qalqalah sugra

Sebagai umat Muslim, sudah menjadi kewajiban bagi para pemeluknya untuk senantiasa membaca Alquran. Kita suci yang secara keseluruhan tertulis dalam bahasa dan aksara Arab ini punya ketentuan yang harus dipenuhi supaya bisa dibaca dengan benar dan artinya tidak keliru. Salah satu hal yang harus dipahami adalah perbedaan qalqalah sugra dan kubra.

Qalqalah sendiri merupakan salah satu cara materi yang ada dalam ilmu tajwid. Dibagi menjadi dua jenis, ada perbedaan yang membuat setiap bentuknya berbeda dari huruf serta cara membacanya. Supaya tidak tertukar, berikut ini adalah yang membedakan, huruf yang termasuk, hingga contoh-contohnya. Simak baik-baik ya, Sedulur.

BACA JUGA: Arti dan Makna Alif Lam Mim Dalam Pembuka Surat Al Quran

1. Pengertian qalqalah

Pengertian qalqalah
Unplash

Tajwid sendiri adalah ilmu yang menjabarkan tentang pengetahuan untuk membaca Alquran yang baik dan benar. Dalam materi ini, terdapat istilah makhraj atau tempat keluar dan mustahak yang pelafalannya akan berbeda tergantung dengan huruf yang muncul di setiap ayatnya.

Secara bahasa, qalqalah memiliki arti gerak dan getaran dari suara yang memantul. Bunyinya akan terdengar membalik dan getaran suara yang dihasilkan akan memantul ketika diucapkan.

Dalam Alquran, sudah dijelaskan tentang hukum bacaan ini. Berikut ini adalah penjabaran yang terdiri dari nama surat, ayat, beserta artinya.

QS. Al Muzzamil: 4

اَوْ زِدْ عَلَيْهِ وَرَتِّلِ الْقُرْاٰنَ تَرْتِيْلًاۗ

Artinya: “Atau lebih dari seperdua itu, Dan bacalah Al-Quran itu dengan perlahan-lahan.”

BACA JUGA: Arti Kun Fayakun dan Surat Al Quran yang Menyebutkannya

2. Huruf qalqalah

Huruf qalqalah
Unplash

Dalam tajwid, huruf yang termasuk dalam kategori qalqalah ada lima. Yakni ba (ب), jim (ج), dal (د), ta (ط), dan qaf (ق). Setiap orang memiliki caranya sendiri untuk menghafalkan huruf ini. Tak jarang jika ada yang menyingkatnya dengan singkatan BaJuDiToKo. Setiap huruf yang dikapital mewakili B dari ba, J dari jim (ج), D dari dal (د), T dari ta (ط), dan K dari qaf (ق).

Kelima huruf ini akan mendapatkan penekanan apabula dibubuhi tanda sukun dan letaknya berada di pertengahan maupun akhir kalimat. Tingkat penekanan yang berbeda membuat huruf ini nantinya dibagi dalam qalqalah sugra dan kubra.

BACA JUGA: 15 Hukum Bacaan Tajwid Dalam Alquran yang Baik & Contohnya

3. Qalqalah sugra dan kubra

Qalqalah sugra dan kubra
Unplash

Qalqalah sugra

Qalqalah sugra adalah qalqalah yang penekanan dan pantulannya kecil. Kata kecil merupakan arti dari sugra yang berasal dari Bahasa Arab. Yang membuat sebuah tekanan masuk dalam jenis ini adalah ketika lima huruf di atas bertemu dengan sukun di pertengahan kalimat.

Qalqalah kubra

Berlawanan dengan qalqalah sugra, kata kubra sendiri memiliki arti besar. Maka dari itu, penekanan dan pantulan yang dihasilkan adalah lebih besar dan kuat. Hal ini bisa terjadi apabila salah satu dari lima huruf di atas bertemu sukun dan berada di akhir kalimat.

 

BACA JUGA: Bacaan Doa Khatam Quran, Makna dan Keutamaannya!

4. Contoh qalqalah

Contoh
Unplash

Setelah mengetahui perbedaan dan faktor yang membuat sebuah bacaan memiliki bacaan qalqalah, simak contoh-contoh di bawah ini. 3 contoh qalqalah sugra ini bisa memberikan kamu pencerahan supaya bisa membedakan masing-masing hukumnya.

