tanggung jawab adalah

Tanggung jawab adalah sikap yang wajib dimiliki oleh setiap orang. Sikap tanggung jawab ditanamkan sejak dini, dari sejak seseorang masih anak-anak hingga masa sekolah. Tanggung jawab juga berkaitan dengan kualitas diri dan menentukan karakter seseorang di lingkungan masyarakat dan sosial.

Tanggung jawab adalah sebuah sifat dari seseorang, yang keberadaannya diperlukan dan berperan dalam banyak hal. Agar rasa tanggung jawab kita semua semakin kuat dan tumbuh, berikut ini mari kita simak penjelasan terkait tanggung jawab, beserta dengan bentuk, ciri dan contoh dalam kehidupan sehari-hari.

BACA JUGA: Toleransi: Pengertian, Tujuan, Manfaat dan Contoh Sikapnya

Pengertian tanggung jawab

tanggung jawab adalah
LinovHR

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, tanggung jawab adalah sebuah kondisi ketika setiap individu memiliki suatu kewajiban untuk menanggung segala sesuatunya sendirian. Secara harfiah juga, tanggung jawab adalah kondisi bagi seorang individu yang harus menanggung sesuatu secara sendiri, meskipun tanggungan tersebut bukan kewajibannya.

Secara umum, tanggung jawab adalah kesadaran seseorang terhadap perbuatan maupun perilaku yang secara sengaja itu meskipun tidak sengaja memperlakukannya. Tanggung jawab bisa kamu lakukan pada kondisi dimana seseorang dalam keadaan sadar. Tanggung jawab menurut para ahli sangat banyak, namun secara umum garis besarnya sebagaimana yang dijelaskan di atas.

Ketika seseorang memiliki sifat tanggung jawab, hal tersebut menunjukan bahwa seseorang tersebut merupakan pribadi yang memiliki kejujuran dan kepedulian yang tinggi. Sebaliknya, jika seseorang tersebut kehilangan sifat tanggung jawab, akan ada pihak lain yang menanggung tanggung jawab yang dilalaikan tersebut.

Sementara itu, arti tanggung jawab dalam Islam dikenal dengan istilah mas’uliyyah. Artinya, Jika manusia dapat menentramkan hati nuraninya dan merespon panggilan jiwanya yang paling dalam, maka dia pasti bisa bertanggung jawab kepada yang lain.

Ciri-ciri tanggung jawab

Sinyal Karir

Karena tanggung jawab adalah sebuah sifat atau sikap, maka dari itu tanggung jawab juga memiliki ciri-cirinya. Berikut ini adalah ciri-ciri dari tanggung jawab itu sendiri:

  • Menentukan jalan yang benar
  • Selalu tetap memotivasi diri sendiri
  • Tetap menjaga menghormati diri sendiri
  • Tetap waspada
  • Mempunyai komitmen dalam sebuah tugas
  • Menjalankan tugas sesuai standar yang baik
  • Menepati segala janjinya
  • Memiliki keberanian guna menanggung segala resiko yang diperbuatnya

Selain ciri-ciri tanggung jawab, tanggung jawab juga memiliki beberapa bentuk. Berikut ini beberapa bentuk dari sikap atau sifat tanggung jawab yang bisa Sedulur terapkan, yaitu:

1. Tanggung jawab pada diri sendiri

tanggung jawab adalah
GajiGesa

Bentuk pertama adalah tanggung jawab terhadap diri sendiri. Salah satu Salah satu contoh tanggung jawab kepada diri sendiri yakni apabila kamu menginginkan agar bisa lulus kuliah secara tepat waktu dan memiliki ipk sesuai yang didambakannya. Maka kamu wajib untuk belajar secara giat dengan tanggung jawab terhadap waktu yang kamu miliki.

2. Tanggung jawab pada keluarga

Bacaterus

Bentuk kedua adalah tanggung jawab pada keluarga, merupakan tanggung jawab dari individu terhadap keluarganya. Tanggung jawab itu tidak hanya sekedar sebagai tulang punggung, akan tetapi juga dapat seperti tanggung jawab sebagai seorang anak guna menuntaskannya pendidikan dan bisa membanggakannya orang tua.

3. Tanggung jawab pada masyarakat

Tanggung jawab adalah
CariGaji

Bentuk ketiga adalah tanggung jawab pada masyarakat. Salah satu contoh dari tanggung jawab kepada masyarakat yaitu jika terdapat seseorang yang tak mau untuk melakukan kerja bakti sebab malas. Maka dirinya akan mendapatkan teguran dari kepala desa ataupun warga setempat, sebab kerja bakti adalah tanggung jawab terhadap semua anggota masyarakat.

