teori big bang

Informasi mengenai alam semesta selalu menjadi informasi menarik yang membuat takjub dan tak percaya. Seperti pada pembentukan alam semesta. Salah satu teori paling terkenal mengenai pembentukan alam semesta adalah teori Big Bang.

Teori ini juga sering disebut sebagai teori dentuman besar. Meskipun dikenal sebagai dentuman, menurut teori ini tidak ada ledakan yang terjadi pada pembentukan alam semesta, melainkan alam semesta yang berkembang ke segala arah.

Sedulur tertarik belajar lebih jauh? Simak artikel berikut ini untuk mengetahui informasi mengenai teori Big Bang dalam pembentukan alam semesta, ya.

BACA JUGA: Teori Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia, Terlengkap

1. Pengertian teori Big Bang singkat

big bang
iStock

Teori Big Bang adalah salah satu teori yang menjelaskan mengenai perkembangan dan bentuk awal dari alam semesta. Pengertian singkatnya menyatakan bahwa alam semesta berasal dari keadaan yang super padat dan panas yang kemudian sekitar 13.700 juta tahun lalu mengembang ke segala arah.

2. Sejarah teori

big bang
iStock

Sejarah munculnya teori ini diawali dengan pengamatan luar angkasa yang dilakukan pada awal abad ke-20. Teori Big Bang ditemukan oleh ilmuwan mulai dari Vesto Slipher, Alexander Friedmann, Edwin Hubble.

Pada 1912, seorang astronom asal Amerika bernama Vesto Slipher melakukan serangkaian pengamatan galaksi spiral yang diyakini sebagai nebula dan mengukur Pergeseran Merah Doppler-nya.

Hasilnya, dalam hampir semua kasus, galaksi spiral yang diamati selalu bergerak menjauh dari galaksi kita sendiri. Kemudian pada 1922, kosmolog Rusia bernama Alexander Friedmann mengembangkan persamaan Friedmann. Ini adalah persamaan yang diturunkan dari persamaan Einstein untuk relativitas umum.

Berbeda dengan Einstein yang saat itu menganjurkan Konstanta Kosmologisnya, teori Friedmann malah menunjukkan bahwa alam semesta kemungkinan besar dalam keadaan mengembang. Selanjutnya pada 1924, Edwin Hubble melakukan pengukuran jarak yang sangat jauh ke nebula spiral terdekat dan menunjukkan bahwa sistem ini memang galaksi lain.

Pada saat yang sama, Hubble juga mulai mengembangkan serangkaian indikator jarak menggunakan teleskop Hooker 100 inci (2,5 m) di Observatorium Mount Wilson. Hingga pada akhirnya pada 1929, Hubble menemukan korelasi antara jarak dan kecepatan resesi dan sekarang dikenal sebagai Hukum Hubble.

Pada 1927, seorang fisikawan asal Belgia dan imam Katolik Roma bernama Georges Lemaitre secara independen memperoleh hasil yang sama seperti persamaan Friedmann. Ia mengusulkan bahwa kesimpulan resesi galaksi disebabkan oleh perluasan alam semesta.

Di 1931, Lemaitre mengamati lebih jauh dan menunjukkan bahwa perluasan alam semesta saat ini diawali dari bentuk yang sangat kecil. Ia juga berpendapat bahwa di beberapa titik di masa lalu, seluruh massa alam semesta terkonsentrasi menjadi satu titik di mana struktur ruang dan waktu berasal. Dapat disimpulkan jika teori Big Bang dikemukakan oleh Georges Lemaitre.

BACA JUGA: Sistem Tata Surya: Definisi, Sususan & Teori Pembentukannya

3. Bunyi teori Big Bang

teori big bang
iStock

Hipotesis Big Bang menyatakan bahwa semua materi yang ada saat ini dan masa lalu di seluruh alam semesta muncul pada waktu yang sama, kira-kira 13,8 miliar tahun yang lalu. Pada saat itu, semua materi dipadatkan menjadi bentuk seperti bola yang sangat kecil dengan kerapatan tak terbatas dan panas intens yang disebut singularitas. Lalu singularitas mulai berkembang dan membentuk alam semesta seperti saat ini.

4. Bukti teori 

teori big bang
iStock

Bukti teori Big Bang dapat dilihat dari adanya perkembangan alam semesta. Hal tersebut ditunjukkan dengan pergerakan galaksi yang semakin menjauh. Selain itu, bukti pembentukan bumi juga dapat dilihat melalui cosmic microwave background (CMB) yang dikenal sebagai cahaya sisa dari Big Bang.

Sekian informasi mengenai teori Big Bang dalam pembentukan alam semesta. Meskipun teori ini sudah berlalu sejak lama, namun mempelajarinya kembali bukanlah hal yang sia-sia.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!