jenis bunga merambat

Apakah Sedulur tahu jenis-jenis bunga merambat yang tahan panas dan bisa membuat pekarangan rumah teduh? Sedulur yang ingin mempercantik rumah dengan tanaman hias, wajib mengetahui daftar bunga hias merambat yang bisa ditanam.

Dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas bersama daftar jenis bunga merambat yang bisa digunakan untuk menghiasi halaman rumah dan membuat rumah lebih teduh dan nyaman dihuni. Tanpa berlama-lama, yuk mari langsung kita simak daftarnya di bawah ini.

BACA JUGA: 15+ Jenis Bonsai, Tanaman Hias yang Bikin Rumah Makin Indah

1. Bugenvil

jenis bunga merambat
iStock

Jenis bunga merambat pertama yaitu bugenvil. Bunga ini juga sudah cukup lama populer di Indonesia. Digemari masyarakat untuk menghiasi taman karena perawatannya yang cukup mudah dan tidak perlu disiram air setiap hari.

Tanaman ini biasanya hanya tumbuh sampai satu meter saja. Bugenvil juga memiliki banyak variasi warna, biasanya warna bunganya cerah seperti pink, kuning, dan ungu.

2. Hoya

iStock

Hoya termasuk dalam tanaman hias merambat yang mudah tumbuh, kuat, dan menarik. Tanaman hoya dapat tumbuh di luar ruangan sepanjang tahun tetapi juga bisa menjadi tanaman dalam ruangan. Hal tersebut merupakan keuntungan yang bisa Sedulur dapatkan.

Jenis hoya yang paling umum ditanam adalah  tanaman lilin atau hoya carnosa. Di luar ruangan, hoya tumbuh dengan baik di tempat yang mendapat sinar matahari langsung beberapa jam setiap hari. Sinar matahari dapat membuat tanaman ini mendapatkan perkembangan yang baik.

3. Alamanda

jenis bunga merambat
iStock

Alamanda merupakan tanaman merambat yang memiliki warna-warna cerah seperti kuning dan merah muda. Bunga atau tumbuhan ini memiliki bentuk seperti terompet dengan ukuran yang cukup besar, sehingga sangat cantik untuk menghiasi taman di rumah.

4. Virginia creeper

iStock

Virginia Creeper dapat tumbuh sampai lebih dari 50 kaki atau sekitar 15 meter. Daunnya yang besar yang terdiri dari lima bagian ini memiliki warna ungu di musim semi kemudian berubah menjadi hijau kusam selama musim tanam.

Setelah itu berubah menjadi merah cemerlang di musim gugur. Tanaman ini tumbuh subur dan cepat memanjat, jadi kamu bisa memangkasnya dengan sesering mungkin.

5. Morning glory

jenis bunga merambat
iStock

Jenis bunga merambat selanjutnya yaitu morning glory. Morning glory merupakan tanaman rambat yang cukup populer. Tanaman ini memiliki 1.000 jenis variasi warna. Bunga berwarna cantik ini hanya mekar pada pagi hari dan mengeluarkan aroma harum, dan pada siang hari bunga ini akan layu.

Karen morning glory merupakan tanaman berumur pendek, tanaman ini hanya akan bertahan kurang dari 1 tahun. Maka dari itu perawatan dan pergantian tanaman ini terbilang cepat.

6. Zebrina pendula

iStock

Bunga ini memiliki motif garis belang-belang pada daunnya, umumnya tanaman ini ditempatkan di dalam pot yang berfungsi untuk membuat halaman rumah canti. Bukan hanya itu, tanaman ini juga dipercaya dapat mengobat banyak penyakit.

Sedulur yang berencana merawat bunga ini, jika ingin tumbuh subur, saat perawatannya Sedulur bisa menggunakan campuran pupuk organik di dalam tanahnya. Hal tersebut membuat tanaman ini dapat tumbuh dengan subur.

7. White clematis

jenis bunga merambat
iStock

Tanaman merambat yang cantik ini memiliki bunga yang rimbun dan harum yang sangat segar dan khas. Panjangnya bisa mencapai sampai 20 meter. Biasanya, white clematis tumbuh di dataran tinggi. Aromanya yang harum dapat memberikan rasa sejuk pada rumah Sedulur.

Kenyamanan rumah dipengaruhi oleh pemandangan yang indah dan aroma yang wangi. White clematis dapat mengeluarkan aroma wangi secara natural, jadi Sedulur tidak perlu ribet membeli dan isi ulang pewangi ruangan. Dengan tanaman ini, aroma rumah akan tetap terjaga.

8. Sirih merah

iStock

Tanaman tahan panas ini juga bermanfaat sebagai tanaman obat. Tanaman merambat asal Sulawesi ini ditanam selain karena memiliki manfaat kesehatan namun juga memiliki daun yang indah. Sirih merah dapat tumbuh dengan cepat tanpa harus diberikan perawatan tertentu.

Tanaman ini akan sangat cocok, terutama bagi Sedulur yang ingin merawat tanaman yang memiliki khasiat. Tentu Sedulur bisa mendapatkan manfaatnya, selain merasakan keindahan, juga Sedulur dapat mendapatkan khasiat yang ada dalam setiap tanaman.

