kun fayakun

Tujuan utama dari melakukan segala ibadah yang dilakukan oleh seluruh umat Muslim adalah memberikan puji-pujian kepada Allah SWT. Doa yang diucapkan juga berbeda-beda berdasarkan waktu hingga kebutuhannya. Salah satu yang cukup sering diucapkan adalah kun fayakun.

Kalimat pendek ini adalah salah satu ungkapan yang membuktikan kekuasaan Allah SWT. Ini adalah tanda kebesaran Tuhan yang apabila Dia sudah berkehendak semua hal yang tidak mungkin bakal menjadi sangat mungkin. Supaya lebih paham tentang asal-usul dan arti dari istilah ini, simak ulasan legkapnya di bawah ini.

BACA JUGA: Tulisan Bismillah yang Benar Beserta Arab, Latin & Artinya

Arti kun fayakun

Arti kun fayakun
Unsplash

Disebutkan dalam Alquran, kun fayakun artinya “Jadilah! Maka terjadilah ia”. Ini adalah salah satu bukti kekuasaan Allah yang bisa membuat segala hal yang mustahil menjadi sangat mungkin meskipun itu ada di luar nalar.

Kalimat pendek ini juga dijelaskan dan disebutkan dalam beberapa surat yang ada di Alquran. Memiliki konteks yang sama dan arti yang lebih variatif, berikut ini adalah uraian yang perlu Sedulur ketahui.

Surat Al-Baqarah ayat 117

Surat Al-Baqarah ayat 117
Unsplash

Salah satu penjelasan yang menyebutkan kun fayakun Arab dan artinya ada di Surat Al-Baqarah ayat 117. Berikut bacaan, cara baca, serta artinya.

بَدِيْعُ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۗ وَاِذَا قَضٰٓى اَمْرًا فَاِنَّمَا يَقُوْلُ لَهٗ كُنْ فَيَكُوْنُ

Badi’us-samawati wal-ard, wa iza qada amran fa innama yaqulu lahu kun fa yakun.

Artinya: Allah Pencipta langit dan bumi. Apabila Dia hendak menciptakan sesuatu, Dia hanya berkata padanya, “Jadilah!” Maka jadilah sesuatu itu.

BACA JUGA: Bacaan Dzikir Pagi Beserta Arab, Latin dan Terjemahannya

Surat Ghafir ayat 68

Surat Ghafir ayat 68
Unsplash

Hukum mengucapkan kun fayakun adalah wajib dipanjatkan oleh seluruh umat Muslim. Pejelasan ini dibahas dalam surat Ghafir di ayat 68.

هُوَ الَّذِىۡ يُحۡىٖ وَيُمِيۡتُؕ فَاِذَا قَضٰٓى اَمۡرًا فَاِنَّمَا يَقُوۡلُ لَهٗ كُنۡ فَيَكُوۡنُ

Huwal lazii yuhyii wa yumiitu fa izaa qadaaa amran fa innamaa yaquulu lahuu kun fa yakon

Artinya: Dialah yang menghidupkan dan mematikan. Maka apabila Dia hendak menetapkan sesuatu urusan, Dia hanya berkata kepadanya, “Jadilah!” Maka jadilah sesuatu itu.

Ali Imran ayat 47

Ali Imran ayat 47
Unsplash

Sebagai salah satu surat awal yang ada di Alquran, di Ali Imran juga dibahas tentang kun fayakun di ayat 47. Dijabarkan dalam kalimat yang lebih panjang, berikut ini adalah penjabaran tentang surat, bacaan, dan artinya.

قَالَتْ رَبِّ اَنّٰى يَكُوْنُ لِيْ وَلَدٌ وَّلَمْ يَمْسَسْنِيْ بَشَرٌ ۗ قَالَ كَذٰلِكِ اللّٰهُ يَخْلُقُ مَا يَشَاۤءُ ۗاِذَا قَضٰٓى اَمْرًا فَاِنَّمَا يَقُوْلُ لَهٗ كُنْ فَيَكُوْنُ

Qalat rabbi anna yakunu li waladuw wa lam yamsasni basyar, qala kazalikillahu yakhluqu ma yasya, iza qada amran fa innama yaqulu lahu kun fa yakun.

Artinya: Dia (Maryam) berkata, “Ya Tuhanku, bagaimana mungkin aku akan mempunyai anak, padahal tidak seorang laki-laki pun yang menyentuhku?”. Dia (Allah) berfirman, “Demikianlah Allah menciptakan apa yang Dia kehendaki. Apabila Dia hendak menetapkan sesuatu, Dia hanya berkata kepadanya: “Jadilah!”, maka jadilah sesuatu itu.

