suku adalah

Indonesia tidak hanya kaya akan sumber daya alamnya saja, namun juga pada ragam suku, bahasa, kepercayaan, dan adat istiadat. Keragaman suku adalah salah satu hal yang membuat Indonesia makin istimewa dan berbeda dengan negara lain. Mulai dari ujung Pulau Sumatra hingga ujung Papua, suku-suku di Indonesia punya ciri khasnya masing-masing.

Lantas, suku di Indonesia ada berapa? Dilansir dari laman resmi Badan Pusat Statistik (BPS), dalam kode data SP2010 tersedia 1.331 kategori suku di Indonesia. Jumlah tersebut merupakan kode untuk nama suku, nama lain suatu suku, nama subsuku, bahkan nama sub dari subsuku.

Supaya Sedulur lebih memahami mengenai hal ini, mari membahas pengertian suku dan macam-macamnya yang ada di Indonesia. Baca pembahasannya di bawah ini sampai selesai, ya!

BACA JUGA: 8 Fakta Unik Suku Mante, Manusia Kerdil di Pedalaman Aceh

Pengertian suku

suku adalah
Grid.ID

Berdasarkan KBBI, suku adalah golongan bangsa atau sebagai bagian dari bangsa yang besar. Kerap diartikan juga, suku adalah suatu identitas yang berhubungan dengan asal-usul seseorang dan kebudayaan yang dekat dengan daerah tinggalnya. Dari pengertian tersebut, bisa diketahui bahwa suku adalah kelompok manusia yang lekat kaitannya dengan bangsa.

Menurut Bauman (2004), suku bangsa adalah hal yang sulit dikelompokkan. Untuk memudahkannya, identifikasi suku dilakukan berdasarkan keturunan, kebiasaan hidup, bahasa, hubungan kekerabatan, atau bahkan unsur politik. Berdasarkan kategori tersebut, dari jumlah 1.331 suku akhirnya dikerucutkan lagi hingga terdapat 633 kelompok suku besar di Indonesia.

Suku bangsa bisa dikelompokkan juga berdasarkan suku bangsa campuran, misalnya suku peranakan campuran antara Tionghoa dan Melayu. Suku dibedakan pula berdasarkan garis keturunan. Ada garis keturunan ayah atau disebut patrilineal, garis keturunan ibu atau disebut matrilineal, serta garis keturunan ayah dan ibu atau disebut parental.

Suku di Pulau Sumatra

Sering Jalan

Setelah memahami pengertiannya, kini saatnya Sedulur mengetahui macam-macam suku di Indonesia. Pertama adalah beragam suku yang ada di Pulau Sumatra. Ada suku Batak, suku Aceh, suku Minangkabau, suku Rejang, suku Bangka, suku Anak Dalam, suku Nias, suku Kubu, suku Alas, suku Sakai, suku Palembang, suku Tamiang, dan masih banyak lainnya.

Suku Aceh merupakan suku asli sebagian besar penduduk Aceh. Sementara di Provinsi Sumatra Utara, ada suku Karo, suku Mandailing, suku Pakpak, Melayu Pesisir, dan sebagainya. Di Sumatra Barat, mayoritas sukunya adalah suku Minangkabau. Adapun suku tertua di Pulau Sumatra adalah Rejang. Suku ini mendiami wilayah Bengkulu.

BACA JUGA: Getah Nyatu, Kerajinan Khas Suku Dayak yang Nyaris Punah

Suku di Pulau Jawa

suku adalah
Phinemo

Tak kalah dengan Pulau Sumatra, suku di Pulau Jawa juga sangatlah beragam. Suku Jawa menjadi suku terbesar yang ada di pulau ini bahkan di Indonesia. Posisi kedua ditempati oleh suku Sunda. Selanjutnya suku-suku lainnya ada suku Betawi, suku Madura, suku Osing, suku Tengger, dan masih banyak lagi.

Untuk suku Jawa, umumnya berasal dari Provinsi Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Yogyakarta. Suku ini terkenal dengan aksennya yang khas. Sementara suku Betawi yang juga ada di Pulau Jawa terkenal dengan gaya bicaranya yang cablak. Berbeda dengan suku Betawi, suku Sunda justru dikenal dengan gaya bicara yang halus dan kalem.