9. Petre volubilis

jenis bunga merambat
iStock

Tanaman ini berasal dari Amerika Tengah, namun dapat tumbuh dengan lebat dan baik di daerah beriklim tropis, seperti Indonesia. Seperti Morning glory, tanaman ini juga dapat berubah warna. Ketika mekar bunganya akan berwarna ungu cerah, sedangkan sebelum gugur bunganya akan berubah menjadi hijau.

Bunga petrea volubilis dapat mekar dengan spektakuler menghasilkan gugusan-gugusan bunga dengan panjang lebih dari 1 meter. Petrea bisa menghasilkan 15-30 bunga per gugusan dan akan mekar selama beberapa hari, kemudian perlahan-lahan berubah menjadi abu-abu.

10. Dipladenia

iStock

Selain dikenal dengan nama dipladenia, tanaman ini juga dikenal dengan nama Mandevilla Red Riding Hood ini memiliki warna yang sangat cantik. Tanaman ini memiliki kemiripan dengan tanaman Mandevilla karena masih satu keluarga, namun daunnya lebih kecil.

11. Mexican creeper

jenis bunga merambat
iStock

Jenis bung merambat selanjutnya yaitu Mexican creeper atau dikenal di Indonesia dengan nama air mata pengantin. Bunga ini dapat tumbuh di musim apapun, karena bunga ini tumbuh tanpa melihat musim. Tanaman ini, aslinya adalah gulma yang digunakan sebagai tanaman hias.

12. Arumdalu

iStock

Arumdalu merupakan tanaman merambat yang memiliki harum yang kuat, apalagi pada malam hari tanaman ini mengeluarkan aroma wangi dan manis. Arumdalu sendiri berarti hamur di malam hari, karena aktivitasnya yang mengeluarkan aroma di malam hari.

13. Melati irian

jenis bunga merambat
Planter and Forester

Melati irian atau flame of irian merupakan jenis bunga merambat yang berasal dari Irian atau Papua. Warna bunga tanaman ini sangat cerah dan mekar sepanjang tahun. Biasanya ditempatkan untuk menghias kanopi atau tiang tanaman.

Sebagai tanaman peneduh, tanaman ini bisa diletakkan di tempat yang mendapatkan sinar matahari yang maksimal, namun harus diimbangi dengan disiram air secara rutin.

14. Soapwort

iStock

Tanaman ini biasanya digunakan sebagai penutuh tanah. Jika Sedulur memiliki lahan tanah yang ingin ditutupi, Sedulur bisa menggunakan tanaman satu ini. Keuntungan menggunakan tanaman ini yaitu perawatannya yang cukup mudah.

Karena merawat tanaman ini tidak perlu disiram setiap hari. Fakta menarik dari tanama ini, kata soap dalam nama soapwort, menunjukan bahwa tanaman ini merupakan bahan dasar dari pembuatan sabun. Sedulur bisa membayangkan bagaimana wanginya tanaman ini.

15. Wisteria

jenis bunga merambat
iStock

Wisteria dapat hidup sampai usia ratusan tahun dan bisa tumbuh hingga 20 meter. Namun, Wisteria merupakan tanaman subtropis, sehingga membutuhkan perawatan yang khusus. Harganya pun cukup mahal di pasaran Indonesia. Tapi dapat membuat rumah Sedulur semakin nyaman dihuni.

BACA JUGA: 18 Tanaman Hias Indoor yang Sehat dan Mudah Dirawat di Rumah

16. Begonia

iStock

Jenis bunga merambat selanjutnya yaitu begonia. Tanaman rambat ini juga cocok ditanam di Indonesia, karena tahan akan cuaca panas. Bunganya sangat banyak dan memiliki warna merah cantik yang dapat menghiasi rumah kamu. Tanaman ini memiliki 1.700 jenis yang tersebar di seluruh dunia.

17. English ivy

jenis bunga merambat
iStock

Jenis selanjutnya yaitu english ivy atau hedera helix. Tanaman ini berasal dari Benua Eropa dan Asia Barat.

Namun meski berasal dari daratan Eropa, english ivy mampu beradaptasi di lingkungan tropis seperti Indonesia. Tanaman ini kerap dijadikan tanaman hias indoor karena mampu menyerap polutan berbahaya di  dalam rumah.

18. Sirih gading

iStock

Jenis bunga merambat terakhir yaitu sirih gading, atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama devil’s ivy. Sirih gading dianggap paling populer bersama lidah mertua karena berkhasiat menyerap polusi udara.

Tanaman ini punya warna dan bentuk yang bervariasi. Ada yang dominan warna hijau, lemon hingga hijau keperakan. Tanaman ini mudah dikembangbiakan, sehingga layak dijadikan tanaman hias indoor mini.

Nah itulah tadi daftar jenis bunga merambat yang bisa Sedulur gunakan sebagai hiasan. Dengan adanya bunga yang tahan pana dan membuat rumah teduh, Sedulur akan merasakan rumah yang lebih nyaman dan memaksimalkan waktu istirahat Sedulur.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.