BACA JUGA: Tulisan Bismillah yang Benar Beserta Arab, Latin & Artinya

Surat Yasin ayat 82 latin

Surat Yasin ayat 82 latin
Unsplash

Ada versi yang lebih panjang yakni innama amruhu kun fayakun artinya hampir sama dengan surat yang sudah dibahas sebelumnya. Berikut penjelasannya:

اِنَّمَآ اَمْرُهٗٓ اِذَآ اَرَادَ شَيْـًٔاۖ اَنْ يَّقُوْلَ لَهٗ كُنْ فَيَكُوْنُ

Innama amruhu iza arada syai’an ay yaqula lahu kun fa yakun.

Artinya: Sesungguhnya urusan-Nya apabila Dia menghendaki sesuatu Dia hanya berkata kepadanya: “Jadilah!” Maka jadilah sesuatu itu.

BACA JUGA: Niat & Doa Sebelum Wudhu Lengkap dengan Arab, Latin & Arti

Surat Maryam ayat 35

Surat Maryam ayat 35
Unsplash

Sebagai salah satu surat yang menjabarkan banyak hal, ada juga doa kun fayakun latin dan artinya di Surat Maryam di ayat ke-35. Untuk lebih lengkapnya, simak bacaan dan artinya di bawah ini.

مَا كَانَ لِلّٰهِ اَنْ يَّتَّخِذَ مِنْ وَّلَدٍ سُبْحٰنَهٗ ۗاِذَا قَضٰٓى اَمْرًا فَاِنَّمَا يَقُوْلُ لَهٗ كُنْ فَيَكُوْنُ ۗ

Ma kana lillahi ay yattakhiza miw waladin sub-hanah, iza qada amran fa innama yaqulu lahu kun fa yakun.

Artinya: Tidak patut bagi Allah mempunyai anak, Mahasuci Dia. Apabila Dia hendak menetapkan sesuatu, maka Dia hanya berkata kepadanya, “Jadilah!” Maka jadilah sesuatu itu.

Al-An’am ayat 73

Al-An'am ayat 73
Unsplash

وَهُوَ الَّذِيْ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ بِالْحَقِّۗ وَيَوْمَ يَقُوْلُ كُنْ فَيَكُوْنُۚ قَوْلُهُ الْحَقُّۗ وَلَهُ الْمُلْكُ يَوْمَ يُنْفَخُ فِى الصُّوْرِۗ عٰلِمُ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ وَهُوَ الْحَكِيْمُ الْخَبِيْرُ

Wa huwallazi khalaqas-samawati wal-arda bil-haqq, wa yauma yaqulu kun fa yakun, qauluhul-haqq, wa lahul-mulku yauma yunfakhu fis-sur, ‘alimul-gaibi wasy-syahadati wa huwal-hakimul-khabir.

Artinya: Dialah yang menciptakan langit dan bumi dengan hak (benar), ketika Dia berkata, “Jadilah!” Maka jadilah sesuatu itu. Firman-Nya adalah benar dan milik-Nyalah segala kekuasaan pada waktu sangkakala ditiupkan. Dia mengetahui yang ghaib dan yang nyata. Dialah Yang Maha Bijaksana, Mahateliti.

BACA JUGA: Surat Al Ikhlas Lengkap dengan Arab, Latin & Terjemahannya

Cara memaknai kun fayakun

Cara memaknai kun fayakun
Unsplash

Cara memaknai kalimat ini bisa dilakukan dengan membaca surat yang sudah menjelaskan tentang kekuasaan Allah. Kamu bisa mematri mindset ini di dalam pikiran untuk diingat-ingat sampai kapan pun.

  • Yakin bahwa Allah SWT adalah Sang Pencipta di seluruh alam semesta
  • Tidak ada yang tidak mungkin jika Allah SWT telah berkehendak
  • Adalah sebuah kemuliaan bagi manusia apabila ia mempercayai keagungan Allah SWT dengan tulus
  • Bila seorang indivisu percaya dengan apa pun yang terjadi adalah kehendak dari-Nya, maka hajatnya akan dikabulkan Allah SWT
  • Untuk memperoleh ketenangan jiwa, seorang muslim harus mempasrahkan seluruh hidupnya pada Allah sebagai Sang Maha Kuat

Cara memaknainya juga bisa dilakukan dengan banyak output. Salah satunya adalah dengab menyaksikan kun fayakun film dan sinetron yang sempat dirilis beberapa tahun lalu.

Ada dua versi tontonan yang bisa disaksikan. Ada Kun Fayakun sebagai salah satu sinetron horor yang tayang di salah satu stasiun TV swasta. Selain itu, ada yang versi layar lebar yang dirilis pada 2008 lalu. Setiap individu dari Sedulur bisa memilih salah satunya sebagai mencoba cara lain untuk mempercayai bukti kekuatan Tuhan.

Pada dasarnya, kun fayakun bukanlah satu-satunya kalimat yang memiliki arti untuk menunjukkan kekuatan dan kekuasaan Allah. Cara memaknai tanda kebesaran-Nya ini juga bisa ditunjukkan dalam banyak hal. Misalnya dengan menambah iman dengan mensyukuri segala ciptaanya maupun dengan menyaksikan film Islami lainnya. Semoga keimananmu bisa terus meningkat, ya, Sedulur.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!