Kemudian ada suku Madura yang populer dengan intonasi bicaranya keras dan terdengar kasar. Walaupun demikian, mereka juga dikenal hemat, disiplin, dan rajin bekerja. Suku Madura banyak mendiami kawasan Jawa Timur, namun tidak menutup kemungkinan banyak dijumpai juga di kota-kota lain Indonesia.

Suku di Pulau Kalimantan

Klik Kaltim

Di Pulau Kalimantan terdapat dua suku yang paling dominan, yakni suku Banjar dan suku Dayak. Suku Banjar banyak menempati wilayah Kalimantan Selatan. Sementara suku Dayak berasal dari pedalaman Kalimantan. Dayak contoh suku adalah yang terkenal dengan kemampuan magisnya. Berbagai ilmu spiritual biasanya melekat dengan ciri khas suku Dayak. Selain itu, kebudayaan suku Dayak sangat kental akan tari-tarian.

Terkait suku Banjar, suku ini dikenal ulet dan rajin bekerja. Mereka juga terkenal pandai berdagang. Orang suku ini sangat menjunjung tinggi ucapan pepatah, “Di mana langit dipijak, di situ bumi dijunjung”. Hal ini dapat dilihat dari cara orang tua suku Banjar mengajari anak-anaknya untuk memiliki karakter yang kuat dan berbudi pekerti baik sejak kecil.

Di Pulau Kalimantan, ada pula suku lainnya seperti suku Kutai, suku Berau, dan suku Paser. Suku-suku tersebut sebenarnya masih memiliki keterkaitan dengan suku Banjar atau Dayak. Namun, ketiganya tetap punya ciri khas masing-masing, baik dari segi pakaian adat maupun kebudayaan lainnya.

BACA JUGA: Mengenal Suku Asmat Asli Pedalaman Papua yang Khas & Unik

Suku di Indonesia lainnya

suku adalah
Get Lost

Tidak hanya di Pulau Sumatra, Jawa, dan Kalimantan saja, suku-suku di Indonesia tersebar luas hampir di setiap wilayahnya. Sedulur bisa menemukan keragaman suku di Pulau Sulawesi, Maluku, Papua, Bali, bahkan Nusa Tenggara. Di Pulau Sulawesi misalnya, terdapat suku Makassar yang dikenal dengan etnis Melayu dan orang-orangnya bersifat terbuka. Ada juga suku lain di Sulawesi seperti suku Bugis, suku To Balo, suku Duri, suku Bajau, dan sebagainya.

Di Maluku ada suku bernama Buru dan di Papua terdapat suku Asmat. Kehidupan suku Asmat masih jauh dari pengaruh luar. Suku ini sangat terkenal dengan keahliannya dalam berburu hutan. Penduduk suku Asmat pun terbagi ke dalam dua wilayah, yakni penduduk yang tinggal di pedalaman dan pesisir pantai.

Berpindah ke wilayah Bali dan Nusa Tenggara, di Bali contoh sukunya adalah suku Bali Aga, Bali Majapahit, dan suku Loloan. Di Nusa Tenggara ada suku Bima, Sumbawa, Boti, Bunak, Manggarai, Sika, Sumba, Rote, Ngada, Ende, serta suku Sasak yang mendiami Pulau Lombok.

Demikian pembahasan mengenai definisi suku dan macam-macamnya yang ada di Indonesia. Suku adalah golongan bangsa atau sebagai bagian dari bangsa yang besar. Banyaknya suku di Indonesia yang kental akan budaya dan adat istiadat membuat Indonesia makin kaya dan berbeda dengan negara lain.

Dari pembahasan di atas, bisa tergambar bahwa Indonesia sangat majemuk, namun tidak terpolar sehingga terjadinya konflik cenderung rendah. Setelah mengenali keragaman suku di Indonesia, semoga Sedulur makin mencintai negeri ini dan makin bisa menerima berbagai perbedaan yang ada. Jangan lupa juga untuk selalu melestarikan kebudayaan dan adat istiadat di dalamnya, ya.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!