5 contoh qalqalah sugra

1. Ba (ب)

QS. Al Kautsar: 3

اِنَّ شَانِئَكَ هُوَ الْاَبْتَرُ

Innasyaaniaka huwal abtar (abbetar)

2. Jim (ج)

QS. Al Fiil: 2

اَلَمْ يَجْعَلْ كَيْدَهُمْ فِيْ تَضْلِيْلٍ

Alam Yajj’al kaidahum fii tadhliilin

3. Dal (د)

QS. Al fajr: 29

فَادْخُلِي فِي عِبَادِي

Fad khulii fii ‘ibaadi

4. Tha (ط)

QS. Al Fajr: 27

يَا أَيَّتُهَا النَّفْسُ الْمُطْمَئِنَّةُ

Yaa Ayyatuhan nafsul Muthmainnah

5. Qaf (ق)

QS. An Naba: 8

وَّخَلَقْنٰكُمْ اَزْوَاجًاۙ

Wa khalaqnaakum azwaajaa

BACA JUGA: Bacaan Dua Kalimat Syahadat: Arab, Latin & Keutamaannya

10 contoh qalqalah kubra

1. Ba (ب)

QS. Al-Lahab: 1

تَبَّتْ يَدَآ أَبِى لَهَبٍ وَتَبَّ

Tabbat yadā abī lahabiw wa tabb

QS. Al-Falaq: 3

وَمِنۡ شَرِّ غَاسِقٍ اِذَا وَقَبَۙ

Wa min sharri ghasiqin iza waqab

2. Jim (ج)

QS. Al-Buruj: 1

وَٱلسَّمَآءِ ذَاتِ ٱلْبُرُوجِ

Was-samā`i żātil-burụj

3. Dal (د)

QS. Al-Lahab: 5

فِى جِيدِهَا حَبْلٌ مِّن مَّسَدٍۭ

Fī jīdihā ḥablum mim masad

QS. Al-Kafirun: 5

وَلَآ أَنتُمْ عَٰبِدُونَ مَآ أَعْبُدُ

Wa lā antum ‘ābidụna mā a’bud

4. Tha (ط)

QS. Al-Buruj: 20

وَٱللَّهُ مِن وَرَآئِهِم مُّحِيطٌۢ

Wallāhu miw warā`ihim muḥīṭ

5. Qaf (ق)

QS. Al-Falaq: 1

قُلۡ اَعُوۡذُ بِرَبِّ الۡفَلَقِۙ

Qul a’uzuu bi rabbil-falaq

QS. Al-Alaq: 1

ٱقْرَأْ بِٱسْمِ رَبِّكَ ٱلَّذِى خَلَقَ

Iqra` bismi rabbikallażī khalaq

QS. Al-Falaq: 2

مِنۡ شَرِّ مَا خَلَقَۙ

Min sharri ma khalaq

Selain dibagi menjadi dua, cara baca ini juga masih dibagi menjadi dua jenis lainnya. Ada qalqalah akbar dan qalqalah ashlul.

Secara singkat, qalqalah akbar terjadi apabila berada di akhir kalimat karena diwakafkan dan bertasydid. Cara pengucapannya ditekan menjadi dua harakat.

Tak berbeda jauh dengan qalqalah akbar, qalqalah ashlul terjadi apabila huruf qalqalah asli tidak memiliki harakat sukun, disukinkan, maupun diwakafkan.

Selain beberapa contoh di atas, setelah mengetahui definisi, jenis, dan cara membacanya, Sedulur sudah bisa mendapatkan banyak ketika membaca Alquran. Memahami ilmu tajwid demi bisa membaca kitab suci dengan baik dan benar ternyata mudah, bukan?

Supaya bisa lebih fasih, Seduluh bisa memulai kebiasaan untuk lebih sering membaca Alquran beserta artinya. Dengan begitu, kamu bisa memahami lebih dalam dan semakin meyakini serta mengagumi kuasa Yang Maha Kuasa. Selain itu, jangan lupa untuk mempelajari ilmu tajwid lainnya agar bisa lebih percaya diri ketika membaca setiap ayatnya dengan lantang.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.