman cincau yang ada di sini, dikenal dengan tekstur cincau hitamnya yang istimewa dan juga menyenangkan. Perpaduan antara cincau hitam, es batu, dan sirup sangat cocok dinikmati terutama saat cuaca panas.

Tekstur jelly yang unik dari cincau juga memberikan sensasi makan yang menarik. Sementara kombinasi rasa manis dari sirup dengan sedikit gurih dari santan menciptakan keseimbangan rasa yang lezat.

Es cincau hitam sendiri tidak hanya menyegarkan, tetapi juga dikenal memiliki beberapa manfaat kesehatan, seperti membantu dalam pencernaan dan sebagai sumber antioksidan alami.

9. Es Pisang Ijo

Es Pisang Ijo sejatinya merupakan dessert yang terbuat dari pisang yang dibalut dengan adonan tepung berwarna hijau. Kemudian dikukus hingga matang, dan disajikan dengan saus santan, sirup, dan juga es serut.

Minuman yang satu ini menawarkan kombinasi rasa yang menarik. Manis dari pisang dan sirup, gurih dari santan, serta segarnya es. Tekstur lembut dari pisang yang dibalut dengan adonan tepung menambah keunikan tersendiri.

Warna hijau yang menarik dari adonan membuat hidangan ini sangat memikat mata. Es Pisang Ijo memang cocok dinikmati sebagai penyegar di siang hari atau sebagai penutup setelah makan besar.

Keunikannya tidak hanya pada rasa dan teksturnya yang lembut, tetapi juga pada penyajiannya yang cantik. Jika Sedulur merasa tertarik untuk menyantap es pisang ijo, maka bisa datang berkunjung ke Kedai Es Pisang Ijo Indrapura yang beralamat di Jalan Parang Kusumo No.1, Kota Surabaya.

10. Es Degan Madura

Minuman berikutnya yang wajib Sedulur coba untuk melepas dahaga adalah Es Degan Madura. Sesuai dengan namanya, minuman yang satu ini terbuat dari air kelapa muda yang segar dan juga manis. Sangat cocok untuk membasahi tenggorokan yang kering di tengah cuaca Surabaya yang panas.

Es Degan Madura sendiri memang dikenal dengan kesederhanaannya, akan tetapi mampu memberikan rasa yang kaya dan juga kesegaran. Ini adalah minuman yang sangat baik untuk rehidrasi karena air kelapa adalah sumber elektrolit alami yang baik.

Minuman tersebut juga diketahui dapat membantu menggantikan cairan tubuh yang hilang di cuaca panas terik, seperti di Surabaya. Jadi cocok banget untuk menemani Sedulur setelah berjalan-jalan di Surabaya.

Sedulur dapat menemui Es Degan Madura di Jalan Dukuh Kupang, Surabaya. Sementara itu, harganya juga cukup terjangkau. Minuman yang segar ini memang sangat cocok untuk dinikmati ketika matahari sedang terik-teriknya.

BACA JUGA: 7+ Tempat Warung Orem Orem Malang Terenak, Dijamin Nagih!

11. Es Legen

Minuman khas Surabaya
Unsplash/Sudo

Mungkin masih banyak belum tahu akan es legen. Ya, Es legen merupakan minuman khas dari Surabaya yang dibuat dari buah legen segar. Kemudian ditambah dengan sirup manis serta es serut.

Keunikan dari minuman yang satu ini ada pada tekstur buah legen yang kenyal dengan rasa manisnya yang membuat siapa saja tidak bisa berhenti menikmatinya.

Es legen juga diklaim bisa memperlancar pencernaan, menyegarkan tubuh, dan sebagai sumber energi alami. Selain itu, karena sifatnya yang alami, Es legen sering menjadi pilihan bagi mereka yang ingin menghindari minuman berkarbonasi atau dengan pemanis buatan.

Es legen ini bisa Sedulur temui di Jalan Kupang Kertajaya, Surabaya. Rasakan kesegaran bercampur dengan buah legen yang lezat dan memiliki rasa manis alami.

12. Soda Gembira

Rekomendasi minuman khas Surabaya yang terakhir adalah soda gembira. Minuman ini terbuat dari campuran soda, jelly, sirup berbagai rasa, dan juga es serut.

Soda gembira sendiri menawarkan kombinasi rasa yang unik antara manis, creamy, dan soda yang menyegarkan. Minuman ini sering menjadi pilihan untuk menyegarkan diri setelah seharian beraktivitas di bawah panasnya matahari Surabaya.

Walaupun soda gembira bisa ditemukan di banyak tempat di Surabaya, namun salah satu tempat yang direkomendasikan untuk menikmatinya ada di Jalan Embong Malang, Surabaya. Sedulur dijamin bisa merasakan kesegaran minuman bersoda ini dengan murah meriah.

Nah, itu tadi deretan minuman khas Surabaya yang cocok banget untuk mendinginkan suasana gerah Kota Pahlawan. Ya, di Surabaya memang ada banyak pilihan minuman segar yang menarik untuk membantu mengatasi dahaga ketika cuaca terik.

Tapi walaupun sudah mencoba banyak minuman segar khas Surabaya di atas, Sedulur jangan lupa untuk selalu membawa air mineral ya. Selain bisa menetralkan rasa minuman yang manis-manis, air mineral juga membantu tubuh untuk selalu segar setiap saat. Sedulur bisa mencoba Air Minum Pirlo yang cocok jadi teman untuk berwisata kuliner.

Kamu tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat mencoba ya!