4. Tanggung jawab pada bangsa dan negara

Codemi

Bentuk tanggung jawab keempat adalah tanggung jawab pada bangsa dan negara. Sebagai warga negara, kita harus bertanggung jawab kepada bangsa dan negara. Salah satu contoh tanggung jawab kepada bangsa dan negara yaitu dengan cara menjaga suatu kesatuan dan persatuan serta mencintai tanah air atau negara sendiri.

5. Tanggung jawab kepada Tuhan

Depositphotos

Terakhir adalah tanggung jawab kepada Tuhan. Salah satu contoh tanggung jawab kepada Tuhan adalah setiap individu yang beragama wajib mematuhi kewajibannya masing-masing sesuai yang telah diatur oleh agamanya. Tak hanya beribadah saja, namun seseorang juga perlu bersikap baik serta mempunyai sikap toleransi kepada semua orang.

Manfaat sikap tanggung jawab

Tanggung jawab adalah sebuah sifat dan sikap yang wajib dimiliki oleh manusia, berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan bagi setiap orang yang bertanggung jawab, yaitu:

  1. Dengan kita bertanggung jawab, kita akan lebih dihargai oleh orang lain.
  2. Tanggung jawab merupakan pekerjaan yang tidak mudah, kita akan memiliki ketelitian yang tinggi dengan menerapkan sikap tanggung jawab.
  3. Dengan kita bertanggung jawab, kita akan lebih dipercaya oleh orang lain.
  4. Sifat tanggung jawab juga dapat memberikan dorongan kepada kita agar menjadi pribadi yang sukses.

Sementara itu, jika kita tidak bertanggung jawab, terdapat beberapa akibat yang akan kita dapatkan jika kita menjadi seseorang yang tidak bertanggung jawab. Berikut ini beberapa contohnya, sebagai pelajaran agar kita terhindar dari hal tersebut:

  1. Dikucilkan oleh warga setempat maupun orang terdekat.
  2. Tidak akan dihargai orang atas apa saja yang telah dilakukan.
  3. Tidak akan dianggap menjadi bagian dari warga pada lingkungan tempat tinggal.
  4. Menjadi perbincangan oleh warga di lingkungan tempat tinggal,
  5. Memperoleh banyak teguran ataupun hingga cacian dari masyarakat.

Tanggung jawab adalah suatu kewajiban yang harus kamu lakukan pada apa yang sudah dibebankan kepada kamu. Sikap tanggung jawab tersebut dapat melatih kamu untuk dapat menjadi seorang yang memiliki disiplin dan bisa menghargai sebuah waktu yang ada.

Langkah untuk membangun rasa tanggung jawab

Tanggung jawab adalah
LinovHR

Sebagaimana yang tadi telah disinggung di awal, bahwa tanggung jawab merupakan sifat atau sikap yang ditanamkan sejak dini. Karena hal ini membutuhkan proses yang panjang. Belum terlambat untuk terus membangun rasa tanggung, jawab. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa diperhatikan:

  1. Hentikan kebiasaan mengeluh karena bisa memunculkan dampak negatif.
  2. Lakukan setiap pekerjaan dan hilangkan semua alasan bagi yang berpikiran untuk berhenti bekerja.
  3. Jangan menunda-nunda pekerjaan, dan selesaikan pekerjaan tepat waktu.
  4. Konsisten dan disiplin terhadap diri sendiri, terhadap setiap yang telah menjadi kewajiban untuk dikerjakan.
  5. Atur keuangan sendiri, karena hal ini menuntut kita untuk terus bertanggung jawab.

BACA JUGA: Otoriter Adalah: Karakteristik, Sikap, Ciri, Contoh & Dampaknya

Contoh tanggung jawab

Prospeku

Contoh tanggung jawab adalah sebuah perilaku yang mencerminkan tanggung jawab dan bisa jadi contoh bagi kita semua untuk senantiasa membangun rasa tanggung jawab pada diri sendiri. Berikut ini beberapa contoh, mulai dari contoh tanggung jawab dalam pekerjaan atau kehidupan sehari-hari lainnya:

  • Menjalankan perintah dan larangan agama, bukti tanggung jawab bahwa kita beragama.
  • Memelihara kelestarian lingkungan, contoh tanggung jawab terhadap kebersihan lingkungan.
  • Mengerjakan setiap tugas dan pekerjaan, contoh tanggung jawab di pekerjaan dan sekolah.
  • Menjaga kesehatan dan asupan makanan, contoh tanggung jawab pada diri sendiri.
  • Berpartisipasi dalam kegiatan di lingkungan rumah, contoh tanggung jawab pada masyarakat.

Nah, itulah tadi penjelasan terkait tanggung jawab. Karena tanggung jawab adalah sifat dalam yang ada pada setiap individu dan mencerminkan kualitas diri, maka dari itu penting untuk memiliki rasa tanggung jawab. Semoga penjelasan di atas, bisa semakin menumbuhkan rasa tanggung jawab diri kita masing-masing.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.